Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesuburan Pria

Berhenti Merokok Bagi Kesuburan Pria, Ini Manfaatnya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Apr 5, 2021
Update terakhir: Apr 5, 2021

Merokok dapat menurunkan kualitas sperma. Jika Anda biarkan, hal ini dapat memengaruhi kesehatan reproduksi pria. Merokok juga kerap terkait dengan peningkatan risiko penyakit kanker, penyakit jantung, emfisema, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Racun di dalam rokok tidak hanya berdampak pada paru-paru, tetapi juga pada kesehatan seluruh tubuh, termasuk sistem reproduksi. Apa saja dampak dan manfaat berhenti merokok untuk kesehatan reproduksi pria? Simak jawabannya di bawah ini. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Dampak Merokok terhadap Kualitas Sperma dan Air Mani

Berdasarkan sebuah penelitian pada perokok pria menunjukkan adanya penurunan kualitas sperma. Pria yang merokok mengalami penurunan konsentrasi sperma, penurunan motilitas sperma, penurunan jumlah sperma yang berbentuk normal, dan peningkatan kerusakan DNA sperma.

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

  • Konsentrasi sperma mengacu pada jumlah sperma yang ditemukan dalam jumlah air mani yang diukur. Sebuah penelitian menunjukkan terjadinya penurunan 23% konsentrasi sperma pada pria yang merokok.
  • Beberapa penelitian menemukan bahwa sperma perokok meningkatkan fragmentasi DNA. DNA sperma yang rusak dapat menyebabkan masalah dengan pembuahan, perkembangan embrio, implantasi embrio, dan peningkatan angka keguguran. Perokok pria mungkin memiliki kadar hormon tidak normal yang dapat memengaruhi kesuburan.
  • Morfologi sperma mengacu pada bentuk sperma. Sperma yang berbentuk abnormal mungkin tidak berenang cukup baik untuk mencapai sel telur dan mungkin tidak mampu membuahi sel telur. Pria yang merokok memiliki lebih sedikit sperma yang berbentuk normal dibandingkan dengan pria yang tidak merokok. 
  • Motilitas sperma mengacu pada kemampuan sperma berenang. Jika sperma tidak dapat berenang dengan baik mungkin akan kesulitan mencapai sel telur untuk membuahinya. Pada pria yang merokok, peneliti menemukan terjadinya penurunan motilitas sperma sebesar 13%.

Apakah Merokok Menyebabkan Pria Mandul?

Penurunan kualitas sperma dan kadar hormon yang tidak normal mungkin tidak cukup untuk menyebabkan kemandulan pada pria. Penurunan kualitas sperma tidak selalu berarti kemandulan. Ada penelitian yang menghubungkan antara merokok secara langsung dengan angka kehamilan dan infertilitas pria, tetapi hasilnya masih belum jelas. 

Untuk pria yang sangat berisiko mandul, merokok mungkin cukup untuk menyebabkan mereka benar-benar mandul. 

Jika hasil analisis sperma kembali pada batas ketidaksuburan, sebaiknya segera berhenti merokok untuk meningkatkan kesuburan, sehingga Anda tidak memerlukan perawatan kesuburan tambahan. Menghentikan kebiasaan merokok dapat meningkatkan peluang keberhasilan perawatan kesuburan Anda.

Untungnya, sperma akan berangsur membaik setelah Anda berhenti merokok. Meskipun tidak ada konsensus tentang berapa lama kualitas sperma akan membaik, setidaknya perlu hampir 3 bulan bagi sel sperma untuk bisa membuahi sel telur.

Pengaruh Rokok Terhadap Kesuburan Pria

Racun yang ada dalam rokok dapat menjadi penyebab efek kesehatan yang buruk. Merokok membuat pria terpapar kadmium dan timbal tingkat tinggi, yaitu logam yang dikaitkan dengan penurunan kesuburan. Tingkat timbal ditemukan lebih tinggi pada perokok yang tidak subur dibandingkan dengan non-perokok yang subur dan tidak subur. 

Perokok berat adalah perokok yang merokok 20 batang atau lebih per hari.  Seorang perokok berat ditemukan memiliki kadar kadmium yang lebih tinggi dalam air mani. Tetapi racun ini mungkin bukan satu-satunya faktor masalah kesuburan, karena tingkat zinc mungkin juga berperan.

Ditemukan bahwa pria perokok yang memiliki kadar zinc lebih rendah dalam sperma juga memiliki konsentrasi, gerakan, dan bentuk sperma yang buruk. Di sisi lain, pada perokok yang memiliki kadar zinc normal masih terdapat masalah dengan konsentrasi, motilitas, dan morfologi sperma, namun tingkat kelainannya lebih rendah.

Merokok Dapat Menyebabkan Disfungsi Ereksi

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah ketidakmampuan seorang pria untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang cukup kuat untuk berhubungan seks.

Jika disfungsi ereksi adalah masalah kesehatan berkelanjutan, hal ini dapat menyebabkan stres, memengaruhi kepercayaan diri, dan menyebabkan masalah dengan pasangan Anda. Gagal mencapai dan mempertahankan ereksi juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan mendasar yang memerlukan perawatan dan faktor risiko penyakit jantung.

Merokok sangat berhubungan dengan peningkatan risiko disfungsi ereksi. Ini didukung dengan penelitian yang menunjukkan peningkatan risiko disfungsi ereksi sebanyak tiga kali lipat pada pria perokok. Semakin banyak pria merokok, semakin besar kemungkinan dia mengalami disfungsi ereksi.

Disfungsi ereksi tidak sama dengan infertilitas. Namun, jika kondisinya sangat parah mungkin menyebabkan pasangan Anda sulit hamil. Untungnya, berhenti merokok dapat meningkatkan kinerja ereksi. Satu studi menemukan bahwa setelah 6 bulan berhenti merokok, lebih dari 50% orang melaporkan adanya peningkatan fungsi seksual.

Berhenti Merokok Adalah Pilihan Terbaik untuk Kesehatan Reproduksi Pria

Cara terbaik untuk melindungi kesehatan seseorang dari asap rokok adalah dengan tidak pernah mulai menggunakan produk tembakau apa pun. Tetapi bagi pria yang merokok, berhenti adalah pilihan terbaik. 

Efek berhenti merokok dapat langsung terlihat. Dua puluh menit setelah rokok terakhir Anda, detak jantung Anda akan turun, dan 12 jam setelah berhenti merokok, kadar karbon monoksida di dalam darah menjadi normal. Selama dua hingga empat tahun setelah berhenti merokok, risiko Anda terkena stroke hampir sama dengan bukan perokok seumur hidup.

Pria dewasa yang ingin berhenti merokok mungkin menganggap terapi penggantian nikotin sebagai pilihan yang tepat untuk membantu mereka melewati bagian tersulit dari berhenti merokok. Terapi ini disetujui oleh FDA untuk membantu perokok yang kecanduan.

Terapi pengganti nikotin dapat berupa koyo, permen karet, dan tablet hisap yang digunakan dalam kombinasi satu sama lain, karena beberapa perokok yang kecanduan mungkin merasa mereka membutuhkan lebih dari satu jenis terapi pengganti nikotin untuk membantu mereka berhenti. 

Jika digunakan dengan benar, terapi pengganti nikotin adalah metode untuk berhenti merokok yang aman dan efektif, serta dapat menggandakan peluang perokok untuk berhasil berhenti merokok.

Manfaat Berhenti Merokok Lainnya

Ada banyak manfaat kesehatan yang terlihat dalam beberapa minggu atau bulan setelah Anda berhenti merokok. Tetapi beberapa efek tidak terlihat selama setahun setelah berhenti. Jadi, semakin cepat Anda berhenti, semakin baik pula hasilnya.

Untuk pria, siklus spermatogenesis atau pembentukan dan perkembangan sperma baru terjadi selama tiga bulan. Perubahan apa pun yang Anda lakukan dalam gaya hidup, pengobatan, atau operasi biasanya memerlukan waktu tiga bulan untuk memengaruhi kesehatan sperma. Setelah berhenti, sebaiknya tunggu selama tiga bulan sebelum menguji kualitas sperma.

Berhenti merokok adalah salah satu tindakan terpenting yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatan. Manfaat berhenti merokok di antaranya:

  • Meningkatkan status kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup.
  • Mengurangi risiko kematian dini dan menambah harapan hidup sebanyak 10 tahun.
  • Mengurangi risiko berbagai efek kesehatan yang merugikan, termasuk kesehatan reproduksi yang buruk, penyakit kardiovaskular, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan kanker.
  • Bermanfaat bagi orang yang didiagnosis memiliki penyakit jantung koroner atau PPOK.
  • Bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil beserta bayi di dalam kandungannya.
  • Mengurangi pengeluaran biaya yang diperlukan untuk membeli rokok dan biaya pemeriksaan dokter akibat efek samping merokok. 

Kesimpulan

Berhenti merokok adalah satu-satunya cara terbaik untuk melindungi anggota keluarga, rekan kerja, teman, dan orang lain dari risiko kesehatan akibat menghirup asap rokok.

Semakin awal Anda berhenti merokok, semakin cepat pula manfaat kesehatan yang bisa Anda nikmati. Berhenti merokok bermanfaat bagi kesehatan manusia di segala usia. Bahkan orang yang telah merokok selama bertahun-tahun atau perokok berat akan mendapat manfaat berhenti merokok. 

Hubungi dokter umum, dokter spesialis, paru, psikiater, atau dokter rehab medik melalui Smarter Health jika Anda membutuhkan bantuan profesional untuk berhenti merokok. 

Layanan konsultasi online (telekonsultasi) di Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya. Buat janji konsultasi sekarang!

Referensi:
U.S Food and Drug Administration (2020). Tobacco Use and Men’s Health.
Cleveland Clinic (2019). How Stopping Smoking Boosts Your Fertility Naturally.
Rachel Gurevich (2020). Very Well Family. What Impact Does Male Smoking Have on Sperm and Fertility?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?