30 Jun 2018 / Dokter Spesialis

Apakah Dokter Terbaik di Singapura Tepat untuk Saya?

Berdasar penelusuran mesin pencari Google, frasa “dokter terbaik di Singapura” cukup sering dicari oleh pasien Indonesia yang hendak mencari informasi tentang berobat di Singapura. Rupanya, dalam mencari pengobatan di luar negeri, pasien masih sangat bergantung pada ulasan mengenai apakah dokter tersebut terbaik di bidangnya. Tapi benarkah dokter terbaik di Singapura adalah dokter yang tepat untuk menangani penyakit Anda? Mari kita ulas satu per satu faktanya.

Siapakah dokter terbaik di Singapura?

Sebetulnya tidak ada predikat “dokter terbaik di Singapura” dalam bidang manapun, mengingat pengalaman tiap dokter berbeda dan pasien memiliki preferensi yang berbeda. Dokter terbaik di Singapura menurut pasien A bisa jadi berbeda dengan dokter terbaik menurut pasien B. Dokter dapat dikatakan sebagai dokter yang mumpuni dari jumlah pengalaman, pendidikan dan spesialisasinya. Akan lebih baik jika dokter tersebut memiliki sub-spesialisasi. Kemampuan dokter juga dapat diukur dari keanggotaan pada organisasi kesehatan tertentu, mengingat organisasi tersebut memiliki standar khusus untuk menerima dokter anggota. Sebagai contoh, organisasi Fellow of the American College of Cardiologists hanya menerima anggota berdasarkan training, sertifikasi spesialis, pencapaian baik secara professional maupun ilmiah, dan lama durasi partisipasi aktif dokter tersebut dalam bidang terkait kardiovaskular. Selain itu, hasil publikasi di jurnal internasional dan pengalaman kerja di lembaga medis ternama juga dapat menjadi indikator kemampuan dokter tersebut.

dokter terbaik Singapura

Mencari dokter yang tepat: Apa saja yang harus dipertimbangkan?

Dalam mencari dokter untuk berobat, cara yang biasa ditempuh pasien adalah meminta rekomendasi pada teman atau keluarga; Apakah dokter itu termasuk yang terbaik di bidangnya? Bagaimana perawatan dokter tersebut? Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan?
Tidak jarang juga, pasien bertanya pada forum online, mencari tahu referensi dari pengalaman pasien lain yang pernah berobat di dokter tersebut. Beberapa forum seperti Kaskus, Female Daily Network mempunyai thread khusus untuk diskusi seperti ini. Bahkan, situs ulasan Yelp juga mengakomodir orang-orang yang ingin memberi ulasan pada dokter yang menangani kasusnya.
Meski umum dilakukan, hal ini sebenarnya tidak tepat. Kondisi medis satu orang dengan yang lain bisa jadi jauh berbeda. Bahkan dua orang yang sama-sama punya keluhan pada jantung, bisa jadi punya penyakit yang berbeda. Satu orang bisa menderita gagal jantung, orang yang lain bisa menderita penyakit lemahnya otot jantung.
Mencari dokter tidak semudah mendapatkan rekomendasi dokter yang pernah merawat pada teman. Ketika Anda menyerahkan hidup Anda di tangan orang lain, Anda wajib untuk teliti terhadap kecerdasan, kualifikasi, dan keterampilan orang yang akan merawat Anda. Hubungan Anda dengan dokter Anda bisa jadi merupakan salah satu hubungan profesional terpenting dalam hidup. Apalagi kalau penyakit Anda termasuk yang membutuhkan terapi atau pengobatan lebih dari satu kali. Dalam memilih dokter, beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan:

  • Mencari rekomendasi dari orang yang kredibel
    Di Singapura, terdapat dokter umum dan dokter spesialis yang memiliki kegunaan yang berbeda. Dokter umum dapat memberi Anda saran kesehatan untuk penyakit yang umum dirasakan sehari-hari, seperti demam, flu, dan lainnya. Lebih dari itu, dokter umum juga bisa memberikan diagnosis pertama atas penyakit Anda dan merujuk Anda pada dokter spesialis, jika butuh perawatan lebih lanjut. Sementara itu, dokter spesialis mempunyai keahlian yang lebih khusus dan umumnya, pengalaman yang lebih lama. Banyak ditemukan orang Indonesia yang langsung pergi ke dokter spesialis di Singapura tanpa melalui dokter umum dulu. Meski begitu, menurut pakar kesehatan, yang seharusnya dilakukan adalah berkonsultasi pada dokter umum terlebih dahulu agar tidak salah memilih dokter spesialis. Konsultasi ke dokter umum juga bisa memberi Anda gambaran awal atas penyakit Anda, sekaligus memberi rekomendasi yang tepat untuk ke dokter spesialis. Ini tentu lebih akurat ketimbang mencari rekomendasi dari teman atau keluarga yang belum tentu punya keluhan yang serupa.
  • Pengalaman + Kepribadian
    Gabungan antara pengalaman dan kepribadian seseorang adalah hal lain yang harus diperhatikan oleh pasien. Umumnya, pengalaman dokter tertulis di situs rumah sakit tempatnya berafiliasi. Pengalaman termasuk telah berapa lama dokter tersebut praktek, prestasi apa saja yang telah dicapainya selama masa praktek, jurnal ilmiah apa saja yang sudah ditulisnya, dan lain sebagainya. Untuk kepribadian, Anda disarankan untuk mengetahui kriteria yang Anda inginkan terlebih dulu dari dokter yang akan merawat Anda. Apakah Anda ingin dokter yang berfigur patriarkal dan lebih banyak menyuruh Anda melakukan sesuatu? Atau Anda ingin dokter yang lebih banyak mendengarkan keluhan Anda? Hal ini mempermudah Anda untuk mengetahui apakah dokter yang merawat Anda sudah tepat untuk Anda di pertemuan pertama.
  • Rumah sakit apa yang berafiliasi dengannya?
    Kualitas seorang dokter juga bisa dilihat dari rumah sakit mana saja yang berafiliasi dengannya. Di Singapura, dokter bisa mempunyai lebih dari satu afiliasi dengan klinik atau rumah sakit. Anda bisa mencari tahu informasi tentang klinik dan rumah sakit tersebut dari situsnya maupun situs lain yang memuat. Bagaimana kualitasnya? Apakah rumah sakit tersebut punya teknologi yang mumpuni untuk merawat penyakit tertentu yang terkenal susah disembuhkan? Dan pertanyaan lainnya.
  • Mencari jejak digital
    Dokter yang baik tentu memiliki jejak digital, hal ini bisa berupa ulasan atau ungkapan rasa terima kasih dari pasien. Bisa juga berupa jurnal ilmiah yang diterbitkan atas namanya. Selain jejak digital yang positif, Anda juga harus teliti terhadap jejak digital yang negatif, atau dengan kata lain, dokumentasi malpraktik atau kesalahan diagnosis yang dimuat di media terpercaya. Lebih baik untuk teliti tentang hal ini sebelum Anda berkomitmen pada dokter tertentu untuk jangka panjang.

dokter spesialis anak singapura

Mencari dokter yang tepat lebih mudah dengan Smarter Health

Untuk Anda yang baru pertama kali berobat ke Singapura, mencari dokter yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi butuh biaya yang tidak sedikit untuk transportasi dan akomodasi disana. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan platform online Smarter Health, yang bisa menghubungkan Anda dengan dokter umum dan dokter spesialis di Singapura, serta memberikan kepastian tentang harga dan perawatan sebelum Anda berkomitmen pada satu dokter. Berikut ini adalah keuntungan menggunakan platform Smarter Health untuk mencari dokter yang tepat bagi Anda:

  • Mendapat diagnosis yang akurat
    Setelah Anda mendaftar gratis di situs ini, Anda bisa mengunggah rekam medis Anda untuk mendapatkan diagnosis awal. Smarter Health bekerja sama dengan panel dokter umum yang akan mengulas kondisi Anda, dan merujuk Anda pada dokter spesialis sesuai dengan penyakit yang Anda derita. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi meminta rekomendasi pada teman, keluarga, atau orang asing di forum online. Anda akan dirujuk ke dokter spesialis oleh dokter umum yang mengerti tentang kondisi Anda.
  • Mengetahui biaya dan rencana perawatan sebelum memilih
    Biasanya, pasien baru mengetahui besaran biaya yang ditagihkan dokter setelah mereka selesai berobat. Namun dengan Smarter Health, Anda bisa mendapatkan rincian biaya dan opsi perawatan yang diusulkan oleh dokter spesialis, sebelum Anda berkomitmen pada satu dokter.
  • Mengetahui profil dokter spesialis
    Setelah dokter spesialis memberikan usulan biaya dan rencana perawatan pada Anda, Anda bisa mengetahui profil dokter-dokter tersebut. Profil ini terutama berkaitan dengan pengalaman dan rumah sakit dimana dokter itu terafiliasi. Anda juga bisa membandingkan profil para dokter tersebut untuk membantu Anda memilih salah satu diantara mereka.

Panel dokter yang tergabung dalam jaringan Smarter Health adalah dokter-dokter yang terakreditasi internasional dan berafiliasi dengan rumah sakit ternama di Singapura. Karena itu, Anda tidak perlu kuatir dengan kualitasnya. Smarter Health juga menyediakan layanan tambahan seperti penerjermah, layanan pemesanan tiket pesawat, dan akomodasi untuk mempermudah kunjungan Anda.

Butuh pengobatan dengan dokter spesialis Singapura?

Mencari dokter spesialis di Singapura kini semudah mengetik di gadget Anda. Daftar akun gratis, dan dapatkan diagnosis, rencana perawatan, dan penawaran harga perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda sekarang.

Comments

3 responses to “Apakah Dokter Terbaik di Singapura Tepat untuk Saya?”

    • Halo @Intan, terima kasih telah mengunjungi blog Smarter Health. Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf di Singapura, silakan +62 852-5256-3130.

      Kami dapat membantu membuatkan janji temu dokter spesialis terkemuka di Singapura juga mendapatkan estimasi biaya tindakan medis yang Anda perlukan. Terima kasih.

    • Halo @Intan, terima kasih telah mengunjungi blog Smarter Health. Silakan hubungi tim patient service kami di +62 852-5256-3130.

      Kami dapat membantu membuatkan janji temu dokter spesialis terkemuka di Singapura juga mendapatkan estimasi biaya tindakan medis yang Anda perlukan. Kami tunggu tanggal yang Intan inginkan untuk berkonsultasi dan berobat ke Singapura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan