10 Minuman Hangat Sehat saat Musim Hujan dan WFH

10 Minuman Hangat Sehat saat Musim Hujan dan WFH

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 17, 2021
Update terakhir: Feb 17, 2021

Minuman hangat paling cocok kita nikmati saat musim hujan. Ketika Anda lelah beraktivitas seharian untuk menyelesaikan pekerjaan work from home (WFH), secangkir minuman hangat sehat akan mengembalikan energi Anda. Selain itu, minuman hangat akan menghangatkan tubuh Anda dari udara sejuk selama musim hujan.

Ada beberapa jenis minuman yang bisa Anda coba. Berikut ini rekomendasi minuman hangat saat musim hujan dan WFH. Mari simak dari yang pertama.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Teh Jahe

Teh merupakan minuman yang bisa disajikan hangat maupun dingin. Membuat teh jahe hangat di musim hujan merupakan pilihan yang tepat. Anda bisa membelinya dalam bentuk kantong teh, membuatnya sendiri dengan menambahkan air mendidih, dan memasukkan beberapa irisan jahe. 

Jika rasa teh jahe terlalu kuat, Anda dapat menambahkan madu atau lemon. Jahe baik untuk sistem pencernaan, membakar lemak, menenangkan otot yang lelah, dan meningkatkan sirkulasi darah. Teh juga membantu mengatasi masalah pernapasan, baik itu flu biasa atau alergi akibat alergen di lingkungan. Selain itu, secangkir teh jahe dengan madu dapat membantu meredakan kram menstruasi.

2. Teh Hijau

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan membantu dalam proses pencernaan. Meskipun banyak peneliti berpendapat bahwa tidak ada banyak manfaat dari teh hijau dan ini hanyalah taktik pemasaran oleh perusahaan teh, ada beberapa manfaat minuman hangat ini jika dibandingkan dengan minuman berkalori tinggi lain di luar sana.

Teh hijau tersedia dalam berbagai rasa, seperti chamomile, mint, jasmine, mawar, adas, dll. Anda dapat mencoba rasa dari varietas yang berbeda dan menggantinya dengan minuman yang mengandung kafein dalam jumlah tinggi. 

Perlu kita tahu bahwa teh hijau mengandung sejumlah kafein, meskipun jauh lebih sedikit daripada teh dan kopi biasa.

3. Mint Tea

Mint Tea adalah air panas yang dicampur dengan daun mint dan teh, meskipun daun tehnya opsional. Hidangan Mint Tea sangat rendah kalori, ini adalah minuman sehat yang dapat mengganti teh susu berkalori tinggi.

Saat memesan Mint Tea di restoran, pastikan Anda memesan kepada pelayan untuk tidak menambahkan gula. Tambahkan madu sebagai pengganti gula jika Anda ingin hidangan Mint Tea yang manis. 

4. Susu Almond

Ini adalah cara sempurna untuk mengakhiri hari yang sejuk dan Anda tidak perlu meninggalkan rumah untuk menikmatinya. Caranya cukup sederhana, yakni dengan memanaskan susu almond, campurkan bumbu ke dalamnya, lalu aduk merata. 

Bumbu yang paling umum adalah kayu manis dan pala, tetapi pilihan lain termasuk kunyit, madu, atau vanila untuk rasa yang lebih lembut bisa Anda coba. 

Susu almond memiliki kalori lebih sedikit daripada susu sapi dan tidak mengandung kolesterol. Untuk hasil yang lebih sehat, gunakan susu almond tanpa pemanis. Anda bisa mencampurkannya saat menyantap oatmeal dan tambahkan potongan buah-buahan, misalnya pisang. 

5. Coklat Panas

Coklat panas sebenarnya minuman sehat jika Anda membuatnya dengan benar. Kakao kaya akan sumber katekin, yaitu antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kakao juga kaya akan flavonoid, yaitu antioksidan kuat yang mengurangi peradangan.

