Cara Berobat di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Kualitas pengobatan di Singapura memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika Singapura menjadi destinasi utama pasien Indonesia yang ingin berobat. Prosedur pengobatan di Singapura sebenarnya tidak rumit, namun memiliki beberapa perbedaaan mendasar dengan prosedur di Indonesia. Untuk mempermudah Anda, simak uraian tentang prosedur berobat di Singapura berikut.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

dokter singapura di rumah sakit

Jika ingin mengurus sendiri berobat ke Singapura

1. Menyiapkan dokumen kesehatan

Dokumen tentang riwayat kesehatan Anda adalah hal pertama yang harus disiapkan sebelum menghubungi dokter di Singapura. Dokumen ini menggambarkan kondisi kesehatan Anda, sehingga berguna untuk menghubungkan Anda dengan dokter spesialis yang tepat. Anda bisa meminta dokumen ini dari dokter yang biasa merawat Anda saat di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diikutsertakan dalam kompilasi dokumen kesehatan Anda:

  • Keterangan kondisi kesehatan dan diagnosis
  • Riwayat penyakit
  • Obat-obatan yang saat ini digunakan
  • Informasi alergi
  • Hasil tes darah (opsional)
  • Hasil radiology/ pencitraan medis / CT Scan (opsional)

2. Mencari dokter spesialis dan rumah sakit Singapura

Apabila Anda baru pertama kali berobat di Singapura, Anda harus mencari dokter dan rumah sakit sendiri. Dengan kemajuan teknologi, kini Anda bisa mencarinya lewat Google, atau lewat website rumah sakit. Umumnya website rumah sakit sudah menyediakan daftar dokter yang mereka miliki, lengkap dengan spesialisasi mereka. Jika Anda ragu-ragu, Anda bisa menanyakan langsung ke rumah sakit atau klinik yang bersangkutan. Proses inilah yang umumnya memakan waktu cukup lama, mengingat banyaknya pilihan yang Anda akan hadapi.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

3. Mendaftar ke Pusat Pasien Internasional

Setelah Anda tahu rumah sakit mana yang harus dituju, Anda bisa mendaftarkan diri ke Pusat Pasien Internasional Singapura. Hampir semua rumah sakit sudah memiliki sistem ini, sehingga mempermudah pasien internasional untuk mendaftar. Sistem ini berguna untuk mendata pasien, serta membantu Anda membuat janji temu dengan dokter yang ingin Anda temui.

4. Persiapkan dokumen perjalanan

Setelah melakukan pendaftaran dan mengatur janji temu dengan dokter, Anda bisa mulai mempersiapkan dokumen perjalanan. Dokumen ini termasuk paspor, tiket pesawat, dokumen asuransi (jika pengobatan Anda ditanggung asuransi), dan lain sebagainya.

5. Mencari penginapan

Langkah selanjutnya adalah mencari penginapan selama masa pengobatan Anda, terutama jika Anda rawat jalan. Di Singapura, Anda bisa menginap di apartemen yang bisa disewa harian, atau hotel terdekat. Kadangkala pihak rumah sakit juga bisa menawarkan layanan akomodasi, namun biayanya bisa cukup mahal. Apapun penginapannya, yang terpenting adalah lokasinya yang tidak terlalu jauh dari rumah sakit yang Anda tuju.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!
wisata medis

Apa hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat ke Singapura?

Passport dan Visa

Untuk pasien asal Indonesia, tidak perlu mengajukan aplikasi visa untuk ke Singapura selama pengobatan dilakukan dalam kurun waktu 30 hari. Namun apabila Anda harus tinggal lebih lama dari itu, Anda bisa mengajukan perpanjangan ijin tinggal secara online ke Kantor Imigrasi Singapura. Perhatikan juga passport Anda sebelum berangkat ke Singapura, karena masih harus berlaku selama 6 bulan ke depan.

Bahasa

Bahasa yang digunakan oleh dokter di Singapura umumnya adalah bahasa Inggris, Mandarin, dan Melayu. Tidak semua dokter bisa berbahasa Mandarin atau Melayu, tapi bisa dipastikan semua dokter bisa berbahasa Inggris. Beberapa dokter bisa menggunakan bahasa Indonesia, tapi tidak semua. Biasanya, situs rumah sakit mencantumkan bahasa yang digunakan oleh dokter dalam profilnya. Jika merasa perlu, Anda bisa mempertimbangkan menyewa jasa penerjermah untuk menjembatani komunikasi antara Anda dan dokter Anda selama kunjungan medis di sana.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Pembayaran

Anda bisa menggunakan alat pembayaran seperti kartu kredit atau kartu debit yang berlogo VISA, MasterCard, atau American Express. Pastikan bahwa kartu Anda bisa beroperasi di luar negeri dengan cara menghubungi bank Anda. Selain transaksi non-tunai, Anda juga bisa membayar dengan mata uang Singapore Dollar. Namun demi alasan keamanan, akan lebih baik jika Anda melakukan transaksi non-tunai ketimbang membawa uang dengan jumlah besar.

dokter singapura menjelaskan ke pasien

Cara termudah berobat ke Singapura (tanpa repot & antri)

Menghubungi perwakilan resmi dokter & rumah sakit

Smarter Health bisa bantu buat janji konsultasi dokter dan beri rekomendasi rumah sakit sesuai bujet. Layanan gratis Smarter Health, karena kami perwakilan resmi.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda