kanker prostat

Bagaimana Dokter Melakukan Tes Kanker Prostat

Siew Hong Ho - Dokter Saluran Kemih Singapura - Urology (Urinary & Reproductive System) - Not Otherwise Specified (NOS)
Penulis:
Dokter spesialis saluran kemih di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

dr. Ho Siew Hong, seorang dokter spesialis urologi di Rumah Sakit Gleneagles Singapura memiliki semua fakta yang perlu Anda ketahui tentang pengujian antigen spesifik prostat (PSA).

Karena kanker prostat adalah jenis kanker ke-3 yang paling umum diderita oleh pria Singapura, sangat penting untuk melakukan skrining rutin, bahkan jika Anda tidak mengalami gejala-gejalanya.

Tes PSA mungkin terdengar rumit, tetapi sebenarnya hanyalah tes darah sederhana. 

Jika Anda seorang pria yang berusia diatas 50 tahun, berikut adalah alasan mengapa Anda harus menjalani tes ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tes PSA membantu mendeteksi kanker prostat lebih awal

Penderita kanker prostat mungkin mengalami serangkaian gejala, seperti; sering merasa ingin buang air kecil, pendarahan saat buang air kecil, dan kesulitan buang air kecil. Walaupun begitu, banyak orang dengan kanker prostat tidak mengalami gejala apapun.

Secara alami, kelenjar prostat Anda menghasilkan PSA, yang merupakan sebuah protein. Penderita kanker prostat biasanya memiliki kadar PSA yang lebih tinggi. Maka dari itu, masuk akal apabila tes PSA berfungsi sebagai penanda kanker dengan mengukur kadar PSA dalam darah anda.

“Jika tes Anda menunjukkan hasil yang lebih tinggi dari 4.0 nmol/dL, dokter Anda mungkin akan merekomendasikan agar Anda menjalani pemeriksaan lebih lanjut seperti pemindaian MRI pada prostat atau biopsi prostat (sampel jaringan) untuk memeriksa indikasi kanker lainnya,” tutur dr. Ho. 

Namun jangan panik, karena kondisi non-kanker tertentu juga dapat menyebabkan peningkatan kadar PSA Anda, seperti prostatitis (radang prostat) dan hiperplasia prostat jinak (pembesaran prostat). Dokter Anda juga akan mencari indikator dari kondisi-kondisi tersebut.

Jika dokter Anda melakukan biopsi prostat dan mendeteksi adanya kanker, maka mereka akan dapat mengkategorikan kondisi kanker Anda menjadi salah satu dari empat kelompok:

  • Risiko sangat rendah: Observasi saja, tidak diperlukan perawatan
  • Risiko rendah: Observasi saja, pembedahan atau pengobatan radiasi dapat dipertimbangkan
  • Risiko menengah: Dibutuhkan operasi atau pengobatan radiasi
  • Risiko tinggi: Dibutuhkan operasi atau pengobatan radiasi

Tes PSA tidak perlu persiapan khusus

Dalam tes PSA, dokter Anda hanya akan mengambil sedikit sampel darah dari lengan Anda dan membawanya untuk pengujian. Anda tidak perlu melakukan apapun sebelumnya – Anda cukup datang pada hari itu. Biasanya, dokter Anda akan membagikan hasil tes tersebut dengan Anda setelah 24 jam.

Pengujian PSA adalah langkah pertama dalam mendiagnosis dan mengobati kanker

Dahulu, beberapa orang menganggap tes PSA kontroversial. Hal tersebut terjadi karena hasil dari tes PSA saja biasanya tidak cukup untuk mengkonfirmasi diagnosis kanker dan tanpa pengujian lebih lanjut dapat menimbulkan kecemasan yang tidak perlu. 

Kadar PSA yang tinggi dapat disebabkan oleh kondisi prostat jinak lainnya seperti yang telah disinggung sebelumnya. Tetapi, seiring dengan perkembangan obat-obatan, sekarang dokter dapat menggunakan beberapa metode yang berbeda agar dapat memberikan diagnosis dan meresepkan pengobatan yang sesuai.

Pemindaian MRI multi-parametrik adalah salah satu alat diagnostik tersebut. Alat ini akan mendeteksi area yang mencurigakan dalam prostat dengan mencari perubahan struktural dan fungsional pada sel-sel prostat. Pencarian tersebut didasarkan pada fakta bahwa sel-sel kanker bersifat agresif dan membelah dengan cepat.

Skor 1 dan 2 merujuk pada kemungkinan kanker yang rendah sementara 4 dan 5 berarti Anda memiliki kemungkinan kanker 80% dan 90%.

Alat lain yang tersedia di Singapura selama 2 tahun terakhir ini adalah biopsi prostat dengan fusi MRI-ultrasound Pada biopsi prostat tradisional, dokter Anda akan mengambil sampel jaringan secara acak, yang dapat berpotensi mengabaikan sel-sel kanker saat pemeriksaan pertama kali. Tetapi dalam biopsi fusi MRI-ultrasound, dokter Anda dapat mengambil pendekatan yang lebih tepat sasaran.

“Prosedur dimulai dengan pemindaian MRI, yang merupakan pemindai magnetik yang menggunakan gelombang radio untuk mengambil gambar organ internal Anda dan menampilkannya di layar komputer,” jelas dr.. Ho. 

“Dokter Anda dapat menggunakan pemeriksaan ini untuk area yang tampak mencurigakan. Kemudian mereka akan memasukkan perangkat ultrasound tipis dan fleksibel ke dalam rektum Anda dan menggunakan citra MRI untuk memandu mereka ke daerah yang tampak mencurigakan, sehingga mereka dapat mengambil sedikit sampel jaringan.”

Alat diagnostik canggih lainya adalah pemindaian prostate specific membrane antigen (PSMA) positron emission tomography (PET), yang terdengar rumit namun merupakan metode yang akurat bagi dokter Anda untuk mendeteksi kanker prostat yang berulang. Dokter Anda juga dapat merekomendasikan Anda untuk menjalani pemindaian ini untuk memeriksa apakah kanker Anda telah menyebar ke tempat lain di tubuh Anda .

Bila membahas mengenai pengobatan, Anda mungkin dapat menjalani prostatektomi radikal (pembedahan invasif minimal untuk mengangkat prostat) yang dibantu robot daripada operasi tradisional, karena dapat membantu mengurangi waktu pemulihan serta risiko komplikasi saat Anda berada dalam pengaruh obat bius.

Para ahli merekomendasikan tes PSA tahunan bagi pria lanjut usia

“Karena sebagian besar kanker prostat terjadi pada pria di atas usia 65 tahun, American Urological Association, Society of Urologic Oncology dan American Society of Radiation Oncology semua sepakat bahwa pria berusia antara 50 dan 70 tahun harus menjalani tes PSA setahun sekali,” Jelas dr. Ho. 

“Pria dengan riwayat keluarga kanker prostat harus mulai memeriksakan dirinya sejak usia 40 tahun.”

Jika Anda memerlukan bantuan untuk menjalani tes PSA, harap menemui dokter spesialis.

Penulis: dr. Siew Hong Ho, dokter spesialis saluran kemih di Singapura. Diterjemahkan dari artikel How Do Doctors Test for Prostate Cancer?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?