Aluminium

Daftar Isi

Tes aluminium adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui kadar aluminium di dalam darah. Dalam kondisi normal, asupan aluminium dari darah akan diekskresikan oleh ginjal (5-10 mg) dan ini terjadi setiap harinya. 

Hanya saja orang yang mengalami gagal ginjal tidak memiliki kemampuan untuk menyaring zat aluminium yang ada di dalam darah sehingga tidak bisa dikeluarkan dari tubuh. Hal ini tentu sangat berbahaya, karena dapat memengaruhi kesehatan otak dan tulang Anda.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Bahaya Aluminium dalam Darah

Kadar aluminium yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan berbagai macam risiko berbahaya. Aluminium yang tinggi harus segera diatasi sebelum menjadi racun berbahaya bagi tubuh Anda. Kadar aluminium yang tinggi di dalam darah menyebabkan aluminium akan terakumulasi, melebur dengan albumin (protein utama di darah manusia yang diproduksi organ hati), kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh Anda, terutama otak dan tulang. 

Aluminium yang terakumulasi di otak merupakan salah satu penyebab demensia. Demensia adalah penyakit yang memengaruhi daya ingat dan pola pikir seseorang. Sedangkan aluminium yang terakumulasi dalam tulang akan mengganggu peran kalsium sehingga terjadi kerusakan jaringan tulang. 

Tingginya kadar aluminium di dalam plasma darah akan dialami oleh seseorang yang menggunakan sendi buatan dari aluminium. Sendi buatan kerap digunakan pada operasi penggantian sendi karena terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan bisa mengembalikan fungsi sendi seperti semula. Kemungkinan di dalam plasma darah seseorang yang sudah lama menggunakan sendi buatan memiliki kadar aluminium di atas normal, yaitu > 10 ng/mL.

Tujuan Tes Aluminium 

Hematopoiesis adalah proses pembuatan sel darah. Seseorang yang memiliki kadar aluminium berlebih di dalam darah akan berdampak pada proses hematopoiesis dan memicu anemia. 

Tidak ada salahnya melakukan tes alumunium secara rutin untuk mengetahui kadar aluminium di dalam tubuh Anda. Selain itu, penderita dialisis ginjal juga bisa memantau toksisitas aluminium dan memantau perkembangan metallic prosthetic implant yang biasanya digunakan untuk penggantian sendi. 

Tes aluminium akan mengukur konsentrasi aluminium di dalam darah Anda dengan cara mengambil sampel darah yang sebelumnya sudah diambil dari pembuluh darah vena yang ada di lengan Anda. Sampel darah inilah yang akan digunakan sebagai acuan tes aluminium. 

Estimasi Biaya Tes Aluminium

Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk mengambil tes Aluminium, Anda bisa langsung datang ke rumah sakit atau klinik yang menyediakan layanan tersebut. Estimasi biaya tes alumunium di Indonesia, yaitu mulai dari sekitar Rp250.000 untuk satu kali pemeriksaan. 

Untuk estimasi biaya tes aluminium di dalam atau luar negeri, hubungi Smarter Health.

Sebelum Melakukan Tes Aluminium

Ada hal-hal yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan tes alumunium, karena hasil tes bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Tes aluminium menggunakan tabung darah yang dibuat khusus, sehingga berbeda dari tes lainnya. 
  • Hampir semua tabung darah yang digunakan pada tes aluminium memiliki tutup karet dari aluminium silikat. Pastikan tutup tabung tidak disentuh oleh siapa pun, karena sampel darah yang sudah disimpan di dalamnya dapat terkontaminasi aluminium. 
  • Gadolinium (logam putih keperakan) yang berfungsi sebagai media kontras akan menggunakan Iodin selama 96 jam lanyanya. Ini dapat memengaruhi hasil tes aluminium. 

Sebaiknya lakukan tindakan pencegahan supaya hasil tes aluminium menjadi lebih optimal. Perhatikan juga peringatan yang sudah disampaikan pada poin-poin di atas. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui informasi selengkapnya seputar tes aluminium. Jangan sampai masih ada pertanyaan di benak Anda yang belum terjawab. 

Selama Melakukan Tes Aluminium

Saat Anda selesai melakukan pendaftaran untuk tes aluminium, Anda akan diminta untuk melakukan serangkaian pemeriksaan klinis oleh dokter sebelum benar-benar masuk ke tahap tes. 

Dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan, seperti obat-obatan apa yang sedang Anda konsumsi atau keluhan yang mungkin sedang Anda alami saat ini. Pastikan Anda menjawab dengan benar dan lengkap, karena mengonsumsi obat-obatan tertentu berisiko memengaruhi hasil tes aluminium. 

Anda juga disarankan untuk menggunakan baju lengan pendek supaya mempermudah tim medis mengambil sampel darah di bagian lengan Anda yang nantinya akan diuji kadar aluminiumnya. 

Berikut proses pengambilan sampel darah untuk tes aluminium yang dilakukan oleh petugas medis:

  • Petugas medis akan mengumpulkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengambil sampel darah, seperti tabung darah, torniket, perban, kapas, dan tisu yang mengandung alkohol. 
  • Di sekitar lengan Anda akan dipakaikan torniket atau sabuk elastis yang berfungsi untuk menghambat aliran darah. Ikat torniket pada lengan sekitar 7 hingga 10 cm di atas titik menusukkan jarum. Pemakaian torniket mampu membuat pembuluh darah di area bawah ikatan torniket membesar, sehingga sangat mudah untuk menyuntik jarum ke pembuluh darah. 
  • Area yang akan disuntik jarum dibersihkan terlebih dahulu menggunakan tisu yang mengandung alkohol. 
  • Petugas medis akan menyuntik jarum ke pembuluh darah Anda.
  • Tabung darah dipasang ke jarum suntik supaya darah yang mengalir ke dalam tabung dapat digunakan sebagai sampel. 
  • Kalau sampel darah yang diambil sudah cukup, ikatan torniket akan dilepaskan dan kapas akan ditempelkan di area yang barusan disuntik.
  • Anda diminta untuk menekan area bekas suntikan untuk mencegah perdarahan lebih lanjut. 

Setelah Melakukan Tes Aluminium

Reaksi setiap orang setelah menerima suntikan tentu berbeda-beda, ada yang berangsur hilang dan ada pula yang merasakan sakit dan nyeri lebih lama. Tingkat nyeri yang Anda rasakan setelah menerima suntikan tergantung dari kondisi pembuluh darah dan keahlian petugas medis. Tekan area bekas suntikan untuk mencegah perdarahan atau meredakan nyeri secara berangsur. 

Kalau sudah kembali seperti semula, Anda bisa melakukan aktivitas seperti biasa dan menunggu hasil tes keluar. Jika hasil tes sudah didapatkan, Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk memahami hasilnya. Jumlah kadar normal aluminium dapat bervariasi, karena tergantung laboratorium atau penyedia layanan yang Anda pilih. Tak jarang dokter memberikan instruksi lain jika Anda diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Memahami Hasil Tes Aluminium

Setelah melakukan serangkaian prosedur tes, Anda akan segera mengetahui hasil dari tes Aluminium yang menunjukkan kadar aluminium di dalam darah:

Normal

Kadar aluminium di dalam darah dapat dikatakan normal ketika hanya mengandung 0-6 ng/mL aluminium untuk semua usia. Sedangkan untuk pasien yang mengidap hemofiltrasi dapat dikatakan normal ketika mengandung <60 ng/mL aluminium. 

Abnormal

Kadar aluminium di dalam darah dapat dikatakan abnormal ketika indeks naik, karena kemungkinan besar Anda sedang mengalami keracunan aluminium. Jika ternyata hasilnya abnormal, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menjalankan serangkaian tes lain, termasuk tes fisik supaya bisa mendiagnosis dengan akurat. 

Efek Samping Tes Aluminium 

Kegagalan saat melakukan tes aluminium sangat mungkin terjadi apabila prosedurnya tidak sesuai. Akibatnya muncul kesalahan hasil diagnosis yang akan Anda peroleh kalau tes aluminium sudah selesai dilakukan. Berikut beberapa hal yang menyebabkan kesalahan diagnosis:

  • Penyedia layanan tidak menggunakan tabung darah khusus, padahal tes aluminium membutuhkan tabung darah khusus yang berbeda dari tes lainnya. 
  • Kebanyakan tabung darah yang digunakan pada tes aluminium menggunakan tutup karet yang mengandung aluminium silikat. Jika terjadi salah tusuk bisa menyebabkan kontaminasi 20-60 ng/mL aluminium.
  • Penggunaan tongkat aplikator berbahan kayu atau ujung pipet selama melakukan tes aluminium menyebabkan hasil tes tidak normal karena sudah terkontaminasi.

Itu dia beberapa kesalahan pada saat tes aluminium yang bisa berdampak pada diagnosis dari hasil tes. 

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?