9 Hal Penting saat Memilih Asuransi Kesehatan

9 Hal Penting saat Memilih Asuransi Kesehatan

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 1, 2021
Update terakhir: Feb 1, 2021

Penting untuk memiliki asuransi kesehatan, baik yang Anda dapatkan dari perusahaan atau individu. Masing-masing paket asuransi kesehatan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan dan keuangan Anda. Sebelum membeli paket asuransi kesehatan, berikut ini beberapa hal penting ketika memilih asuransi kesehatan. 

Cari Asuransi Kesehatan Terbaik, Cek Perbandingan Harganya di Smarter Health!

Daftar asuransi dan konsultasi bersama partner asuransi kami

1. Lihat Daftar Obat Resep di Rencana Asuransi Kesehatan Anda

Jika saat ini Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat resep, Anda mungkin ingin memahami lebih dalam apa saja daftar obat yang tercakup di rencana asuransi kesehatan Anda. 

Anda dapat meminta daftar obat-obatan dari perusahaan asuransi Anda atau daftar obat-obatan yang terlindungi. Biasanya mereka memiliki daftar resep berdasarkan kategori ke dalam tingkatan tertentu.

Dr. Michael Bihari mengatakan kepada VeryWellHealth, obat generik cenderung memiliki biaya terendah, sementara obat resep bermerek kemungkinan lebih mahal. Ini berarti Anda perlu membaca setiap rencana asuransi potensial, karena beberapa perusahaan asuransi mungkin mengharuskan pasien untuk mencoba obat-obatan tingkat rendah sebelum mendapatkan otorisasi untuk beralih ke obat-obatan bermerek. 

2. Pastikan Penyedia Layanan Kesehatan yang Anda Inginkan Satu Jaringan

Penting bagi Anda untuk mengetahui apakah dokter Anda berada dalam satu jaringan jika Anda melakukan perubahan memilih asuransi kesehatan. Jika dokter Anda tidak berada di dalam jaringan, Anda dapat memeriksa daftar penyedia jaringan di rencana potensial yang baru.

Dengan cara ini, Anda tahu apa yang Anda hadapi sebelum memutuskan pilihan. Seandainya Anda memiliki kondisi tertentu yang mengharuskan Anda menemui dokter spesialis, pastikan ada dokter spesialis di jaringan yang Anda sukai dan Anda percayai.

3. Hitung Penghasilan Anda

Hal penting ketika memilih asuransi yaitu menghitung penghasilan Anda dan lihat apakah Anda memenuhi syarat untuk kredit pajak. Asuransi kesehatan bisa mahal, tapi pemerintah mungkin bisa membantu. Cari tahu apakah ada kredit pajak yang dananya dirancang untuk membantu individu dan keluarga yang memenuhi syarat dengan pendapatan rendah atau sedang untuk membeli asuransi kesehatan. 

Seberapa besar kredit pajak yang diterima seseorang tergantung pada penghasilannya. Bagi Anda yang berpenghasilan lebih rendah akan mendapatkan kredit yang lebih besar untuk membantu menutupi biaya asuransi, sementara yang berpenghasilan lebih tinggi mungkin menerima kredit kecil.

Kredit tersebut kemudian dibayarkan ke perusahaan asuransi untuk menurunkan premi bulanan Anda. Anda dapat memilih mendapatkan uang tersebut untuk diri Anda sendiri dalam bentuk kredit saat mengajukan pengembalian pajak.

4. Pertimbangkan Premi

Louise Norris, pakar perawatan kesehatan dan penulis The Insider’s Guide to Obamacare Open Enrollment, mengatakan kepada Real Simple, Anda diperingatkan untuk melihat semua rencana kesehatan dan pertimbangkan apakah Anda layak membayar premi yang lebih rendah atau membayar sedikit lebih banyak untuk mendapatkan biaya yang lebih rendah jika terjadi sesuatu.

Menurut Norris, orang yang secara umum sehat mungkin memilih rencana premi rendah, karena orang tersebut mungkin tidak perlu menggunakan asuransi untuk alasan darurat. 

Namun, seseorang yang memiliki masalah kesehatan, seperti kanker, mungkin juga ingin memilih paket yang lebih murah dan dengan premi yang lebih rendah. Itu karena penderita kanker kemungkinan besar akan mendapatkan pengurangan itu apa pun yang terjadi tetapi dapat menghemat uang dengan membayar premi yang lebih rendah sebagai gantinya.

5. Cari Manfaat Tambahan 

Paket asuransi kesehatan tidak hanya tersedia untuk keadaan darurat. Banyak paket yang menawarkan program dan insentif kesehatan yang membantu menjaga anggotanya tetap sehat.

Fasilitas tersebut dapat mencakup keanggotaan gym, prosedur janji temu dengan dokter, sesi konseling gratis, konferensi video dengan dokter kapan saja, dan bahkan konsultasi yang legal.

6. Dapatkan Bantuan dari Orang Berpengalaman

Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman selama Anda mengumpulkan informasi dan mempertimbangkan paket asuransi kesehatan. Hal pertama yang harus dilakukan saat mencari paket asuransi kesehatan baru yakni bertanya kepada diri sendiri. 

Apakah Anda merasa nyaman melakukannya sendiri atau tidak. Jika tidak, yang banyak orang tidak lakukan yaitu mencari bantuan. Padahal bantuan dari orang lain adalah langkah pertama yang baik. Dengan begitu, Anda mendapatkan bantuan dari seseorang yang telah melakukan ini berkali-kali sebelumnya. 

7. Cari Tahu Jumlah Deductible

Biaya yang dikeluarkan mungkin termasuk kunjungan ke dokter spesialis, biaya prosedur, dan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Layanan pencegahan penyakit tertentu, seperti pemeriksaan kanker dan vaksin yang disetujui, biasanya ditanggung tanpa pembagian biaya sebelum Anda mencapai biaya yang harus dibayar oleh pemegang polis (deductible). 

Pasien yang memilih paket dengan deductible tinggi kemungkinan besar akan memiliki premi bulanan yang lebih rendah, sementara deductible yang lebih rendah seringkali memiliki premi bulanan yang lebih tinggi. 

Anda membutuhkan deductible untuk dipenuhi sebelum menerima fasilitas sebagian besar layanan medis atau farmasi. Pastikan untuk memeriksa dengan firma asuransi Anda untuk mengetahui apakah rencana Anda memiliki satu deductible gabungan untuk layanan medis dan farmasi atau deductible terpisah untuk resep. Tujuannya untuk mengetahui berapa banyak Anda harus membayar sebelum obat-obatan ditanggung oleh asuransi kesehatan. 

8. Memilih Asuransi Terbaik untuk Anda

Tidak semua asuransi memiliki rencana yang sama. Apa yang mungkin berhasil untuk orang lain, belum tentu berhasil untuk Anda. Cari tahu kebutuhan medis dan situasi kesehatan Anda sebelum membeli asuransi kesehatan. 

Beberapa orang mungkin memerlukan paket premium, karena mereka sering keluar-masuk dokter atau rumah sakit. Sedangkan beberapa orang mungkin hanya menginginkan kepastian rencana yang ditawarkan, seperti ganti rugi pembayaran jika Anda membutuhkan layanan medis karena kecelakaan atau penyakit dan dapat digabungkan dengan manfaat gaya hidup seperti diskon obat resep dan telemedicine. Dengan begitu, Anda dapat menghemat uang Anda.

9. Pilihlah dengan Bijak

Tidak ada paket yang cocok untuk semua orang, itulah sebabnya ada begitu banyak pilihan asuransi kesehatan yang ditawarkan. Jika Anda memiliki riwayat kesehatan, mungkin rencana kesehatan jangka pendek dapat menjadi pilihan asuransi kesehatan yang baik untuk Anda. 

Jika Anda lebih suka paket yang lebih kuat dan menawarkan banyak keuntungan, mungkin pilihan paket dengan harga yang cukup tinggi cocok untuk Anda. Disarankan untuk membandingkan manfaat paket asuransi kesehatan sampai menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itu dia hal penting ketika memilih asuransi kesehatan. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika punya asuransi kesehatan, tapi pertimbangkan beberapa hal di atas untuk menemukan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
Agile Health Insurance: What Should I look for When Buying Health Insurance?.
Medicine Assistance Tool: 5 Things to Consider When Choosing Your Health Coverage.
Stacey Leasca (2019). Real Simple: 7 Things to Consider When Choosing a Health Insurance Plan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?