Saat kakao kita panaskan, panasnya memicu semua kandungan sehat di dalamnya secara lebih efektif. Banyak merek kakao yang dapat Anda beli di toko memiliki pemanis yang sangat baik, jadi bacalah daftar bahan-bahannya dengan seksama sebelum Anda membeli. 

Jika ingin membuat sendiri, Anda hanya perlu melelehkan sedikit cokelat di dalam susu. Anda bisa menggunakan dark chocolate dan susu krim atau susu rendah lemak. 

6. Air Lemon dan Kayu Manis

Lemon dan kayu manis kita ketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan. Lemon membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu menurunkan berat badan. Selain itu, lemon juga membantu dalam menjaga kulit yang sehat. 

Kayu manis memiliki khasiat obat dan anti-inflamasi. Ini membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan merupakan anti-diabetes yang kuat. Kayu manis juga membantu menurunkan berat badan.

Panaskan air, tambahkan satu sendok teh lemon, dan masukkan sejumput kayu manis dan minum setiap pagi untuk kulit yang sehat bercahaya dan membantu penurunan berat badan.

7. Kopi Hitam

Kopi mengandung kafein dan sebaiknya Anda hindari. Namun, Anda mungkin ingin menikmati secangkir kopi hitam panas saat musim hujan guna menghangatkan tubuh dan tetap terjaga selama menyelesaikan tugas work from home

Kopi hitam lebih sehat daripada kopi susu, karena mengandung kalori yang jauh lebih sedikit. Kopi hitam juga memiliki sifat anti-inflamasi dan bertindak sebagai antioksidan. Ini membantu mengurangi risiko diabetes jika diminum tanpa gula. 

Cobalah untuk tidak minum kopi hitam terlalu banyak, karena kandungan kafeinnya yang tinggi bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan jika Anda konsumsi berlebihan. Jangan meminumnya di malam hari jika Anda tidak ingin terjaga sampai larut malam dan insomnia. 

8. Kopi Kayu Manis

Menambahkan kayu manis sebagai pengganti gula adalah salah satu cara untuk membuat minuman harian Anda lebih sehat. Tidak hanya mengurangi asupan gula, Anda juga mendapatkan manfaat dari kayu manis. 

Kayu manis kaya akan antioksidan yang bagus untuk mengontrol kadar gula darah, menghindari lonjakan yang menyebabkan ketagihan, dan memiliki sifat anti-inflamasi. Rasanya juga cocok jika dicampurkan dengan kopi. Aduk sedikit kayu manis atau masukkan batang kayu manis ke dalam cangkir kopi Anda.

9. Spiced Pumpkin Latte

Pumpkin Latte yang dibumbui dengan kayu manis dapat membantu meringankan nyeri sendi akibat artritis dan cedera. Minuman hangat ini juga membantu proses pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Ini adalah minuman yang sempurna untuk dinikmati saat musim hujan dan work from home

Cara menyajikan Spiced Pumpkin Latte cukup mudah. Panaskan susu, gula, bubur labu, bubuk kayu manis, bubuk cengkeh, dan ekstrak vanili bersama-sama, lalu tambahkan kopi ke dalamnya. Terakhir, beri taburan krim kocok dan taburan beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat minuman di atasnya. 

Nikmati secangkir Spiced Pumpkin Latte sambil bekerja atau menonton film favorit Anda. 

10. Anggur Merah

Rekomendasi minuman hangat yang berikutnya adalah red wine atau anggur merah. Aspek anggur merah yang menyehatkan jantung sering dibahas. Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menikmati segelas anggur merah daripada saat Anda membutuhkan sesuatu yang hangat. 

Itu dia rekomendasi minuman hangat sehat saat musim hujan dan WFH. Mana yang menjadi favoritmu? Hubungi dokter umum atau spesialis di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika Anda memiliki gejala penyakit.

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
Sneha Modi on Gurgl (2020). 8 Hot Immunity Boosters To Enjoy While You WFH (Work From Home).
Balvinder Sandhu on Her World (2021). Healthy Hot Drinks To Get You Through The Rainy Season.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?