Makanan Penyubur Sperma Agar Istri Cepat Hamil

10 Makanan Penyubur Sperma Agar Istri Cepat Hamil

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Mar 18, 2021
Update terakhir: Mar 18, 2021

Sperma yang sehat merupakan faktor penting dalam kesuburan pria. Jumlah sperma mengacu pada jumlah rata-rata sperma yang ada dalam satu sampel air mani. Menurut World Health Organization, jumlah sperma yang sehat adalah 15 juta per mililiter (ml) atau 39 juta per sampel. Jumlah sperma yang lebih rendah dari 10 juta per ml merupakan jumlah yang kurang normal dan dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Salah satu cara meningkatkan kesuburan yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya mengontrol menu makanan harian. Berikut ini sudah kami rangkum dari sumber terpercaya tentang makanan penyubur sperma agar istri hamil. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Antioksidan

Antioksidan seperti folat dan zinc dapat meningkatkan kesuburan pria. Kandungan antioksidan mampu menonaktifkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat merusak sperma.

Sebuah studi tahun 2012 terhadap pria dewasa muda menjelaskan bahwa makan 75 gram kenari kaya antioksidan per hari dapat meningkatkan kualitas sperma. Masih belum kita ketahui seberapa banyak pengaruh antioksidan bagi kesehatan sperma, tetapi ada bukti yang menunjukkan potensi tersebut. 

Makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan makanan penuh dengan antioksidan bermanfaat, seperti vitamin C dan E, folat, beta karoten, dan lutein. Mengonsumsi lebih banyak makanan sehat ini tidak merugikan dalam upaya menjaga kesuburan. 

2. Menghindari Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu lemak jenuh. Makan lemak sehat setiap hari penting untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, lemak trans dikaitkan dengan peningkatan risiko infertilitas.

Lemak trans biasanya terkandung dalam minyak nabati terhidrogenasi dan biasanya terkandung di beberapa produk margarin, makanan gorengan, produk olahan, dan makanan panggang. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa diet tinggi lemak trans dan lebih rendah lemak tak jenuh berpengaruh pada kemandulan pria. 

3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan 

Tidak hanya jumlah karbohidrat, tetapi jenis karbohidrat yang kita makan juga penting untuk kita perhatikan. Karbohidrat olahan mungkin dapat bermasalah bagi kesehatan. Jenis karbohidrat olahan termasuk makanan dan minuman manis serta biji-bijian olahan, termasuk pasta, roti, dan nasi.

Kandungan karbohidrat ini terserap dengan sangat cepat, sehingga menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. Karbohidrat olahan juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik menunjukkan jika makanan padat karbohidrat akan meningkatkan gula darah secara signifikan.

4. Mengganti Sumber Protein

Mengganti beberapa protein hewani seperti daging, ikan, dan telur dengan sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian dipercaya dapat menurunkan risiko infertilitas.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika 5% dari total kalori berasal dari protein nabati, bukan protein hewani, risiko infertilitas akan menurun lebih dari 50%. Selain itu, sebuah studi tahun 2018 menyimpulkan bahwa makan banyak ikan akan meningkatkan kemungkinan kelahiran hidup yang lebih tinggi setelah perawatan infertilitas.

Pertimbangkan untuk mengganti beberapa protein dalam menu makanan Anda dengan protein dari sayuran, kacang-kacangan, lentil, dan ikan rendah merkuri.

5. Pilih Produk Susu Tinggi Lemak

Makanan penyubur sperma agar istri hamil berikutnya adalah produk susu tinggi lemak. Asupan tinggi makanan olahan susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko infertilitas, sedangkan makanan olahan susu berlemak tinggi dapat menurunkannya.

Untuk mendapatkan manfaat potensial ini, cobalah mengganti satu sajian susu rendah lemak per hari dengan satu sajian susu berlemak tinggi, seperti segelas susu murni atau full fat yogurt.

6. Konsumsi Suplemen Asam D-aspartat

Asam D-aspartat (D-AA) adalah bentuk asam aspartat, yakni sejenis asam amino yang dijual sebagai suplemen makanan penyubur sperma. Jangan bingung dengan asam L-aspartat yang menyusun struktur banyak protein dan jauh lebih umum daripada D-AA. D-AA ada di kelenjar tertentu, seperti testis, di air mani, sel sperma.

