Cara Berhenti Merokok yang Efektif dan Manfaatnya

6 Cara Berhenti Merokok Efektif dan Manfaatnya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Berhenti merokok memang tidak mudah, terutama bagi perokok aktif. Kecanduan rokok membuat keinginan untuk merokok semakin kuat. Ketika dorongan itu menyerang, ingatlah bahwa mungkin itu hanya keinginan sesaat yang akan berlalu dalam 5 hingga 10 menit. Ingat pula apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan jika tidak merokok.

Semakin sering Anda berhasil tidak merokok. semakin dekat pula langkah Anda untuk berhenti merokok selamanya. Namun, dalam proses berhenti menghisap tembakau ini lah yang paling memiliki tantangan untuk tetap konsisten. 

Bagaimana cara berhenti merokok yang efektif? Simak artikel di bawah ini. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Kenapa Susah Berhenti Merokok?

Perokok aktif pasti tahu risiko kesehatan dibalik merokok, tapi tidak membuat mereka lebih mudah untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu. Apakah Anda mulai merokok sejak remaja? Kemungkinan besar akan sangat sulit untuk berhenti merokok. 

Rokok adalah tembakau yang dibungkus dan digulung dengan kertas atau bahan lain yang tidak mengandung tembakau. Banyak rokok yang diproduksi juga memiliki filter di salah satu ujungnya untuk menyaring beberapa bahan kimia beracun yang terkandung di dalam asap rokok. 

Merokok adalah kecanduan fisik dan kebiasaan psikologis. Nikotin dari rokok memberikan efek “tinggi” sementara yang membuat Anda ketagihan. Berhenti mengonsumsi nikotin secara teratur menyebabkan tubuh Anda bereaksi seperti ngidam. 

Efek nikotin akan beralih ke otak sebagai cara instan untuk melepaskan lelah, menghilangkan stres, mengatasi depresi, kecemasan, atau sekadar mengatasi kebosanan. Sebaiknya Anda mencari cara lain yang lebih sehat untuk mengatasi perasaan tersebut. 

Perokok aktif mungkin menjadikan rokok sebagai bagian dari ritual harian layaknya kopi di pagi hari. Mungkin juga Anda menjadikan rokok sebagai jembatan untuk terhubung dengan keluarga, teman, atau rekan kerja.

Supaya berhasil berhenti merokok, Anda harus bisa mengatasi kecanduan dan kebiasaan yang menyertainya. Yakinlah bahwa itu bisa dilakukan. Dengan dukungan dari orang terdekat, perokok pasti bisa menghentikan kecanduannya, bahkan jika Anda sudah mencoba dan gagal beberapa kali sebelumnya. Jika masih sulit, Anda bisa meminta bantuan dari dokter untuk menyusun rencana berhenti merokok. 

Kenapa Harus Berhenti Merokok?

Setiap perokok punya alasan masing-masing untuk berhenti merokok. Berikut ini manfaat berhenti merokok yang paling sering dijadikan sebagai alasan, di antaranya:

1. Kesehatan

Menurut Surgeon General, berhenti merokok adalah satu-satunya langkah terbaik yang bisa dilakukan seorang perokok untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Setelah Anda berhasil berhenti merokok, tubuh Anda mulai memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh rokok. Berhenti di usia mudah tentu yang terbaik, tetapi seorang perokok yang berhenti di kemudian hari pun tetap bisa meningkatkan kesehatannya. 

2. Menghemat Uang

Coba hitung berapa uang yang Anda keluarkan untuk membeli rokok dalam satu hari, satu bulan, atau satu tahun. Menghisap batang rokok itu mahal. Di beberapa tempat, sebungkus rokok dibanderol lebih dari $ 10 dan harganya terus naik. Bayangkan jika Anda berhenti merokok, berarti Anda bisa menghemat pengeluaran sehari-hari. 

3. Kenyamanan Anda

Merokok itu merepotkan, karena saat ini semakin banyak negara yang mengeluarkan undang-undang bebas asap rokok. Anda mungkin harus mencari tempat khusus untuk merokok agar tidak terjerat hukum. Demi kenyamanan, sebaiknya Anda berhenti merokok dari sekarang. 

4. Teman dan Keluarga Anda

Asap rokok membahayakan semua orang yang menghirupnya. Perokok pasif juga berisiko terkena penyakit, baik untuk orang tua dan anak muda. Anak-anak yang tinggal serumah dengan perokok lebih sering sakit flu dan infeksi telinga. Sedangkan bayi yang baru lahir dari ibu yang merokok memiliki risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah (BBLR), dan sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

Baik Anda maupun orang-orang di sekitar Anda akan bernapas lega saat Anda berhenti merokok. Mantan perokok tidak akan membawa bau asap rokok yang biasanya menempel di pakaian dan rambut mereka, sehingga rumah mereka tidak bau asap rokok. Manfaat berhenti merokok juga melancarkan pernapasan yang membuat tidur Anda lebih berkualitas. Bukan hanya perokok aktif yang cenderung tidur mendengkur, tetapi perokok pasif juga. 

Cara Berhenti Merokok

Berhenti merokok sangat mungkin dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Terapi Pengganti Nikotin

Tanyakan kepada dokter Anda tentang terapi penggantian nikotin. Ini termasuk resep nikotin di dalam nasal spray atau inhaler, pengganti nikotin seperti permen karet dan permen pelega tenggorokan yang dijual bebas, serta resep obat pengganti rokok non-nikotin seperti bupropion (Zyban) dan varenicline (Chantix). 

Permen karet, pelega tenggorokan, nasal spray atau inhaler termasuk terapi penggantian nikotin jangka pendek yang dapat membantu mengatasi rasa mengidam yang intens. Terapi jangka pendek ini umumnya aman digunakan jika dikombinasikan dengan salah satu obat non-nikotin. 

Banyak orang memilih rokok elektrik sebagai alternatif rokok batangan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan keefektifan rokok elektrik untuk membantu perokok berhenti merokok dan kemampuannya dalam memberikan keamanan jangka panjang. 

2. Hindari Pemicu

Dorongan untuk merokok mungkin semakin kuat ketika Anda sering merokok atau mengunyah tembakau, seperti saat Anda pesta di bar atau saat Anda merasa stres. Identifikasi situasi yang memicu Anda dan buat rencana untuk menghindarinya atau melawannya tanpa menggunakan tembakau. 

Jangan biarkan diri Anda kambuh lagi. Misalnya Anda terbiasa merokok saat berbicara di telepon, sekarang letakkan pulpen dan kertas di dekat Anda untuk mencoret-coret daripada merokok. 

3. Menunda

Jika Anda merasa tidak mampu menahan keinginan untuk merokok, katakan pada diri Anda sendiri bahwa Anda harus menunggu beberapa menit lagi, lalu lakukan sesuatu untuk mengalihkan perhatian Anda selama jangka waktu tersebut. Anda bisa pergi ke zona bebas rokok agar Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk merokok. Trik sederhana ini mungkin cukup untuk menggagalkan keinginan Anda untuk merokok. 

4. Mengunyah Sesuatu

Gunakan sesuatu yang bisa Anda kunyah di mulut Anda untuk melawan keinginan merokok. Mengunyah permen karet tanpa gula, mengunyah wortel mentah, kacang-kacangan, atau biji kuaci adalah sesuatu yang renyah dan mengalihkan kepuasan mulut Anda dari tembakau.

5. Beraktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu mengalihkan Anda dari rasa ngidam tembakau dan mengurangi intensitasnya. Bahkan aktivitas fisik yang ringan sekali pun bisa Anda pilih, seperti berlari naik turun tangga beberapa kali atau jogging dapat menghilangkan keinginan untuk merokok.

Jika Anda harus berada di rumah, cobalah gerakan squat, push-up, lari di tempat, atau berjalan naik turun tangga. Jika aktivitas fisik tidak menarik minat Anda, cobalah menjahit, merajut, membuat hiasan kayu, atau menulis blog. Anda juga bisa melakukan pekerjaan rumah, seperti membersihkan kamar atau dapur. 

6. Mendapatkan Dukungan Online

Bergabunglah dengan program berhenti merokok yang tersedia secara online atau baca blog orang yang berhasil berhenti merokok. Tidak ada salahnya belajar dari cara lain menangani keinginan merokok mereka.

Konsultasikan dengan dokter melalui Smarter Health untuk menyusun rencana berhenti merokok. Smarter Health menyediakan layanan tele-konsultasi bersama dokter di dalam dan luar negeri untuk mempermudah Anda dalam mengakses pelayanan kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?