CT Scan Jantung

ct scan jantung

Daftar Isi

CT scan jantung menggabungkan gambaran yang diperoleh komputer untuk membuat model tiga dimensi (3D) jantung secara keseluruhan. Tes pencitraan ini dapat membantu dokter mendeteksi atau mengevaluasi penyakit jantung koroner, penumpukan kalsium di arteri koroner, masalah dengan aorta, masalah dengan fungsi jantung dan katup, dan penyakit perikardial.

Tes ini juga dapat digunakan untuk memantau hasil dari coronary artery bypass grafting atau untuk menindaklanjuti temuan abnormal dari sinar x dada sebelumnya. CT scanner yang berbeda digunakan untuk tujuan yang berbeda. CT multidetektor adalah jenis CT scanner yang sangat cepat yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi dari detak jantung dan dapat mendeteksi kalsium atau penyumbatan di arteri koroner. CT scanner sinar elektron juga dapat menunjukkan kalsium dalam arteri koroner.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tomografi terkomputasi jantung. Sumber: Scheffel H, Alkadhi H, Plass A, Vachenauer R, Desbiolles L, Gaemperli O, Schepis T, Frauenfelder T, Schertler T, Husmann L, Grunenfelder J, Genoni M, Kaufmann PA, Marincek B, Leschka S.

CT scan jantung Anda dapat dilakukan di fasilitas pencitraan medis atau rumah sakit. Pemindaian biasanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, tetapi dapat memakan waktu lebih dari satu jam termasuk waktu persiapan dan, jika diperlukan, waktu untuk meminum obat-obatan seperti beta blocker untuk memperlambat detak jantung Anda.

Sebelum tes, pewarna kontras, biasanya yodium, dapat disuntikkan ke pembuluh darah di lengan Anda. Pewarna kontras ini menyoroti pembuluh darah Anda dan menciptakan gambar yang lebih jelas. Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan akibat jarum atau, setelah pewarna kontras disuntikkan, Anda mungkin merasa hangat sebentar atau mengalami rasa logam sementara di mulut Anda.

CT scanner adalah mesin besar seperti terowongan yang memiliki meja. Anda berbaring diam di atas meja, dan meja akan meluncur ke pemindai. Katakanlah kepada dokter jika Anda merasa tidak nyaman di ruang yang sempit atau tertutup untuk melihat apakah Anda perlu obat untuk menenangkan diri selama tes. Selama pemindaian, teknisi akan memonitor detak jantung Anda dengan elektrokardiogram (EKG). Anda akan mendengar suara berdengung lembut, klik, atau deru saat berada di dalam pemindai dan saat pemindai sedang mengambil gambar. Anda akan dapat mendengar dari dan berbicara dengan teknisi yang melakukan tes saat Anda berada di dalam pemindai. Teknisi mungkin meminta Anda menahan napas selama beberapa detik selama tes.

Peminadaian Kalsium Koroner. Sumber: NHLBI/NIH

CT scan jantung memiliki beberapa risiko. Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mungkin memiliki reaksi alergi terhadap pewarna kontras. Ada sedikit risiko kanker, terutama pada orang yang lebih muda dari 40 tahun, karena tes menggunakan radiasi. Meskipun jumlah radiasi dari satu tes serupa dengan jumlah radiasi yang secara alami Anda alami selama lebih dari satu hingga lima tahun, pasien seharusnya tidak menjalani lebih banyak CT scan daripada jumlah yang direkomendasikan oleh pedoman klinis. Risiko lain adalah CT scan dapat mendeteksi temuan insidental, yang merupakan sesuatu yang tidak menyebabkan gejala sekarang tetapi mungkin memerlukan lebih banyak tes setelah ditemukan.

Bicaralah dengan dokter Anda dan teknisi yang melakukan tes tentang apakah Anda sedang hamil atau mungkin hamil. Jika tes ini tidak mendesak, mereka mungkin harus menunggu untuk melakukan tes sampai setelah kehamilan Anda. Jika mendesak, teknisi akan mengambil langkah ekstra untuk melindungi bayi Anda selama tes ini. Biarkan dokter Anda tahu jika Anda menyusui karena pewarna kontras dapat masuk ke dalam ASI Anda. Jika Anda harus menggunakan pewarna kontras yang disuntikkan, Anda mungkin perlu memompa dan menyimpan cukup ASI selama satu hingga dua hari setelah tes atau Anda mungkin memberi susu botol kepada bayi Anda untuk saat itu.

Orang yang mengidap asma, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau gagal jantung mungkin mengalami masalah pernapasan selama CT scan jantung jika mereka diberikan beta blocker untuk memperlambat denyut jantung untuk tes pencitraan ini.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?