Peneliti percaya bahwa D-AA berkontribusi pada kesuburan pria. Faktanya, kadar D-AA lebih rendah ditemukan pada pria yang mengalami infertilitas daripada pria yang subur. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen D-AA dapat meningkatkan kadar testosteron, yaitu hormon seks pria yang berperan penting dalam kesuburan.

Misalnya, sebuah penelitian pada pria infertilitas menunjukkan bahwa mengonsumsi 2,7 gram D-AA selama 3 bulan dapat meningkatkan kadar testosteron sebesar 30% hingga 60% dan jumlah sperma serta motilitas sebesar 60% hingga 100%.

Bukti saat ini menunjukkan bahwa suplemen D-AA dapat meningkatkan kesuburan pria yang memiliki kadar testosteron rendah, sementara suplemen tersebut tidak secara konsisten memberikan manfaat tambahan pada pria dengan kadar normal hingga tinggi. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menyelidiki risiko dan manfaat jangka panjang suplemen D-AA.

7. Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C untuk terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen antioksidan seperti vitamin C dapat meningkatkan kesuburan.

Stres oksidatif adalah ketika tingkat reactive oxygen species (ROS) mencapai tingkat berbahaya dalam tubuh. Ini terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh kewalahan karena penyakit, usia tua, gaya hidup yang tidak sehat, atau paparan polutan. Tingkat ROS yang tinggi dapat meningkatkan cedera, peradangan jaringan, meningkatkan risiko penyakit kronis, serta kemandulan pria. 

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu melawan beberapa efek berbahaya tersebut. Ada juga beberapa bukti bahwa suplemen vitamin C dapat meningkatkan kualitas air mani.

Sebuah penelitian pada pria infertilitas menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen 1.000 mg vitamin C dua kali sehari selama 2 bulan dapat meningkatkan motilitas sperma sebesar 92% dan jumlah sperma lebih dari 100%. Ini juga mengurangi proporsi sel sperma yang cacat sebesar 55%.

Suplemen vitamin C juga secara signifikan meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang cacat. Temuan ini menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria yang mengalami masalah infertilitas.

8. Penuhi Kebutuhan Zinc

Zinc adalah mineral penting yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada makanan hewani, seperti daging, ikan, telur, dan kerang. Zinc yang cukup merupakan salah satu faktor utama kesuburan pria.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan zinc dikaitkan dengan kadar testosteron yang rendah, kualitas sperma yang buruk, dan peningkatan risiko infertilitas pria. 

Selain itu, mengonsumsi suplemen zinc meningkatkan kadar testosteron dan jumlah sperma pada mereka yang rendah zinc. Selain itu, suplemen zinc dapat mengurangi penurunan kadar testosteron yang terkait dengan latihan intensitas tinggi yang berlebihan. Uji coba terkontrol perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

9. Suplemen Akar Maca

Mengonsumsi suplemen akar maca dapat meningkatkan libido, kesuburan, dan kinerja seksual. Akar maca adalah makanan nabati populer yang berasal dari Peru tengah. Secara tradisional, akar maca digunakan karena kemampuannya untuk meningkatkan libido dan kesuburan.

Beberapa penelitian pada pria menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sampai 3 gram akar maca kering selama 3 bulan dapat meningkatkan hasrat seksual atau libido. Mengkonsumsi 1,75 gram bubuk akar maca setiap hari selama 3 bulan juga meningkatkan jumlah sperma dan motilitas pada pria sehat.

Sebagian temuan ini telah dikonfirmasi, tetapi para peneliti mencatat bahwa buktinya lemah dan lebih banyak penelitian diperlukan sebelum mengklaim khasiatnya. 

10. Ashwagandha

Ashwagandha adalah ramuan obat yang telah digunakan di India sejak zaman kuno. Studi menunjukkan bahwa ashwagandha dapat meningkatkan kesuburan pria dengan meningkatkan kadar testosteron.

Satu studi pada pria dengan jumlah sel sperma rendah menunjukkan bahwa mengonsumsi 675 mg ekstrak akar ashwagandha per hari selama 3 bulan dapat meningkatkan kesuburan secara signifikan.

Masukkan daftar makanan penyubur sperma agar istri hamil di atas ke dalam menu makanan harian Anda. Hubungi dokter spesialis andrologi di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika Anda memiliki masalah infertilitas akibat kualitas sperma yang buruk. 

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Mary Jane Brown (2020). Healthline. 16 Natural Ways to Boost Fertility.
Atli Arnarson (2020). Healthline. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?