12 Nov 2019 / Pengobatan

11,5 Milyar USD Dihabiskan Orang Indonesia Demi Berobat ke Luar Negeri. Mengapa?

Katanya, demi mendapat layanan kesehatan yang lebih baik, banyak orang Indonesia rela ke luar negeri untuk berobat. 

Figur publik; pejabat dan selebritas mungkin kalangan masyarakat yang paling banyak terlihat berobat ke luar negeri. Faktanya, di tahun 2015 saja, ada sekitar 600.000 orang Indonesia berobat ke luar negeri.

Merujuk hasil riset Patients Beyond Borders, orang Indonesia menjadi kontributor terbesar untuk sektor wisata medis di luar negeri. Rata-rata biaya yang dikeluarkan orang Indonesia untuk berobat mencapai 11,5 Miliar USD per tahun!

Memang ada alasan kuat yang mendorong orang berobat ke luar negeri:

1. Tren sedari dulu

Dalam jangka waktu 10 tahun, jumlah pasien asal Indonesia yang berobat ke luar negeri meningkat hingga hampir 100%. Berobat ke luar negeri sudah bukan lagi ekslusif untuk kalangan pejabat atau artis. Mulai dari pegawai swasta hingga pengusaha biasa pun banyak yang pergi berobat ke luar negeri.

2. Destinasi wisata medis berkualitas banyak yang dekat

Orang Indonesia senang berobat ke luar negeri karena destinasi wisata medis terbaik ternyata banyak yang lokasinya dekat. Ada Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Dari sekian nama tersebut, Singapura dan Malaysia tercatat paling difavoritkan dan letaknya pun paling dekat. Dengan lokasi yang dekat ini, orang Indonesia bisa berobat dengan mengeluarkan biaya transportasi yang minim. 

Sebab, tiket penerbangan langsung dari Tanah Air rata-rata berharga murah. Penduduk dari Sumatera pun bisa ke Singapura dan Malaysia dengan lebih murah lagi naik kapal feri. 

3. Fasilitas dan pilihan pengobatan lengkap

Dengan berobat ke luar negeri, kita bisa menemukan rumah sakit dengan peralatan medis yang lengkap dan canggih. 

Dengan demikian, penanganan terhadap sakit berat pun bisa didapat, terutama untuk sejumlah penyakit yang tak bisa ditangani di negeri sendiri. Adapun jenis penanganan medis yang paling banyak dicari orang Indonesia saat berobat ke luar negeri adalah:

  • Pengobatan kanker
  • Bedah kosmetik dan rekonstruksi
  • Pengobatan tulang
  • Pengobatan mata
  • Pengobatan jantung
  • Operasi penurunan berat badan
  • Perawatan gigi
  • Bedah tulang belakang 

4. Rumah sakit terakreditasi internasional

Rumah sakit di luar negeri sudah banyak yang mendapatkan akreditasi berstandar global, Joint Commission International (JCI). 

Dengan adanya akreditasi kelas dunia ini, kredibilitas dan kualitas rumah sakit sudah teruji dan terbukti. Beberapa rumah sakit tersebut bahkan bisa kita temukan dalam jarak dekat, yakni di Singapura dan Malaysia. Misalnya saja: 

Rumah Sakit di Singapura

  • Mount Elizabeth Hospital
  • Mount Elizabeth Novena Hospital
  • Parkway East Hospital
  • Parkway Shenton
  • Farrer Park Hospital
  • Gleneagles Hospital
  • Mount Alvernia Hospital 

Rumah Sakit di Malaysia

  • Island Hospital
  • Gleneagles Hospital
  • Pantai Hospital
  • Sunway Medical Centre
  • ParkCity Medical Centre 

5.  Bisa sekalian jalan-jalan

Kebanyakan orang sengaja berobat ke luar negeri agar bisa sekaligus jalan-jalan. Biasanya mereka meluangkan waktu lebih 2–3 hari untuk bisa menyempatkan diri berkeliling destinasi menarik di sekitarnya. Apalagi rata-rata negara destinasi wisata medis juga menjadi destinasi wisata populer.

6. Banyak perwakilan rumah sakit luar negeri di Indonesia

Orang Indonesia semakin senang berobat ke luar negeri karena saat ini sudah banyak perwakilan rumah sakit luar negeri di Indonesia. Adanya perwakilan ini membuat calon pasien bisa menyiapkan pengobatannya dengan cepat dan mudah, melalui satu pintu.

