21 Mar 2019 / Singapura - Pengobatan

Layanan Medis di Singapura Canggih, Ini 3 yang Paling Dicari

Setiap tahun, ribuan pasien asal Indonesia mencari layanan medis dari rumah sakit-rumah sakit terbaik di Singapura. Selain kedekatan geografis dan pelayanan prima, teknologi kedokteran dan pendekatan terbaru menjadi daya tarik sendiri bagi para pasien yang ingin mengakses layanan medis di Singapura.

Simak di sini pembahasan teknologi kedokteran yang diterapkan pada tiga layanan medis terbaru tersebut selengkapnya!

1. Robotic Surgery atau Bedah Robotik di Singapura

Robot bedah da Vinci

Operasi oleh dokter ahli bedah merupakan layanan medis di Singapura yang sudah sering dilakukan dengan bantuan robot. Bukan sembarang robot, robot bedah yang dinamakan robot bedah da Vinci ini digunakan dalam operasi invasif minimal.

Dr. Sureish Nair, dokter ahli kandungan dari Mount Elizabeth Hospital menyatakan, “saat ini, setidaknya 70 persen kasus histerektomi (pengangkatan rahim) yang ia jumpai dilakukan secara menggunakan robot bedah”. “Dengan metode lubang kunci konvensional, instrumen dimasukkan melalui sayatan kecil dan dipegang dengan tangan dari kejauhan oleh dokter bedah, yang melakukan prosedur dengan lengan dan siku terangkat dengan posisi di atas tubuh pasien”, sambung Dr Nair.

Selain area spesialisasi kandungan, bedah robotik ini juga dilakukan oleh ahli bedah lainnya. Mulai dari operasi prostat hingga tumor di area yang sulit digerakkan seperti kepala dan leher, ahli bedah Singapura menggunakan robot bedah yang sudah disetujui oleh Lembaga Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA – Food and Drugs Administration), yang dikenal sebagai da Vinci, untuk melakukan peningkatan sejumlah operasi invasif minimal.

Bagi pasien, bedah robotik mengurangi rasa sakit dan masa pemulihan dibandingkan dengan operasi terbuka. Meski begitu, tidak lantas operasi terbuka bisa sepenuhnya digantikan oleh bedah menggunakan robot. Beberapa kasus masih membutuhkan operasi terbuka, seperti tumor yang besar dan kompleks.

2. Bedah Minimal Invasif – Single Port

Bedah minimal invasif

Bedah minimal invasif merupakan layanan medis di Singapura yang paling dicari berikutnya. Teknik pembedahan dengan sayatan kecil dan menggunakan mikroskop/endoskopi modern dan canggih ini dilakukan oleh tim dokter yang profesional dan terampil di bidangnya.

Di antara teknik bedah minimal invasif yang sedang berkembang adala single port laparoskopi (SPL). Dengan prosedur ini, setelah melakukan sayatan, ahli bedah mengoperasi hampir secara eksklusif melalui titik masuk tunggal (single port), biasanya di pusar pasien. Tidak seperti pendekatan laparoskopi multi-port tradisional, SPL hanya menyisakan satu bekas luka kecil.

Teknik bedah minimal invasif single port laparoskopi ini membantu proses pemulihan pasca operasi lebih cepat dan pendarahan yang lebih sedikit.

3. Transplantasi dan Terapi Seluler

Transplantasi dan terapi seluler di Singapura

Layanan medis di Singapura yang paling dicari selanjutnya adalah transplantasi sel punca (stem cell) Pelayanan dokter spesialis dalam bidang transplantasi dan terapi seluler di Singapura sudah sangat maju. Selama 20 tahun terakhir, Singapura merupakan salah satu pelopor transplantasi donor hidup, terutama untuk hati dan ginjal, di Asia Tenggara.

Pada Pusat Hematologi dan Transplantasi Sel Induk (Haematology and Stem Cell Transplant Centre) di Mount Elizabeth Hospital, dokter ahli  menggunakan inovasi termutakhir untuk memperpanjang usia harapan hidup pasien. Inovasi ini meliputi transplantasi ginjal dan hati, beberapa rumah sakit seperti Mount Elizabeth juga menawarkan  terapi Sel Punca (Stem Cell) untuk kasus kelainan darah seperti Leukemia, Talasemia, penyakit Metabolik, hingga kondisi keganasan seperti Lymphoma.

Nah, sudah jelas kan tiga layanan medis di Singapura yang canggih dan paling dicari? Hubungi kami di sini, jika bedah robotik, bedah minimal invasif , dan transplantasi sel punca (Stem Cell) menjadi pilihan Anda.

Butuh pengobatan dari rumah sakit Singapura?

Daftar akun gratis untuk mendapatkan rencana dan estimasi biaya tindakan medis yang sesuai dengan kondisi Anda.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Layanan