Makanan Sehat Penambah Sperma Pria

7 Jenis Makanan Sehat Penambah Sperma Pria

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Kualitas sperma merupakan salah satu faktor utama yang memengaruhi kesuburan pria. Seperti organ lain dalam tubuh manusia, sistem reproduksi tergantung pada asupan nutrisi dan vitamin. 

Setiap jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat memengaruhi kesehatan reproduksi sperma pria. Makanan sehat dapat meningkatkan produksi testosteron, sehingga meningkatkan jumlah sperma, motilitas, dan kualitas sperma.

Berikut ini jenis makanan penambah sperma yang bisa Anda masukkan ke dalam menu makanan harian Anda. 

Jika Anda memiliki kualitas sperma yang buruk, konsultasikan dengan dokter spesialis andrologi melalui Smarter Health untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Telur

Telur menjadi sumber protein yang murah dan berkualitas tinggi. Lebih dari setengah protein telur ditemukan di dalam putih telur, yang juga mengandung vitamin B2 dan jumlah lemak yang lebih rendah daripada kuning telur. 

Telur kaya akan selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral seperti zinc, zat besi dan tembaga. Kuning telur mengandung lebih banyak kalori dan lemak dibandingkan putih telur. Mereka adalah sumber vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak dan lesitin.

Jangan lupa masukkan telur ke dalam menu makanan harian Anda, karena kandungan protein di dalam telur adalah pilihan yang sehat untuk meningkatkan jumlah sperma. Telur juga melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak dan meningkatkan motilitas (kemampuan sperma bergerak dan berenang). Nutrisi yang ada di dalam telur mampu membantu produksi sperma yang lebih sehat dan meningkatkan kesuburan pria.

2. Bayam

Bayam terkenal dengan kualitas nutrisinya dan dianggap sebagai tanaman untuk meningkatkan energi, vitalitas, dan kualitas darah. Ini karena bayam mengandung zat besi yang berfungsi dalam fungsi sel darah merah untuk membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Bayam merupakan sumber vitamin K, A, C dan folat yang sangat baik serta sumber mangan, magnesium, zat besi, dan vitamin B2 yang baik. Vitamin K sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Anda mungkin sulit menemukan sayuran yang lebih kaya vitamin K daripada bayam. 

Asam folat banyak berperan dalam perkembangan sperma yang sehat. Sayuran berdaun kaya akan asam folat dan bayam adalah salah satunya. Kadar asam folat yang lebih tinggi juga mengurangi jumlah sperma abnormal di dalam air mani, sehingga mampu meningkatkan peluang keberhasilan penetrasi sperma ke dalam sel telur.

3. Asparagus

Asparagus adalah sayuran musim semi yang kaya akan nutrisi. Anda bisa memakannya segera selama masih segar. Sayuran ini cocok dipadukan dengan banyak sayuran musim semi lainnya dan rasa-rasa kacang polong, bawang putih, atau kentang.

Asparagus adalah sayuran yang kaya akan nutrisi. Merupakan sumber folat, vitamin A, C, E, dan K, serta kromium, yaitu mineral yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel. 

Kandungan nutrisi di dalam asparagus mampu memberikan efek positif pada kualitas sperma. Mereka dapat melawan radikal bebas, melindungi sel testis, meningkatkan jumlah sperma, meningkatkan motilitas, dan kualitas sperma.

4. Kenari

Kacang adalah sumber lemak dan protein yang sehat. Mereka menjadi sumber lemak omega-3 yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, lemak sehat diperlukan tubuh untuk memproduksi membran sel sperma. Asam lemak omega-3 juga membantu meningkatkan volume sperma dengan meningkatkan aliran darah ke testis. Kandungan arginine pada kenari turut berpengaruh pada peningkatan jumlah sperma.

Kacang kenari memiliki antioksidan yang lebih tinggi daripada kacang lainnya. Kandungan antioksidan juga membantu menghilangkan racun di dalam aliran darah. Antioksidan berasal dari vitamin E, melatonin, dan polifenol yang sangat tinggi di kulit kenari yang tipis.

5. Biji Labu

Phytosterol terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan produksi testosteron di dalam tubuh. Ini merupakan komponen yang terdapat pada biji labu kuning yang membantu dalam peningkatan jumlah sperma dan kesuburan pria. Biji labu juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan volume air mani.

Biji labu juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan seksual. Sebuah penelitian di National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa minyak biji labu mungkin aman dan efektif sebagai pengobatan untuk benign prostatic hyperplasia (BPH). 

Para ilmuwan menemukan bukti bahwa minyak biji labu dapat membantu mengobati gangguan kencing pada pria dan wanita. Pengobatan dengan minyak labu dikaitkan dengan pengurangan gejala kandung kemih yang terlalu aktif.

6. Salmon

Salmon adalah ikan yang empuk, berwarna kemerahan, dan padat, Jenis ikan yang satu ini kerap menjadi pilihan paling populer di Amerika karena rasanya yang sangat lezat dan bagus untuk kesehatan.

Makanan penambah sperma yang berikutnya adalah salmon. Asam lemak omega-3 dalam ikan dan makanan laut seperti salmon, mackerel, tuna, herring, dan sarden dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma.

Satu porsi salmon (3 hingga 4 ons) mengandung sekitar 200 kalori. Ini sangat rendah lemak jenuh dan merupakan sumber protein dan vitamin B12 terbaik. Kandungan vitamin B12 di dalam salmon dapat menjaga darah dan sel saraf, serta membantu pembuatan DNA. Salmon juga mengandung kalium dan nutrisi lain seperti zat besi dan vitamin D. 

7. Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah paling populer di dunia yang berasal dari Asia Tenggara dan sekarang tumbuh di banyak bagian dunia. Pisang memiliki variasi warna, ukuran dan bentuk. Jenis pisang yang paling umum adalah Cavendish. 

Buah berwarna kuning atau hijau ini mengandung cukup banyak serat dan beberapa antioksidan. Satu pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, tembaga, mangan, karbohidrat bersih, serat, protein, dan lemak.

Setiap pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan hampir semuanya terdiri dari air dan karbohidrat. Buah pisang mengandung sangat sedikit protein dan hampir tidak mengandung lemak. Karbohidrat dalam pisang mentah sebagian besar terdiri dari pati dan pati resisten, tetapi saat pisang matang, pati berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa).

Buah pisang kaya akan vitamin dan mengandung enzim langka yang dikenal sebagai Bromelain. Enzim ini mencegah peradangan serta membantu tubuh meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Kandungan vitamin seperti A, B1, dan C di dalam pisang dapat membantu tubuh memproduksi sel sperma yang lebih sehat dan kuat. Jumlah sperma tergantung pada jenis vitamin tersebut. 

Itu dia beberapa jenis makanan penambah sperma. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis makanan ke dalam menu makanan harian. Jika Anda memiliki masalah kualitas sperma atau kesuburan, hubungi dokter spesialis andrologi di dalam atau luar negeri melalui Smarter Health. 

Smarter Health siap membantu Anda dalam mencari rekomendasi rumah sakit dan dokter, membuat janji konsultasi dengan dokter, melakukan telekonsultasi, dan menghitung estimasi biaya berobat di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
Jo Lewin (2019). BBC Good Food: The health benefits of eggs.
Jo Lewin (2018). BBC Good Food: The health benefits of spinach.
Cheryl Forberg (2019). Eating Well: 5 Powerful Health Benefits of Asparagus You Probably Didn’t Know.
Adda Bjarnadottir (2018). Health Line: 11 Evidence-Based Health Benefits of Bananas.
Marsha McCulloch (2018). Health Line: 13 Proven Health Benefits of Walnuts.
Natalie Olsen (2018). Medical News Today: What are the health benefits of pumpkin seeds?
Dara Godfrey. Motherly: 8 Foods that Increase sperm count (and 5 to avoid).
Nova IVF Fertility. Which are the Food Items That Boost Sperm Count and Improve Quality?
Web MD. Reviewed by Kathleen M. Zelman (2019). The Health Benefits of Salmon.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?