Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Cara Mudah Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Perubahan hubungan bersama pasangan akan berubah seiring bertambahnya usia. Terkadang hubungan di masa tua bersama pasangan dapat menyebabkan pergolakan besar pada dinamika keluarga, terutama antara anak-anak, remaja, dan orang tua lanjut usia. Dibutuhkan kesabaran dan pengertian ekstra jika ingin menjaga hubungan rumah tangga yang sehat. 

Saat momen liburan tiba, Anda dan keluarga punya kesempatan untuk berkumpul dan merayakan bersama dengan cara yang berbeda setiap tahunnya. Untuk memastikan generasi yang berbeda tetap menjaga kedamaian dan keharmonisan, penting untuk memperhatikan tindakan kita saat berhubungan dengan anggota keluarga. 

Bagaimana cara menjaga hubungan rumah tangga dan menua bersama dalam hubungan yang sehat? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sendiri atau dengan meminta bantuan profesional. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Saling Pengertian saat Pergolakan Rumah Tangga

Menua bersama pasangan, anak, hingga cucu Anda menghadirkan banyak kesempatan untuk menjalin hubungan yang baik sekaligus tantangan. 

Misalnya Anda menjadi pengasuh bagi ayah atau ibu yang sudah lanjut usia, mungkin butuh kesabaran dari sudut pandang anak yang sudah dewasa maupun dari sudut pandang orang tua. Ketika orang tua yang lebih tua memperhatikan anak-anak mereka mengembangkan karier, mereka mungkin juga membutuhkan kesabaran dan pengertian. 

Ingatlah bahwa manusia bukan makhluk abadi, karena sewaktu-waktu bisa meninggal dunia. Sadari betapa berharganya keluarga bagi kehidupan Anda. Menjadi lebih pemaaf, pengertian, dan menunjukkan kasih sayang yang lebih besar harus dilakukan sebelum terlambat. 

Menyaksikan orang tua Anda bertambah usia dan bergumul dengan tantangan yang terkadang muncul akibat proses penuaan tidaklah mudah. Jangan biarkan rasa tidak berdaya, putus asa, frustasi, atau sedih mendominasi diri Anda. Menyerah pada perasaan semacam itu adalah inti dari konflik keluarga yang bisa menimbulkan perpecahan dan berujung sakit hati. Itulah mengapa sifat pengertian dibutuhkan saat pergolakan rumah tangga terjadi. 

Dampak Hubungan Rumah Tangga bagi Anak

Menjaga hubungan rumah tangga tidak hanya soal Anda dan pasangan, tetapi anak dan anggota keluarga lain juga terlibat. Hubungan keluarga yang kuat dan positif sangat menyenangkan, terutama menjadi bagian dari keluarga yang hangat dan penuh kasih sayang. 

Keharmonisan rumah tangga sangat penting, karena berdampak bagi anak-anak, seperti:

  • Membantu anak merasa aman dan dicintai dengan memberikan kepercayaan diri untuk menjelajahi dunia dan mencoba hal-hal baru. 
  • Mempermudah keluarga saat memecahkan masalah, menyelesaikan konflik, dan menghargai perbedaan pendapat antar anggota keluarga. 
  • Meningkatkan keterampilan anak yang dibutuhkan untuk membangun hubungan yang sehat.

Inilah alasan mengapa sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan hubungan antara Anda, anak, dan anggota keluarga Anda lainnya. Ada banyak hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan lingkungan keluarga yang sehat. 

Cara Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Bagaimana sikap Anda dalam menjalin hubungan bersama keluarga? Terkadang sifat bawaan Anda muncul saat mengalami pergolakan dan perselisihan rumah tangga, seperti tidak peka dan tidak komunikatif. Meskipun bagian dari proses, tapi sifat bawaan tersebut hanya akan mempersulit keadaan. Menjadi pengertian, terbuka, dan penuh kasih sayang sangat dibutuhkan meski sangat sulit, terutama pada kondisi tertentu yang menguras kesabaran. 

Menurut Ken Druck, Ph.D., seorang pakar kesehatan mental yang berfokus pada hubungan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga hubungan rumah tangga seiring bertambahnya usia. 

1. Komunikasi Harus Lancar

Salah satu kunci utama menjaga hubungan rumah tangga yaitu kelancaran komunikasi dan sifat terbuka satu sama lain. Dalam hampir semua situasi, bersikap jujur, dapat dipercaya, perhatian, empati, dan proaktif berhasil membuka komunikasi dan menghantarkan kasih sayang antar anggota keluarga. 

Komunikasi secara langsung dan mau mendengarkan menjadi kesempatan bagi anggota keluarga untuk membicarakan perbedaan dan menegaskan kembali landasan yang mereka pijak. 

2. Bertanya Bukan Berasumsi

Anda tidak mampu membaca pikiran orang lain, jadi jangan berasumsi. Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda dan anggota keluarga menjalin hubungan yang baik dan tetap bersama seiring bertambahnya usia yakni dengan mengajukan pertanyaan terbuka. Mendengarkan dan mempelajari pengalaman manusia tentang perasaan mereka adalah dasar untuk mencapai cinta dan kedamaian. 

Dengan menanyakan pertanyaan terbuka kepada anggota keluarga tentang apa yang mereka inginkan, bagaimana perasaan mereka, dan apa yang menurut mereka harus terjadi selanjutnya merupakan cara menjaga hubungan rumah tangga agar lebih aman dan kuat. 

3. Belajar Memaafkan

Perbedaan, kesalahpahaman, keraguan, dendam, pengkhianatan, dan perselisihan tidak dapat dihindari dalam setiap keluarga. Belajar bagaimana cara membicarakan sesuatu dan memaafkan satu sama lain adalah aset yang berharga. Kata “maaf” sangat sederhana, tetapi memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menyembuhkan perselisihan atau kesalahpahaman antar anggota keluarga. 

4. Membuat Perjanjian yang Jelas

Seiring berjalannya waktu, Anda mendapatkan lebih banyak kejelasan tentang cara yang berhasil dan yang tidak berhasil untuk menjaga hubungan rumah tangga. Dalam kesejahteraan orang yang Anda cintai, lebih baik menyelesaikan permasalahan daripada terus menghindar. Anggota keluarga yang berkata tidak pantas atau melakukan hal-hal yang menyakitkan akan menyebabkan orang lain tidak mau berinteraksi lagi. 

Pemahaman dan kesepakatan sangat dibutuhkan. Mengungkapkan hal-hal dengan tenang dan menggunakan bahasa yang tidak menuduh dapat meningkatkan kualitas percakapan yang dibutuhkan untuk menghasilkan kesepakatan baru yang praktis dan menguntungkan semua pihak. 

Seiring bertambahnya usia Anda dan keluarga, sebisa mungkin menahan amarah yang hanya membuang-buang waktu, kehilangan kasih sayang, dan kesepian. Manfaatkan waktu untuk mendekatkan diri dengan keluarga, memberi dukungan, dan pengertian. Tumbuh menjadi manusia yang lebih baik dari diri sendiri akan menjaga kegembiraan selama bertahun-tahun dan menjalin hubungan baik hingga ke generasi berikutnya.

Keuntungan Terapi Keluarga

Terapi keluarga adalah jenis konseling psikologis yang bertujuan untuk membantu anggota keluarga meningkatkan komunikasi dan menyelesaikan konflik. Biasanya terapi keluarga dilakukan oleh psikolog, pekerja sosial klinis, atau terapis berlisensi. 

Untuk menjalani terapi keluarga, kemungkinan akan melibatkan semua anggota keluarga atau mereka yang bersedia untuk berpartisipasi. Rencana perawatan khusus tergantung pada situasi keluarga Anda. 

Sesi terapi keluarga biasanya dilakukan dalam jangka pendek. Isinya mengajari keterampilan untuk memperdalam hubungan keluarga dan melewati masa-masa stres, bahkan setelah Anda selesai menjalani sesi terapi. 

Dengan terapi keluarga, Anda dapat menangani masalah yang lebih spesifik, seperti pernikahan, keuangan, konflik antara orang tua dan anak, dampak penyalahgunaan zat tertentu, atau penyakit mental. 

Terapi keluarga mungkin dilakukan bersamaan dengan jenis perawatan kesehatan mental lainnya, terutama jika salah satu anggota keluarga memiliki penyakit mental atau kecanduan yang membutuhkan terapi tambahan atau rehabilitasi. 

Itu dia cara menjaga hubungan rumah tangga. Jika cara yang Anda lakukan belum membuahkan hasil, dapatkan bantuan dari profesional dengan menghubungi Smarter Health. 

Layanan gratis dari Smarter Health siap membantu Anda untuk mencari rekomendasi rumah sakit di dalam dan luar negeri, membuat janji temu dengan dokter, dan tele-konsultasi tanpa perlu keluar rumah.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?