11 Tips Hidup Sehat di Tahun Baru 2021

11 Tips Hidup Sehat di Tahun Baru 2021

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 18, 2021
Update terakhir: Feb 18, 2021

Mulailah tahun baru dengan meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda secara keseluruhan. Anda bisa menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Makan ini termasuk buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Orang dewasa harus makan setidaknya 5 porsi atau sekitar 400 gram buah dan sayuran setiap hari. Ikuti tips hidup sehat di tahun baru 2021 berikut ini untuk mengoptimalkan kinerja tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Detoksifikasi Tubuh 

Tips hidup sehat di tahun baru 2021 yang pertama adalah dengan memulihkan kesehatan Anda dengan membersihkan bagian tubuh. Tubuh Anda membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun yang berdampak negatif bagi kesehatan. 

Untuk melakukan detoksifikasi, Anda perlu menerapkan pola makan makanan sehat. Ini membantu membersihkan sistem sirkulasi dan mengurangi racun, sehingga tubuh terasa lebih ringan, lebih menguntungkan, dan lebih bugar. Ketika racun yang terkumpul di dalam tubuh hilang, tubuh Anda siap untuk mengembalikan dan menjaga kesehatannya.

2. Rutin Berolahraga dan Beraktivitas Fisik

Berolahraga dan beraktivitas fisik secara terus menerus dapat mengembangkan kesehatan. Rutinitas olahraga yang padat memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan stres dan kekecewaan dari tubuh Anda. Biasanya orang dengan pola makan yang buruk dan kekar mengalami keluhan kesehatan seperti lesu, lemah, gelisah, kecewa, dan stres. 

Menikmati rutinitas olahraga adalah salah satu tips hidup sehat yang akan membawa energi positif, pemulihan, detoksifikasi, dan kebaruan ke dalam hidup Anda. Sisihkan waktu 30 menit per hari untuk berlatih untuk menyeimbangkan kadar hormon, mengontrol tekanan darah, dan menjaga berat badan sehat.

3. Menu Makanan Sehat untuk Diet

Mengonsumsi makanan sehat dengan porsi seimbang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makan dengan benar sesuai kebutuhan tubuh dan atasi masalah medis tertentu dengan lebih baik.

Sebaiknya hindari makanan berkualitas rendah, minuman berbuih, kafein, dan minuman manis untuk menghindari penambahan berat badan. Cukup makan produk organik, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sebagainya untuk menyegarkan dan meningkatkan kinerja tubuh.

4. Sediakan Waktu untuk Istirahat

Setelah seharian beraktivitas, mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, dan mengerjakan sesuatu, penting untuk memberi energi pada diri Anda sendiri dengan menerapkan rutinitas istirahat yang sepadan.

Sediakan waktu untuk beristirahat dan tidak hadir dalam acara apa pun. Istirahatlah selama 8 hingga 10 jam istirahat setiap malam agar tubuh Anda bangkit dan berenergi dari kelelahan sehari-hari. Semakin banyak jumlah jam istirahat, maka semakin mudah pula membawa kesejahteraan dan kegembiraan ke dalam hidup Anda.

5. Jujur dengan Diri Sendiri

Daripada menutupi perasaan Anda, mulailah jujur pada diri sendiri dengan memahami apa yang diyakini oleh hati, tubuh, dan jiwa Anda. Hal ini sulit diwujudkan ketika Anda merasa lelah, putus asa, terganggu, atau merasa canggung.

Selalu ada penjelasan tersembunyi di balik apa yang sedang Anda rasakan. Jika Anda selalu menutupi perasaan dan tidak ditangani dengan baik, hal tersebut malah menyebabkan kekhawatiran, stres, dan kesedihan yang berisiko berdampak pada masalah kesehatan mental. 

Perbaiki kesehatan fisik dan mental Anda dari perasaan canggung dengan mencari pengobatan dan perawatan dari profesional. Mendengarkan musik, bercakap-cakap dengan teman, membuat buku harian, detoksifikasi, refleksi, dan sebagainya dapat membantu menemukan jawaban atas keraguan Anda selama ini. 

6. Yoga dan Meditasi

Tips hidup sehat di tahun 2021 selanjutnya yaitu melakukan yoga dan meditasi. Yoga adalah aktivitas yang menghubungkan jiwa dan tubuh Anda dalam satu ikatan. Lewat yoga, Anda bisa merawat diri, memulihkan kesehatan, dan latihan berkonsentrasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa yoga yang dikombinasikan dengan refleksi merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh, karena meningkatkan kualitas hidup dan memulihkan seseorang dari dalam. Selain itu, yoga juga membawa banyak perubahan hormonal dan energi dalam hidup untuk membantu penyembuhan penyakit tertentu.

Orang-orang yang berlatih yoga dan meditasi lebih mampu melawan tekanan dan kesedihan sambil membangun kerangka kekebalan yang kokoh, keseimbangan hormonal, kualitas tubuh, dan kemampuan beradaptasi. 

7. Belajar Bersyukur

Syukur merupakan rasa cukup untuk menerima apa yang sudah Anda miliki. Ketika Anda mulai menerima secara positif tentang apa yang Anda miliki, Anda mulai menciptakan lebih banyak hal-hal positif di sekitar Anda dengan perasaan lebih bahagia.

Bersyukur adalah sikap positif yang memberi penegasan positif bagi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Belajar bersyukur bisa dimulai dengan menulis catatan kecil tentang perasaan bahagia dan cukup. Di dalam catatan tersebut, tuliskan 3 hal bahagia yang terjadi dalam hidup Anda setiap hari. Rasakan manfaatnya, karena kualitas hidup Anda akan meningkat dan Anda memiliki lebih banyak alasan untuk hidup bahagia.

8. Jaga Kesehatan Usus 

Penting untuk menjaga kesehatan usus, karena usus adalah organ tubuh terpenting setelah otak. Usus yang sehat dapat meningkatkan sistem pencernaan Anda dengan membawa bakteri baik. Ini membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat, kesehatan mental, jantung, dan mengobati berbagai alergi pada tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa probiotik berpengaruh dalam menghilangkan lemak tubuh, mengoptimalkan kesehatan, dan mengobati kondisi kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi.

9. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol adalah gaya hidup tidak sehat yang sayangnya banyak dilakukan oleh anak muda. Sebaiknya berhenti merokok dan minum alkohol untuk memulihkan keseimbangan hormon, kekebalan tubuh, dan energi tubuh Anda.

Ada banyak alasan mengapa mereka merokok dan minum alkohol, seperti pengaruh sosial, tekanan dari teman sebaya, situasi, dan perubahan emosi sering kali memaksa orang untuk mencari pelarian. Padahal rokok dan alkohol mengandung zat paling berbahaya bagi tubuh yang membawa masalah kesehatan fisik, emosional, dan mental. 

10. Banyak Minum Air

Untuk fungsi tubuh yang optimal, tubuh Anda membutuhkan hidrasi yang tepat dan satu-satunya cara untuk mewujudkannya dengan minum lebih banyak air. Setidaknya minum 16 gelas air setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, energi, dan keseimbangan cairan tubuh. Terus minum air sepanjang hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, meminimalisir penyakit, dan membuang racun. 

11. Cuci Tangan Sampai Bersih

Pandemi COVID-19 di tahun 2020 memberikan pelajaran betapa pentingnya menjaga diri sendiri, salah satunya dengan menjaga kebersihan. Cuci tangan Anda dengan benar dan sesering mungkin, karena tangan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit menular.

Pemulihan kesehatan tubuh membutuhkan banyak usaha dan tidak bisa selesai dalam satu malam. Sebab itu, terapkan gaya hidup sehat di tahun baru 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Kunjungi dokter Anda secara teratur untuk pencegahan kanker dan pemeriksaan diabetes. Bicarakan dengan dokter tentang riwayat kesehatan Anda.

Hubungi dokter umum atau spesialis di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika Anda memiliki keluhan penyakit. Smarter Health memungkinkan Anda mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya. Tersedia layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention (2020). New Year, New Healthy You.
Mercy Health (2020). 21 Healthy Tips for 2021: New Year, New You!
Ravi Shankar (2020). Worlds Genuine News, 10 simple tips to stay healthy & fit in 2021.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?