Kasus Positif Melonjak, Perusahaan Asuransi Kesehatan Ini Cover COVID-19

Daftar Asuransi Kesehatan Indonesia Cover COVID-19

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Ditinjau oleh: dr. Qanissa Afianti Razzqy
Publish tanggal: Feb 1, 2021
Update terakhir: Feb 1, 2021

Kasus COVID-19 di Indonesia semakin melonjak, terutama setelah libur panjang natal dan tahun baru. Kondisi ini mungkin membuat Anda khawatir dan berencana membeli produk asuransi kesehatan agar kesehatan dan finansial lebih terjamin. Meskipun pemerintah RI menjamin akan memberikan pengobatan kepada pasien COVID-19 secara menyeluruh, tetapi sejumlah perusahaan asuransi tetap akan memberikan perlindungan terbaik untuk nasabahnya. Simak daftar asuransi kesehatan COVID-19 dan klaim pasien COVID-19 di BPJS Kesehatan Indonesia. 

Hubungi penyedia layanan kesehatan melalui Smarter Health jika Anda atau keluarga memiliki gejala COVID-19 agar mendapat penanganan yang tepat. 

Cari Asuransi Kesehatan Terbaik, Cek Perbandingan Harganya di Smarter Health!

Daftar asuransi dan konsultasi bersama partner asuransi kami

Daftar Asuransi Kesehatan COVID-19

Ada banyak perusahaan asuransi yang berdiri di Indonesia. Masing-masing perusahaan menawarkan paket asuransi dengan polis tertentu kepada nasabahnya. Jika Anda berencana membeli produk asuransi di masa pandemi seperti sekarang, berikut daftar perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia yang mengcover COVID-19.

1. Prudential Asuransi Kesehatan COVID-19

Dalam periode program 1 sampai 31 Januari 2021, jika nasabah terkena dampak finansial dari pandemi COVID-19 dan mengalami kesulitan dalam pembayaran Premi/Kontribusi, Anda dapat menghubungi Prudential. 

Dapatkan kemudahan berupa Tanpa Masa Tunggu Perawatan COVID-19 untuk pembelian polis baru dengan asuransi tambahan rawat inap. Program ini hanya berlaku untuk penerbitan polis sampai 31 Januari 2021. 

Produk asuransi di Prudential terus memberikan perlindungan komprehensif atas perawatan di rumah sakit, termasuk akibat COVID-19. Ada pun produk yang memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan untuk perawatan ICU akibat COVID-19.

2. AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri)

AXA Financial Indonesia siap memberikan pelayanan terbaik bagi Anda yang terkonfirmasi positif COVID-19. Melalui produk asuransi kesehatan Anda, mereka siap melindungi biaya rawat inap dan layanan khusus akibat terinfeksi virus corona tanpa biaya tambahan.

Layanan khusus AXA Mandiri yaitu kemudahan pengajuan klaim, pinjaman rawat inap yang cepat, perpanjangan waktu tenggang penyerahan klaim, dan pemulihan polis tidak aktif.

3. Manulife Indonesia

Melonjaknya kasus COVID-19 di Indonesia membuat Manulife Indonesia berupaya memberikan perlindungan kesehatan dan memastikan para nasabah tetap tenang. 

Saat ini Manulife Indonesia telah meluncurkan asuransi tambahan, seperti Tanpa Masa Tunggu (pertanggungan RS untuk COVID tanpa melewati masa tunggu), perawatan dan pengobatan khusus (pertanggungan menyeluruh untuk pengobatan COVID-19), rawat inap khusus kamar isolasi (pertanggungan kamar isolasi untuk COVID-19).

Pertanggungan tersebut hanya berlaku untuk polis aktif dalam periode 1 Januari 2021 hingga 31 Januari 2021.

4. AIA

PT. AIA Financial (AIA) memastikan akan tetap melindungi nasabah selama merebaknya  kasus COVID-19 di Indonesia. Produk AIA bertujuan untuk memberikan perlindungan tanpa pengecualian untuk COVID-19. AIA memastikan setiap nasabah tetap mendapatkan proteksi, ini termasuk perawatan inap dan biaya tes COVID-19, serta nasabah yang mengalami komplikasi penyakit kritis akibat COVID-19. 

Perlindungan tambahan yang AIA berikan berupa dana tunai sebesar Rp1.500.000 per hari selama nasabah menjalani rawat inap di rumah sakit dalam jangka waktu maksimum 30 hari jika nasabah terkonfirmasi positif terinfeksi COVID-19.

Untuk nasabah dengan polis baru dalam periode pembelian 16 Maret 2020 hingga 31 Mei 2020, AIA akan memberikan tambahan sebesar 50% Uang Pertanggungan (UP) menjadi 150% dari UP jika nasabah meninggal dunia akibat COVID-19.

5. Sun Life

Asuransi Sun Life berkomitmen untuk selalu mengedepankan kepedulian terhadap nasabah yang terdampak wabah COVID-19. Sun Life akan memberikan perlindungan dan kemudahan tambahan bagi nasabah yang memiliki produk Sun Medical Platinum dan Sun Medical Executive/Sun Medical Care. 

Perlindungan tambahan ini berlaku pada periode 1 Februari hingga 30 April 2020. Berlaku untuk nasabah syariah maupun konvensional Sun Medical Platinum dan Sun Medical Executive/Sun Medical Care. 

Perlindungan tambahan berupa uang tunai sebesar maksimum 10 juta rupiah yang diberikan satu kali kepada setiap nasabah yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada periode 1 Februari hingga 30 April 2020. Sebagai nasabah, Anda tidak perlu menunggu 30 hari pada kasus infeksi COVID-19. 

6. Allianz

Allianz menawarkan kemudahan pembayaran perawatan COVID-19. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polis yang harus Anda pahami. Pertanggungan COVID-19 ini diberikan Allianz selama biaya perawatan tidak ditanggung pemerintah, termasuk biaya rumah sakit. 

Pertanggungan biaya isolasi mandiri karena COVID-19 akan diberikan jika nasabah tidak dirawat di rumah sakit atau di hotel rujukan pemerintah. Pembiayaan diberikan jika isolasi mandiri di rumah karena COVID-19 yang dibutuhkan secara medis, tidak termasuk biaya kamar dan biaya akomodasi.

Allianz mengalokasikan dana senilai Rp 2 Miliar untuk membayar klaim isolasi mandiri akibat COVID-19 pada polis yang masih aktif. Jenis klaim isolasi mandiri ini berlaku sejak 16 Januari 2021 hingga 31 Maret 2021. Klaim akan dibayarkan selama alokasi dana tersedia. 

Proses Klaim Pasien COVID-19 dengan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah RI. Lembaga merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial. Tingginya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia juga meningkatkan jumlah pengajuan klaim BPJS Kesehatan. Terhitung hingga 19 Oktober 2020, BPJS Kesehatan sudah memverifikasi klaim pasien COVID-19 hingga Rp 11,49 triliun. 

BPJS Kesehatan melakukan verifikasi klaim COVID-19 secara bertahap sesuai dengan tenggat waktu selama tujuh hari kerja. Lembaga ini akan menerbitkan berita acara terkait verifikasi pembayaran tagihan klaim pelayanan kepada Kementerian Kesehatan RI. Kemudian Kementerian Kesehatan akan membayarkan klaim kepada rumah sakit setelah dikurangi uang muka yang diberikan sebelumnya. 

Biaya klaim pasien COVID-19 berasal dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atau dari sumber dana lainnya yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Perhatikan masa kadaluarsa klaim selama tiga bulan setelah status pandemi COVID-19 dicabut oleh pemerintah. Diharapkan rumah sakit dapat menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan dengan lengkap agar proses pengajuan klaim berjalan lancar.

Kenapa Harus Punya Asuransi?

Penyakit bisa datang kapan saja, seperti serangan jantung atau kecelakaan. Sebab itu, asuransi kesehatan sangat dibutuhkan untuk menjamin Anda mendapatkan pelayanan yang tepat dan menjaga finansial Anda selama menjalani perawatan. 

Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika punya asuransi kesehatan, seperti biaya pengobatan terjamin, Anda bisa fokus pada perawatan tanpa mengkhawatirkan biaya, mendapat perlindungan jika Anda memiliki penyakit kritis, menjaga keuangan,  dan membuat pikiran lebih tenang.

Segera hubungi penyedia layanan kesehatan melalui Smarter Health jika Anda atau keluarga memiliki gejala COVID-19 agar mendapat penanganan yang tepat. 

Smarter Health memungkinkan Anda untuk mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya, karena menyediakan layanan telekonsultasi, konsultasi offline, membantu mencari rekomendasi rumah sakit, mencari dokter spesialis, dan menghitung estimasi biaya pengobatan di dalam dan luar negeri. 

Referensi:
AIA Financial (2020). AIA Berikan Proteksi Lebih Kepada Nasabah Dalam Upaya Menghadapi COVID-19.
Allianz Indonesia. Mari Bersatu Melawan COVID-19.
AXA Indonesia (2020). Layanan Khusus bagi Nasabah Infeksi Virus Corona COVID-19.
Monica Wareza (2020). CNBC Indonesia. Deretan Asuransi Ini Cover Risiko Covid-19, Ini Daftarnya!
Ferrika Sari (2020). Kontan. Hingga Oktober, BPJS Kesehatan telah verifikasi klaim pasien Covid-19 Rp 11,49 T.
Manulife Indonesia. Perlindungan Manulife Indonesia terkait Corona (COVID-19).
Prudential Indonesia. Pengumuman Perusahaan Terkait COVID-19.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?