cedera tulang rawan

Cedera Tulang Rawan (Aus dan Robek)

Ang Chia Liang - Dokter Tulang Singapura - Orthopaedic Surgery - Orthopaedic Surgery
Penulis:
Dokter spesialis tulang di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Patella (kneecap) adalah tulang tempurung pada bagian depan lutut. Patella memegang peran penting pada fungsi lutut dengan membantu otot quadriceps, yang merupakan otot paha bagian depan. Kedua bagian tubuh tersebut memungkinkan kita melakukan aktivitas seperti berlari, menaiki tangga, atau melompat. 

susunan tulang di lutut
Susunan tulang di lutut.

Orang yang mengalami nyeri pada bagian depan lutut setelah berjalan, menaiki tangga atau berlari, mungkin mengalami pelemahan atau keausan tulang rawan di bagian bawah tulang patella. Tulang rawan adalah lapisan tulang lunak yang memungkinkan sendi lutut meluncur dengan lancar serta menjadi bantalan penahan. Beberapa metode sederhana untuk mengobati masalah tulang rawan meliputi: berhenti melakukan kegiatan yang melibatkan berlari untuk beberapa saat, latihan otot paha depan, mengkonsumsi makanan suplemen tulang rawan, atau bersepeda dengan sepeda statis.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Dalam kasus yang lebih parah, pasien membutuhkan pembedahan untuk memperbaiki cedera tulang rawannya. Pembedahan untuk kasus seperti itu disebut dengan Key-Hole Surgery atau bedah Lubang Kunci, yang berarti hanya melibatkan beberapa sayatan kecil pada kulit. Pembedahan tersebut memungkinkan pemulihan yang cepat dan pasien dapat kembali bekerja dan berolahraga seperti sedia kala. Metode dasar perbaikan tulang rawan termasuk debridement sederhana terhadap tulang rawan yang rusak (pembersihan tulang rawan yang terluka) dan Microfracture

Microfracture adalah prosedur dimana lubang kecil dibuat pada tulang untuk memungkinkan masuknya sel-sel baru untuk regenerasi tulang rawan.

Metode yang canggih memungkinkan perbaikan tulang rawan dengan menanamkan kerangka Injectable Collagen untuk mengikat sel-sel baru di dalam area tulang rawan yang terluka. Proses tersebut kemudian memungkinkan regenerasi tulang rawan yang signifikan. 

tulang patella rusak
Tulang patella yang rusak.

Gambar di atas adalah citraan intra-operatif dari tulang Patella yang mengalami kerusakan tulang rawan dengan bentuk menyerupai kawah.

Tulang patella setelah diperbaiki
Tulang patella setelah diperbaiki.

Gambar di atas menunjukkan penampilan tulang rawan setelah kerusakannya diisi menggunakan Injectable Collagen, yang kemudian menciptakan permukaan halus seperti tulang rawan aslinya.

Punya keluhan di bagian lutut? Tulis di kolom komentar.

Penulis: dr. Ang Chia Liang, dokter spesialis tulang di Singapura. Diterjemahkan dari artikel cetak “Knee Cartilage Injury / Wear-and-Tear”.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda