analisis kulit

Apakah Alat Analisis Kulit Berguna atau Hanya Hiasan?

Rachael Teo - Dokter Kulit Singapura - Dermatology -
Penulis:
Dokter spesialis kulit di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Jika Anda sering bingung ketika ahli kecantikan bertanya tentang masalah kulit Anda, Anda bisa menemukannya dengan mesin pemeriksa kulit canggih yang dijual oleh beberapa merek pada konter mereka.

Setidaknya lima merek kecantikan telah mulai menggunakan alat untuk membantu pelanggan melihat kompleksitas kulit mereka lebih dekat, sehingga mereka bisa memilih produk yang tepat untuk memperbaiki kondisi kulitnya.

Mulai dari ukuran pori-pori, level sebum, hingga kadar kerusakan akibat matahari di bawah permukaan kulit dan pergantian sel, alat-alat ini mampu memberikan laporan hingga detail mikroskopik kulit Anda dalam hitungan menit. 

Tingkat kecanggihan mesin berbeda-beda pada masing-masing mereka dan sebagian besar layanan ini tidak dipungut biaya.

SK-II termasuk yang pertama kali memperkenalkan layanan ini. Merek ini telah menggunakan alat pemeriksa kulit bernama Magic Ring sejak tahun 2012.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Pada bulan April, SK-II meningkatkan layanan mereka dengan menjadi yang pertama yang memberikan layanan Skin DNA Analysis (Analisis DNA Kulit). Merek ini juga mengklaim telah mengidentifikasi tiga gen yang terkait dengan kualitas kompleksi kulit seseorang. Dengan menilai gen-gen tersebut dalam DNA pelanggan, mereka akan bisa memperoleh solusi yang lebih baik untuk mendapatkan kulit sempurna.

“Layanan baru ini dirancang untuk mendefinisikan ulang pengalaman konsultasi kulit, membuatnya lebih pribadi dan mendalam,” kata Taro Yamaguchi, manajer komunikasi ilmiah global SK-II.

November lalu, ketika merek asal Perancis Ioma membuka cabang pertama di Robinsons Orchard Singapura, mereka juga membawa serta 2 mesin Sphere canggih yang masing-masing seharga 25 ribu euro (sekitar Rp 400 juta). Mirip dengan helm astronot, alat ini menggunakan sistem mikro elektromekanik, jenis teknologi multifungsi yang digunakan dalam segala hal mulai dari aeronautika hingga pengobatan, untuk menganalisa kulit.

Alat yang ada di konter Ioma sama dengan yang telah dijual pada para dokter spesialis kulit sejak tahun 2002.

Merek lain yang juga telah memperkenalkan alat serupa antara lain: Lab Series (alat yang lebih ringkas menggantikan mesin yang lebih besar pada 2009), Biotherm (bulan April) dan multi-label Derma Center di Westgate (pada Januari).

Memasuki bulan depan, Derma Center, yang menyetok produk SkinCeuticals, Vichy, dan La-Roche Posay juga akan mengirimkan dua mesin lagi: Derm Analyzer (yang dapat mengecek kulit dan rambut sekaligus) dan SkinCeuticals SkinScope (yang menggunakan teknologi sinar LED untuk menunjukkan kerusakan kulit tersembunyi).

analisis kulit

Membangun Kredibilitas

Ketika sebagian besar merek kecantikan mengandalkan mata konsultan mereka dan indera peraba (seperti Clarins), atau kuesioner digital mengenai kebiasaan gaya hidup (seperti Skin Inc dan Clinique) untuk mendapatkan gambaran tentang kebutuhan pelanggan, mengapa yang lain beralih pada alat?

Pada beberapa merek, peralatan model baru ini adalah bagian dari rencana pemasaran strategis karena mereka memberi kesan bahwa produk dari merek tersebut diciptakan dengan teknologi mutakhir.

“Alat analisis kulit adalah DNA dari merek kami,” kata chief executive Ioma, Jean Michel Karam. “Lagipula, alat ini telah ada sebelum lini perawatan kulit diluncurkan tahun 2010.”

Mesin analisis yang menawarkan rekomendasi personal memang sangat penting di Ioma karena juga menawarkan formula perawatan kulit yang harus diracik terlebih dahulu. Hampir setiap pelanggan yang mengunjungi konter Ioma mendapatkan tes kulit.

Alat-alat ini – yang membuat profil dan laporan kulit untuk setiap pengguna – juga memungkinkan pelanggan mencatat kemajuan masalah kulit mereka dan menilai efisiensi produk.

Christine Goh, brand manager Lab Series, menegaskan: “Mobile Skin Analyzer kami secara objektif mengukur dan menganalisis, menghapus semua perkiraan yang dibuat tentang kondisi kulit pelanggan kami, dan memungkinkan mereka untuk mengukur kemajuannya setiap waktu.

“Kredibilitas dibangun secara instan, meningkatkan pengalaman konsumen dan membangun kepercayaan mereka.”

Delapan dari sepuluh pelanggan Lab Series menjalani tes kulit ketika mereka berkunjung ke toko atau konter.

Dan, tentu saja, alat-alat tersebut – yang dianggap lebih meyakinkan dibandingkan saran konsultan kecantikan – juga merupakan penghasil uang.

Di Ioma, Lab Series, dan Biotherm, lebih dari separuh pelanggan yang mendapatkan analisis kulit dengan alat khusus akhirnya membeli sesuatu.

Pelanggan Biotherm yang melihat kulit mereka secara lebih mendalam dengan alat yang dimiliki merek tersebut juga lebih mungkin membeli satu item dibandingkan mereka yang tidak mencoba alat, kata training manager Biotherm, Diana Ng.

Jadi, mungkin, akan lebih baik untuk membaca data mendetail yang dihasilkan oleh mesin-mesin ini hanya dalam beberapa menit saja dengan sedikit skeptisisme.

Seperti yang diungkapkan oleh Dr Chan Yuin Chew, dokter spesialis kulit pada Dermatology Associates di Gleneagles Medical Centre: “Tidak hanya menawarkan cara objektif untuk mendokumentasikan kondisi kulit seseorang sebelum dan setelah perawatan, mesin-mesin ini juga menemukan detail terkecil dan akan menunjukkan ketidaksempurnaan minor yang tidak terlihat dengan mata telanjang, bahkan pada mereka yang punya kompleksitas bagus.

“Seseorang seharusnya tidak perlu terlalu khawatir dan merasa tertekan untuk mengoreksi setiap ‘abnormalitas’ pada kulit.”

Dr Rachael Teo, konsultan dan dokter spesialis kulit di Raffles Skin & Aesthetics juga menambahkan bahwa mesin-mesin ini tidak bisa menggantikan pencatatan riwayat menyeluruh dan pemeriksaan visual oleh dokter berpengalaman, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kulit seperti eksim dan jerawat parah.

Jadi, apakah mesin-mesin penganalisis kulit di konter-konter kecantikan adalah alat yang berguna atau hanya untuk meningkatkan penjualan saja?

Penulis: dr. Rachael Teo, dokter spesialis kulit di Singapura. Diterjemahkan dari artikel “Are Skin Analysis Gadgets Useful Or Just Sakes Tools?”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda