Berhenti Merokok Agar Hamil Sehat

Berhenti Merokok Agar Hamil Sehat

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Mar 3, 2021
Update terakhir: Mar 3, 2021

Saat hamil, semua yang Anda masukkan ke dalam tubuh dapat memengaruhi bayi di dalam kandungan. Ketika ibu hamil merokok, bayi akan terpapar bahan kimia seperti nikotin dan karbon monoksida.

Jika Anda seorang perokok dan sedang hamil, sekaranglah waktu yang tepat untuk berhenti. Dan kalau Anda bukan perokok, hindari asap rokok orang lain. Jika Anda merokok dan tidak hamil tetapi sedang berencana untuk hamil, buatlah rencana untuk berhenti sebelum mencoba hamil.

Pun ketika Anda berhenti merokok sebelum hamil atau selama 3 bulan pertama kehamilan, risiko memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah sama dengan risiko wanita yang tidak merokok. Wanita yang berhenti di kemudian hari dalam kehamilannya tetap mengurangi risiko masalah pada bayinya.

Penting untuk tidak kembali merokok setelah bayi lahir dan meminta orang lain untuk tidak merokok di rumah Anda. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko bayi mengalami masalah pernapasan.

Banyak program tersedia untuk membantu wanita hamil berhenti merokok. Tanyakan kepada dokter atau bidan Anda untuk informasi tentang cara berhenti merokok. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Pengaruh Rokok Terhadap Bayi

Merokok selama kehamilan membuat Anda dan bayi Anda terpapar banyak bahan kimia berbahaya. Ini berisiko membatasi suplai oksigen dan transfer nutrisi bayi. Nikotin dapat merusak otak dan paru-paru bayi secara permanen. Merokok selama kehamilan juga dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan, termasuk:

  • Cacat lahir.
  • Keguguran.
  • Lahir prematur.
  • Berat badan lahir rendah.
  • Masalah dengan plasenta.

Merokok selama kehamilan juga dapat memengaruhi bayi setelah lahir, karena dapat meningkatkan risiko:

  • Asma.
  • Sakit perut.
  • Obesitas anak.
  • Sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.

Perokok pasif yang menghirup asap rokok selama kehamilan juga dapat terkena dampak kesehatan, baik pada ibu dan bayi. Ini meningkatkan risiko bayi terkena:

  • Asma.
  • Infeksi telinga.
  • Berat badan lahir rendah.
  • Sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.

Manfaat Berhenti Merokok saat Hamil

Berhenti merokok akan membantu menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda. Gas berbahaya seperti karbon monoksida dan bahan kimia perusak lainnya akan bersih dari tubuh Anda. Berikut ini manfaat berhenti merokok saat hamil:

  • Mengurangi risiko bayi lahir mati.
  • Mungkin memiliki kehamilan dan bayi yang lebih sehat.
  • Mengurangi risiko komplikasi saat hamil dan melahirkan.
  • Anda akan mengurangi risiko sudden infant death syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi.
  • Kecil kemungkinan bayi Anda lahir terlalu dini dan harus menghadapi masalah pernapasan, makanan, dan kesehatan yang sering terjadi karena kelahiran prematur.
  • Kecil kemungkinan bayi Anda untuk dilahirkan dengan berat badan lahir rendah. Bayi dari seorang perokok, rata-rata 200 g lebih ringan dari bayi lain. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah selama dan setelah persalinan. Misalnya, bayi cenderung memiliki masalah dalam menjaga kehangatan tubuh dan lebih berisiko terkena infeksi.

Berhenti merokok sekarang juga akan membantu bayi Anda di kemudian hari. Anak-anak yang orang tuanya merokok lebih mungkin menderita asma dan penyakit serius lainnya yang mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit.

Semakin cepat Anda berhenti merokok semakin baik, bahkan jika Anda berhenti dalam beberapa minggu terakhir kehamilan, ini akan bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda.

Cara Berhenti Merokok saat Hamil

Berhenti merokok agar kehamilan sehat merupakan pilihan yang tepat. Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah, tapi Anda bisa melakukannya dengan mengikuti cara berikut ini:

  • Jika Anda belum hamil, pilih tanggal berhenti merokok yang sesuai untuk Anda. Jika Anda sedang hamil, segera berhenti merokok. Bicaralah dengan dokter Ada tentang program yang dapat membantu Anda berhenti merokok.
  • Singkirkan rokok, asbak, dan korek api Anda. Bersihkan rumah dan pakaian Anda untuk menghilangkan bau asap rokok.
  • Ketika Anda tinggal dengan perokok, ajak orang tersebut untuk berhenti bersama. Jika ini bukan pilihan, bicarakan dengan orang tersebut untuk tidak merokok di sekitar Anda. Jika memungkinkan, hindari tempat-tempat di mana orang lain merokok.
  • Tentukan waktu yang paling sulit bagi Anda, seperti saat gelisah atau tinggal di sekitar perokok. Rencanakan cara Anda untuk menangani kekambuhan selama waktu-waktu ini. 
  • Ubah rutinitas dengan menghindari hal-hal yang membuat Anda ingin merokok.
  • Temukan cara untuk mengatasinya. Misalnya, berjalan-jalan setelah makan malam daripada merokok.
  • Temukan cara untuk mengurangi stres dalam beberapa minggu pertama setelah berhenti merokok.
  • Bicaralah dengan dokter tentang penggantian nikotin atau obat-obatan.
  • Dapatkan dukungan dari dokter, konselor, keluarga, atau orang yang berhasil berhenti merokok. 
  • Orang yang melakukan konseling melalui telepon, grup, atau tatap muka lebih cenderung berhasil berhenti merokok.
  • Bergabunglah dengan kelompok yang mendukung Anda untuk berhenti merokok.

Amankah Menggunakan Produk Pengganti Rokok saat Hamil?

Untuk mengetahui tingkat keamanannya, bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan tentang risiko dan manfaat menggunakan produk pengganti nikotin, seperti koyo nikotin, inhaler nikotin, permen karet nikotin, pelega tenggorokan, atau semprotan hidung. 

Mengingat bahaya dan manfaat berhenti merokok selama kehamilan, produk pengganti nikotin mungkin menjadi pilihan yang tepat bagi wanita yang tidak dapat berhenti atau berisiko tinggi sulit lepas dari rokok. 

Ini mungkin termasuk wanita perokok yang merokok lebih dari 10 batang sehari, perokok di usia kehamilan yang lebih tua, dan perokok yang tidak berhasil berhenti merokok di upaya sebelumnya. 

Banyak produk pengganti nikotin tersedia tanpa resep dokter. Mulailah dengan dosis serendah mungkin. Jika Anda memilih menggunakan koyo nikotin, hindari paparan nikotin pada bayi dengan melepaskan koyo saat tidur. Saat gejala ngidam dan gejala penarikan berkurang, bekerjasamalah dengan penyedia layanan kesehatan untuk secara bertahap mengurangi penggantian nikotin dari waktu ke waktu.

Jika Anda lebih suka menggunakan obat non-nikotin untuk berhenti merokok selama kehamilan, bupropion (Zyban) mungkin bisa menjadi pilihan. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan untuk mempertimbangkan risiko dan manfaat pengobatan.

Apakah Relaps Pasca Persalinan Sering Terjadi?

Menyesuaikan kehidupan baru dengan bayi yang baru lahir bisa membuat stres. Banyak wanita yang berhenti merokok selama kehamilan mengalami kekambuhan (relaps) setelah melahirkan. Jangan ragu melakukan konseluk untuk mendapatkan dukungan. 

Ketika Anda merokok setelah melahirkan, jangan merokok di dekat bayi Anda atau di ruang tertutup mana pun di mana bayi Anda berada, seperti di rumah dan mobil Anda. Jika Anda merokok dan menyusui bayi, ingatlah bahwa ia akan terpapar nikotin dan zat lain melalui ASI Anda.

Dan jika Anda telah berhenti merokok tetapi terus menggunakan pengganti nikotin saat menyusui, gunakan produk seperti permen karet atau tablet hisap. Pompa dan buang ASI yang Anda hasilkan selama tiga jam setelah menggunakan produk.

Berhenti merokok bukan hal yang mudah. Mungkin diperlukan lebih dari satu kali percobaan untuk berhenti selamanya. Sesulit apa pun, berhenti merokok bisa dilakukan dan rasakan manfaatnya untuk keluarga Anda.

Hubungi dokter spesialis kandungan di dalam dan luar negeri melalui Smarter Health jika Anda ingin membuat rencana berhenti merokok agar kehamilan sehat. Mereka akan membantu Anda menemukan perawatan yang aman untuk Anda dan bayi Anda.

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri.

Referensi:
Mayo Clinic (2020). Smoking and pregnancy: Understand the risks.
NHS (2020). Stop smoking in pregnancy.
Michigan Medicine (2020). Quitting Smoking and Avoiding Smoke During Pregnancy.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?