Ini yang Terjadi Jika Anda Tidak Punya Asuransi Kesehatan

Apakah Aman Jika Tidak Punya Asuransi Kesehatan?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Penyakit bisa menyerang Anda kapan saja. Sebab itu, sangat penting bagi setiap individu untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai jaminan. Penyakit kronis seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas, serta kecelakaan membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi. 

Asuransi kesehatan menawarkan banyak keuntungan bagi Anda dari segi biaya hingga ketenangan pikiran. Ini yang terjadi jika Anda tidak punya asuransi kesehatan. 

Cari Asuransi Kesehatan Terbaik, Cek Perbandingan Harganya di Smarter Health!

Daftar asuransi dan konsultasi bersama partner asuransi kami

Apa yang Terjadi Jika Tidak Punya Asuransi Kesehatan?

Selagi Anda mempertimbangkan untuk membeli paket insurance, ketahui apa saja yang akan terjadi jika Anda tidak punya asuransi kesehatan, di antaranya:

1. Tidak Dapat Mengakses Perawatan Kesehatan Secara Gratis

Penyedia layanan rumah sakit tidak wajib oleh hukum untuk memberikan layanan medis kepada individu tanpa asuransi. Hanya bagian gawat darurat yang terikat secara hukum untuk memberikan perawatan.

The Transamerica Center for Health Studies merilis laporan yang mengungkapkan bahwa sekitar 62% orang Amerika terdiagnosis memiliki kondisi kesehatan kronis. Studi tersebut juga menemukan bahwa hanya 56% dari orang Amerika yang tidak memiliki asuransi mampu membayar biaya kesehatan rutin mereka.

Ini menunjukkan betapa pentingnya asuransi agar Anda bisa mendapatkan layanan medis, terutama jika Anda terdiagnosis memiliki kondisi kesehatan kronis, seperti darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Tidak punya jaminan kesehatan dapat menghalangi Anda untuk mengakses perawatan pencegahan secara gratis. 

Perawatan pencegahan sangat penting untuk mengobati suatu penyakit sejak dini sebelum berkembang menjadi masalah kritis yang parah. Mengatasi masalah kesehatan sejak dini meningkatkan kemungkinan keberhasilan pengobatan dan juga mengurangi biaya pengobatan dan perawatan kesehatan. 

2. Terlilit Utang Medis 

Tanpa perlindungan dari asuransi kesehatan, kecelakaan serius atau masalah kesehatan yang mengakibatkan perawatan darurat atau rencana perawatan yang mahal dapat menyebabkan Anda terlilit utang hingga kebangkrutan. 

Pengobatan kanker, kecelakaan mobil, atau patah kaki akan menghabiskan biaya yang cukup tinggi. Itulah mengapa sebaiknya Anda punya asurans. Anda dapat menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health. 

Selama beberapa tahun, utang medis menjadi salah satu penyebab kebangkrutan. Meskipun utang medis tidak berakhir dengan kebangkrutan, hal ini dapat berdampak pada konsumen. 

Sebuah penelitian dalam Journal of General Internal Medicine edisi Agustus 2019, sekitar 137,1 juta orang dewasa melaporkan mengalami kesulitan keuangan medis pada tahun 2018.

Konsumen dengan hutang medis yang besar cenderung tidak dapat menabung dan lebih rentan terhadap masalah finansial yang mengarah pada peminjaman uang yang pada akhirnya kembali terlilit utang. 

Tidak Mampu Membeli Obat yang Dibutuhkan

Setelah melakukan konsultasi, dokter mungkin akan menganjurkan obat-obatan yang perlu Anda minum untuk mengobati masalah kesehatan Anda. Harga obat bisa mengalami kenaikan dan harganya bisa sangat mahal, terutama jika anda tidak punya asuransi kesehatan. Umumnya, orang yang tidak punya asuransi akan menunda atau tidak membeli obat yang dibutuhkan karena harganya sangat mahal. 

Keuntungan Punya Asuransi Kesehatan

Dapatkan banyak keuntungan punya asuransi kesehatan, di antaranya:

1. Biaya Pengobatan Terjamin

Tujuan utama punya asuransi kesehatan adalah untuk mendapatkan perawatan kesehatan terbaik tanpa membebani keuangan Anda. Paket asuransi kesehatan menawarkan perlindungan terhadap biaya medis yang tinggi. Ini mencakup biaya rawat inap, prosedur penitipan anak, biaya domisili, dan biaya ambulans. 

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat berfokus pada pemulihan yang cepat dan tidak perlu mengkhawatirkan biaya pengobatan yang tinggi.

2. Perlindungan Terhadap Penyakit Kritis

Penyedia asuransi saat ini menawarkan asuransi penyakit kritis, baik sebagai paket mandiri atau sebagai pengendara. Polis asuransi semacam ini memberikan perlindungan terhadap penyakit yang mengancam jiwa, seperti gagal ginjal, transplantasi sumsum tulang, stroke, kehilangan anggota tubuh, dan lain-lain. 

Setelah Anda diagnosis memiliki penyakit kritis apa pun yang terdaftar di polis asuransi yang telah ditentukan sebelumnya, Anda berhak menerima jumlah sekaligus. Jumlah ini dapat digunakan untuk memenuhi biaya perawatan penyakit, pengeluaran harian, dan pembayaran lainnya.

3. Klaim Tanpa Uang Tunai

Banyak penyedia asuransi menawarkan fasilitas klaim tanpa uang tunai. Dalam polis seperti itu, Anda tidak perlu melakukan pembayaran sendiri. Biaya rawat inap dapat selesai= antara perusahaan asuransi Anda dan rumah sakit. 

Untuk menikmati fasilitas ini, pilih salah satu rumah sakit jaringan perusahaan asuransi. Anda dapat mengisi formulir pra-otorisasi dan menunjukkan kartu jaminan kesehatan Anda untuk menikmati fasilitas klaim tanpa uang tunai.

4. Memberikan Perlindungan Tambahan

Banyak perusahaan yang melindungi karyawan mereka dengan rencana asuransi kelompok. Namun, kebijakan tersebut tidak khusus sesuai dengan kebutuhan setiap individu. 

Selain itu, Anda mungkin tidak mendapat asuransi jika kehilangan pekerjaan atau berganti pekerjaan. Untuk melindungi diri Anda dari peristiwa semacam itu, sebaiknya beli perlindungan kesehatan individu.

5. Menjaga Keuangan

Masalah medis akan menghabiskan banyak uang yang tidak terduga. Banyak orang tidak dalam kondisi memiliki cukup uang untuk masalah medis yang bisa menjadi mahal, terutama jika butuh untuk memperpanjang rawat inap.

Tidak mudah memeriksa sejumlah masalah kesehatan setiap tahunnya, tapi jaminan kesehatan dapat menjawab beberapa masalah dan mengatasi biaya kesehatan. Selain itu, ada juga sistem jaminan kesehatan tertentu yang terdiri dari pemeriksaan rutin dan menawarkan perawatan yang lengkap.

6. Pikiran Lebih Tenang

Memiliki asuransi kesehatan membantu Anda mempertahankan atau memulihkan kesehatan Anda dengan biaya rendah untuk datang ke dokter dan membeli obat resep jika perlu. 

Jika Anda sakit atau terluka, rencana kesehatan Anda akan menanggung keadaan darurat dan sebagian atau semua biaya operasi. Ini memberikan ketenangan pikiran kepada individu karena mengetahui bahwa mereka memiliki hak untuk menggunakan layanan medis dan dapat menjalani hidup tanpa kekhawatiran. 

Penyakit yang terjadi dengan atau tanpa antisipasi akan mengganggu ketenangan jiwa. Namun, bila penyakit tersebut tidak sembuh tepat waktu karena kekurangan waktu, tentu akan mengganggu pikiran. 

Perlindungan kesehatan akan memastikan bahwa setidaknya sebagian dari tagihan medis ini telah dibayar, sehingga mengurangi stres dalam pikiran Anda sampai batas tertentu.

Apakah Ada Pilihan yang Terjangkau?

Ada berbagai cara untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terjangkau. Anda dapat mempertimbangkan rencana kesehatan dengan high-deductible health plan (HDHP), yaitu program asuransi kesehatan dengan pengurangan minimum yang tinggi untuk biaya pengobatan.

Selain itu, Anda mungkin bisa mendapatkan perlindungan di bawah asuransi kesehatan orangtua Anda, selama Anda masih berusia di bawah 26 tahun. Anda juga harus mencari asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh perusahaan Anda bekerja atau bahkan asuransi kesehatan independen.

Temukan perusahaan asuransi kesehatan yang menawarkan paket dengan harga yang lebih terjangkau dari perusahaan lainnya. Saat memilih rencana asuransi kesehatan, Anda harus berhati-hati memilih polis terbaik yang tersedia untuk Anda. Luangkan waktu untuk meninjau pilihan Anda dan pilih kebijakan yang sesuai untuk Anda dari segi anggaran dan kebutuhan kesehatan Anda.

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
eHealth Insurance (2020). Is It Ok to be Uninsured?
Terri Williams (2020). Investopedia. Don’t Have Health Insurance? What’s the Worst That Could Happen?
Tax Guru (2020). 5 Benefits of Health Insurance.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?