10 Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi 2021

10 Tips Hidup Sehat di Masa Pandemi 2021

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Jan 28, 2021
Update terakhir: Jan 28, 2021

Tahun 2021 telah tiba. Setelah melakukan langkah-langkah pencegahan COVID-19 di tahun lalu, tapi Anda tetap harus menjaga diri sendiri dan orang-orang yang Anda cintai dari paparan virus corona di tahun 2021 dengan hidup sehat di masa pandemi. 

Ada banyak tips dan informasi dari para dokter dan peneliti terkait cara menghadapi pandemi yang sedang berlangsung hingga saat ini. Ikuti 10 tips tetap sehat di masa pandemi 2021 berikut ini. 

Hubungi penyedia layanan kesehatan melalui Smarter Health jika Anda atau keluarga memiliki gejala COVID-19 agar mendapat penanganan yang tepat. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Mematuhi Protokol Kesehatan

Vaksin Sinovac akan segera diberikan kepada masyarakat Indonesia secara bertahap. Meskipun begitu, Anda harus tetap melindungi diri sendiri dan orang lain dengan hidup sehat di masa pandemi agar tidak terinfeksi virus COVID-19.

Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti mengenakan masker, menjaga jaga jarak (physical distancing) setidaknya 6 kaki dari orang lain saat berada di tempat umum, membersihkan permukaan yang sering disentuh, serta sering cuci tangan pakai air dan sabun. Jika tidak memungkinkan, gunakan hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60% alkohol. 

2. Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitar Anda adalah salah satu cara hidup sehat di masa pandemi, dimana dapat mencegah kuman masuk ke dalam tubuh dan mencegah penyakit. Cuci tangan Anda saat:

  • Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan.
  • Sebelum makan.
  • Sehabis membuang ingus.
  • Sesudah batuk atau bersin.
  • Setelah menyentuh hewan.
  • Setelah menyentuh sampah.
  • Selepas memberi makanan hewan.
  • Setelah menyentuh kotoran hewan.
  • Sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sakit.
  • Setelah pergi ke kamar mandi atau membantu anak pergi ke kamar mandi.

3. Dapatkan Vaksin Flu

Hampir semua orang harus mendapat vaksin flu, terutama tahun 2021 karena belum terlambat untuk melakukannya. Saat ini Indonesia memasuki puncak musim penghujan, sehingga vaksinasi flu dianjurkan sepanjang musim flu. Waktu flu tidak dapat diprediksi dan virus dapat dideteksi sepanjang tahun. 

Siapa pun yang berusia 6 bulan ke atas harus mendapatkan vaksinasi flu, kecuali mereka yang memiliki alergi parah yang berisiko mengancam jiwa jika mendapat vaksin flu atau bahan apa pun yang terkandung di dalam vaksin.

Adanya kemungkinan terkena flu dan COVID-19, para ahli kesehatan masyarakat mendesak semua orang untuk mendapatkan vaksin flu, tidak hanya untuk melindungi diri mereka sendiri tetapi juga untuk mencegah rumah sakit kewalahan dengan pasien.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga merekomendasikan vaksin pneumonia untuk anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun, orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas, dan siapa pun dengan kondisi kesehatan kronis. 

Seseorang yang mengalami imunosupresi, seperti penderita leukemia atau HIV, juga harus diimunisasi. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda atau anak Anda tentang apa yang terbaik sesuai kondisi Anda.

4. Latihan Mindfulness

Menyadari apa pun yang Anda lakukan lewat latihan mindfulness akan membantu mengatasi kecemasan, stres, dan kesepian yang mungkin Anda rasakan selama pandemi COVID-19.

Memusatkan perhatian tidak harus rumit dan intensif. Anda dapat memfokuskan perhatian penuh ke dalam segala hal yang Anda lakukan. Lakukan setiap aktivitas dengan penuh kesadaran, meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas tersebut tanpa gangguan, dan nikmati setiap detiknya. 

Berlatih pernapasan dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang. Bernapas perlahan dan hembuskan napas dapat membantu menenangkan sistem saraf parasimpatis, serta menumbuhkan rasa kedamaian. Perhatikan bagaimana Anda bernapas sedikit lebih cepat saat Anda gugup. Cobalah untuk memperlambat napas Anda dan hitung napas Anda dari satu sampai lima untuk menenangkan pikiran.

Praktikkan latihan mindfulness untuk membantu mengatasi perasaan negatif. Luangkan waktu Anda untuk mengungkapkan perasaan melalui jurnal atau berbicara dengan orang lain jika Anda membutuhkan bantuan.

5. Menjaga Pola Makan Sehat 

Menjaga pola makan yang sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus penyebab COVID-19. Masukkan banyak jenis buah dan sayuran, lemak sehat, gandum utuh, dan protein sehat ke dalam menu makanan harian Anda. 

Jaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari dan hindari mengonsumsi terlalu banyak kafein dari kopi atau teh sebagai tips hidup sehat di masa pandemi. Sebagai gantinya, pilih teh herbal seperti teh peppermint untuk membantu pencernaan dan teh chamomile untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

6. Rutin Beraktivitas Fisik

Tips sehat di masa pandemi 2021 yang selanjutnya yaitu rutin beraktivitas fisik. Tetap aktif secara fisik bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti berjalan-jalan di sekitar halaman, berkebun, membersihkan rumah, merajut, atau memasak. 

Jaga tubuh Anda tetap lentur dengan melakukan peregangan atau yoga di pagi hari sesaat setelah Anda bangun tidur. Memiliki rutinitas harian sangat penting untuk membuat Anda tetap aktif secara fisik, kuat, dan sehat selama di rumah saja agar menurunkan risiko terinfeksi virus corona. 

7. Tetap Terhubung dengan Orang yang Anda Cintai

Luangkan waktu untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga Anda selama isolasi mandiri di rumah. Anda dapat menggunakan teknologi baru untuk tetap berhubungan dengan orang yang Anda cintai. 

Aplikasi seperti Zoom atau Skype memungkinkan Anda menelepon dan terhubung secara virtual dengan orang lain kapan saja sepanjang hari. Anda juga bisa meluangkan waktu untuk menulis surat kuno untuk sahabat lama Anda. 

8. Dapatkan Informasi yang Akurat Seputar COVID-19

Anda bisa dengan mudah mengakses berita dari berbagai sumber. Namun, di masa yang tidak pasti seperti ini, Anda mungkin menemukan informasi yang berlebihan dan tidak akurat. Hal ini berisiko mengakibatkan stres dan kecemasan. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bekali diri Anda dengan informasi yang benar dari sumber yang kredibel. Anda harus bisa menyaring antara fakta dan berita bohong. 

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang COVID-19, kunjungi website Satgas Penanganan COVID-19 di covid19.go.id.

9. Pertimbangkan Banyak Hal Sebelum Berlibur

Meskipun vaksin COVID-19 akan segera dibagikan kepada masyarakat Indonesia secara bertahap, tetapi Anda tetap perlu menjaga diri sendiri dan keluarga dengan tetap berada di rumah.

Pergi berlibur mungkin dapat melepaskan stres, bosan, dan frustasi setelah berbulan-bulan isolasi mandiri di rumah. Namun, pergi berlibur saat pandemi berisiko menyebabkan Anda terinfeksi virus corona selama perjalanan. 

Jika Anda memutuskan untuk pergi berlibur, pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang, mempelajari aturan yang berlaku di tempat Anda atau destinasi Anda, mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan melakukan isolasi mandiri setelah kembali ke tempat Anda. 

10. Menjaga Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting. Membuat diri Anda tetap sibuk dan terhibur selama COVID-19 sangat penting. Anda dapat menghibur diri dengan mendengarkan musik, menonton acara atau film favorit, memainkan game online, dan mempelajari keterampilan baru. Saat ini Anda dapat dengan mudah mengakses segalanya lewat internet. 

Jangan ragu untuk menghubungi psikolog, terapis, atau ahli kejiwaan melalui Smarter Health jika Anda membutuhkan bantuan. 

Punya pertanyaan seputar COVID-19? Tulis di kolom komentar atau hubungi penyedia layanan kesehatan di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health.Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Referensi:
Johanna Younghans (2020). 10 Expert COVID-19 Tips to Follow in 2021.
Sarah Ruff (2020). 6 Tips for Staying Healthy This Winter.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?