Apa Itu Vaccine Tourism di Singapura

Apa Itu Vaccine Tourism di Singapura?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Kabar tentang vaccine tourism terus berkembang di masyarakat. Hal ini berkaitan dengan pengumuman Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, yang mengatakan bahwa Health Sciences Authority (HSA) telah menyetujui vaksin COVID-19 yang telah berkembang bersama perusahaan farmasi dunia, yaitu Pfizer dan BioNTech. 

Perkiraan pengiriman pertama akan tiba di Singapura pada akhir Desember. Ini menjadikan Singapura sebagai salah satu negara pertama yang mendapatkan vaksin tersebut.

Namun, benarkah Singapura sedang merencanakan vaccine tourism dan kapan vaksin tersebut bisa turis atau pasien WNA dapatkan? Simak rangkuman informasinya.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Vaksinasi untuk Seluruh Penduduk Dewasa Singapura 

Lee mengatakan bahwa HSA telah mempelajari bukti ilmiah dan data uji klinis untuk vaksin Pfizer-BioNTech. Harapannya vaksin lain juga tiba di Singapura dalam beberapa bulan mendatang dan mereka akan memiliki cukup vaksin untuk semua penduduk pada kuartal ketiga tahun 2021 jika semua berjalan sesuai rencana.

Terlansir dalam CNA, Kementerian Kesehatan telah membentuk komite dokter dan ahli untuk menyusun strategi vaksinasi. Komite mengusulkan agar seluruh populasi orang dewasa di Singapura harus tervaksinasi. 

Prioritasnya untuk penduduk yang memiliki risiko terbesar, seperti pekerja di garis depan, perawat kesehatan, serta orang tua dan orang yang rentan. Setelah itu, vaksinasi seluruh penduduk Singapura dan mencakup semua orang yang ingin vaksin akan berjalan secara progresif pada akhir tahun 2021.

Lee mengatakan bahwa ia, tim kabinet, termasuk yang lebih tua, akan vaksin lebih awal. Ini bertujuan untuk membuktikan kepada seluruh penduduk bahwa vaksin bersifat aman. 

Vaksinasi bisa secara gratis untuk semua penduduk Singapura serta long-term residents yang saat ini berada di Singapura. Pemberian vaksin sangat penting, karena Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga orang lain.

Harapan Lee, semakin banyak penduduk yang telah vaksin, maka semakin sulit virus corona menyebar, dan kehidupan dalam bermasyarakat semakin aman.

Jenis Vaksin di Singapura

Berikut ini tiga jenis vaksin yang rencananya akan tiba di Singapura pada akhir bulan Desember 2020:

Perusahaan Pfizer-BionTech(Amerika Serikat /Jerman)
Moderna(Amerika Serikat)
Sinovac(China)
ProKekebalan sel yang kuat.Relatif mudah untuk dibuat.Menggunakan teknologi yang dianggap aman.Dapat digunakan pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.
KontraVaksin Pfizer-BioNTech adalah vaksin RNA pertama yang digunakan di luar uji klinis.Booster mungkin diperlukan.Beberapa membutuhkan penyimpanan yang sangat dingin.Imunogenisitas rendah, yaitu kemampuan zat asing untuk memberikan respon imun dalam tubuh, sehingga membutuhkan banyak penguat.
Tiba di SingapuraAkhir Desember 2020Selama tahun 2021
Dosis2 Dosis, berjarak 21 hari.2 Dosis, berjarak 14 hari.
Suhu penyimpananMinus 70°CDisimpan dalam suhu pendingin biasa.
Tingkat keberhasilan95%
HargaGratis untuk semua penduduk Singapura dan long-term residents.Gratis untuk semua penduduk Singapura dan long-term residents.

Skema Vaksinasi di Singapura

HSA mengatakan bahwa informasi lebih lanjut dapat penduduk ketahui setelah data dari Pfizer-BioNTech selesai tim nilai. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa vaksin tersebut memenuhi standar keamanan, kemanjurannya, berkualitas, dan memastikan manfaat vaksin lebih besar daripada risiko yang mungkin muncul.

Konsumsi dua dosis vaksin harus dengan selang waktu 21 hari pada orang berusia 16 tahun ke atas sesuai dengan aturan vaksinasi yang Pfizer-BioNTech anjurkan.

Pfizer Singapura dan BioNTech mengatakan dalam siaran persnya, bahwa mereka akan mengirimkan dosis vaksin COVID-19 ke Singapura hingga 2021, menyusul izin penggunaan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) dan otorisasi sementara untuk pasokan pandemi dari HSA .

Berikut ini skema pemberian vaksin di Singapura:

  • Pengiriman vaksin pertama sampai di Singapura pada akhir bulan Desember dan pengiriman vaksin berikutnya pada bulan selanjutnya.
  • Vaksin COVID-19 gratis dan sukarela kepada penduduk Singapura dan long-term resident.
  • Prioritas vaksin COVID-19 untuk pekerja di garis depan, petugas kesehatan, orang yang berusia lebih tua, dan orang yang rentan.
  • Pemberian vaksin untuk seluruh penduduk Singapura dan mencakup semua orang yang ingin vaksin dan akan berjalan secara progresif pada akhir tahun 2021.

Vaksin Akan Mendukung Pemulihan Negara Singapura

Lee mengatakan dalam pidatonya bahwa vaksin COVID-19 akan mendukung pemulihan negara Singapura. Mengingat bahwa Singapura adalah pusat penerbangan global dan memainkan peran penting dalam mendistribusikan vaksin ke seluruh dunia.

Vaksin Pfizer-BioNTech perlu tersimpan pada suhu minus 70°C. Ini membutuhkan infrastruktur, standar tinggi, personel terampil, dan hubungan yang baik ke banyak negara berbeda. Singapura memenuhi standar, karena memiliki ekosistem yang kuat untuk menangani kargo.

Lee mencatat bahwa perusahaan logistik internasional seperti DHL dan FedEx memiliki basis di sini, sementara mitra penanganan darat Singapore Airlines dan Bandara Changi mendapat sertifikasi oleh International Air Transport Association (IATA) untuk menangani dan mendistribusikan pasokan.

Saat ini, Singapura sedang mempersiapkan diri untuk menangani pengiriman vaksin dalam jumlah besar ke dan melalui Singapura. Tentunya hal ini untuk membantu seluruh dunia melawan penyebaran COVID-19.

Rencana Pemberian Vaccine Tourism di Bandara Changi

Dilansir dalam Nikkei Asia, Bandara Changi Singapura berupaya menjadi pusat distribusi vaksin virus corona untuk Asia Tenggara dengan meningkatkan kapasitas penyimpanan, dan membentuk satuan tugas untuk mengawasi proyek tersebut.

Changi Ready Task Force adalah proyek dengan sumber biaya dari 18 perusahaan dan grup, termasuk Singapore’s Civil Aviation Authority dan Changi Airport Group.

Pengiriman kargo vaksin akan membantu menopang industri penerbangan lokal yang tertekan oleh kurangnya lalu lintas udara, menyusul lockdown yang berjalan untuk mencegah penyebaran COVID-19. 

Bandara Changi di Singapura akan digunakan sebagai pusat pengiriman vaksin yang berasal dari Amerika Serikat dan Eropa. Dua vaksin yang segera dipasarkan membutuhkan suhu yang sangat dingin untuk penyimpanannya. Vaksin Pfizer dan BioNTech harus disimpan pada suhu minus 70°C, sedangkan vaksin yang dikembangkan Moderna harus disimpan pada suhu minus 20°C.

Menurut Changi Airport Group, vaksin akan didistribusikan di Asia Tenggara dan Oseania. Rencana ini akan mendukung kota-kota terpencil di Asia Tenggara yang tertinggal dalam pembangunan infrastruktur logistik.

Kapan Vaccine Tourism Bisa Didapatkan?

Bandara Changi telah berkembang menjadi pusat Asia yang menghubungkan wisatawan Barat dan Asia ke destinasi mereka. Namun, pandemi COVID-19 menyebabkan negara-negara di seluruh dunia memberlakukan pembatasan, sehingga lalu lintas udara mengalami penurunan sejak Maret 2020.

Managing Director di Changi Airport Group, Lim Ching Kiat, mengatakan setelah vaksin berhasil didistribusikan, diharapkan perjalanan udara akan pulih kembali. Nantinya akan mengarah pada pemulihan lalu lintas penumpang. 

Namun, pemerintah belum mengumumkan ketersediaan vaksin untuk turis asing. Sejauh ini pemberian vaksin gratis dan sukarela hanya untuk penduduk Singapura dan long-term resident.

Mereka meminta untuk menunggu informasi lebih lanjut pada 28 Desember 2020 ketika fase 3 yang lebih longgar mulai berjalan di Singapura dan lebih banyak berita tentang vaksin tersebut keluar. 

Untuk saat ini, belum ada kabar apakah turis atau pasien WNA bisa datang ke Singapura untuk mendapatkan vaksin tersebut.

Apabila Anda memiliki gejala COVID-19, hubungi penyedia layanan kesehatan melalui Smarter Health.

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
Mayuko Tani (2020). Nikkei Asia. Singapore races to become Southeast Asia's vaccine distribution hub.
Zhaki Abdullah (2020). Channel News Asia. Pfizer-BioNTech COVID-19 vaccine approved by Singapore, first shipment expected by end-December.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?