pemeriksaan jantung

Apa Saja Pilihan Pemeriksaan untuk Penyakit Jantung?

Paul Chiam - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Pemeriksaan jantung preventif adalah cara yang sangat berguna untuk mendeteksi resiko penyakit jantung tersembunyi. Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan jantung Anda, berbicaralah pada dokter spesialis.

“Pemeriksaan yang paling sederhana adalah pemeriksaan klinis dan pengambilan riwayat kesehatan pasien,” kata dr. Paul Chiam, dokter spesialis jantung di Mount Elizabeth Hospital, “Dari sana kita dapat memperhitungkan faktor-faktor resiko yang dimiliki pasien, dan membuat profil resiko umum untuk pasien tersebut.”

Begitu langkah ini selesai, tes paling sederhana yang berikutnya adalah bedside ECG atau elektrokardiogram .

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

dr. Chiam menjelaskan: “ECG mengambil gambar elektrik jantung, dan dari sini kita dapat melihat banyak hal – kita dapat mengases detak jantung, kita dapat mengases stabilitas elektrik jantung, dan pada beberapa pasien kita bahkan dapat melihat sumbatan arteri jantung dari serangan jantung sebelumnya.”

Untuk pasien yang mengalami rasa tidak nyaman di dada namun tidak yakin apakah rasa sakit tersebut karena sumbatan arteri jantung, tes stres treadmill bisa dilakukan. Tes stres treadmill mirip dengan ECG, kecuali bahwa pasien lari di atas treadmill untuk memberikan stres pada jantung, untuk membuatnya berdetak lebih kencang dan memompa lebih cepat. Tes ini akan memberikan indikasi pada dokter tentang adanya sumbatan yang mungkin tidak bisa terdeteksi selama resting ECG.

pemeriksaan jantung

Tes lain yang dapat dilakukan adalah USG jantung, atau ekokardiogram.

“Ini adalah USG yang dapat memberikan pemahaman bagaimana jantung bekerja,” kata dr. Chiam. “Kita dapat melihat seberapa kuat jantung memompa, dan melihat apakah ada otot jantung yang abnormal. Kita juga bisa mengases katup jantung. Ada 4 katup pada jantung, dan hanya dengan USG kita bisa benar-benar mengasesnya hingga detail.”

dr. Chiam menambahkan: “Kita juga melakukan asesmen umum untuk pasien, guna melihat apakah ia sudah menderita diabetes sebelumnya, tekanan darah tinggi atau kolesterol. Kami melakukan yang terbaik untuk menangani kondisi tersebut, mengases profil resiko pasien, dan mengontrol beberapa dari faktor resiko tersebut.”

Untuk mendapatkan pemeriksaan jantung, buatlah janji terlebih dahulu dengan seorang dokter spesialis.

Penulis: dr. Paul Chiam, dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel “What are the Screening Options for Heart Disease?”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?