CT Scan Kalsium Koroner

CT Scan Kalsium Koroner

Daftar Isi

CT Scan Kalsium Koroner dilakukan untuk mendeteksi penumpukan kalsium, atau kalsifikasi yang merupakan tanda aterosklerosis, penyakit jantung koroner, atau penyakit mikrovaskuler koroner.

Pemindaian kalsium koroner dapat dilakukan di fasilitas pencitraan medis atau rumah sakit. Tes ini tidak menggunakan pewarna kontras dan akan memakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit. Pemindaian kalsium koroner menggunakan pemindai khusus seperti CT berkas elektron atau mesin CT multidetektor (MDCT). Mesin MDCT adalah CT scanner yang jauh lebih cepat yang membuat gambar berkualitas tinggi dari detak jantung. Pemindaian kalsium koroner akan menentukan skor Agatston yang mencerminkan jumlah kalsium yang ditemukan di arteri koroner Anda. Skor nol adalah normal. Secara umum, semakin tinggi skor Anda, semakin besar kemungkinan Anda menderita penyakit jantung. Jika skor Anda tinggi, dokter mungkin merekomendasikan lebih banyak tes.

Pemindaian kalsium koroner memiliki beberapa risiko. Ada sedikit risiko kanker, terutama pada orang di bawah usia 40 tahun. Namun, jumlah radiasi dari satu tes serupa dengan jumlah radiasi yang secara alami Anda alami selama lebih dari satu tahun. Bicaralah dengan dokter Anda dan teknisi yang melakukan tes tentang apakah Anda sedang atau mungkin hamil. Jika tes ini tidak mendesak, mereka mungkin harus menunggu untuk melakukan tes sampai setelah kehamilan Anda. Jika mendesak, teknisi akan mengambil langkah ekstra untuk melindungi bayi Anda selama tes ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Pemindaian Kalsium Koroner?

Apa yang Diperlihatkan oleh CT Jantung (Tomografi Komputer)? Sumber: National Heart Lung and Blood Institute (NIH)

Pemindaian kalsium koroner adalah tes yang mencari bintik kalsium di dinding arteri koroner (jantung). Bintik kalsium ini disebut kalsifikasi.

Kalsifikasi di arteri koroner adalah tanda awal penyakit jantung koroner (PJK). PJK adalah penyakit di mana zat lilin yang disebut plak menumpuk di arteri koroner.

Seiring waktu, plak dapat mengeras atau mengalami ruptur (pecah terbuka). Plak yang mengeras menyempitkan arteri koroner dan mengurangi aliran darah kaya oksigen ke jantung. Ini bisa menyebabkan nyeri dada atau ketidaknyamanan yang disebut angina.

Jika plak pecah, bekuan darah dapat terbentuk di permukaannya. Bekuan darah besar dapat memblokir sebagian besar atau seluruhnya aliran darah yang melewati arteri koroner. Ini adalah penyebab paling lazim serangan jantung. Seiring waktu, ruptur plak juga mengeras dan menyempitkan arteri koroner.

PJK juga dapat menyebabkan gagal jantung dan aritmia. Gagal jantung adalah kondisi di mana jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Aritmia adalah masalah dengan laju atau irama detak jantung Anda.

Ringkasan

Dua mesin dapat menunjukkan kalsium dalam arteri koroner—elektron computed tomography (EBCT) dan multidetector computed tomography (MDCT).

Keduanya menggunakan sinar x untuk membuat gambar rinci dari jantung Anda. Dokter akan mempelajari gambar untuk melihat apakah Anda berisiko mengalami masalah jantung di masa depan.

Pemindaian kalsium koroner adalah tes yang cukup sederhana. Anda berbaring dengan tenang di mesin pemindai selama sekitar 10 menit sementara mesin mengambil gambar jantung Anda. Gambar-gambar tersebut akan menunjukkan apakah ada kalsifikasi di arteri koroner Anda.

Pemindaian Kalsium Koroner

Gambar A menunjukkan posisi jantung dalam tubuh dan lokasi serta sudut gambar pemindaian kalsium koroner. Gambar B adalah gambar pemindaian kalsium koroner yang menunjukkan kalsifikasi di arteri koroner.

Karena kalsifikasi merupakan tanda awal PJK, pemindaian kalsium koroner dapat menunjukkan apakah Anda berisiko terkena serangan jantung atau masalah jantung lainnya sebelum tanda dan gejala lain muncul.

Harapan

Pemindaian kalsium koroner paling berguna untuk orang yang berisiko sedang untuk serangan jantung. Anda atau dokter Anda dapat menghitung risiko 10-tahun Anda dengan menggunakan Alat Penilaian Risiko dari Program Edukasi Kolesterol Nasional.

Orang dengan risiko sedang memiliki kemungkinan 10-20 persen mengalami serangan jantung dalam 10 tahun ke depan. Pemindaian kalsium koroner dapat membantu dokter memutuskan siapa di dalam kelompok ini yang membutuhkan perawatan.

Nama Lain untuk Pemindaian Kalsium Koroner

Angiogram Dapat Mendeteksi Sumbatan. Sumber: TheVisualMD
  • Tes pemindaian kalsium
  • CT Jantung untuk penetapan skor kalsium

Beberapa orang menyebut pemindaian kalsium koroner dengan nama mesin yang digunakan untuk mengambil gambar jantung:

  • Electron beam computed tomography (EBCT) atau electron beam tomography (EBT)
  • Multidetector computed tomography (MDCT)

Apa yang Diperlihatkan oleh Pemindaian Kalsium Koroner?

Setelah pemindaian kalsium koroner, Anda akan mendapatkan skor kalsium yang disebut skor Agatston. Skor ini didasarkan pada jumlah kalsium yang ditemukan di arteri koroner (jantung) Anda. Anda mungkin mendapatkan skor Agatston untuk setiap arteri utama dan skor total.

Tes ini negatif jika tidak ada kalsifikasi yang ditemukan di arteri Anda. Ini berarti peluang Anda untuk mengalami serangan jantung dalam 2-5 tahun ke depan rendah.

Tes positif jika kalsifikasi ditemukan di arteri Anda. Kalsifikasi adalah tanda aterosklerosis dan penyakit jantung koroner (PJK). (Aterosklerosis adalah kondisi di mana plak menumpuk di arteri.) Semakin tinggi skor Agatston Anda, semakin parah aterosklerosisnya.

National Heart, Lung, dan Blood Institute memiliki kalkulator (tautan eksternal) yang dapat Anda gunakan untuk melihat bagaimana skor Agatston Anda dibandingkan dengan sejumlah orang yang seusia Anda dan dari latar belakang etnis yang sama.

Skor Agatston 0 adalah normal. Secara umum, semakin tinggi skor Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami PJK. Jika skor Anda tinggi, dokter mungkin merekomendasikan lebih banyak tes.

Apa Saja Risiko Pemindaian Kalsium Koroner?

Aterosklerosis. Sumber: OpenStax College

Pemindaian kalsium koroner memiliki risiko sangat sedikit. Tes ini tidak invasif, yang berarti tidak ada operasi yang dilakukan dan tidak ada instrumen yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda.

Tidak seperti beberapa CT scan, pemindaian kalsium koroner tidak memerlukan suntikan pewarna kontras untuk membuat jantung atau arteri Anda terlihat pada gambar sinar-x.

Pemindaian kalsium koroner melibatkan radiasi, meskipun jumlah yang digunakan dianggap kecil. Electron beam computed tomography (EBCT) menggunakan lebih sedikit radiasi daripada multidetector computed tomography (MDCT).

Dalam kedua kasus, jumlah radiasi sama dengan jumlah radiasi yang secara alami Anda alami dalam satu tahun.

Apa yang Diharapkan Sebelum Pemindaian Kalsium Koroner

Radiografi Dada. Sumber: NevitDilmen

Anda tidak perlu melakukan langkah khusus sebelum melakukan pemindaian kalsium koroner. Namun, dokter mungkin meminta Anda untuk menghindari kafein dan merokok selama 4 jam sebelum tes.

Untuk pemindaian, Anda harus melepas pakaian di atas pinggang dan mengenakan gaun rumah sakit. Anda juga harus melepas perhiasan apa pun dari sekitar leher atau dada Anda.

Apa yang Diharapkan Selama Pemindaian Kalsium Koroner

Apa yang Diharapkan Selama Pemindaian Kalsium Koroner. Sumber: Semnic

Pemindaian kalsium koroner dilakukan di rumah sakit atau di ruang rawat jalan. Mesin sinar-x yang digunakan untuk pemindaian disebut computed tomography (CT) scanner.

Teknisi yang menjalankan alat pemindai akan membersihkan area di dada Anda dan menerapkan tambalan lengket dengan sensor yang disebut elektroda. Tambalan tersebut terhubung ke mesin EKG (elektrokardiogram).

EKG akan merekam aktivitas listrik jantung Anda selama pemindaian. Hal ini memungkinkan untuk mengambil gambar jantung Anda ketika rileks antara detakan.

CT scanner adalah mesin besar yang memiliki tabung berongga melingkar di tengah. Anda berbaring telentang di atas meja geser. Meja tersebut bisa bergerak naik dan turun, dan masuk ke dalam mesin seperti terowongan.

Meja akan perlahan-lahan meluncur ke pembukaan di mesin. Di dalam pemindai, tabung sinar-x akan bergerak di sekeliling tubuh untuk mengambil gambar jantung Anda. Teknisi akan mengontrol pemindai CT dari kamar sebelah. Ia dapat melihat Anda melalui jendela kaca dan berbicara dengan Anda melalui alat pengeras suara.

Teknisi akan meminta Anda untuk berbaring diam dan menahan napas untuk waktu yang singkat sementara setiap gambar diambil. Anda mungkin diberi obat untuk memperlambat detak jantung. Ini membantu mesin mengambil gambar jantung Anda yang lebih jelas. Obat diberikan melalui mulut atau disuntikkan ke pembuluh darah.

Pemindaian kalsium koroner memakan waktu sekitar 10-15 menit, meskipun pemindaian yang sebenarnya hanya memakan waktu beberapa detik. Selama tes, mesin akan mengeluarkan bunyi klik dan desingan saat mengambil gambar. Pemindaian tidak menyebabkan ketidaknyamanan, tetapi ruang pemeriksaan mungkin dingin untuk menjaga mesin bekerja dengan benar.

Jika Anda merasa gugup di ruang tertutup atau sempit, Anda mungkin mendapat obat untuk membantu Anda tetap tenang. Kepala Anda akan tetap berada di luar lubang di mesin selama tes.

Apa yang Diharapkan Setelah Pemindaian Kalsium Koroner

Apa yang Diperlihatkan oleh CT Jantung (Tomografi Komputer)? Sumber: National Heart Lung and Blood Institute (NIH)

Anda akan dapat kembali ke aktivitas normal Anda setelah pemindaian kalsium koroner dilakukan. Dokter akan mendiskusikan hasil tes dengan Anda.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?