makanan penderita asam lambung

Anjuran Makanan Penderita Asam Lambung (GERD)

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Dada terbakar (heartburn), mulut asam dan perut mual adalah gejala sakit asam lambung (GERD). Penyebabnya beragam. Bisa karena terlalu banyak makanan tinggi lemak, asam, pedas, hingga stres. Akibatnya, Lower Esophageal Sphincter (LES) yang tugasnya seperti pintu antara kerongkongan dan lambung tidak bisa menutup rapat. Dari penyebab asam lambung tersebut, konsumsi makanan menjadi pemicu kambuhnya asam lambung. Maka dari itu, penting sekali memerhatikan makanan penderita asam lambung.

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang terjadi ketika asam lambung di organ lambung mengalami kebocoran sehingga cairan asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan Anda. 

Banyak orang sakit GERD bisa sembuh karena mengubah gaya hidup, memperhatikan pola makan, dan mengonsumsi obat-obatan. 

Namun, beberapa orang yang mengalami GERD mungkin memerlukan obat-obatan dengan dosis yang lebih tinggi, bahkan sampai memerlukan tindakan pembedahan medis guna meringankan gejala. 

Segera hubungi dokter spesialis saluran pencernaan (gastroenterologi) untuk mengetahui rekomendasi makanan sesuai dengan kondisi Anda.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung

Makanan untuk asam lambung tidak boleh sembarangan. Agar mengurangi kemungkinan munculnya gejala GERD, Anda harus menyusun pola makan yang benar dengan menghindari segala jenis makanan yang berisiko memicu naiknya asam lambung ke esofagus. Misalnya jenis makanan yang mengandung asam tinggi dan lemak tinggi. 

Leena Khaitan, seorang ahli bedah gastrointestinal, menyampaikan lewat University Hospitals, bahwa seorang penderita asam lambung dianjurkan melakukan diet seimbang antara sayuran, protein, dan buah-buahan. 

Berikut makanan sehat untuk penderita asam lambung yang direkomendasikan oleh Khaitan:

Daging Tanpa Lemak

Lemak tinggi menjadi salah satu makanan yang memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, penderita asam lambung dianjurkan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak, misalnya daging ayam bagian dada tanpa kulit berlemak. Cara mengolah daging juga perlu Anda perhatikan. Hindari daging yang diolah dengan cara digoreng. Mulai sekarang utamakan daging-dagingan yang direbus, dikukus, dipanggang, atau dibakar. 

Nasi Merah

Nasi merah menjadi makanan pokok dengan kandungan karbohidrat kompleks yang ringan tapi tetap mengenyangkan perut. Walau memiliki tekstur lebih padat dan rasa yang cenderung hambar, tetapi beras merah punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, seperti melancarkan pencernaan, mengontrol diabetes, mencegah penyakit jantung, dan detoksifikasi racun karena kaya akan kandungan serat dan antioksidan. 

Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan favorit banyak orang. Selain sarapan, makanan ini juga cocok disantap saat makan siang. Oatmeal mengandung gandum utuh dan mampu menjadi sumber serat yang baik. Diet tinggi serat dapat mengurangi risiko refluks asam. Namun, pastikan Anda sudah konsultasi dengan dokter sebelum menjalani diet. Tujuannya agar mengetahui jenis diet yang cocok sesuai kondisi medis Anda saat ini. 

Adas

Mungkin, nama Adas masih asing di telinga Anda. Adas adalah tanaman yang kerap digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung, maag, dan kolik pada bayi. Tanaman herbal ini juga digunakan untuk mengobati infeksi saluran pernapasan atas, bronkitis, gangguan urine, dan gangguan penglihatan. Adas merupakan sayuran rendah asam yang mampu memberikan efek menenangkan secara alami. Ini pula yang menjadi alasan mengapa Adas digunakan sebagai salah satu komponen minyak telon. 

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-peradangan dan menjadi pengobatan alami untuk masalah pencernaan, termasuk asam lambung. Cara mengolahnya pun terbilang cukup mudah, karena Anda hanya perlu menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam minuman teh hangat untuk mengurangi gejala asam lambung. 

Sayur-Sayuran

Sayuran hijau mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan pengumpulan gas yang menyakitkan di perut. Sayuran merupakan makanan alami rendah lemak dan rendah gula, sehingga mampu membantu Anda mengurangi risiko asam lambung. Anda dapat mengonsumsi sayuran berdaun hijau,i brokoli, selada, seledri, paprika, asparagus, kembang kol, kentang, mentimun, dan kacang hijau. 

Buah Rendah Asam

Buah-buahan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah rendah asam seperti melon, semangka, dan blewah. Jenis buah-buahan tersebut merupakan buah terbaik untuk mengontrol refluks asam.

Penderita Asam Lambung Jangan Konsumsi Ini

Selain 7 jenis makanan di atas, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari penderita asam lambung:

Gorengan 

Semua jenis makanan yang digoreng perlu dihindari. Sebagai gantinya, masak masakan yang direbus, dikukus, dibakar atau dipanggang. 

Jeruk dan Buah-Buahan Asam

Jeruk dan buah-buhan yang rasa asamnya tinggi berisiko meningkatkan asam lambung. Sebagai gantinya, konsumsi buah-buhan seperti melon, blewah atau semangka yang sama-sama menyegarkan tapi tidak asam.

Cokelat dan Makanan Manis

Cokelat mengandung unsur lemak dan kafein yang memicu asam lambung. Jadi, hindari konsumsi cokelat dan makanan atau minuman turunannya.

Kopi, Teh dan Soda

Mirip seperti cokelat yang mengandung kafein, sebagian besar kopi dan teh mengandung unsur yang sama. Beberapa teh bebas kafein, jadi masih boleh dikonsumsi. Minuman soda jelas tak boleh diminum penderita asam lambung, karena kandungan soda yang menyebabkan gelembung di dalam perut; pemicu tekanan asam lambung naik.

Punya pertanyaan tentang asam lambung? Tulis di kolom komentar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Featured Doctor

Info Kesehatan Terkait

23 pemikiran pada “Anjuran Makanan Penderita Asam Lambung (GERD)”

  1. kbtulan skrg ini asam lambung saya lg kumat,perut saya rsa nya cpet laper tp klo buat makan males rasa nya kya kembung dan mual gitu.gmn y cra buat ngatasin nya🙏

    Balas
  2. apa yang hrus saya lakukan, saat ini asa lambung sedang kumat dan rasa nyeri sampai ke area punggung.

    terimakasih

    Balas
  3. Asam lambung lagi kumat,rasa lapar dan tekanan darah naik,serta detak jantung tidak beraturan ,apa sulusinya agar asam lambung cepat normal

    Balas
  4. Mau tanya utk penderita gerd usia 81 ada reKomendasi resep gizi yang bisa saya gunakan utk mengolah ? Atau sy bisa liat dimana resep2 utk penderita gerd ?mohon bantuannya

    Balas
  5. assalamualaikum selamat pagi salam sejatera buat kita semua saya mu tanya saya baru mulai sakit asam lambung kalau saya makan buah apel sama pear boleh tidak ? dan saya makan nasi sedikit karna mulut terasa hambar bisa d beri solusi.
    wassalam

    Balas
  6. Saya mau tanya..
    Saya bingung apakah saya mengidapnasam lambung atau bukan.
    Karena setau saya, sakit asam lambung,, geajalanya, terasa panas di dada, mual, sesak napas, dll..
    Tapi gejala2 tersbut tidak saya rasakan..

    Saya hanya merasa sakit di bagian uluh hati dan susah untuk bersendawa…

    Disaat ingin bersendawa, susah untuk keluar krna seperti ada yg menahan dibagian kerongkongan dan dada..

    Apakah itu termasuk penyakit asam lambung?

    Balas
  7. Saya waktu hamil 1-6 bln ga ada penyakit ini dok tapi setelah 7-9 bln ada penyakit maag tapi anehnya terus berulang kira yang lain bawaan baby tapi setelah melahirkan pasca 2 minggu saya meraskannya lagi hampir 3 hari bolak balik ugd rumah sakit kira kira saya harus gmn ya dok apakah sudah separah itu penyakitnya

    Balas
  8. Dok,, Apaakah ada pengaruhnya penyakit asam lambung muncul ketika Berat badan naik (obesitas)?dan apakah asam lambung bisa menyebabkan perut berasa penuh,,jantung sering berdebar2,, cepat capek,, tangan kaki kesemutan,, telinga penuh hingga pusing?
    tapi tidak mengalami ulu hati sakit.

    Mohon Penjelasan nya Dok

    Terima Kasih

    Balas
  9. dok , saya merasa ada yg mengganjal ditenggorokan / spt ada makanan dan napas serasa sesak , sy sdh kedokter ktnya asam lambung ‘ tapi perut sy tdk sakit , gmn ya dok ? apa betul itu asam lambung .
    mkasi dok .

    Balas
  10. Halo dok..
    Sebelumnya saya terkena penyakit tipes 3bln yg lalu,setelah tipes saya sembuh perut bagian kanan, dada nyampe ke punggung pada sakit,di tambah kalo lg tidur kalo kebangun suka meriang panas dingin.
    Setelah saya baca2 ternyata gejala yg saya alami ini karena asam lambung,apa benar dok??
    Cara mengatasinya gimana dok sya udah beli obat ini itu tetap sja ga ada perobahan cuma hanya sesaat aja hilangnya
    Barangkali dokter ada resep obat herbal yg bagus yg bisa menyembuhkan asam lambung yg saya alami ini..
    Terus makanan apa saja yg boleh/tidak boleh di konsumsi buat para penderita asam lambung
    Itu aja si dok pertanyaan saya
    Mudah mudahan aja dokter mau menjawabnya
    Terimakasih..

    Balas

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?