Ekokardiografi

ekokardiografi

Daftar Isi

Ekokardiografi, atau eko (echo), adalah tes tanpa rasa sakit yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar bergerak dari jantung. Gambarnya menunjukkan ukuran dan bentuk jantung, juga seberapa baik kerja ruang dan katup jantung.

Echo juga dapat menunjukkan area otot jantung yang tidak berkontraksi dengan baik karena aliran darah yang buruk atau cedera akibat serangan jantung sebelumnya. Suatu jenis echo atau gema yang disebut ultrasound Doppler menunjukkan seberapa baik darah mengalir melalui ruang dan katup jantung Anda.

Echo dapat mendeteksi kemungkinan bekuan darah di dalam jantung, penumpukan cairan di perikardium (kantung di sekeliling jantung), dan masalah dengan aorta. Aorta adalah arteri utama yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke tubuh Anda.

Dokter juga menggunakan echo untuk mendeteksi masalah jantung pada bayi dan anak-anak.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa yang Diperlihatkan oleh Ekokardiografi?

Infark miokard. Sumber: Patrick J. Lynch, ilustrator medis; C. Carl Jaffe, MD, ahli jantung

Ekokardiografi (echo) menunjukkan ukuran, struktur, dan pergerakan berbagai bagian jantung. Bagian-bagian ini termasuk katup jantung, septum (dinding yang memisahkan ruang jantung kanan dan kiri), dan dinding-dinding ruang jantung. USG Doppler menunjukkan pergerakan darah melalui jantung Anda.

Dokter Anda mungkin menggunakan echo untuk:

  • Mendiagnosis masalah jantung
  • Memandu atau menentukan langkah selanjutnya untuk perawatan
  • Memantau perubahan dan perbaikan
  • Menentukan kebutuhan untuk lebih banyak tes

Echo dapat mendeteksi banyak masalah jantung. Beberapa mungkin minor dan tidak menimbulkan risiko bagi Anda. Yang lain dapat menjadi tanda penyakit jantung yang serius atau kondisi jantung lainnya. Dokter mungkin menggunakan echo untuk mempelajari tentang:

  • Ukuran jantung Anda. Jantung yang membesar mungkin disebabkan oleh tekanan darah tinggi, katup jantung bocor, atau gagal jantung. Echo juga dapat mendeteksi peningkatan ketebalan ventrikel (ruang bawah jantung). Peningkatan ketebalan mungkin karena tekanan darah tinggi, penyakit katup jantung, atau cacat jantung bawaan
  • Otot jantung yang lemah dan tidak memompa dengan baik. Kerusakan akibat serangan jantung dapat menyebabkan area otot jantung lemah. Kelemahan juga mungkin berarti bahwa area tersebut tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, sebuah tanda penyakit jantung koroner.
  • Masalah katup jantung. Echo dapat menunjukkan apakah salah satu katup jantung Anda tidak terbuka secara normal atau tertutup rapat.
  • Masalah dengan struktur jantung. Echo dapat mendeteksi cacat jantung bawaan, seperti lubang di jantung. Kelainan jantung kongenital adalah masalah struktural saat lahir. Bayi dan anak-anak mungkin menjalani echo untuk mendeteksi cacat jantung ini.
  • Bekuan darah atau tumor. Jika Anda pernah mengalami stroke, Anda mungkin harus menjalani echo untuk memeriksa bekuan darah atau tumor yang mungkin telah menyebabkan stroke.

Siapa yang Memerlukan Ekokardiografi?

Siapa yang Memerlukan Ekokardiografi? Sumber: Patrick J. Lynch dan C. Carl Jaffe

Dokter dapat merekomendasikan ekokardiografi (echo) jika Anda memiliki tanda atau gejala masalah jantung.

Misalnya, sesak napas dan bengkak di kaki adalah tanda kemungkinan gagal jantung. Gagal jantung adalah suatu kondisi di mana jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah yang kaya oksigen untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Echo dapat menunjukkan seberapa baik jantung Anda memompa darah.

Echo juga dapat membantu dokter Anda menemukan penyebab bunyi jantung yang tidak normal, seperti murmur jantung. Murmur jantung adalah suara ekstra atau tidak biasa yang terdengar selama detak jantung. Beberapa murmur jantung tidak berbahaya, sementara yang lain merupakan tanda-tanda masalah jantung.

Dokter juga dapat menggunakan echo untuk mempelajari tentang:

  • Ukuran jantung. Jantung yang membesar mungkin disebabkan oleh tekanan darah tinggi, katup jantung bocor, atau gagal jantung. Echo juga dapat mendeteksi peningkatan ketebalan ventrikel (ruang bawah jantung). Peningkatan ketebalan mungkin karena tekanan darah tinggi, penyakit katup jantung, atau cacat jantung bawaan.
  • Otot jantung yang lemah dan tidak memompa dengan baik. Kerusakan akibat serangan jantung dapat menyebabkan area otot jantung lemah. Kelemahan juga mungkin berarti bahwa area tersebut tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, sebuah tanda penyakit jantung koroner.
  • Masalah katup jantung. Echo dapat menunjukkan apakah salah satu katup jantung Anda tidak terbuka secara normal atau tertutup rapat.
  • Masalah dengan struktur jantung Anda. Echo dapat mendeteksi cacat jantung bawaan, seperti lubang di jantung. Kelainan jantung kongenital adalah masalah struktural saat lahir. Bayi dan anak-anak mungkin menjalani echo untuk mendeteksi cacat jantung ini.
  • Bekuan darah atau tumor. Jika Anda sudah mengalami stroke, Anda mungkin harus menjalani echo untuk memeriksa bekkuan darah atau tumor yang mungkin telah menyebabkan stroke.

Dokter mungkin juga menyarankan echo untuk melihat seberapa baik jantung Anda menanggapi perawatan jantung tertentu, seperti yang digunakan untuk gagal jantung.

Apa yang Diharapkan Sebelum Ekokardiografi

Apa yang Diharapkan Sebelum dan Sesudah Ekokardiografi. Sumber: Patrick J. Lynch dan C. Carl Jaffe

Ekokardiografi (echo) dilakukan di tempat praktik dokter atau rumah sakit. Tidak perlu persiapan khusus untuk sebagian besar jenis echo. Anda biasanya boleh makan, minum, dan minum obat seperti biasa.

Pengecualian adalah jika Anda menjalani ekokardiografi transesofageal. Tes ini biasanya mengharuskan Anda tidak makan atau minum selama 8 jam sebelum tes.

Jika Anda menjalani ekokardiografi stres, Anda mungkin perlu mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan tes stres. Dokter akan memberi tahu Anda langkah apa yang perlu Anda ambil.

Apa yang Diharapkan Selama Ekokardiografi

Ekokardiografi (echo) tidak menimbulkan rasa sakit; tes ini biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam. Untuk beberapa jenis echo, dokter perlu menyuntikkan salin atau pewarna khusus ke salah satu pembuluh darah Anda. Substansi itu membuat jantung Anda terlihat lebih jelas pada gambar-gambar echo. Pewarna yang digunakan untuk echo berbeda dari pewarna yang digunakan selama angiografi (tes yang digunakan untuk memeriksa pembuluh darah tubuh).

Untuk sebagian besar jenis echo, Anda perlu melepas pakaian Anda dari pinggang ke atas. Wanita akan diberikan gaun untuk dipakai selama tes. Anda berbaring telentang atau miring ke kiri di atas meja tes atau tandu. Tambalan lembut dan lengket yang disebut elektroda akan dipasang ke dada Anda untuk memungkinkan EKG (elektrokardiogram) yang harus dilakukan. EKG adalah tes yang mencatat aktivitas listrik jantung.

Seorang dokter atau sonografer (orang yang dilatih khusus untuk melakukan ultrasonografi) akan mengoleskan gel ke dada Anda. Gel membantu gelombang suara mencapai jantung Anda. Alat seperti tongkat yang disebut transduser kemudian akan digerakkan di seputar dada Anda. Transduser mentransmisikan gelombang suara ultra ke dada Anda. Komputer akan mengubah gema (echo) dari gelombang suara menjadi gambar jantung Anda di layar. Selama pengetesan, lampu di ruangan akan diredupkan sehingga layar komputer lebih mudah dilihat.

Ekokardiografi

Apa yang Diharapkan Selama Ekokardiografi. Sumber: National Heart Lung and Blood Institute (NIH)

Keterangan Gambar: Ilustrasi menunjukkan pasien menjalani ekokardiografi. Pasien berbaring miring ke kiri. Seorang sonografer menggerakkan transduser ke dada pasien, sambil melihat gambar-gambar gema di komputer.

Sonografer akan merekam gambar berbagai bagian jantung Anda. Ia akan menyimpan rekaman pada disk komputer dan menyerahkan ke ahli jantung (spesialis jantung) untuk ditinjau. Selama tes, Anda mungkin diminta untuk mengubah posisi atau menahan napas untuk waktu yang singkat. Ini memungkinkan sonografer mendapatkan foto jantung Anda yang lebih baik.

Kadang-kadang, sonografer mungkin menerapkan sedikit tekanan ke dada Anda dengan transduser. Anda mungkin merasakqan tekanan ini sedikit tidak nyaman, tetapi itu membantu mendapatkan gambaran terbaik dari jantung Anda. Anda harus memberi tahu sonografer jika Anda merasa tidak nyaman. Proses yang dijelaskan di atas mirip dengan proses untuk echo janin. Namun, untuk tes itu transduser ditempatkan di atas perut wanita hamil di lokasi jantung bayi.

Ekokardiografi Transesofageal

Ekokardiografi transesofageal atau transesophageal echo (TEE) digunakan jika dokter membutuhkan pandangan yang lebih rinci atas jantung Anda. Misalnya, dokter mungkin menggunakan TEE untuk mencari bekuan darah di jantung Anda. Dokter, bukan sonografer, akan melakukan jenis echo ini. TEE menggunakan teknologi yang sama dengan transthoracic echo, tetapi transduser dilekatkan pada ujung sebuah tabung fleksibel.

Dokter akan memandu tabung ke tenggorokan dan masuk ke kerongkongan (saluran yang mengarah dari mulut ke perut). Dari sudut ini, dokter bisa mendapatkan gambaran yang lebih rinci tentang jantung dan pembuluh darah utama yang mengarah ke dan dari jantung. Untuk TEE, Anda mungkin akan diberi obat untuk membantu Anda rileks selama tes. Obat disuntikkan ke salah satu pembuluh darah Anda.

Tekanan darah Anda, kandungan oksigen dalam darah, dan tanda-tanda vital lainnya akan diperiksa selama tes. Anda akan diberi oksigen melalui selang di hidung Anda. Jika Anda memakai gigi palsu, Anda harus melepaskannya. Bagian belakang mulut Anda akan dibuat mati rasa dengan gel atau semprotan. Dokter akan dengan lembut menempatkan tabung dengan transduser di tenggorokan Anda dan memasukkannya sampai ada di belakang jantung Anda.

Gambar-gambar jantung Anda kemudian direkam ketika dokter menggerakkan transduser di dalam kerongkongan dan perut Anda. Anda tidak seharusnya merasa tidak nyaman karena ini. Meskipun pencitraan biasanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam, Anda mungkin akan diawasi selama beberapa jam di ruang praktik dokter atau rumah sakit setelah tes.

Ekokardiografi Stres

Echo stress adalah echo transtorasik dikombinasikan dengan tes stress olahraga atau farmakologis. Untuk tes stres olahraga, Anda akan berjalan atau berlari di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdetak kencang. Untuk tes stres farmakologis, Anda akan diberikan obat untuk meningkatkan detak jantung Anda.

Seorang teknisi akan mengambil gambar jantung Anda menggunakan echo sebelum Anda berolahraga dan segera setelah Anda selesai. Artikel Tes Stres Topik Kesehatan menyediakan lebih banyak informasi tentang apa yang diharapkan selama tes stres.

Apa yang Dapat Anda Lihat dan Dengar Selama Ekokardiografi

Saat dokter atau sonografer menggerakkan-gerakkan transduser, Anda akan melihat berbagai pemandangan yang berbeda dari jantung Anda di layar mesin echo. Struktur jantung Anda akan muncul sebagai benda putih, sementara cairan apa pun atau darah akan tampak hitam di layar. Ultrasound Doppler sering digunakan selama tes echo. USG Doppler adalah ultrasound khusus yang menunjukkan bagaimana darah mengalir melalui pembuluh darah.

Tes ini memungkinkan sonografer untuk melihat darah mengalir pada kecepatan yang berbeda dan dalam arah yang berbeda. Kecepatan dan arah aliran darah muncul sebagai warna-warna berbeda yang bergerak dalam gambar hitam dan putih. Telinga manusia tidak dapat mendengar gelombang suara yang digunakan dalam echo. Jika Anda menjalani ultrasound Doppler, Anda mungkin dapat mendengar suara “mendesing”. Dokter dapat menggunakan suara ini untuk belajar tentang aliran darah melalui jantung Anda.

Apa yang Diharapkan Setelah Ekokardiografi

Anda biasanya dapat kembali ke aktivitas normal Anda tepat setelah ekokardiografi (echo).

Jika Anda menjalani echo transesofageal (TEE), Anda mungkin akan diawasi selama beberapa jam di ruang praktik dokter atau rumah sakit setelah tes. Tenggorokan Anda mungkin terasa sakit selama beberapa jam setelah tes.

Anda juga mungkin tidak dapat mengemudi untuk waktu yang singkat setelah TEE. Dokter akan memberi tahu Anda apakah Anda perlu mengatur perjalanan pulang.

Apa Saja Risiko Ekokardiografi?

Apa Saja Risiko Ekokardiografi? Sumber: foto Angkatan Darat AS oleh Spc. Jazz Burney, Tim Tempur Brigade Infantri ke-3

Ekokardiografi (echo) transtorasik dan janin tidak memiliki risiko. Tes-tes ini aman untuk orang dewasa, anak-anak, dan bayi.

Jika Anda menjalani echo transesofageal (TEE), beberapa risiko dikaitkan dengan obat yang diberikan untuk membantu Anda rileks. Misalnya, Anda mungkin bereaksi buruk terhadap obat, masalah pernapasan, dan nausea (merasa mual).

Tenggorokan Anda juga mungkin terasa sakit selama beberapa jam setelah tes. Jarang, tabung yang digunakan selama TEE menyebabkan cedera tenggorokan ringan.

Echo stres memiliki beberapa risiko, tetapi terkait dengan olahraga atau obat yang digunakan untuk meningkatkan detak jantung Anda, bukan gema. Komplikasi serius dari tes stres sangat tidak umum. Buka artikel Tes Stres Topik Kesehatan untuk informasi lebih lanjut tentang risiko tes itu.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?