asuransi berobat ke luar negeri

Cara Pakai Asuransi untuk Berobat ke Luar Negeri

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Tak hanya di dalam negeri, pada dasarnya kita juga membutuhkan asuransi untuk berobat ke luar negeri. Apalagi saat Anda mengalami sakit atau kecelakaan di perjalanan ke luar negeri. 

Banyak kasus terjadi, penyakit pasien kambuh dan membutuhkan penanganan cepat di luar negeri yang  berbiaya mahal. Alhasil mereka terpaksa menjual aset (perhiasan, mobil, bahkan properti) untuk menutup biaya pengobatannya.

Bila pasien sudah memiliki asuransi berobat di luar negeri sebelumnya, tentu akan lebih tenang karena aset mereka mendapat jaminan proteksi.

Tertarik membeli asuransi? Pilihan populernya: Prudential, Manulife, AIA, Sinar Mas Life Insurance, Astra Life, SequisLife, AXA, BNI Life, Generali, dan Allianz. 

Apa saja yang harus kita lihat dan bagaimana cara berobat ke luar negeri pakai asuransi? Berikut panduannya dari Smarter Health.

Cari Asuransi Kesehatan Terbaik, Cek Perbandingan Harganya di Smarter Health!

Daftar asuransi dan konsultasi bersama partner asuransi kami

Perhatikan Sebelum Beli Asuransi Kesehatan

1. Cakupan manfaat asuransi

Setiap polis asuransi menawarkan manfaat berbeda-beda. Biasanya cakupan manfaat asuransi tergantung pada besaran premi polis yang harus kita bayarkan setiap bulannya. 

Untuk nilai premi yang besar, manfaat perlindungan bisa menyeluruh. Misalnya saja meliputi rawat inap, rawat jalan, konsultasi dokter, persalinan, kecelakaan, cacat total, hingga ke perawatan rutin untuk mata dan gigi. 

2. Sistem klaim

Sistem klaim secara umum terbagi atas dua, yakni cashless dan reimburse

Pada sistem cashless, semua biaya pengobatan pasien dibayar langsung oleh asuransi saat tagihan keluar dari rumah sakit. Pasien cukup tunjukkan kartu asuransi serta dokumen terkait ke rumah sakit dan tidak perlu mengeluarkan uang sendiri untuk membayar. 

Sistem reimburse artinya nasabah atau pasien terlebih dahulu membayar biaya tindakan medis, kemudian asuransi mengembalikan pembayaran ke rekening nasabah di kemudian hari. 

Pengembalian dana bisa sebesar tagihan atau sebesar limit tanggungan menurut premi yang dipilih nasabah. 

Untuk dapat mengklaim reimburse, setidaknya nasabah perlu melampirkan rekam medis, surat dokter, hasil diagnosis, salinan resep, dan bukti pembayaran ke rumah sakit.

3. Masa klaim

Sebelum memilih asuransi, ketahui dulu kapan masa klaim asuransi aktif. Apakah asuransi bisa langsung dipakai untuk menanggung klaim setelah polis Anda aktif, atau ada masa tunggu? 

Biasanya, masa tunggunya bisa mencapai setahun setelah polis pertama diaktifkan. Setelah itu, nasabah baru bisa mengklaim tindakan medis.

4. Masa pertanggungan

Masa pertanggungan merujuk pada sampai pada usia berapa asuransi akan memproteksi Anda. Secara umum, usia pertanggungan asuransi antara usia 65, 75, 80, hingga 99 tahun. Semakin panjang masa pertanggungan, otomatis premi semakin mahal.

5. Cakupan negara

Asuransi berobat ke luar negeri umumnya memberikan cakupan berobat ke sejumlah destinasi wisata medis populer. Banyak brand asuransi di Tanah Air menyediakan perlindungan untuk berobat ke rumah sakit di Malaysia, Singapura, Thailand, Australia, hingga Amerika Serikat.

6. Limit pertanggungan

Jenis limit ini mencakup total nominal yang ditanggung asuransi untuk memproteksi pengobatan dan perawatan medis Anda. Limit pertanggungan ada yang sifatnya per tahun, ada yang seumur hidup. 

Jangan teriming-imingi limit besar, namun ternyata merupakan akumulasi untuk seumur masa pertanggungan Anda. 

Begitu juga pada limit tahunan, teliti lagi apakah limit menanggung klaim sesuai tagihan atau berasas manfaat. Kebanyakan asuransi memasang limit tahunan dengan memberlakukan batas per manfaat.

Misalnya, limit asuransi Anda per tahun manfaatnya 500 juta. Dari limit tersebut, ternyata untuk manfaat tindakan bedah hanya Rp150 juta per tahun. Jelas rugi jika tindakan bedah Anda biayanya Rp200 juta. Anda harus nombok Rp50 juta, padahal limit total asuransi Anda Rp500 juta.

7. Minimum premi dan cara bayar

Minimum premi adalah besaran biaya asuransi yang perlu Anda bayar setiap bulan agar proteksi bisa terus berjalan. Besaran premi beragam, ada yang di angka ratusan ribu, ada pula yang di angka jutaan rupiah. 

Untuk asuransi berobat ke luar negeri, besaran premi per bulan biasanya di atas satu juta rupiah. 

Cara bayarnya bisa pilih metode transfer bank, auto-debet, kartu kredit, atau setor tunai melalui agen.

Cara Menggunakan Asuransi Berobat ke Luar Negeri

Berikut cara memanfaatkan perlindungan dari asuransi untuk berobat ke luar negeri. 

1. Baca ketentuan polis atau tanyakan agen asuransi soal:

  1. Daftar negara tujuan dan rumah sakit rekanan. Hal ini penting agar Anda bisa memilih negara dan rumah sakit yang memang termasuk dalam cakupan perlindungan asuransi Anda.
  2. Cakupan manfaat. Perawatan apa saja yang tercatat dalam manfaat pertanggungan asuransi. Apakah kondisi medis yang ingin Anda obati termasuk dalam manfaat asuransi tersebut atau tidak? Jika termasuk, apakah ada klausul tertentu yang perlu dipahami agar klaim bisa maksimal?
  3. Sistem pertanggungan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sistem pertanggungan cashless sehingga tidak perlu dipusingkan soal alat pembayaran.
  4. Limit tanggungan. Ketahui berapa batas maksimal nominal pertanggungan total dan masing-masing manfaat yang dapat Anda klaim ke asuransi. Berpatokan pada limit tersebut, Anda tahu apa saja tindakan yang tidak ditanggung asuransi. Artinya, Anda punya perkiraan seberapa banyak biaya yang harus dibayar sendiri .

2. Konfirmasikan kebutuhan pengobatan Anda ke agen asuransi

Hal ini penting agar agen Anda bisa menyiapkan dokumen klaim Anda. Dokumen klaim harus Anda bawa dan tunjukkan di rumah sakit.

3. Mulai mencari rumah sakit dan dokter spesialis negara tujuan

Mulailah mencari rumah sakit dan dokter spesialis di negara tujuan Anda berobat. 

Anda tidak perlu menghubungi rumah sakit tujuan satu per satu. Demi menghemat waktu, tenaga, dan biaya, Anda cukup mengandalkan kami, Smarter Health. 

Smarter Health adalah layanan gratis berobat ke luar negeri. Kami mitra resmi rumah sakit berakreditasi internasional di Indonesia, Singapura, dan Malaysia. 

Kunjungi situs Smarter Health untuk mendapatkan rekomendasi dokter spesialis dan rumah sakit di luar negeri yang sesuai dengan kondisi medis dan kebutuhan Anda.

4. Menghitung kisaran biaya pengobatan

Cari tahu estimasi biaya berobatnya lalu bandingkan dengan platform manfaat asuransi Anda. Pastikan apakah semua biaya ditanggung atau tidak. Jika pun tidak, Anda menjadi tahu perlu membayar sendiri berapa banyak.

Layanan Smarter Health juga tersedia gratis untuk memudahkan Anda mendapat estimasi biaya pengobatan langsung dari rumah sakit. 

Artinya, Anda tidak perlu menelepon rumah sakit karena rincian biaya bisa keluar lengkap dan cepat dari Smarter Health.

5. Membuat jadwal konsultasi

Tahap terakhir sebelum Anda mulai mempersiapkan perjalanan adalah membuat janji konsultasi dengan dokter spesialis terpilih. 

Tak usah repot usaha sendiri, tinggal sampaikan pada kami kapan Anda mau pergi berobat, lalu kami  akan membantu Anda membuat janji dengan dokter terkait. Apabila waktu pilihan Anda tidak tersedia, kami akan merekomendasikan waktu lain yang bisa Anda pilih.

6.Menyiapkan kebutuhan perjalanan

Setelah dokumen dan urusan membuat janji berobat di luar negeri sudah beres, langkah terakhir adalah mempersiapkan kebutuhan perjalanan. Penting untuk memastikan paspor Anda masih berlaku seminimalnya enam bulan. Siapkan pula visa sesuai permintaan negara tujuan. 

Setelah dokumen internasional tersebut beres, barulah mulai mencari tiket penerbangan, penginapan, hingga transportasi (sewa mobil, layanan antar-jemput bandara, transportasi publik, dll.) untuk kebutuhan selama di negara tujuan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?