Smarter Health merupakan salah satu perwakilan resmi rumah sakit di Singapura & Malaysia. 

Smarter Health menawarkan layanan gratis yang membantu pasien mendapatkan rekomendasi serta buat janji dokter spesialis dan rumah sakit, rekomendasi paket medical check up,, hingga perhitungan biaya berobat. 

Merencanakan pengobatan ke luar negeri

Perencanaan matang sangatlah penting bila Anda ingin acara berobat ke luar negeri berjalan lancar. Panduan singkat berikut bisa Anda jadikan acuan. 

Persiapkan dokumen penting

Untuk membuat proses berobat ke luar negeri menjadi efektif dan efisien, sebaiknya calon pasien sudah memiliki rekam medis yang berisi informasi berikut:

  • Surat rujukan dokter (bila ada)
  • Hasil tes darah
  • Riwayat penyakit dan obat yang dikonsumsi
  • Hasil diagnosa
  • Daftar alergi
  • Hasil perekaman medis (CT Scan, MRI, dll.)

Dengan membawa dokumen tersebut, calon pasien jadi tidak perlu membuang biaya untuk melakukan pemeriksaan awal ulang di rumah sakit di luar negeri.

Selain itu, pastikan juga Anda sudah mengecek masa berlaku paspor Anda (jangan kurang dari enam bulan), serta mengurus visa jika negara yang dituju membutuhkannya. 

Mencari informasi rumah sakit dan dokter spesialis

Di mana Anda akan berobat, siapa dokter yang menangani Anda, dan apa saja perawatan yang akan Anda terima. Semua informasi penting tersebut harus Anda temukan jawabannya sebelum mulai berangkat.

Biasanya, informasi akurat untuk kebutuhan tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi rumah sakit terkait. Mengingat banyaknya pilihan, tentu akan sangat membuang waktu, energi, dan biaya untuk menghubungi rumah sakit di luar negeri satu per satu.

Solusi untuk masalah tersebut adalah Smarter Health. Cukup dengan mengunjungi Situs Smarter Health, Anda bisa mendapatkan rekomendasi lengkap dokter spesialis dan rumah sakit yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. 

Nantinya, Smarter Health akan memberikan tiga rekomendasi terbaiknya. Tak hanya dokter spesialis berkualitas, Smarter Health juga bekerja sama dengan rumah sakit di Singapura dan Malaysia yang sudah terakreditasi Joint Commission International (JCI). 

Menghitung biaya berobat

Setelah mendapat bayangan mengenai pengobatan Anda, berikutnya yang perlu dilakukan adalah menghitung biaya berobat. 

Lagi-lagi, gunakan layanan Smarter Health untuk mendapatkan informasi satu ini. Sebagai perwakilan resmi rumah sakit di Singapura dan Malaysia, tentu Smarter Health bisa mendapatkan estimasi biaya berobat dengan lebih cepat dan akurat. 

Membuat janji konsultasi dari jauh hari

Sebelum mulai menyiapkan perjalanan, Anda perlu membuat janji konsultasi dengan dokter spesialis pilihan Anda. Hal tersebut perlu agar waktu Anda di luar negeri tidak terbuang akibat tidak mendapat jadwal konsultasi dan tidak kebagian antrean.

Cek asuransi kesehatan (jika punya)

Jika Anda sudah punya asuransi, jangan lupa hubungi agen Anda untuk meminta informasi seputar di mana saja negara cakupannya, dan perawatan apa saja yang bisa ditanggung asuransi. 

Menyiapkan kebutuhan perjalanan

Setelah semua hal di atas siap, kini waktunya Anda mulai berburu tiket pesawat murah, mereservasi hotel, dan mem-booking transportasi untuk kebutuhan berobat di negara tujuan. Siapkan pula alat pembayaran sesuai yang berlaku di negara tujuan Anda. 

Hubungi bank Anda untuk mengaktifkan akses transaksi di luar negeri sehingga Anda bisa menggunakan kartu debit atau kredit untuk melakukan pembayaran. Bawa juga uang tunai secukupnya dengan mata uang sesuai negara tujuan.

Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Silakan isi form ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *