berobat ke malaysia

Bagaimana Sebaiknya Merencanakan Berobat ke Malaysia?

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email

Berbicara soal berobat, semua orang pastinya ingin mendapatkan hasil terbaik. Tak sedikit orang rela berobat ke luar negeri demi kualitas perawatan yang lebih baik, mendapatkan dokter yang paling cocok serta mampu mendiagnosis secara tepat.

Malaysia merupakan salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk urusan berobat di luar negeri. Sekitar 60% pasien yang berobat ke Malaysia berasal dari Indonesia. Setiap tahunnya, angka pasien Indonesia yang berobat ke Malaysia pun terus bertumbuh dalam kisaran 12–18%.

Ada alasan kuat yang mendorong orang Indonesia masih mengandalkan Malaysia untuk urusan wisata medis. Dari sejumlah alasan yang ada, tujuh poin berikut paling banyak disebut:

Layanan kesehatan di Malaysia berkualitas dunia. Rumah sakit berakreditasi internasional, tenaga medis yang ahli dan berdedikasi, peralatan berteknologi tinggi, serta ranah spesialisasi yang lengkap dapat Anda temukan dengan mudah di negara ini.

Biaya pengobatan di Malaysia cukup terjangkau, termasuk untuk penanganan penyakit kompleks dan berat. Ongkos berobat ke Malaysia lebih hemat hingga 80% dibandingkan  jika berobat ke Amerika, Eropa atau Australia,.

Akses mudah dari Indonesia. Penerbangan langsung tersedia di antaranya dari Jakarta, Medan, Surabaya, Banda Aceh, dan Pekanbaru. Orang dari Sumatera juga umumnya bisa berobat ke Malaysia naik kapal cepat. Pasien asal Indonesia pun tidak perlu visa untuk bisa berobat ke Malaysia.

Biaya perjalanan relatif murah. Tiket pesawat, hotel, dan transportasi mudah didapat secara online dengan harga promo. Kisaran harga tiket pesawat untuk penerbangan langsung dari Indonesia ke Malaysia mulai dari 400 ribuan hingga 1,5 juta rupiah di musim biasa. Sementara tiket kapal cepat ke Malaysia, harganya berkisar dari 200 hingga 400 ribuan rupiah per orang dewasa untuk sekali jalan.

Tenaga medis di Malaysia berbicara bahasa Melayu yang masih mirip dengan bahasa Indonesia. Pasien dari Indonesia pun jadi lebih mudah berdiskusi.

Daerah destinasi berobat terbaik di Malaysia ada tiga, yakni Kuala Lumpur, Penang, dan Melaka. Ketiganya merupakan kawasan pariwisata populer sehingga pasien bisa berobat sekaligus mendapatkan pengalaman wisata yang berkesan.

Layanan penjemputan bandara tersedia di semua rumah sakit di Malaysia. Anda tinggal memesan layanan tersebut dari rumah sakit tujuan. Biasanya layanan ini hanya tersedia gratis untuk 1 pasien dan 1 pendamping.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Panduan Berobat ke Malaysia

Berikut ini panduan umum yang perlu Anda perhatikan saat merencanakan berobat ke Malaysia:

1. Menyiapkan rekam medis atau dokumen kesehatan

Hal pertama adalah menyiapkan rekam medis Anda jika pernah berobat di Indonesia. Dokumen rekam medis, terdiri dari:

  • Informasi hasil diagnosis.
  • Riwayat penyakit dan alergi.
  • Daftar obat yang rutin dikonsumsi.
  • Hasil tes darah, radiologi, CT Scan, dan pencitraan medis lain. 

2. Meriset dan memilih rumah sakit serta dokter spesialis

Setelah mengetahui kondisi kesehatan dan memahami perawatan apa yang Anda butuhkan, berikutnya adalah mencari rumah sakit yang ingin dituju, beserta dokter spesialis yang diminati.

Saat ini, proses meriset rumah sakit dan dokter spesialis di Malaysia bisa Anda lakukan dalam satu waktu. Tak perlu membuka situs web rumah sakit satu demi satu, Anda cukup hubungi Smarter Health dan sampaikan kebutuhan medis Anda.

Smarter Health hadir sebagai layanan yang membantu masyarakat Indonesia untuk melakukan pengobatan di dalam dan luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Smarter Health memberikan rekomendasi dokter spesialis di Malaysia sesuai preferensi pasien. Ada lebih dari 1000 dokter spesialis di Malaysia dan 350 dokter spesialis di Singapura yang tergabung di panel rekomendasi Smarter Health. Selain itu, Smarter Health hanya bekerja sama dengan rumah sakit yang terakreditasi Joint Commission International (JCI), antara lain:

Mitra rumah sakit di Penang

  • Island Hospital
  • Gleneagles Penang Hospital
  • Pantai Penang Hospital
  • KPJ Penang Specialist Hospital 

Mitra rumah sakit di Kuala Lumpur

  • Pantai Kuala Lumpur Hospital
  • Gleneagles Kuala Lumpur Hospital
  • Sunway Medical Centre
  • KPJ Ampang Puteri Specialist Hospital 
  • KPJ Tawakal Hospital 
  • KPJ Damansara Specialist Hospital 
  • KPJ Selangor Specialist Hospital
  • ParkCity Medical Centre 

Mitra rumah sakit di Melaka

  • Pantai Ayer Keroh Hospital

3. Mulai menghitung perkiraan biaya berobat

Selanjutnya, mulailah menghitung perkiraan biaya pengobatan Anda. Jangan lupa mengalkulasi pengeluaran untuk perjalanan ini. Termasuk di dalamnya menyusun bujet untuk tiket pesawat, akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

Khusus biaya pengobatan, Anda bisa mendapatkan perhitungan lebih akurat di Smarter Health. Cukup manfaatkan platform chat untuk meminta rincian perkiraan biaya pengobatan di rumah sakit tujuan, sesuai dengan kondisi medis pasien. Tentunya jadi lebih hemat daripada harus menelepon sendiri ke rumah sakit dengan tarif internasional bukan?

Agar lebih membantu Anda, silakan cek tabel estimasi biaya pengobatan di Malaysia dari Smarter Health.

4. Membuat janji dokter spesialis

Langkah selanjutnya adalah membuat janji konsultasi dengan dokter spesialis di Malaysia. Hal ini sangat penting untuk menghindari tidak mendapat jadwal saat tiba di rumah sakit tujuan.

Anda bisa langsung menentukan tanggal dan jam konsultasi di panel rekomendasi dokter spesialis Smarter Health. Jika jadwal yang Anda inginkan tak tersedia, Smarter Health akan menghubungi Anda dengan rekomendasi jadwal lainnya.

Bandingkan jika Anda lakukan sendiri dengan menelepon ke rumah sakit; berapa banyak waktu dan pulsa yang dihabiskan? 

5. Menyiapkan kebutuhan perjalanan

Setelah memegang jadwal berobat yang pasti, saatnya Anda mempersiapkan kebutuhan perjalanan. Pertama-tama, pastikan masa berlaku paspor tidak kurang dari enam bulan. Lalu, mulailah mencari transportasi dan akomodasi untuk perjalanan ke Malaysia.

Penerbangan ke Malaysia

Penerbangan ke Malaysia tersedia cukup banyak dari Tanah Air. Untuk penerbangan langsung, saat ini tersedia paling banyak dari Kota Medan dan Jakarta.

Maskapai yang melayani penerbangan ke Malaysia, di antaranya: Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, KLM, Lion Air, Jetstar, dan Scoot.

Nominal harga tiket penerbangan langsung ke Malaysia beragam, menyesuaikan pada waktu penerbangan, asal keberangkatan, dan pilihan maskapainya.

Kisaran harga tiket pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur, misalnya, kurang lebih Rp525.000–Rp1.500.000 per orang.

Penginapan dekat rumah sakit di Malaysia

Setelah menentukan tanggal keberangkatan, berikutnya Anda perlu memikirkan soal akomodasi.

Rata-rata rumah sakit di Malayia dikelilingi oleh beragam pilihan akomodasi. Memilih hotel yang lokasinya dekat dengan rumah sakit Anda tentu tak hanya menghemat biaya transportasi, tetapi juga kenyamanan.

Direkomendasikan memilih hotel berbintang 3 atau 4 yang menawarkan fasilitas mumpuni dengan kenyamanan lebih.

Hotel jaringan nasional dan internasional seperti Accor Hotels, Berjaya Hotels and Resorts, atau Hotel Sentral bisa menjadi pilihan cerdas karena kredibilitas dan standar pelayanannya berkualitas tinggi.

Transportasi di Malaysia

Jangan lupa pula untuk memikirkan soal transportasi selama berada di Malaysia. Anda bisa memanfaatkan layanan taksi atau sewa mobil untuk mobilitas yang lebih baik. Khusus layanan antar jemput bandara, Anda dapat menggunakan layanan yang disediakan hotel bila ingin menghemat biaya.

Rata-rata rumah sakit di Malaysia turut menyediakan layanan penjemputan gratis dari bandara.

Anda bisa meminta Smarter Health untuk membantu booking shuttle gratis dari bandara ke rumah sakit yang Anda tuju, jika memang tersedia layanan tersebut.

6. Menyiapkan alat pembayaran

Sebelum akhirnya berangkat ke Malaysia, Anda perlu menyiapkan alat pembayaran untuk kelancaran transaksi, baik di rumah sakit maupun di berbagai tempat umum di Malaysia.

Bawalah uang tunai secukupnya dan jangan lupa lakukan penukaran valas. Jikalau tidak terburu-buru, tidak disarankan menukar valas di bandara karena biasanya rate tukarnya lebih rendah dibanding tempat lain.

Selain uang tunai, tak ada salahnya menyiapkan alat pembayaran umum berupa kartu kredit dan kartu debit. Namun sebelumnya, tanyakan dulu bank Anda untuk memastikan bahwa kartu kredit maupun debit Anda bisa dipakai di Malaysia.

Yang lebih penting, Anda perlu mengonfirmasi rumah sakit tujuan perihal metode pembayaran yang mereka terima.

Semua orang mengharapkan adanya hasil yang baik dari pengobatan di Malaysia. Untuk memastikan itu, awali dengan mempersiapkan perjalanan berobat ke Malaysia bersama Smarter Health sebagai asisten cerdas Anda. Temukan kami cukup dengan gawai dan koneksi internet!

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Kirim Pesan WhatsApp
1
Kirim Pesan WhatsApp
Cari rekomendasi dokter, cek jadwal atau estimasi biaya? Hubungi kami via WhatsApp berikut!
Powered by