Manfaat Kopi bagi Kesehatan

11 Manfaat Kopi bagi Kesehatan Selain Menahan Kantuk

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Biasanya orang minum kopi karena mengandung kafein untuk menahan kantuk. Tahukah Anda bahwa menurut beberapa penelitian, masih banyak manfaat kopi untuk kesehatan tubuh, seperti menurunkan risiko kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung.

Menurut Diane Vizthum, M.s., R.D,. seorang ahli nutrisi di John Hopkins University School of Medicine dalam John Hopkins Medicine, kopi mengandung antioksidan dan zat aktif lainnya yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

Di artikel kali ini Smarter Health akan membagikan apa saja manfaat kopi bagi kesehatan tubuh Anda yang sudah dirangkum dari banyak sumber. Mari simak dari poin pertama. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Manfaat Kopi dapat Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak

Minum kopi dapat membantu Anda agar tidak mudah lelah dan meningkatkan energi, karena mengandung stimulan yang disebut kafein. Kafein adalah zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia menurut American Psychological Association (APA)

Setelah Anda minum kopi, kafein akan diserap ke dalam aliran darah yang akan bergerak ke otak. Kemudian kafein akan memblokir neurotransmitter adenosine di otak. Di saat itulah jumlah neurotransmitter lain seperti norepinephrine and dopamine meningkat, sehingga terjadi peningkatan penembakan neuron. 

Kopi juga dipercaya dapat meningkatkan berbagai fungsi otak, seperti memori, perasaan, kewaspadaan, energi, dan fungsi mental. 

2. Manfaat Kopi dapat Membakar Lemak

Zat kafein banyak ditemukan di suplemen pembakar lemak, karena kafein adalah zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Kafein juga dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, yakni sebesar 3% hingga 11%. 

Penelitian lain di National Library of Medicine menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, kemungkinan efek ini akan berkurang seiring waktu pada peminum kopi jangka panjang.

3. Meningkatkan Kinerja Fisik secara Drastis 

Zat kafein akan merangsang sistem saraf Anda dan memberikan sinyal kepada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh. Kafein memecah lemak tubuh dan mengubah asam lemak menjadi bahan bakar. 

Epinefrin atau adrenalin di dalam darah Anda akan meningkat secara drastis. Ini adalah hormon yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens. Menurut penelitian di Wiley Online Library, kafein dapat meningkatkan kinerja fisik sebesar 11,2%. Makanya kopi banyak diminum setengah jam sebelum pergi ke gym

4. Mengandung Nutrisi Esensial

Biji kopi banyak mengandung nutrisi esensial. Di dalam secangkir kopi mengandung:

  • Mengandung 11 % riboflavin (vitamin B2) dari Reference Daily Intake (RDI).
  • 2% magnesium dan niasin (vitamin B3) dari RDI.
  • Kandungan 6% asam pantotenat (vitamin B5) dari RDI.
  • Nilai mangan dan kalium 3% dari RDI.

Kebanyakan orang minum beberapa cangkir kopi per hari yang memungkinkan jumlah ini akan bertambah dengan cepat. 

5. Manfaat Kopi Sebagai Sumber Antioksidan 

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi western food, kopi mungkin menjadi salah satu minuman yang paling sehat di antara semua makanan ala western. Ini karena kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan antioksidan yang terkandung di dalam kopi lebih banyak daripada kombinasi sayur dan buah-buahan di makanan ala western

6. Manfaat Kopi dapat Membantu Anda Panjang Umur

Peminum kopi cenderung tidak terkena banyak penyakit, ini masuk akan jika kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama. Menurut Healthline, beberapa studi observasi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah. 

Penelitian di National Library of Medicine menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kematian pada pria sebanyak 20% dan penurunan risiko kematian pada wanita sebanyak 26%, dalam rentang usia 18 tahun untuk pria dan 24 tahun untuk wanita. Ini sangat berdampak pada penderita diabetes tipe 2, karena peminum kopi yang diabetes memiliki risiko kematian 30% lebih rendah. 

7. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Alzheimer

Manfaat kopi yang berikutnya adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer. Kafein di dalam 2 cangkir kopi dapat memberikan perlindungan yang signifikan dari risiko Alzheimer. Ditulis dalam John Hopkins Medicine, para peneliti menemukan bahwa wanita berusia 65 tahun ke atas atau yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan lebih kecil mengidap demensia. 

8. Manfaat Kopi dapat Mengurangi Kerusakan DNA

Kopi yang disangrai dapat mengurangi kerusakan pada DNA. Kerusakan ini terjadi secara alami, tapi dapat menyebabkan tumor atau kanker jika tidak segera diperbaiki oleh sel-sel Anda. 

9. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama yang saat ini memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Gejala diabetes tipe 2 ditandai dengan peningkatan kadar gula darah akibat resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan lemak untuk mengeluarkan insulin. Manfaat kopi secara signifikan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

10. Melindungi Organ Hati

Hati adalah organ yang menjalankan ratusan fungsi penting. Beberapa penyakit yang menyerang hati termasuk hepatitis, perlemakan hati (fatty liver), dan sebagainya. Banyak dari kondisi tersebut yang menyebabkan sirosis, yaitu rusaknya ketika sebagian besar organ hati Anda digantikan oleh jaringan parut. Namun, orang yang minum 4 cangkir kopi atau lebih setiap harinya memiliki 80% risiko sirosis yang lebih rendah. 

11. Menurunkan Risiko Stroke

Kafein sering diklaim dapat meningkatkan tekanan darah. Tetapi kenaikan ini hanya 3 hingga 4 mm/Hg yang memberi efek sangat kecil dan biasanya bisa menghilang setelah Anda menjadi peminum kopi jangka panjang. 

Namun, efeknya bisa bertahan lebih lama pada sebagian orang, terutama yang memiliki tekanan darah tinggi. Bahkan sejumlah penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko terkena stroke lebih rendah 20%.

Berapa Banyak Kopi yang Aman Diminum Wanita Setiap Hari?

Manfaat kopi memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, asupan kopi yang berlebihan dapat memicu gangguan, seperti:

  • Gelisah.
  • Susah tidur. 
  • Tekanan darah tinggi.
  • Denyut jantung meningkat. 

Sebab itu, Anda harus tahu berapa banyak jumlah kopi yang aman untuk diminum agar terhindar dari efek sampingnya. Menurut Dietary Guidelines for Americans, umumnya wanita aman minum 3 hingga 5 cangkir kopi per hari, dengan asupan kafein paling banyak 400 mg. Kandungan kafein sangat bervariasi, tergantung jenis kopi yang Anda minum. 

Jika Anda sedang hamil atau menyusui, aturan minum kopi akan berbeda. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan Anda sebelum menambahkan zat kafein ke dalam menu makanan sehari-hari. 

Perlu diingat bahwa tingkat toleransi kafein setiap orang berbeda-beda. Anda masih bisa mendapatkan berbagai manfaat kopi bagi kesehatan tubuh dengan minum secangkir kopi setiap hari atau bahkan dengan minum kopi tanpa kafein. 

Punya pertanyaan seputar manfaat kopi dan seberapa banyak jumlah kopi yang aman untuk Anda minum setiap hari? Tulis di kolom komentar. Anda juga bisa melakukan tele-konsultasi dengan dokter dari rumah sakit di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health.

Tele-konsultasi di Smarter Health menjadi solusi terbaik untuk mengakses layanan kesehatan di masa pandemi COVID-19.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?