Kembar Siam

Daftar Isi

Apa Itu Kembar Siam?

Kembar siam adalah dua bayi yang sejak lahir fisiknya berdempetan satu sama lain. Bayi kembar siam berkembang ketika embrio awal untuk membentuk dua individu hanya terpisah sebagian. Meskipun dua janin akan berkembang dari embrio ini, tapi fisik mereka akan tetap berdempet. Biasanya paling sering berdempet di dada, perut, atau panggul, sehingga mereka juga dapat berbagi satu atau lebih organ dalam.

Banyak kasus anak kembar siam lahir mati atau meninggal tak lama setelah dilahirkan. Untungnya saat ini kemajuan dalam pembedahan dan teknologi medis mampu meningkatkan tingkat keberlangsungan hidup bayi kembar siam. 

Beberapa bayi kembar siam yang bertahan hidup bisa dipisahkan melalui tindakan operasi. Tingkat keberhasilan pembedahan tergantung di mana lokasi yang berdempet, organ mana yang dibagi, dan pengalaman tim bedah. 

Sebelum melakukan operasi, bicarakan dengan dokter spesialis bedah anak terlebih dahulu untuk mengetahui efek samping dan tingkat keberhasilan operasi demi meningkatkan kualitas hidup bayi kembar siam Anda. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Penyebab Kembar Siam

Kembar identik atau kembar monozigot terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi akan membelah dan berkembang menjadi dua individu. Lapisan embrio kemudian membelah menjadi kembar monozigot yang berkembang menjadi organ dan struktur tertentu pada 8 hingga 12 hari setelah pembuahan. 

Ketika embrio membelah lebih lambat dari biasanya, yakni sekitar 13 hingga 15 hari setelah pembuahan, pemisahan akan berhenti lebih cepat sebelum prosesnya selesai dengan sempurna. Ini lah yang menyebabkan bayi lahir kembar siam. 

Kasus bayi kembar siam tergolong langka dan penyebabnya belum diketahui secara pasti. Ada pun teori alternatif yang menunjukkan bahwa dua embrio yang sudah terpisah bisa bergabung kembali di tahap awal perkembangan entah bagaimana caranya. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. 

Konsultasi Dokter tentang Kembar Siam

Kembar siam bisa didiagnosis melalui pemeriksaan USG standar di akhir trimester pertama. USG dan ekokardiogram yang lebih mendetail dapat digunakan di pertengahan kehamilan untuk menentukan sejauh mana perkembangan bayi kembar siam dan mengetahui fungsi organ mereka. 

Selain USG, dokter mungkin menggunakan teknologi lainnya seperti magnetic resonance imaging (MRI) untuk memberikan hasil yang lebih detail dan lebih besar tentang di mana lokasi bayi kembar siam berdempet dan organ apa saja yang dibagi. MRI janin dan ekokardiografi janin akan membantu dokter dalam menyusun rencana perawatan selama dan setelah kehamilan. 

Gejala Kembar Siam

Anda mungkin ingin mencegah bayi lahir dalam kondisi kembar siam. Tidak ada tanda atau gejala spesifik yang mengindikasikan kehamilan kembar siam. Layaknya kehamilan kembar lainnya, rahim tumbuh lebih cepat dibandingkan rahim yang mengandung kehamilan tunggal. 

Ibu hamil mungkin lebih sering lelah, mual, dan muntah di awal kehamilan. Kembar siam bisa didiagnosis saat dokter menggunakan USG standar untuk pemeriksaan di awal kehamilan. 

Cara Mengobati Kembar Siam

Metode perawatan kembar siam tergantung pada keadaan bayi, masalah kesehatan yang menyertai, lokasi tubuh yang berdempet, organ yang dibagi, struktur vital lainnya, dan kemungkinan komplikasi. Di bawah ini beberapa cara mengobati kembar siam yang mungkin dianjurkan oleh dokter. 

Pemantauan Selama Kehamilan

Apabila Anda mengandung bayi kembar siam, maka Anda harus mendapatkan pengawasan ketat selama masa kehamilan. Kemungkinan besar Anda akan dirujuk ke dokter kesehatan ibu dan janin yang merupakan spesialis kehamilan berisiko tinggi. Ada pula kemungkinan Anda dirujuk ke spesialis lain, seperti:

  • Spesialis bedah anak.
  • Spesialis bedah kardiovaskular anak.
  • Spesialis bedah ortopedi anak.
  • Spesialis bedah plastik.
  • Spesialis jantung anak.
  • Spesialis urologi anak.
  • Neonatologists.

Dokter dan segenap tim perawatan kesehatan akan mempelajari sebanyak mungkin tentang anatomi, kemampuan fungsional, dan prognosis bayi kembar siam Anda untuk menyusun rencana perawatan terbaik. 

Melahirkan

Dokter akan merencanakan operasi caesar pada 2 hingga 4 minggu sebelum hari perkiraan lahir (HPL) Anda. Setelah bayi kembar siam Anda dilahirkan, mereka akan langsung dievaluasi sepenuhnya. 

Anda dengan bantuan tim perawatan kesehatan dapat memutuskan perawatan untuk bayi kembar siam dan mencari tahu apakah pemisahan dengan tindakan operasi berjalan sesuai rencana. 

Operasi Pemisahan

Tindakan operasi pemisahan adalah prosedur elektif yang biasanya dilakukan 1 tahun atau lebih setelah bayi kembar siam dilahirkan. Pemberian jeda ditujukan untuk perencanaan dan persiapan operasi pemisahan yang matang. 

Terkadang operasi pemisahan darurat diperlukan jika salah satu dari bayi kembar siam meninggal dunia, mengatasi kondisi yang mengancam jiwa atau keberlangsungan hidup salah satu bayi kembar.

Ada begitu banyak faktor kompleks yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menjalani operasi pemisahan. Setiap bayi kembar siam memiliki pertimbangan yang berbeda-beda, tergantung pada anatomi mereka. Masalah yang mungkin menjadi pertimbangan yaitu:

  • Tingkat keberhasilan operasi pemisahan.
  • Apakah mereka berbagi organ vital, seperti jantung?
  • Apakah kondisi mereka cukup sehat untuk operasi pemisahan?
  • Apa tantangan yang akan dihadapi mereka jika dibiarkan menyatu selamanya?
  • Jenis dan tingkat dukungan fungsional yang dibutuhkan setelah operasi pemisahan.
  • Jenis dan tingkat operasi rekonstruktif yang diperlukan untuk setiap bayi kembar setelah operasi pemisahan.

Jika operasi pemisahan tidak memungkinkan atau Anda memutuskan tidak melanjutkan operasi, tim perawatan kesehatan akan membantu dalam memenuhi kebutuhan medis bayi kembar siam Anda. Jika kondisi darurat, perawatan medis seperti nutrisi, cairan, dan pereda nyeri sudah disediakan. 

Estimasi Biaya Berobat Kembar Siam

Biaya yang diperlukan untuk berobat bayi kembar siam sangat bervariasi, tapi Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk biaya operasi pemisahan bayi kembar siam. Ini termasuk biaya konsultasi, pemeriksaan selama kehamilan, selama operasi, hingga pemulihan. 

Untuk menghitung estimasi biaya berobat kembar siam secara keseluruhan di dalam dan luar negeri, hubungi Smarter Health. 

Mencegah Kembar Siam

Hingga saat ini belum ada cara mencegah kembar siam. Anda harus mengetahui bagaimana kembar siam bisa terjadi dan penyebab yang mendasarinya. Kembar siam tidak bisa dikaitkan dengan genetika, kebiasaan ibu, trauma, virus, penyakit, dan sejumlah faktor lainnya.

Karena penyebab bayi kembar siam tidak diketahui, tidak ada pula cara yang diketahui untuk mencegah kelahiran bayi kembar siam atau kembar monozigot. 

Perawatan Pasien Kembar Siam di Rumah

Kehamilan bayi kembar siam sangat rumit dan meningkatkan risiko komplikasi serius. Bayi kembar siam membutuhkan operasi caesar (C-section) untuk dilahirkan, karena anatomi mereka yang berdempet.

Bayi kembar siam kemungkinan besar akan lahir prematur dan salah satu atau keduanya bisa lahir mati atau meninggal setelah dilahirkan. Potensi masalah kesehatan yang parah seperti kesulitan bernapas atau masalah jantung. Ada pun masalah yang mungkin muncul di kemudian hari, seperti skoliosis, cerebral palsy, atau ketidakmampuan belajar.

Komplikasi tergantung pada di mana lokasi tubuh berdempet, organ yang dibagi, dan pengalaman tim perawatan kesehatan. Anda, keluarga, dan tim perawatan kesehatan perlu mendiskusikan secara rinci perihal kemungkinan komplikasi di masa mendatang dan bagaimana mempersiapkannya.

Punya pertanyaan seputar bayi kembar siam? Tulis di kolom komentar atau hubungi dokter spesialis bedah anak di dalam dan luar negeri melalui layanan telekonsultasi Smarter Health. 

Smarter Health siap membantu Anda dalam mengakses layanan kesehatan kapan pun Anda membutuhkannya.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?