meningkatkan peluang kehamilan

Cara Meningkatkan Peluang Kehamilan Menurut Harvard Medical School

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ada beberapa cara buat pasangan agar segera punya anak. 

Salah satunya ikut program bayi tabung atau IVF. Tertarik? 

Hubungi Smarter Health, jika Anda mau estimasi biaya, rekomendasi dokter dan rumah sakit untuk bayi tabung.

Namun, jika Anda mau yang alami, Smarter Health akan jelaskan 3 cara sehat meningkatkan peluang kehamilan. Salah satunya merupakan hasil penelitian dokter di Harvard Medical School, yang dirangkum dalam buku The Fertility Diet.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

1. Melakukan Diet Fertilitas

diet fertilitas - cara cepat hamil

Berbeda dengan beragam diet kesehatan lainnya, diet fertilitas adalah pola makan yang bersifat selektif guna meningkatkan kesuburan dan peluang kehamilan.

Diet fertilitas dirancang oleh 3 orang dokter dari Harvard Medical School. Setidaknya 8 tahun mereka telah meneliti lebih dari 18 ribu perempuan, demi mencari tahu kaitan antara diet dengan kesuburan wanita.

Hasil risetnya menyimpulkan, ada beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi selama diet fertilitas:

Lemak sehat

Lemak merupakan kandungan yang berguna bagi tubuh yaitu sebagai sumber energi dan zat pembentuk hormon. Meski demikian, tidak semua lemak bersifat baik bagi tubuh. Lemak terbagi menjadi lemak tak jenuh (unsaturated fat) atau yang dikenal dengan lemak baik dan lemak jenuh (trans fat) atau yang dikenal dengan lemak jahat.

Untuk meningkatkan kehamilan, hindari makanan yang mengandung lemak trans seperti makanan cepat saji, kue-kue, dan makanan yang digoreng serta yang ditambah penyedap rasa. Hal ini dikarenakan lemak trans dapat mengganggu proses ovulasi atau proses pelepasan telur yang telah matang ke tuba falopi untuk kemudian dibuahi. 

Disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh yang terkandung pada kacang-kacangan, alpukat, serta yang tergolong dalam minyak sehat, salah satunya:

  • Minyak zaitun, 
  • Minyak biji bunga matahari, dan 
  • Minyak canola.

Ikan laut seperti salmon dan tuna juga disarankan karena kandungannya yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak berguna sebagai energi bahan bakar sel telur serta mendukung berkembangnya embrio awal. Dengan mengonsumsi asam lemak omega-3 secara konsisten juga dapat membuat proses ovulasi pada perempuan menjadi lebih teratur.

Karbohidrat kompleks

Tingkat kesuburan perempuan berkaitan dengan jenis karbohidrat yang dikonsumsi beserta dengan kadar konsumsinya. Karbohidrat terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Karbohidrat sederhana.
  • Karbohidrat kompleks. 

Disarankan untuk membatasi konsumsi karbohidrat sederhana yang terkandung dalam nasi putih atau roti. Hal ini disebabkan karena karbohidrat sederhana dengan cepat dapat diubah tubuh menjadi gula darah. Kadar gula darah yang tinggi akan direspon tubuh dengan mengeluarkan insulin dari pankreas ke aliran darah. Kadar insulin jika terlalu tinggi, dapat menghambat proses ovulasi.

Karbohidrat kompleks biasanya didapat dari makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Pada umumnya, tubuh mencerna karbohidrat kompleks secara perlahan dan efeknya pada produksi gula darah dan insulin dirasakan secara bertahap.

Kurangi konsumsi gula

Dengan alasan yang kurang lebih sama dengan karbohidrat kompleks, perempuan yang sedang menantikan kehamilan sebaiknya mengurangi konsumsi makanan yang tinggi gula serta pemanis. Gula dan pemanis dapat membuat gula darah naik secara signifikan yang akan memancing produksi insulin yang lebih banyak.

Tidak hanya berlaku pada makanan, sebaiknya juga menghindari minuman yang manis seperti minuman bersoda, dan minuman berenergi. Jus buah juga sebaiknya dihindari karena kadar gula di dalamnya yang relatif tinggi.

Protein nabati 

Dalam diet fertilitas, disarankan untuk beralih dari konsumsi protein hewani atau daging-dagingan ke konsumsi protein nabati atau yang terbuat dari tumbuhan, seperti:

  • Kacang polong, 
  • Kedelai, dan
  • Tahu. 

Hal ini disebabkan konsumsi protein hewani dapat mempengaruhi hormon dalam fungsi reproduksi yang dapat memperkecil peluang kehamilan.

Susu

Bagi perempuan yang menantikan kehamilan, disarankan untuk mengonsumsi susu berlemak atau makanan olahannya seperti yogurt dan keju. Susu rendah dan tanpa lemak tidak disarankan, mengingat susu rendah lemak dapat berpengaruh pada infertilitas perempuan.

2. Berhubungan Badan di Masa Subur

berhubungan badan saat subur - cara cepat hamil

Selain menjaga pola makan, memperhatikan dan mempelajari masa kesuburan wanita penting dilakukan untuk meningkatkan peluang kehamilan. 

Masa subur adalah periode tertentu dalam setiap bulan ketika tingkat keberhasilan pembuahan sel telur oleh sperma cenderung tinggi. Pembuahan yang berhasil akan berujung pada kehamilan. 

Oleh karena itu, melakukan hubungan seksual pada masa kesuburan wanita sangat disarankan bagi pasangan yang sedang menantikan kehamilan.

Periode masa subur setiap wanita berbeda-beda. Namun dapat diketahui dengan cara memperhatikan jadwal menstruasinya. 

Cara Menghitung Masa Subur

Siklus menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi hingga satu hari sebelum menstruasi hari pertama di bulan berikutnya. Siklus ini dapat berubah-ubah setiap bulan. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghitung siklus menstruasi hingga minimal delapan bulan untuk dapat dikalkulasikan rata-ratanya.

Berikut langkah menghitung siklus masa subur berdasarkan siklus menstruasi:

  1. Setelah mencatat siklus menstruasi setiap bulan, cari siklus terpendek dan siklus terpanjang menstruasi Anda setiap bulan. 
  2. Hari pertama masa subur Anda didapat dengan cara kurangi 18 hari dari siklus terpendek Anda. Sebagai contoh, jika siklus terpendek menstruasi Anda adalah 26 hari, maka hari ke 8 setelah hari pertama Anda menstruasi merupakan hari pertama masa subur Anda.
  3. Hari terakhir masa subur Anda didapat dengan cara mengurangi 11 hari dari siklus terpanjang Anda. Sebagai contoh, jika siklus terpanjang Anda adalah 28 hari, maka hari ke 17 setelah hari pertama Anda menstruasi merupakan hari terakhir masa subur Anda.

Dari hasil kalkulasi tersebut, masa subur Anda terjadi antara hari ke-8 hingga hari ke-17 setelah menstruasi selesai. Periode ini merupakan kesempatan terbaik dalam melakukan hubungan seksual karena tingkat peluang kehamilannya yang tinggi.

Ciri-ciri Wanita Sedang di Masa Subur

Pada masa kesuburan Anda, tubuh akan menunjukkan ciri-ciri yang dapat diidentifikasi, seperti naiknya suhu basal tubuh. Suhu basal merupakan suhu tubuh ketika Anda pertama bangun di pagi hari bahkan sebelum beranjak di tempat tidur. 

Selain suhu basal yang naik, masa subur Anda ditandai dengan berubahnya cairan dari vagina yang menjadi lebih licin dan transparan. Berbeda dengan tekstur cairan dari vagina sebelum masa ovulasi yang lebih lengket dan berwarna keruh serta setelah masa ovulasi yang lebih kering dan berjumlah lebih sedikit.

Tanda-tanda lainnya yang menunjukkan bahwa perempuan sedang dalam masa suburnya yaitu: 

  • Rasa kram atau nyeri ringan pada salah satu sisi panggul, 
  • Perut terasa kembung, 
  • Rasa nyeri pada payudara atau payudara terasa lebih lembut, 
  • Banyak cairan keputihan yang keluar, serta 
  • Meningkatnya gairah seksual.

3. Menjalani Gaya Hidup Sehat

bergaya hidup sehat - cara cepat hamil

Selain mengikuti pola makan yang disarankan untuk meningkatkan fertilitas serta melakukan hubungan seksual pada masa kesuburan wanita, gaya hidup juga berpengaruh dalam menentukan peluang kehamilan.

Menjaga berat badan merupakan salah satunya. Hal ini disebabkan kelebihan atau kekurangan berat badan dapat berpengaruh pada siklus menstruasi yang juga dapat menurunkan kemungkinan terjadinya ovulasi.

Selain itu, perempuan yang menantikan kehamilan dianjurkan untuk beristirahat yang cukup dan berkualitas. Istirahat yang berkualitas dapat membantu menurunkan tingkat stres. Stres yang tidak dikelola dapat berpengaruh dan membuat perempuan cenderung sulit untuk hamil.

Perempuan juga dianjurkan untuk menghindari rokok tembakau atau elektrik dan alkohol. Tidak hanya merokok secara aktif, tapi sebaiknya hindari juga terpapar asap rokok secara terus menerus. Zat kimia dari asap rokok dapat mempengaruhi kesuburan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda