Solusi Terbaik Berobat ke Malaysia di Masa Pandemi

Budget Mulai RM 1,400 Bisa Berobat Ke Malaysia? Berikut Caranya

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Siapa yang mengira pandemi Covid-19 berlangsung selama ini? Sudah setahun kita berjuang bersama melawan pandemi ini. Segala cara sudah kita lakukan mulai dari penggunaan masker, pembatasan sosial, karantina di rumah hingga penciptaan vaksin yang telah tersebar ke beberapa daerah di Indonesia–mulai dari orang tua hingga anak-anak wajib tervaksinasi anti Covid-19–agar pandemi ini cepat selesai. Kesulitan berobat pun juga menjadi kendala, apalagi beberapa pasien yang mengharuskan berobat ke berbagai negara seperti berobat ke Singapura maupun berobat ke Malaysia.

Pengalaman buruk ini yang sangat berpengaruh bagi penderita penyakit yang mengharuskan medical check up rutin ke rumah sakit menjadi terkendala, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Sulitnya mendapatkan penanganan medis di masa pandemi ini menjadi kendala bagi penderita penyakit serius seperti kanker, masalah jantung, darah, pernapasan maupun anak-anak yang memiliki penyakit serius–yang membutuhkan perawatan khusus–dimana rumah sakit atau fasilitas medis masih terus berjuang mencari cara agar penanganan medis dapat terlaksana secara baik di masa pandemi seperti ini.

Dengan kondisi pandemi ini, akhirnya beberapa rumah sakit maupun fasilitas medis telah dapat menemukan solusi terbaiknya agar penanganan medis dapat dilakukan dengan baik yaitu dengan berbagai protokol kesehatan maksimal. Termasuk Malaysia, negara yang memiliki fasilitas medis cukup mumpuni ini memberikan program fasilitas medis yakni Malaysia Healthcare Travel Council untuk pasien yang hendak berobat ke negeri jiran tersebut. Lalu apa itu Malaysia Healthcare Travel Council? Bagaimana proses berobatnya? Berapa biayanya? Berikut penjelasan rincinya:

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa itu Malaysia Healthcare Travel Council?

Malaysia Healthcare Travel Council–dibaca selanjutnya MHTC–merupakan organisasi yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas untuk memfasilitasi dan mempromosikan industri wisata kesehatan Malaysia untuk Indonesia. Salah satu tugas MHTC adalah sebagai pusat informasi untuk pasien Indonesia yang memerlukan informasi rumah sakit di Malaysia. Beragam pelayanan yang ditawarkan diantaranya seperti: rekomendasi rumah sakit terbaik di Kuala Lumpur dan sekitarnya, bekerja sama dengan tenaga medis berpengalaman dan profesional, kemudahan mengatur jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan, dan memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan perawatan dan pengobatan rumah sakit di Malaysia membuat seseorang dari Indonesia dapat lebih mudah menuju ke Malaysia, baik untuk berobat maupun liburan yang lebih sehat. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, layanan ini tentu akan lebih memudahkan seseorang untuk berobat ke Malaysia.

Untuk info lebih lengkap mengenai MHTC, Anda dapat melihat di www.mhtc.org.my atau www.malaysiahealthcare.org.

Bagaimana Proses Berobat ke Malaysia?

Perlu diketahui, pelayanan ini akan dilakukan ketika pasien atau pengguna layanan terkumpul secara cukup. Setelah itu, penerbangan akan dilakukan bersama-sama melalui satu pesawat dari maskapai Malaysia Airlines. Dalam kesempatan penerbangannya, proses penerbangan hanya dapat berjalan satu kali dalam sebulan ketika pasien atau pengguna layanan sudah cukup terkumpul. Selain itu, jika pasien ingin memesan penerbangan secara personal, pasien dapat memberi tahu rumah sakit yang ingin dituju dan rumah sakit tersebut akan bekerja sama dengan MHTC untuk memfasilitasi pemesanan.

Seluruh proses terangkum sebagai berikut:

  1. Pasien menghubungi Smarter Health untuk mencari pengobatan di Malaysia.
  2. Smarter Health akan merekomendasikan dokter spesialis yang sesuai dari daftar rumah sakit rekanan, atau jika pasien menginginkandokter spesialis tertentu, Smarter Health dapat membantu komunikasi dengan dokter tersebut.
  3. Pasien mengirimkan laporan medis yang ada ke Smarter Health – Smarter Health akan mengirimkan laporan medis tersebut ke rumah sakit / dokter spesialis untuk menentukan apakah mereka dapat menerima kasus tersebut.
  4. Jika kasus diterima, pasien akan mengirimkan semua detail yang diperlukan oleh rumah sakit dan MHTC.
  5. Rumah sakit akan mengajukan permohonan ke MHTC untuk persetujuan pasien dapat berkunjung ke Malaysia. Proses approval surat rujukan membutuhkan waktu paling lama 7 hari kerja dan tidak dihitung hari libur (sabtu/minggu dan hari libur).
  6. MHTC akan menerbitkan surat dukungan kepada rumah sakit dan rumah sakit akan menerbitkannya kepada pasien.
  7. Jika pasien ingin terbang ke Malaysia melalui penerbangan komersial bulanan, MHTC dapat mengaturnya.
  8. Proses karantina dilakukan selama 7 hari di Malaysia. Selama masa karantina, pasien dapat melakukan perawatan atau pengobatan di rumah sakit tersebut.
  9. Terakhir, pasien terbang kembali ke Indonesia dengan penerbangan komersial normal.

Daftar Rumah Sakit yang Bekerja Sama dengan MHTC

Berikut daftar rumah sakit di Malaysia yang menerima layanan Health Tourism (mulai 15 Maret 2021). Beberapa rumah sakit ini adalah partner resmi yang bekerja sama dengan Smarter Health:

  1. Pantai Hospital Kuala Lumpur
  2. Ara Damansara Medical Centre (ADMC)
  3. Subang Jaya Medical Centre (SJMC)
  4. Cardiac Vascular Sentral Kuala Lumpur (CVSKL)
  5. Sunway Medical Centre 
  6. Sunway Velocity Medical Centre
  7. Mahkota Medical Centre
  8. Island Hospital
  9. Institut Jantung Negara (IJN)
  10. Gleneagles Hospital Kuala Lumpur
  11. Ampang Puteri KPJ Hospital
  12. KPJ Damansara
  13. KPJ Tawakkal KL
  14. Alpha IVF
  15. KPJ Johor
  16. Penang Adventist
  17. Sunfert Fertility Centre
  18. ParkCity Medical Centre
  19. Prince Court Medical Centre (PCMC)
  20. Gleneagles Hospital Penang
  21. Gleneagles Hospital Medini

Berapa Biaya Health Tourism Ke Malaysia?

Biaya charter flight dimulai kurang lebih RM 1,400 per pax jika pasien mencapai 100 orang. Adapun biaya maksimal kurang lebih RM 4,400 jika penumpang tidak mecapai kuota minimun 30 pax. Untuk perjalanan pulang, Anda dapat melakukan perjalanan melalui penerbangan komersial biasa. Tentu saja, harga tersebut adalah estimasi yang kemungkinannya akan lebih murah ataupun lebih mahal tergantung dari jumlah akhir pasien yang berpartisipasi dalam program ini.

Apa yang Bisa Anda Dapatkan di Smarter Health untuk Berobat ke Malaysia?

Sebagai penyedia layanan informasi kesehatan, Anda dapat memastikan ketersediaan dokter di rumah sakit yang ingin Anda tuju melalui Smarter Health. Selain itu, kami juga dapat membantu apakah masalah atau penyakit Anda dapat terkonfirmasi oleh rumah sakit tersebut. Cara untuk memastikan ketersediaan dokter yang Anda ingin tuju adalah akses halaman ini. Adapun cara untuk memastikan rumah sakit yang ingin Anda tuju yaitu dengan mengakses halaman ini. Tidak perlu khawatir, walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini, kami akan selalu mencari solusi terbaik untuk pengobatan dan perawatan medis Anda. Semakin mudah dan semakin praktis bersama Smarter Health, solusi berobat di dalam dan luar negeri.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?