Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up ke Malaysia?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Dokter Spesialis di Malaysia

Panduan Berobat ke Malaysia

Sekitar 60% orang yang berobat ke Malaysia adalah warga Indonesia. Di tahun 2015, ada 600.000 orang Indonesia berobat ke Malaysia. Angka tersebut diperkirakan naik 12% hingga 18% setiap tahunnya. 

Setidaknya tiap tahun orang Indonesia menghabiskan uang 100 triliun rupiah untuk berobat ke luar negeri. Khusus mereka yang berobat ke Malaysia, rata-rata setiap orang menghabiskan dana sekitar 160 juta rupiah.

Ada tiga kota utama di Malaysia yang menjadi destinasi wisata medis orang Indonesia, yaitu: Penang, Kuala Lumpur dan Malaka. Dari ketiga kota tersebut, hampir setengahnya atau 42,3% pergi berobat ke Penang.

Akses Transportasi

Meskipun Malaysia bagian timur bisa diakses melalui darat dan laut, kami rekomendasikan untuk menggunakan jalur udara:

Jalur Laut

Rute populer yang sering digunakan orang Indonesia menuju Malaysia adalah rute dari Medan ke Penang. Pilihan jalur laut lebih murah tetapi memakan waktu lebih lama ketimbang jalur udara. Selain itu, risiko pembatalan perjalanan karena cuara buruk pun tinggi.

Jalur Udara

Banyak pilihan rute dan maskapai bagi orang Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia. Rute penerbangan langsung populer adalah dari Medan dan Jakarta.

Pilihan maskapai yang tersedia dari Indonesia ke Malaysia, antara lain: Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, KLM, Lion Air, Jetstar, dan Scoot.

Kisaran harga tiket pesawat dari Indonesia ke Malaysia:

  • Dari Jakarta ke Kuala Lumpur, mulai dari Rp600.000 per orang.
  • Dari Jakarta ke Penang, mulai dari Rp750.000 per orang.
  • Dari Medan ke Penang, mulai dari Rp550.000 per orang.

Rumah Sakit di Malaysia

Sama seperti Indonesia, ada dua jenis rumah sakit di Malaysia, yaitu umum dan swasta. Pasien Indonesia lebih sering berobat ke rumah sakit swasta di Malaysia. Meskipun begitu, seharusnya tidak ada perbedaan kualitas dokter spesialis di antara rumah sakit umum dan swasta.

Hampir setiap dokter di Malaysia mampu berbicara Bahasa Indonesia, karena masih beririsan dengan Bahasa Melayu. Tak sedikit juga dokter yang mampu berbicara Inggris, Mandarin atau Hokkien. Umumnya, tersedia fasilitas penerjemah jika Anda membutuhkannya.

Ada fasilitas jemputan bandara gratis untuk 1 pasien dan 1 pendamping, hampir di seluruh rumah sakit di Malaysia, terutama yang berada di tiga kota: Penang, Kuala Lumpur dan Malaka. Untuk mendapatkannya, Anda mesti daftar di Pusat Pasien Internasional atau Smarter Health.

Biaya Berobat ke Malaysia

Biaya konsultasi dokter spesialis di Malaysia bervariasi, tergantung bidang dan lama pengalamannya. Umumnya, biayanya sekitar mulai dari RM80 untuk sesi pertama.

Biaya medical check up di Malaysia pun bervariasi, tergantung paket dan rumah sakit atau klinik yang dipilih. Ada lebih dari 100 pilihan paket medical check up di Malaysia. Contohnya, paket medical check up termurah di Pantai Hospital Penang berkisar mulai dari RM300. 

Biaya rawat inap di rumah sakit Malaysia pun bervariasi tergantung tipe kamar. Semakin mewah tipe kamar yang dipilih, semakin nyaman nan mahal tarif yang dikenakan. Sebagai gambaran, Penang Adventist Hospital menawarkan kamar rawat inap termurah, mulai dari RM100 per malam.

Lihat tabel biaya berobat ke Malaysia untuk tahu biaya operasi atau tindakan medis.

Cara Berobat ke Malaysia

  1. Menyiapkan dokumen kesehatan atau rekam medis, salah satunya:
    • Diagnosis dokter di Indonesia.
    • Riwayat penyakit dan alergi.
    • Daftar obat yang sedang dikonsumsi.
    • Hasil tes darah dan lainnya.
    • Hasil citra medis, seperti CT scan, radiologi dan lainnya.
  2. Menentukan dokter spesialis dan rumah sakit.
  3. Menghitung estimasi biaya berobat.
  4. Mendaftarkan pasien ke Pusat Pasien Internasional atau Smarter Health.
  5. Menyiapkan tiket pesawat, hotel dan kebutuhan perjalanan lainnya.
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?