kesehatan wanita

7 Tips untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Lee Fang Jann - Dokter Saluran Kemih Singapura - Urology - Urology
Penulis:
Dokter spesialis saluran kemih di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah salah infeksi yang paling sering dialami oleh wanita. Sekitar 50% hingga 60% wanita akan mengalami ISK dalam hidupnya. Seperti yang sudah diketahui banyak wanita, gejala kondisi ini menyebabkan ketidaknyamanan yang amat sangat. Wanita lebih beresiko memiliki ISK karena uretra yang lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah untuk menjangkau kandung kemih. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Berikut beberapa tips untuk membantu mencegah ISK sebelum terjadi.

cara cegah infeksi saluran kemih
cara cegah infeksi saluran kemih 2

1. Cukup minum

Direkomendasikan untuk minum antara 6 hingga 8 gelas air putih dan cairan lain setiap hari untuk membantu mengusir bakteri dari saluran kemih. Cukup cairan di dalam tubuh membuat urin menjadi lebih encer. Untuk tetap terhidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan, minumlah air putih sepanjang hari dan saat merasa haus.

2. Sering buang air kecil

Buang air kecil mencegah penumpukan urin di dalam kandung kemih dan penyebaran bakteri berbahaya. Jangan terburu-buru saat mengosongkan isi kandung kemih dan pergilah ke kamar mandi ketika Anda merasa ingin buang air kecil. Jangan menahan buang air kecil jika tidak benar-benar mendesak.

3. Perketat Kebersihan Diri

Selalu usap dari depan ke belakang untuk mencegah patogen menyebar dari anus ke uretra. Ganti pembalut sesering mungkin karena darah pada pembalut adalah tempat berkembang biak yang sangat ideal untuk bakteri.

4. Buang air kecil segera setelah hubungan seks

Gesekan alat kelamin saat hubungan seksual meningkatkan jumlah bakteri dalam uretra. Buang air kecil setelah berhubungan seksual membantu pencegahan bakteri masuk ke kandung kemih.

5. Cegah penyebab iritasi

Hindari iritasi uretra yang disebabkan oleh busa mandi atau sabun yang berbau menyengat. Hindari pancuran air, semprotan deodoran, bedak tabur yang mengandung parfum, serta produk kewanitaan yang bisa menyebabkan iritasi.

6. Pertimbangkan kembali alat KB

Diafragma, spermisida, atau kondom yang dibalut cairan spermisida bisa membuat Anda mengalami ISK karena bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri. Pertimbangkan untuk menggunakan kondom dengan cairan biasa.

7. Makan cranberry

Minum segelas jus cranberry setiap hari dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih agar tidak kambuh. Penelitian terbaru juga menunjukkan efek yang sama dari berbagai produk cranberry yang lainnya, termasuk cranberry kering dan suplemen makanan. Cranberry mengandung komposisi yang dapat mencegah bakteri tertentu menempel di dinding saluran kencing.

Terkena infeksi saluran kemih?

Jika Anda mengalami dorongan buah air kencing yang sering dan mendesak, rasa tidak nyaman yang terus menerus di perut bagian bawah, sensasi terbakar ketika buang air kecil, atau urin yang berbau tidak sedap, Anda mungkin menderita infeksi saluran kemih. Dokter Anda biasanya akan memberikan analisis urin untuk mengkonfirmasi diagnosanya sebelum meresepkan serangkaian antibiotik. Jika tidak ditangani dengan baik, infeksi bisa merambat naik hingga ke ginjal dan menyebabkan masalah lain yang lebih serius lagi.

Seandainya infeksi saluran kemih kembali kambuh (lebih dari 3 tahun), Anda harus mempertimbangkan untuk pemeriksaan oleh dokter spesialis dan mendiskusikan solusi jangka panjang.

Penulis: dr. Lee Fang Jann, dokter spesialis saluran kemih di Singapura. Diterjemahkan dari artikel 7 Tips to Help Prevent Utis.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?