ruam kulit

Apakah Ruam Gatal Itu Eksim?

Rachael Teo - Dokter Kulit Singapura - Dermatology -
Penulis:
Dokter spesialis kulit di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Di samping rasa gatal dan tidak nyaman, bercak-bercak kulit yang kering dan bersisik juga bisa menimbulkan rasa malu (pikirkan ketombe yang jatuh ke atas bahu – jijik!). Meskipun terjadinya kekambuhan adalah hal yang umum dan biasanya bisa diobati dengan pelembab yang dijual bebas, ada saat-saat dimana kulit kering menjadi semakin parah dan membutuhkan perhatian medis. “Jika ada lecet, area kulit rusak, nyeri atau nanah, segera temui dokter,” kata dr. Rachael Teo, konsultan dokter spesialis kulit di Raffles Skin & Aesthetic Centre.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Gatal itu bisa saja… Ketombe

Gejala Sisik kering dan putih yang jatuh dari kulit kepala.

Mengapa bisa terjadi Menurut Dr Teo, ketombe biasanya adalah tanda peradangan kulit kepala yang dihasilkan dari kondisi seperti dermatitis seborrhoeic dan psoriasis kulit kepala. Penyebab lain ketombe adalah stres dan penggunaan produk penata rambut secara berlebihan.

Bagaimana mengobati ketombe Sampo medis dan perawatan kulit kepala sangat direkomendasikan. Menggunakan minyak zaitun untuk melembutkan kulit kepala sebelum sampo juga membantu meningkatkan efektivitas terapi.

Ruam gatal itu bisa saja… Eksim

Gejala Bercak kering, merah, dan bersisik yang terasa sakit dan gatal. Kulit juga bisa robek dan mengeluarkan nanah.

Mengapa bisa terjadi Eksim atopik, jenis yang paling umum, disebabkan oleh banyak faktor, termasuk keturunan, kerusakan pelindung kulit, serta pemicu dari lingkungan seperti cuaca panas, kata Dr Teo. kondisi ini biasanya kronis, sehingga ruam cenderung kambuh.

Bagaimana mengobati eksim Gunakan pelembab setiap hari untuk memperkuat pelindung kulit. Krim topikal dan pengobatan anti-gatal oral juga bisa membantu. Pada kasus-kasus yang lebih serius, fototerapi atau paparan terhadap sinar UV yang terkontrol juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan kulit.

ruam kulit

Ruam gatal itu bisa saja… Dermatitis kontak

Gejala Bercak merah dan gatal dengan sensasi terbakar. Bisa juga timbul lecet atau penggelapan pada kulit.

Mengapa bisa terjadi “Terdapat dua tipe utama dermatitis kontak — dermatitis kontak iritan (DKI) dan dermatitis kontak alergi (DKA),” jelas Dr Teo. Tipe pertama terjadi ketika iritan merusak kulit lebih cepat daripada waktu yang dibutuhkan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Tipe kedua adalah hasil dari reaksi terhadap sebuah alergen. Mencuci tangan terlalu sering dan mereka yang sudah memiliki kondisi kulit sebelumnya berada pada resiko lebih tinggi mengalami dermatitis kontak.

Bagaimana mengobati dermatitis kontak Hindari alergen potensial. Mereka termasuk sabun keras, larutan kimia dan produk kosmetik, termasuk deodoran. Untuk meredakan gejala, dokter Anda mungkin akan meresepkan krim steroid topikal, pelembab, dan pengobatan oral. Jika Anda sudah mengembangkan infeksi bakteri, maka akan diberi antibiotik.

Ruam gatal itu bisa saja… Sindrom Kejutan Toksik

Gejala Demam tinggi, badan menggigil, kelelahan, muntah, dan diare yang menyertai ruam merah.

Mengapa bisa terjadi Meski jarang, pengelupasan kulit yang disertai dengan gejala-gejala di atas mungkin mengindikasikan sindrom kejutan toksik (SKT). infeksi serius ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus, kata Dr Teo. kondisi ini bisa terjadi karena penggunaan tampon berpenyerap tinggi dalam waktu lama dan busa kontraseptif yang bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Orang-orang dengan luka terbuka atau bekas operasi juga beresiko mengalami SKT karena bakteri dapat memasuki aliran darah melalui luka tersebut.

Bagaimana mengobati sindrom kejutan toksik Rawat inap di rumah sakit biasanya diperlukan karena SKT bisa saja fatal. Antibiotik akan diberikan untuk melawan infeksi selain pengobatan yang berbeda-beda untuk setiap gejala.

Ruam gatal itu bisa saja… Tinea

Gejala Kulit merah, bersisik, dan ruam berbentuk cincin yang biasanya menyerang area pangkal paha, ketiak, dan kaki.

Mengapa bisa terjadi Area-area tubuh yang menyerap kelembaban dan panas biasanya sangat rentan terhadap infeksi jamur ini. Menurut Dr Teo, tinea bisa ditularkan melalui kontak langsung atau berbagai benda-benda seperti handuk atau sepatu dengan orang yang sudah terinfeksi.

Bagaimana mengobati tinea Tinea ringan bisa disembuhkan dengan krim dan lotion anti-jamur topikal. Kasus yang lebih serius mungkin membutuhkan pengobatan oral.

Penulis: dr. Rachael Teo, dokter spesialis kulit di Singapura. Diterjemahkan dari artikel “Is That Itchy Rash Eczema?”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda