8 Posisi Tidur Terbaik yang Menyehatkan Tubuh

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Buat tidur lebih berkualitas dengan memenuhi jam tidur ideal sesuai usia dan posisi tidur yang nyaman. Posisi tidur memainkan peran besar dalam memengaruhi kualitas tidur Anda, karena setiap posisi memiliki manfaat yang berbeda-beda pula. Apabila Anda memiliki masalah tidur seperti insomnia atau gangguan kesehatan lainnya, mungkin inilah saatnya Anda mengubah posisi tidur menjadi lebih baik.

Lakukan posisi ini secara bertahap guna melatih diri Anda agar terbiasa dengan posisi baru. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman jangan langsung diambil pusing, karena masih banyak posisi tidur sehat lainnya yang bisa Anda praktikkan pada malam hari.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Meringkuk Seperti Janin

Posisi tidur sehat yang pertama adalah meringkuk ke samping seperti janin di rahim ibu. Terdapat alasan mengapa posisi ini yang paling populer, karena posisi tidur seperti janin memiliki segudang manfaat. Tidak hanya bagus untuk mengobati sakit punggung bagian bawah atau nyeri saat hamil, tetapi tidur meringkuk seperti janin ini dapat membantu Anda mengurangi dengkuran saat tidur pulas.

Sayangnya, tidur meringkuk seperti janin juga memiliki kekurangan. Pastikan postur tubuh Anda relatif longgar dan masih ada ruang kosong agar tidur lebih nyaman dan tidak mengganggu sirkulasi pernapasan dalam saat Anda tidur. Selain itu, posisi tidur seperti janin juga memungkinkan Anda memiliki masalah nyeri sendi dan kaku jika tidur terlalu lama dengan posisi yang sama. Penderita radang sendi (artritis) sebaiknya tidak mengambil posisi meringkuk, karena akan menambah tekanan di area punggung yang memperparah rasa nyeri.

2. Tidur dengan Posisi Menyamping

Ternyata tidur dengan posisi menyamping cukup baik untuk kesehatan Anda, terutama jika Anda menyamping ke sisi kiri. Manfaat yang akan Anda dapatkan seperti mengurangi dengkuran, bagus untuk melancarkan pencernaan, dan mengurangi rasa mulas. 

Dilansir Healthline, sebuah studi mengamati 10 orang selama dua hari. Hari pertama peserta tidur menghadap ke sisi kanan setelah mengonsumsi makanan tinggi lemak. Namun, beberapa saat kemudian mereka pindah menghadap ke sisi kiri. Dari studi tersebut para peneliti menemukan bahwa tidur ke sisi kanan berisiko meningkatkan rasa mulas dan refluks asam.

Hanya saja tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan bahu terasa kaku dan mempercepat keriput. Agar tulang tidak nyeri, letakkan bantal di antara kaki bawah untuk menyeimbangkan pinggul dan menghindari nyeri di bagian bawah punggung. 

Terkadang posisi tidur menyamping dapat menyebabkan rasa kesemutan pada bagian tubuh yang tertindih terlalu lama. Sebagai langkah pencegahan, usahakan posisi lutut tidak terlalu ditekuk saat tidur menyamping.

3. Telentang

Tidur telentang menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk Anda. Manfaat paling utama yaitu menjaga kesehatan tulang belakang serta meringankan sakit pinggul dan lutut.

Dilansir Cleveland Clinic, tidur telentang memanfaatkan gaya gravitasi untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sejajar di atas tulang belakang. Ini dapat membantu mengurangi tekanan yang tidak perlu pada bagian punggung atau sendi. Letakkan bantal di belakang lutut untuk membantu menopang lekukan alami punggung.

Jika dilihat manfaatnya dari segi kecantikan, tidur telentang bisa menjaga kulit Anda tetap awet muda dan terlihat segar, karena tidak ada kerutan yang disebabkan oleh gaya gravitasi. Akan tetapi di sisi lain, posisi tidur telentang kurang manjur untuk mengurangi dengkuran dan sleep apnea. Itulah sebabnya mengapa harus menyesuaikan posisi tidur dengan kondisi kesehatan Anda.

4. Telentang dengan Tangan ke Atas

Masih sama dengan posisi tidur telentang sebelumnya, sekarang coba letakkan tangan Anda ke atas. Posisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang punggung dan menghindari kerutan di wajah. 

Namun, posisi tidur terlentang dengan tangan ke atas termasuk ke dalam salah satu dari beberapa posisi lainnya yang menyebabkan sleep paralysis. Sebagian besar sleep paralysis terjadi ketika penderita sedang tidur telentang yang menyebabkan kelumpuhan tidur selama beberapa saat.

Menurut The American Sleep Disorder Association, sleep paralysis adalah keadaan transisi ketika seseorang mengalami lumpuh sementara saat tidur untuk bergerak, bereaksi, atau berbicara. Kondisi ini ditandai dengan ketidakmampuan seseorang untuk menggerakkan otot saat tidur. 

Ada pun yang percaya bahwa sleep paralysis dapat terjadi karena faktor genetik, tapi penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa orang dengan anggota keluarga yang menderita sleep paralysis turut mengalami gangguan tidur tersebut. 

5. Posisi Tidur Seperti Bintang Laut

Apa yang pertama kali muncul di benak Anda saat mendengar posisi tidur seperti bintang laut? Posisi ini sama seperti tidur telentang, tetapi dengan tangan dan kaki yang terbuka lebar sehingga membentuk seperti bintang. Posisi bintang laut dapat mencegah asam lambung naik ke esofagus (refluks asam) jika kepala dialasi dengan bantal.

Posisi tidur sehat seperti bintang laut bermanfaat untuk penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau dispepsia yang merupakan sindrom gangguan pencernaan. Akan tetapi di sisi lain, posisi bintang laut bisa menyebabkan tidur mendengkur, sehingga tidak dianjurkan untuk penderita obstructive sleep apnea (OSA).

6. Bantal di Bawah Punggung

Posisi tidur sehat yang berikutnya adalah meletakkan bantal di bawah punggung. Anda dapat mencoba posisi tidur ini karena dapat membantu tidur lebih pulas. Cocok buat Anda yang mengalami susah tidur pada malam hari. 

Dengan meletakkan bantal di bawah punggung saat tidur, kesehatan tulang punggung lebih terjaga dan selaras. Posisi tidur ini juga berguna bagi penderita hernia (turun berok) atau penyakit degeneratif yang memburuk seiring waktu. 

7. Bantal di Bawah Lutut

Selain meletakkan bantal di bawah punggung, Anda juga bisa mencoba meletakkan bantal di bawah lutut saat tidur di malam hari. Posisi ini dianjurkan bagi Anda yang kerap mengalami nyeri punggung, nyeri sendi, dan tidur telentang tanpa menggunakan bantal. 

Pilih bantal yang berbentuk pipih panjang atau guling sebagai alternatif lain. Tujuannya agar lebih mudah dipeluk ketika tidur. Dijamin tubuh Anda akan terasa lebih bugar saat bangun di pagi hari.

8. Tengkurap

Mungkin tengkurap berada di urutan terakhir dalam daftar posisi tidur sehat. Berbaring tengkurap merupakan posisi yang bagus untuk menghilangkan dengkuran atau sleep apnea. Namun, tidak ada lagi manfaat lainnya untuk kesehatan. 

Tengkurap bisa menyebabkan sakit leher dan punggung. Posisi tidur seperti ini menambah tingkat ketegangan otot dan sendi yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Menempatkan bantal di bawah perut bagian bawah mungkin dapat membantu mengurangi sakit punggung.

Itu dia beberapa posisi tidur sehat yang bisa Anda praktikkan ketika tidur pada malam hari. Jika Anda mengalami penurunan kualitas tidur, coba ganti posisi tidur yang sekarang dengan posisi tidur yang lebih baik. Pastikan posisi tidur yang akan dicoba memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda memiliki gangguan tidur seperti insomnia, sleep apnea, atau cedera tulang dan sendi, segera konsultasi dengan dokter atau hubungi Smarter Health.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?