otot jantung saat sakit jantung

Dada Saya Sakit, Dok! Apa Ini Serangan Jantung?

Lim Choon Pin - Dokter Jantung Singapura - Cardiology - Cardiology
Penulis:
Dokter spesialis jantung di Singapura

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Apa itu serangan jantung?

Jantung adalah organ seukuran genggaman tangan yang terletak di tengah-tengah dada. Fungsi utamanya adalah memompa darah dan memberi suplai oksigen ke seluruh tubuh. Agar jantung bisa berfungsi dengan baik, otot-ototnya juga memerlukan oksigen.

Arteri koroner adalah pembuluh darah pada otot jantung yang secara khusus ditugaskan untuk menerima aliran darah kaya oksigen.

Pada penyakit arteri koroner, lumen di dalam arteri koroner menyempit karena plak yang terbentuk dari kolesterol, kalsium, dan peradangan sel yang menumpuk di dalam arteri, berakibat pada aliran darah yang semakin berkurang.

Jika penyempitan yang terjadi signifikan, jumlah suplai darah yang ada mungkin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan otot jantung, terutama selama latihan fisik atau kegiatan lain yang menguras tenaga. Pada kondisi tersebut, otot jantung mengalami myocardial ischemia (kekurangan aliran darah pada jantung) dan mengirimkan sinyal berupa ‘sakit dada’. Saat kegiatan berat tersebut berhenti, rasa sakit semakin mereda saat si pemiliknya beristirahat. Ini adalah bentuk angina stable yang tidak berbahaya.

Di sisi lain, ketika plak tiba-tiba pecah, trombosit dalam darah yang membantu pembekuan darah, membentuk gumpalan darah di sekitar plak, dan jika ini menghasilkan oklusi total atau penyumbatan total arteri, otot jantung akan kekurangan oksigen. Dalam waktu singkat, sel-sel otot jantung mulai mati – ini adalah serangan jantung, juga dikenal sebagai myocardial infarction dan akibatnya bisa fatal.

Perpecahan plak dan kematian otot jantung selama serangan jantung.


Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apakah semua sakit dada adalah tanda serangan jantung?

Gejala serangan jantung (Thomas, 2015)

Gejala umum serangan jantung pada laki-laki:

  • Ketidaknyamanan atau rasa geli pada lengan, punggung, leher, bahu, atau rahang.
  • Nyeri dada
  • Napas pendek-pendek

Gejala umum serangan jantung pada wanita:

  • Pusing mendadak
  • Muncul rasa mulas
  • Keringat dingin
  • Kelelahan yang tidak biasa
  • Mual atau muntah

Gejala serangan jantung yang paling nyata dan umum adalah sakit dada yang teramat parah, biasanya dideskripsikan sebagai tekanan tidak nyaman atau sensasi tertekan berat. Ketidaknyamanan pada dada ini biasanya berlangsung lama (lebih dari 20 menit) dan tidak dapat diredakan dengan istirahat atau obat-obatan. Terkadang, rasa sakit tersebut menjalar hingga ke punggung, rahang, dan lengan.

Rasa tidak nyaman pada dada dapat disertai dengan napas tersengal-sengal, berkeringat, dan mual. Beberapa wanita mengalami nyeri dada tengah yang tidak terlalu terasa, tetapi lebih sakit pada dada bagian bawah atau perut atas, disertai dengan rasa pusing dan sulit bernapas.

Meskipun demikian, hampir 25% serangan jantung tersembunyi secara klinis; beberapa orang bisa mengalami serangan jantung tanpa gejala apapun (silent myocardial infarction). Serangan jantung tersembunyi bisa terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering ditemukan pada pasien diabetes.

Tetapi, tidak semua sakit di dada adalah tanda serangan jantung. Mulas yang hebat (sembelit) bisa terasa seperti angina dan serangan jantung. Ketika mulas, asam lambung naik hingga ke kerongkongan (oesophagus) dan bisa menimbulkan sakit dada yang menjalar hingga leher, tenggorokan, atau rahang. Sakit dada juga bisa disebabkan oleh struktur lain dalam rongga dada, termasuk paru-paru, otot, dan tulang rusuk.

Jadi, apa saya mengalami serangan jantung? Apa yang harus saya lakukan jika saya mengalami sakit dada?

Untuk mengkonfirmasi diagnosis serangan jantung, seseorang harus menjalani elektrokardiogram (ECG), tes darah, dan terkadang ekokardiogram (scan jantung). Pada kondisi sakit di dada yang sangat parah, penting untuk segera bertindak dan tidak menunda terlalu lama. Jika memang itu adalah serangan jantung, otot-otot pada jantung sedang mati. Untuk menyelamatkannya dan meminimalisir kerusakan yang terjadi pada otot jantung, diagnosis harus segera dilakukan, dan arteri yang tersumbat harus dibuka sesegera mungkin. Tindakan ini dapat dilakukan secara cepat dan aman dengan prosedur angioplasty darurat.

Jika Anda curiga Anda mengalami serangan jantung, jangan ragu untuk melakukan panggilan darurat medis. Jangan menyetir sendirian ke rumah sakit, tetapi minta pertolongan orang lain untuk mengantarkan Anda ke sana atau menunggu ambulans.

Jika saya sering merasa sakit di dada, apakah saya harus merasa khawatir?

Jika sakit di dada menyerang Anda terutama saat Anda melakukan pekerjaan berat atau latihan fisik dan mereda dengan istirahat, kondisi tersebut bisa saja angina stabil, yang bisa mengindikasikan sumbatan signifikan pada arteri koroner Anda. ini artinya Anda harus segera menemui dokter spesialis jantung dan melakukan pemeriksaan terhadap jantung Anda sesegera mungkin.

Penulis: dr. Lim Choon Pin, dokter spesialis tulang di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Doctor, I have Chest Pain! Is it a Heart Attack.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?