Work From Home

9 Tips Sehat saat Work from Home

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Kebijakan work from home (WFH) diterapkan untuk mencegah penularan COVID-19 di lingkungan kantor. Namun, mengubah kebiasaan dari kantor ke rumah memang punya tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang terbiasa bekerja dalam tim. Sebab itu, Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan new normal

Bekerja di rumah selama berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan dapat memicu stres dan masalah kesehatan fisik lainnya. Untuk mencegah hal tersebut, Smarter Health akan membagikan tips sehat saat work from home di era new normal. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Jadwal Tidur yang Konsisten

Orang dewasa membutuhkan setidaknya 7 hingga 8 jam untuk tidur di malam hari. Usahakan untuk menjaga jadwal tidur yang konsisten selama WFH. 

Menurut W. Christopher Winter, MD, presiden Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di North Carolina dan penulis buku “The Sleep Solution”, mengatakan dalam Everyday Health, ketika Anda lebih sering berada di rumah, jadwal tidur dapat berubah saat Anda mencoba untuk menyesuaikan diri. 

Berpegang pada waktu bangun dan waktu tidur yang konsisten setiap harinya adalah aspek yang sangat penting dari perawatan diri. Oleh karena itu, sebisa mungkin jaga kualitas tidur Anda agar terhindar dari pusing atau fluktuasi energi yang besar. 

Anda mungkin tergoda untuk tidur siang saat tidak ada pekerjaan di sore hari. Jika Anda ingin tidur siang, usahakan untuk tidur siang selama 20 menit. Gunakan alarm agar Anda bangun tepat waktu. 

2. Seimbangkan Waktu Kerja dan Istirahat

Hindari to do list yang bisa meningkatkan stres. Pahami apa yang ingin Anda capai hari ini dan kapan Anda akan mengerjakan proyek tersebut. To do list yang berlebihan hanya akan membuat Anda stres dan kehilangan waktu istirahat. Pekerjaan pun bisa terhambat karenanya. 

Sharon McDowell-Larsen, PhD, seorang ahli fisiologi olahraga dan pelatih di Center for Creative Leadership menyampaikan dalam Everyday Health, bahwa Anda untuk berhati-hati saat bekerja di rumah, karena Anda mungkin bekerja dengan jadwal yang berbeda dari yang biasanya Anda lakukan di kantor. Berarti Anda harus menjadwalkan waktu istirahat agar seimbang. 

3. Ciptakan Ruang Kerja yang Terorganisir

Ketika bekerja di kantor, tersedia meja dan kursi yang sangat membantu Anda saat bekerja menggunakan laptop, komputer, atau sekadar memeriksa laporan. Namun, WFH membuat tempat kerja Anda lebih fleksibel. Anda bebas menentukan di mana Anda akan bekerja, termasuk dapur. 

Akan tetapi, memiliki meja kerja sungguhan bisa membuat Anda lebih percaya diri, berenergi, dan lebih fokus kata McDowell-Larsen. Manfaatkan meja, kursi, atau sofa yang ada di rumah Anda.

Memiliki ruang kerja yang terorganisir dan bersih juga bisa meningkatkan motivasi untuk bekerja sehari-hari meski di dalam rumah. Ini seakan memberi rasa peduli pada diri sendiri dan peduli dengan pekerjaan Anda. 

4. Buat Rutinitas Sebelum Mulai Bekerja

Buat seakan diri Anda hendak berangkat ke kantor. Rutinitas di pagi hari seperti mandi, berpakaian rapi, dan sarapan bisa mengirimkan pesan kepada otak Anda. Duduklah di teras dengan ditemani secangkir kopi di pagi hari. Mungkin berjalan-jalan di sekitar rumah, melakukan yoga, atau membaca satu bab buku bisa membantu. Anggaplah kegiatan tersebut sebagai waktu transisi sebelum Anda mulai bekerja. 

5. Kenakan Pakaian Kasual

Tips sehat saat work from home yang berikutnya yaitu mengenakan pakaian yang nyaman selama bekerja. Tak lupa mandi dan tata rambut Anda seperti saat bekerja di kantor. 

Meskipun ada persepsi bahwa WFH bisa mengenakan piyama sepanjang hari, aktivitas sederhana untuk bersiap di pagi hari merupakan salah satu bagian penting dari perawatan diri dan membantu Anda beralih ke pekerjaan dengan lebih mudah. 

Anda tidak perlu mengenakan pakaian kerja lengkap dari atas sampai bawah, tetapi buatlah tetap kasual. Kegiatan ini sangat menyenangkan meski Anda bekerja di rumah. Mempersiapkan hari Anda akan menyampaikan sinyal bagi otak Anda bahwa ini bukan akhir pekan dan Anda tidak sakit. Itu akan membuat pikiran Anda tetap siap menghadapi hari kerja. 

6. Susun Menu Sehat Makan Siang 

Selama bekerja di rumah, mungkin Anda lebih sering makan camilan daripada biasanya. Sayangnya, tidak ada sayur dan buah-buahan yang menemani makan siang Anda. 

Masalah junk food dan camilan akan semakin membesar ketika Anda mulai bekerja di rumah, terutama jika Anda merasa stres. Daripada makan junk food dan camilan, sebaiknya pikirkan menu makan siang yang sehat sebagai bentuk lain dari perawatan diri. Menu makanan sehat akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda dan energi yang konsisten. 

Buatlah makan siang Anda terlebih dahulu dan jadikan sebagai bekal saat Anda pergi ke kantor dulu. Jika tidak sempat, susun menu makanan sehat untuk makan siang Anda. Selain itu, tetap terhidrasi dengan baik dengan mengisi botol minum dan menyimpannya di meja kerja Anda.

7. Segarkan Badan dan Pikiran dengan Berolahraga

Olahraga teratur memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kekebalan tubuh dan otak yang lebih segar, sehingga hari Anda menjadi lebih produktif. Hanya dengan berdiri dan bergerak selama 15 menit dapat meningkatkan suasana hati Anda dan membantu Anda memproses informasi dengan lebih baik. 

Jika Anda merasa lamban, suntuk, dan kesulitan untuk fokus pada pekerjaan, sebaiknya menjauh dari meja kerja selama beberapa menit, dan berolahragalah. Ini akan memberikan energi baru untuk Anda. 

8. Ikut Kelas Kebugaran Online

Menyusun jadwal olahraga merupakan tips sehat saat work from home yang berikutnya. Ini turut menjadi wujud perawatan diri yang tergolong sederhana. Saat ini sejumlah pusat kebugaran dan trainer menawarkan kelas online, sehingga Anda tetap sehat meski terisolasi di dalam rumah. 

Anda juga bisa ikut komunitas olahraga online, karena secara psikologis ada perasaan menggembirakan saat Anda bergabung dalam komunitas. Bahkan jika Anda sendirian di kamar, mengikuti instruktur yang tidak dapat melihat Anda di balik layar gadget, mengetahui bahwa orang lain melakukan hal yang sama dapat memberikan perasaan yang berbeda. Itu membuat Anda merasa menjadi bagian dari suatu kelompok. 

9. Manjakan Diri dengan Kegiatan Favorit

Lakukan kegiatan favorit Anda, seperti menonton film, menggunakan masker wajah, atau sekadar bermalas-malasan di tempat tidur sampai siang hari adalah wujud dari perawatan diri. Ini menjadikan diri Anda sebagai prioritas dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat bekerja di rumah. 

Tips sehat saat work from merupakan tentang menemukan cara sehat untuk menghibur diri sendiri, menetapkan prioritas, dan menciptakan rutinitas yang terstruktur. 

Ketika tidak ada yang tahu apa yang sedang menanti di depan, hal-hal ini memberikan rasa kendali yang Anda butuhkan dan membuat momen bekerja menjadi aktivitas yang bermakna, bukan sekadar pemicu stres. 

Itu dia beberapa tips sehat saat work from home. Jadikan momen ini sebagai kesempatan untuk merawat diri sendiri dan membangun fondasi yang lebih kuat untuk diri Anda dan keluarga. Punya masalah kesehatan fisik atau psikologis selama work from home? Hubungi dokter spesialis dari dalam dan luar negeri melalui Smarter Health. Dengan Smarter Health, Anda bisa melakukan tele-konsultasi bersama dokter kapan pun Anda membutuhkannya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?