Berat Badan Ideal Pria

Berat Badan Ideal Pria dan Cara Mendapatkannya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Berat badan ideal pria seringkali dikaitkan dengan bentuk tubuh yang enak dipandang. Padahal, sebenarnya berat badan ideal pria penting untuk mencegah munculnya berbagai penyakit pada tubuh.

Ketika berat badan terlalu tinggi, Anda dapat mengalami obesitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, batu empedu, penyakit jantung, stroke, kanker, radang sendi, kolesterol tinggi, gangguan pernapasan, dan sebagainya.

Jika berat badan terlalu rendah, Anda berisiko mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, kebotakan, anemia, kurang gizi, hingga masalah kesuburan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria

Anda dapat melakukan penghitungan indeks massa tubuh (IMT). Perhitungan ini dilakukan dengan membagi berat badan (dalam satuan kilogram) dengan tinggi badan (dalam satuan meter kuadrat).

Misalnya, Anda adalah pria dengan berat badan 80 kg dengan tinggi 170 cm. Untuk menghitung IMT, Anda perlu membagi 80 dengan 1.70 kuadrat. Anda akan mendapatkan hasil IMT 27.6.

Setelah mendapatkan hasil IMT, Anda dapat mengukur status gizi Anda berdasarkan kategori berikut:

  • Berat badan kurang: jika IMT kurang dari 18.5
  • Normal: jika IMT berada pada angka 18.5 – 22.9
  • Kelebihan berat badan (overweight): jika IMT berada pada angka 23 – 24.9
  • Obesitas: jika IMT lebih dari 25

Perlu diketahui bahwa IMT yang dianggap normal di setiap negara berbeda-beda, sebab ada perbedaan rata-rata berat badan dan tinggi badan. Misalnya, orang-orang Asia cenderung bertubuh pendek, sedangkan orang-orang Eropa dan Amerika cenderung bertubuh tinggi. Selain itu, indeks massa tubuh tidak dianggap dapat memperhitungkan jumlah dan distribusi lemak dalam tubuh.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Pria

Berat badan ideal pria tentunya tidak didapat secara instan, melainkan melalui proses dan usaha yang konsisten. Jika Anda ingin menambah atau menurunkan berat badan, Anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

  • Mulai mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian. Untuk mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda dapat mengonsumsi ikan, tahu, tempe, juga produk susu rendah lemak. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti keju, susu tinggi lemak, dan daging-daging olahan. Anda dapat mengganti makanan tersebut dengan kacang-kacangan, ikan, dan alpukat.
  • Ketika Anda makan, Anda harus memerhatikan porsi makan Anda. Jika Anda makan dengan porsi yang berlebihan, Anda berpotensi mengalami obesitas atau penyakit lainnya. Orang-orang yang ingin mendapatkan berat badan ideal biasanya menghitung jumlah nutrisi yang masuk ke tubuh setiap harinya.
  • Kurangilah minuman-minuman manis, perbanyak minum air mineral. Meminum satu gelas air mineral sebelum makan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang, sehingga keinginan untuk makan berlebih atau nyemil bisa ditahan. Tidak hanya itu, air mineral juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh agar Anda terhindar dari dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal. Batas asupan yang dianjurkan adalah 8 gelas sehari, namun konsumsilah lebih banyak dari jumlah tersebut jika Anda berolahraga, sedang sakit, atau melakukan aktivitas lainnya yang mengeluarkan banyak keringat.
  • Rutin berolahraga jenis apapun dapat menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar. Tidak hanya itu, olahraga dapat membantu Anda menghindari berbagai jenis penyakit dan mencapai berat badan ideal. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, jalan pagi, atau berolahraga di gym. Lakukan setidaknya 15-30 menit setiap hari, minimal tiga kali per minggu.

Semua hal-hal diatas harus dilakukan secara rutin dengan usaha yang konsisten. Jika Anda melakukan langkah-langkah tersebut dengan disiplin, dipastikan Anda dapat mencapai berat badan ideal Anda. Jika Anda merasa kesulitan dan butuh bantuan profesional, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur pola makan.

Mengontrol Kalori Harian

Salah satu cara untuk mendapatkan berat badan ideal adalah dengan menghitung asupan kalori Anda setiap hari. Alat yang dapat Anda gunakan adalah kalkulator kalori. Kalkulator kalori kini sudah banyak terdapat di internet, namun Anda juga dapat menghitungnya sendiri.

Anda membutuhkan kalori dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Kalori didapat melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Hampir semua jenis makanan dan minuman mengandung kalori. Biarpun begitu, setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda.

Kalori penting untuk diatur. Sebab, jika Anda kelebihan kalori, Anda berpotensi tinggi mengalami beberapa penyakit seperti obesitas, stroke, atau penyakit jantung. Namun, kekurangan kalori juga jangan sampai terjadi. Sebab, jika tubuh kekurangan kalori, Anda akan mengalami lemas, mual, sembelit, diare, atau masalah pada batu empedu.

Salah satu cara untuk mengontrol kadar kalori yang Anda butuhkan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jumlah kebutuhan kalori harian Anda. Setelah itu, Anda dapat mencari jumlah kalori dari makanan-makanan yang biasa Anda makan, lalu dijumlahkan. Ingatlah untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman melewati batas kebutuhan kalori harian Anda.

Jenis Olahraga yang Paling Cocok untuk Anda

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis olahraga. Namun, bagaimana cara agar dapat memilih olahraga yang paling tepat untuk Anda? Berikut kami rangkum beberapa olahraga yang bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh:

Kardio

Jika Anda mengalami obesitas, Anda dapat mencoba melakukan kardio terlebih dahulu. Kardio sendiri dapat membakar lemak lebih banyak daripada mengangkat beban, juga membakar kalori lebih banyak. Jika Anda ingin melakukan kardio, Anda sebaiknya melakukannya setidaknya 150 menit dalam satu minggu. Durasi ini membuat pembakaran tubuh di kalori lebih lancar. Jika dilakukan rutin, dalam beberapa bulan Anda akan dapat melihat perubahannya. Mulailah secara perlahan jika Anda adalah pelari pemula, jangan paksa diri Anda.

Angkat beban

Meski kalori yang terbakar kecil, namun angkat beban cocok bagi pria yang ingin membentuk tubuh yang lebih berisi dan berotot. Penting untuk diketahui, sebelum Anda mengangkat beban, Anda harus mengetahui dulu fungsi dari alat-alat yang akan Anda pakai. Latihlah otot dada, otot kaki, dan otot punggung jika Anda ingin proses pembakaran lemak pada tubuh yang lebih maksimal.

Berenang

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda dapat berenang menggunakan gaya kupu-kupu atau gaya bebas. Namun, jika Anda tidak dapat melakukan kedua gaya tersebut, gaya dada dan gaya punggung juga bisa menjadi alternatif. Jika dilakukan dengan benar, gaya kupu-kupu dapat membakar kalori hingga 150 kalori.

Masih banyak olahraga lain yang dapat Anda coba. Anda juga dapat melakukan ketiganya asal tidak memforsir tubuh, tetap menjaga asupan gizi, dan beristirahat yang cukup. Sebanyak apapun olahraga yang Anda lakukan, jika diet tidak dijaga, maka proses pembentukan tubuh dan penurunan berat badan akan lebih lama. Kemungkinan gagalnya pun besar.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?