Elektrokardiogram

elektrokardiogram

Daftar Isi

Elektrokardiogram (EKG) dapat menunjukkan seberapa cepat jantung Anda berdetak, apakah irama detak jantung Anda stabil atau tidak teratur, dan kekuatan serta waktu dari impuls listrik melewati setiap bagian jantung Anda. Anda mungkin menjalani EKG sebagai bagian dari pemeriksaan rutin untuk skrining penyakit jantung. Tes ini juga digunakan untuk mendeteksi dan mempelajari masalah jantung seperti serangan jantung, aritmia atau detak jantung tidak teratur, dan gagal jantung. Hasil dari tes ini juga dapat menunjukkan gangguan jantung lainnya.

EKG dapat direkam di tempat praktik dokter, fasilitas rawat jalan, di rumah sakit sebelum operasi besar, atau sebagai bagian dari tes stres. Untuk tes tersebut, Anda berbaring diam di atas meja. Seorang perawat atau teknisi akan memasang hingga 12 elektroda ke kulit di dada, lengan, dan kaki Anda. Kulit Anda mungkin perlu dicukur untuk membantu elektroda menempel. Elektroda dihubungkan oleh kabel ke mesin yang merekam aktivitas listrik jantung Anda di kertas grafik atau di komputer. Setelah tes, elektroda akan dilepas.

EKG tidak memiliki risiko serius. EKG tidak mengeluarkan muatan listrik seperti syok. Anda mungkin mengalami sedikit ruam di tempta elektroda melekat pada kulit. Ruam ini biasanya hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Elektrokardiogram?

Pengaturan standar untuk EKG. Sumber: National Heart Lung and Blood Institute (NIH)

Elektrokardiogram, juga disebut EKG atau ECG, adalah tes sederhana, tanpa rasa sakit, yang merekam aktivitas listrik jantung. Untuk memahami tes ini, ada baiknya memahami bagaimana jantung bekerja.

Dengan setiap detak jantung, sinyal listrik menyebar dari bagian atas jantung ke bawah. Saat bergerak, sinyal menyebabkan jantung berkontraksi dan memompa darah. Proses ini berulang dengan setiap detak jantung baru.

Sinyal listrik jantung mengatur irama detak jantung. Untuk informasi dan animasi lebih rinci, lihat Topik Kesehatan artikel Cara Kerja Jantung.

EKG menunjukkan:

  • Seberapa cepat jantung Anda berdetak
  • Apakah irama detak jantung Anda stabil atau tidak teratur
  • Kekuatan dan waktu sinyal listrik saat melewati setiap bagian jantung Anda

Dokter menggunakan EKG untuk mendeteksi dan mempelajari banyak masalah jantung, seperti serangan jantung, aritmia, dan gagal jantung. Hasil tes juga dapat menunjukkan gangguan lain yang mempengaruhi fungsi jantung.

Dokter menggunakan tes yang disebut EKG (elektrokardiogram) untuk membantu mendiagnosis blok jantung. Tes ini mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung. EKG mencatat kekuatan dan waktu sinyal listrik saat melewati jantung.

Data dicatat dalam grafik sehingga dokter Anda dapat mempelajari aktivitas listrik jantung Anda. Bagian berbeda dari grafik menunjukkan setiap langkah dari perjalanan sinyal listrik melalui jantung.

EKG

Gambar menunjukkan pengaturan standar untuk EKG. Dalam gambar A, rekaman irama jantung yang normal menunjukkan pola listrik detak jantung yang teratur. Pada gambar B, seorang pasien berbaring di tempat tidur dengan elektroda EKG yang menempel di dada, lengan atas, dan kaki. Seorang perawat memonitor prosedur tanpa rasa sakit tersebut.

Setiap sinyal listrik dimulai dalam kelompok sel yang disebut simpul sinus atau simpul sinoatrial (SA). Simpul SA terletak di atrium kanan, yang merupakan ruang kanan atas jantung. (Jantung memiliki dua ruang atas dan dua ruang bawah.)

Pada jantung orang dewasa yang sehat saat istirahat, simpul SA mengirim sinyal listrik untuk memulai detak jantung baru 60 hingga 100 kali per menit.

Dari simpul SA, sinyal bergerak melalui atrium kanan dan kiri. Hal ini menyebabkan atrium berkontraksi, yang membantu memindahkan darah ke ruang bawah jantung, ventrikel. Sinyal listrik yang bergerak melalui atrium dicatat sebagai gelombang P pada EKG.

Sinyal listrik melewati antara atrium dan ventrikel melalui sekelompok sel yang disebut simpul atrioventrikular (AV). Sinyal melambat ketika melewati simpul AV. Pelambatan ini memungkinkan ventrikel cukup waktu untuk menyelesaikan pengisian dengan darah. Pada EKG, bagian dari proses ini adalah garis datar antara akhir gelombang P dan awal gelombang Q.

Sinyal listrik kemudian meninggalkan simpul AV dan berjalan di sepanjang jalur yang disebut bundel-Nya (the bundle of His). Dari sana, sinyal bergerak ke cabang bundel kanan dan kiri. Sinyal menyebar dengan cepat di seluruh ventrikel jantung Anda, menyebabkan mereka berkontraksi dan memompa darah ke paru-paru dan seluruh tubuh Anda. Proses ini dicatat sebagai gelombang QRS pada EKG.

Ventrikel kemudian memulihkan keadaan listrik normal mereka (ditampilkan sebagai gelombang T pada EKG). Otot berhenti berkontraksi agar memungkinkan jantung untuk diisi ulang dengan darah. Seluruh proses ini terus berulang dengan setiap detak jantung baru.

Animasi di bawah ini menunjukkan bagaimana sistem listrik jantung Anda bekerja dan bagaimana EKG merekam aktivitas listrik jantung Anda. Klik tombol “mulai” untuk memainkan animasi. Penjelasan tertulis dan lisan disediakan dengan setiap frame. Gunakan tombol di sudut kanan bawah untuk jeda, mulai ulang, atau putar ulang animasi, atau gunakan bilah gulir di bawah tombol untuk bergerak melewati frame.

Animasi ini menunjukkan bagaimana sinyal listrik bergerak melalui jantung Anda dan bagaimana EKG merekam aktivitas listrik jantung Anda.

Nama Lain untuk Elektrokardiogram

Elektrokardiogram juga disebut EKG atau EKG. Kadang-kadang tes ini disebut EKG 12-lead atau EKG 12-lead. Ini karena aktivitas listrik jantung paling sering dicatat dari 12 tempat yang berbeda pada tubuh pada saat yang bersamaan.

Siapa yang Memerlukan Elektrokardiogram?

Elektrokardiogram. Sumber: TheVisualMD

Dokter dapat merekomendasikan elektrokardiogram (EKG) jika Anda memiliki tanda atau gejala yang menunjukkan masalah jantung. Contoh tanda dan gejala tersebut meliputi:

  • Nyeri dada
  • Jantung berdebar, berpacu, atau berdegup , atau perasaan bahwa jantung Anda berdetak tidak beraturan
  • Masalah pernapasan
  • Kelelahan dan kelemahan
  • Suara jantung yang tidak biasa ketika dokter mendengarkan detak jantung Anda

Anda mungkin perlu menjalani lebih dari satu EKG supaya dokter dapat mendiagnosis kondisi jantung tertentu.

EKG juga dapat dilakukan sebagai bagian dari pemeriksaan kesehatan rutin. Tes ini dapat menyaring penyakit jantung awal yang tidak memiliki gejala. Dokter lebih cenderung mencari penyakit jantung dini jika ibu, ayah, saudara laki-laki, atau saudara perempuan Anda menderita penyakit jantung—terutama di awal kehidupan.

Anda mungkin menjalani EKG supaya dokter dapat memeriksa seberapa baik obat jantung atau alat medis, seperti alat pacu jantung, berfungsi. Tes ini juga dapat digunakan untuk pemeriksaan rutin sebelum operasi besar.

Dokter juga dapat menggunakan hasil EKG untuk membantu merencanakan perawatan Anda untuk kondisi jantung.

Apa Saja Risiko Elektrokardiogram?

Elektrokardiogram (EKG). Sumber: TheVisualMD

Elektrokardiogram (EKG) tidak memiliki risiko serius. Ini adalah tes yang tidak berbahaya dan tidak menyakitkan yang mendeteksi aktivitas listrik jantung. EKG tidak mengeluarkan muatan listrik, seperti syok.

Anda dapat mengalami ruam ringan di tempat elektroda (tambalan lunak) dipasang. Ruam ini sering hilang tanpa pengobatan.

Apa yang Diharapkan Sebelum Elektrokardiogram

Fosfor, Fungsi Jantung (EKG). Sumber: TheVisualMD

Anda tidak perlu mengambil langkah khusus sebelum menjalani elektrokardiogram (EKG). Namun, beri tahu dokter Anda atau stafnya tentang obat-obatan yang Anda gunakan. Beberapa obat dapat mempengaruhi hasil EKG.

Apa yang Diharapkan Selama Elektrokardiogram

Elektrokardiogram (EKG) tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya. Seorang perawat atau teknisi akan menempelkan tambalan yang lembut dan lengket yang disebut elektroda pada kulit dada, lengan, dan kaki Anda. Tambalan itu kira-kira seukuran seperempat.

Seringkali, 12 tambalan menempel pada tubuh Anda. Ini membantu mendeteksi aktivitas listrik jantung Anda dari banyak area pada saat yang bersamaan. Perawat mungkin harus mencukur area kulit Anda untuk membantu tambalan menempel.

Setelah tambalan ditempatkan pada kulit Anda, Anda berbaring di atas meja sementara tambalan mendeteksi sinyal listrik jantung Anda. Mesin akan merekam sinyal-sinyal ini di kertas grafik atau menampilkannya di layar.

Seluruh tes akan memakan waktu sekitar 10 menit.

Jenis Khusus Elektrokardiogram

EKG standar yang dijelaskan di atas, disebut resting 12-lead EKG, hanya mencatat detik-detik aktivitas jantung pada suatu waktu. Ini akan menunjukkan masalah jantung hanya jika masalah terjadi selama tes.

Banyak masalah jantung ada sepanjang waktu, dan resting 12-lead EKG akan mendeteksi mereka. Namun, beberapa masalah jantung, seperti yang terkait dengan detak jantung yang tidak beraturan, dapat datang dan pergi. Mereka mungkin terjadi hanya beberapa menit sehari atau hanya saat Anda berolahraga.

Dokter menggunakan EKG khusus, seperti tes stres dan monitor Holter serta monitor event, untuk membantu mendiagnosis masalah-masalah semacam ini.

Tes stres

Beberapa masalah jantung lebih mudah didiagnosis ketika jantung Anda bekerja keras dan berdetak cepat. Selama tes stres, Anda berolahraga untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdegup kencang saat EKG dilakukan. Jika Anda tidak dapat berolahraga, Anda akan diberikan obat untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdetak kencang.

Monitor Holter dan Event

Monitor Holter dan event adalah perangkat kecil dan portabel. Mereka merekam aktivitas listrik jantung Anda saat Anda melakukan kegiatan normal sehari-hari. Monitor Holter mencatat aktivitas listrik jantung Anda selama periode 24 atau 48 jam penuh.

Monitor event merekam aktivitas listrik jantung Anda hanya pada waktu-waktu tertentu saat Anda memakainya. Untuk banyak monitor event, Anda menekan tombol untuk memulai monitor ketika Anda merasakan gejala. Monitor event lain memulai secara otomatis ketika merasakan ritme jantung yang abnormal.

Apa yang Diharapkan Setelah Elektrokardiogram

Apa yang Diharapkan Setelah Elektrokardiogram. Sumber: Derivatif: Hazmat2 Original: Hank van Helvete

Setelah elektrokardiogram (EKG), perawat atau teknisi akan melepaskan elektroda (tambalan lunak) dari kulit Anda. Anda dapat mengalami ruam atau kemerahan di tempat tambalan EKG dipasang. Ruam ringan ini sering hilang tanpa pengobatan.

Anda biasanya dapat kembali ke rutinitas harian Anda yang normal setelah EKG.

Apa yang Diperlihatkan oleh Elektrokardiogram?

Perbandingan EKG Aritmia dan Normal. Sumber: TheVisualMD

Banyak masalah jantung mengubah aktivitas listrik jantung dengan cara yang berbeda. Elektrokardiogram (EKG) dapat membantu mendeteksi masalah jantung ini.

Rekaman EKG dapat membantu dokter mendiagnosis serangan jantung yang sedang berlangsung atau telah terjadi pada masa lalu. Ini terutama berlaku jika dokter dapat membandingkan rekaman EKG saat ini dengan rekaman EKG yang lebih sebelumnya.

EKG juga bisa menunjukkan:

  • Kekurangan aliran darah ke otot jantung (penyakit jantung koroner)
  • Detak jantung yang terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak beraturan (aritmia)
  • Jantung yang tidak memompa cukup kuat (gagal jantung)
  • Otot jantung yang terlalu tebal atau bagian jantung yang terlalu besar (kardiomiopati)
  • Cacat lahir di jantung (cacat jantung kongenital atau bawaan)
  • Masalah dengan katup jantung (penyakit katup jantung)
  • Radang kantung yang mengelilingi jantung (perikarditis)

EKG dapat mengungkapkan apakah detak jantung dimulai di tempat yang benar di jantung. Tes ini juga menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan sinyal listrik untuk melakukan perjalanan melewati jantung. Penundaan waktu perjalanan sinyal dapat menunjukkan adanya blok jantung atau sindrom QT panjang.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?