awet muda

Awet Muda Dengan Metode Alami, Pernah Coba?

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Awet muda menjadi impian hampir semua orang. 

Meski umur bertambah, tapi menjaga penampilan agar tetap terlihat muda adalah nomor satu. Makanya banyak orang yang berlomba-lomba mencari cara agar tetap terlihat muda. 

Anda dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini secara alami. Meskipun sebenarnya, ada beberapa tindakan medis guna menghilangkan tanda penuaan.

Temui dokter kulit atau dokter bedah plastik untuk konsultasi kebutuhan estetika Anda.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tanda Penuaan Dini

Sebelum menjalankan tips awet muda, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja tanda-tanda penuaan dini yang meliputi:

Bintik hitam

Seiring bertambahnya usia, melanosit sebagai sel penghasil melanin akan berkembang biak lebih cepat yang nantinya akan membentuk bintik-bintik hitam sebagai salah satu tanda penuaan dini. Bintik hitam ini kemungkinan besar akan muncul di area kulit Anda yang sering terpapar sinar matahari.

Kulit Kendur

Penuaan menyebabkan kulit Anda menghasilkan lebih sedikit elastin dan kolagen. Kulit Anda mungkin tetap kencang dan kuat, namun cenderung kendur karena gravitasi dan adanya kenaikan atau penurunan berat badan yang berpengaruh pada peregangan kulit. Inilah yang menjadi alasan mengapa kulit Anda terlihat kendur saat proses penuaan. 

Kulit Kusam

Penumpukan sel-sel kulit mati di wajah Anda akan menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Kemampuan pergantian kulit akan berkurang sekitar 7% setiap 10 tahun. Semakin tua, maka semakin sedikit sel kulit baru untuk mengatasi kulit kusam secara alami. 

Kulit Kering

Kulit Anda tidak lagi menghasilkan kelembaban alami seiring bertambahnya usia. Hal ini dapat menyebabkan lapisan kulit paling atas Anda mengering. Munculnya gejala kulit kering umumnya terjadi akibat paparan sinar matahari dan penurunan aktivitas regenerasi sel. 

Kulit Tipis

Saat bertambahnya usia, lapisan bawah epidermis Anda memperlambat lanjut produksi sel. Proses penipisan epidermis dan dermis membuat kulit Anda terasa lebih tipis dan rentan terhadap munculnya kerutan dan garis-garis halus. 

Kerutan dan Garis Halus

Saat kulit Anda kehilangan kelembaban, elastin, dan kolagen, maka di saat itulah kerutan di wajah bisa muncul. Area wajah wajah yang paling banyak melakukan pergerakan seperti mata dan mulut sangat rentan muncul kerutan dan garis-garis halus. Selain itu, kebiasaan merokok dan jarang menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan dapat mempercepat membuat wajah Anda keriput.

Kulit Mudah Memar

Dinding pembuluh darah Anda menjadi lebih lemah dan tipis seiring proses penuaan. Hal ini menyebabkan pembuluh darah mudah pecah yang nantinya akan meninggalkan bekas memar di kulit.

Cara Alami Awet Muda

Muncul perubahan-perubahan alami pada kulit Anda seiring bertambahnya usia, seperti hilangnya jaringan elastis, kulit kendur, muncul bintik hitam, dan lain sebagainya. Tanda penuaan bisa berbeda pada setiap individu, tergantung pada gaya hidup, cuaca di tempat tinggal, dan faktor genetika. 

Demi mencegah penuaan dini, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar tetap terlihat awet muda meliputi:

1. Terus Mengasah Otak

Meskipun otak bukan otot, tetapi melatih kinerja otot agar tetap aktif bisa menjadi salah satu cara ampuh supaya Anda tetap awet muda. Orang yang aktif mengasah otak mereka memiliki lebih banyak darah yang mengalir ke area otak. 

Ketika seseorang jarang mengasah kemampuan otak, maka otak akan kembali menyusut. Ini membuktikan bahwa Anda perlu menjaga otak agar tetap aktif untuk menjaga kelincahan dan fungsi mental. 

Anda bisa mengunduh game di ponsel, seperti teka-teki silang atau tebak-tebakan lain yang memberi tantangan untuk otak Anda setiap harinya. Kegiatan sederhana seperti ini juga mampu mengurangi risiko penyakit alzheimer.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Gaya hidup sehat identik dengan mengonsumsi buah dan sayur. Zat dan kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur sangat kaya akan serat dan vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Buah dan sayur juga tergolong makanan rendah lemak, sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan lebih terjaga. Ini pula yang menjadi rahasia wanita Jepang supaya awet muda. 

Selain buah dan sayur, mengonsumsi kacang-kacangan juga dipercaya punya manfaat untuk mencegah terjadinya penuaan dini, seperti kacang kedelai yang bisa diolah menjadi makanan atau minuman lezat. 

3. Hindari Junk Food

Melihat iklan restoran junk food selalu berhasil bikin ngiler dan lapar mata. Junk food bisa disajikan dengan cepat karena kerap memakai bahan masakan yang instan pula. Namun, sebaiknya hindari makanan ini jika Anda ingin terlihat awet muda. Dalam satu porsi hidangan junk food bisa saja mengandung jumlah lemak, garam, dan gula yang tinggi, serta kalori tanpa nutrisi, rendah mineral, dan rendah serat. 

4. Banyak Makan Ikan

Jenis ikan seperti salmon dan tuna adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik yang berfungsi melindungi tubuh dari penyakit diabetes, kardiovaskular, dan masih banyak lagi. Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan diyakini mampu menjaga kulit agar tetap elastis dan terjaga kelembabannya sehingga mengurangi risiko munculnya kerutan dan garis-garis halus. 

Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat memperlambat penurunan kualitas mental yang terkait dengan penuaan. Setidaknya konsumsi ikan satu kali dalam seminggu untuk dapat memperlambat penurunan kemampuan berpikir (kognitif) sebesar 10% hingga 13% per tahun.

5. Tingkatkan Asupan Antioksidan

Kadar radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sebagai langkah pencegahan penuaan dini, Anda bisa meningkatkan asupan antioksidan yang merupakan senyawa untuk menangkal radikal bebas. Makanan kaya antioksidan dapat memperlambat proses penuaan di tubuh dan otak, seperti teh, bayam, dan blueberry yang mampu meningkatkan antioksidan darah manusia hingga 10% hingga 25%.

Vitamin antioksidan, A, C, dan E memegang peran besar dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Jadi, usahakan Anda tidak hanya makan secara teratur, tetapi pastikan juga Anda mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari. Khususnya vitamin A yang membantu menjaga kulit agar tetap sehat dan kencang. 

6. Berhenti Merokok

Kandungan racun di dalam rokok sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, seperti paru-paru, penyakit jantung, dan stroke. Tak hanya itu, merokok dapat memengaruhi sistem reproduksi. Pada pria, rokok menurunnya kualitas sperma dan mengancam kesehatan janin pada wanita. 

Kalau dilihat dari segi estetika, merokok juga sangat berpengaruh pada penampilan Anda, seperti gigi bernoda, keriput, psoriasis, dan penuaan dini. Merokok meningkatkan keriput karena sering menggerakan wajah dan memiliki efek vasokonstriksi yang menyumbat sirkulasi pembuluh darah. 

7. Rajin Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah produk kulit yang berguna untuk melindungi kulit dari berbagai macam bahaya paparan sinar matahari. Ketika atmosfer di bumi semakin menipis akibat efek rumah kaca, ini menyebabkan matahari yang diserap kulit menjadi berlebih dan menimbulkan bintik hitam di kulit. 

Sebaiknya biasakan diri Anda dan anak Anda untuk mulai memakai tabir surya sejak kecil atau remaja. Tujuannya supaya tidak muncul bintik hitam dan kulit kusam pada kulit yang merupakan salah satu gejala penuaan dini. Berbagai macam produk tabir surya bisa Anda temukan di toko obat atau klinik kecantikan. Tinggal pilih tingkatan sun protection factor (SPF) sesuai kebutuhanmu.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin dan Mineral

Punya tips awet muda lainnya? Tulis di kolom komentar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?