Pemindaian Jantung Nuklir

pemindaian jantung nuklir

Daftar Isi

Pada pemindaian jantung nuklir, senyawa pelacak (tracer) disuntikkan ke dalam darah Anda dan mengalir ke jantung Anda. Pemindaian jantung nuklir menggunakan tomografi emisi foton tunggal terkomputeriasai/single photon emission computed tomography (SPECT) atau tomografi emisi positron jantung/cardiac positron emission tomography (PET) untuk mendeteksi energi dari pelacak untuk membuat gambar jantung Anda. Tes pencitraan ini dapat mendeteksi jika darah tidak mengalir ke bagian jantung dan dapat mendiagnosis penyakit jantung koroner. Pemindaian ini juga dapat memeriksa jaringan otot jantung yang rusak atau mati, mungkin akibat serangan jantung sebelumnya, dan menilai seberapa baik jantung Anda memompa darah ke tubuh Anda. Dibandingkan dengan SPECT, PET mengambil gambar yang lebih jelas; namun, kedua opsi dapat digunakan.

Pemindaian jantung nuklir dapat dilakukan di fasilitas pencitraan medis atau rumah sakit. Jantung Anda akan dipantau selama tes ini dengan elektrokardiogram (EKG). Dua set gambar akan diambil, masing-masing membutuhkan waktu 15 hingga 30 menit. Kumpulan foto pertama diambil tepat setelah tes stres olahraga atau obat karena beberapa masalah dapat dideteksi hanya ketika jantung bekerja keras atau berdetak cepat. Jika Anda tidak dapat berolahraga, dokter Anda mungkin memberi Anda obat untuk meningkatkan detak jantung Anda. Sesaat setelah tes stres, pelacak akan disuntikkan ke pembuluh darah di lengan Anda. Mungkin ada memar di tempat suntikan. Anda berbaring diam di atas meja yang meluncur melalui mesin seperti terowongan saat kumpulan gambar pertama diambil. Kumpulan gambar kedua akan diambil pada hari yang sama atau hari berikutnya setelah detak jantung Anda kembali ke tingkat normal.

Pemindaian jantung nuklir memiliki sedikit risiko. Jumlah radiasi dalam tes ini kecil. Dalam kasus yang jarang terjadi, beberapa orang mengalami reaksi alergi yang bisa diobati terhadap pelacak. Jika Anda mengidap penyakit jantung koroner, Anda mungkin mengalami nyeri dada selama tes stres. Obat dapat membantu meredakan nyeri dada Anda. Bicaralah dengan dokter dan teknisi yang melakukan tes tentang apakah Anda sedang atau mungkin hamil. Jika tes ini tidak mendesak, mereka mungkin harus menunggu untuk melakukan tes sampai setelah kehamilan Anda. Biarkan dokter mengetahui apakah Anda menyusui karena radiasi dapat masuk ke dalam ASI Anda. Jika tes ini mendesak, Anda mungkin perlu memompa dan menyimpan cukup ASI selama satu hingga dua hari setelah tes, atau Anda mungkin memberi susu botol kepada bayi Anda untuk saat itu.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Apa Itu Pemindaian Jantung Nuklir?

Pemindaian jantung nuklir adalah tes yang memberikan informasi penting tentang kesehatan jantung Anda.

Untuk tes ini, zat radioaktif aman yang disebut pelacak disuntikkan ke aliran darah Anda melalui pembuluh darah. Pelacak mengalir ke jantung Anda dan melepaskan energi. Kamera khusus di luar tubuh Anda mendeteksi energi dan menggunakannya untuk membuat gambar jantung Anda.

Pemindaian jantung nuklir digunakan untuk tiga tujuan utama:

  • Untuk memeriksa bagaimana darah mengalir ke otot jantung. Jika sebagian dari otot jantung tidak mendapatkan darah, itu mungkin merupakan tanda penyakit jantung koroner (PJK). PJK dapat menyebabkan nyeri dada yang disebut angina, serangan jantung, dan masalah jantung lainnya. Ketika pemindaian jantung nuklir dilakukan untuk tujuan ini, itu disebut pemindaian perfusi miokard.
  • Untuk mencari otot jantung yang rusak. Kerusakan mungkin disebabkan oleh serangan jantung sebelumnya, cedera, infeksi, atau obat-obatan. Ketika pemindaian jantung nuklir dilakukan untuk tujuan ini, itu disebut pengujian viabilitas miokard.
  • Untuk melihat seberapa baik jantung Anda memompa darah ke tubuh Anda. Ketika pemindaian jantung nuklir dilakukan untuk tujuan ini, itu disebut pemindaian fungsi ventrikel.

Biasanya, dua set gambar diambil selama pemindaian jantung nuklir. Set pertama diambil tepat setelah tes stres, sementara jantung Anda berdetak cepat.

Selama tes stres, Anda berolahraga untuk membuat jantung Anda bekerja keras dan berdetak kencang. Jika Anda tidak dapat berolahraga, Anda mungkin diberi obat untuk meningkatkan detak jantung Anda. Ini disebut tes stres farmakologis.

Kumpulan gambar kedua diambil belakangan, saat jantung Anda beristirahat dan berdetak dengan laju normal.

Apa yang Diperlihatkan oleh Pemindaian Jantung Nuklir?

Apa yang Diperlihatkan oleh Pemindaian Jantung Nuklir? Sumber: Kieran Maher

Hasil dari pemindaian jantung nuklir dapat membantu dokter:

  • Mendiagnosis kondisi jantung, seperti penyakit jantung koroner (PJK), dan menentukan perawatan terbaik.
  • Mengelola penyakit jantung tertentu, seperti PJK dan gagal jantung, dan memprediksi kelangsungan hidup jangka pendek atau jangka panjang.
  • Menentukan risiko Anda untuk serangan jantung.
  • Menentukan apakah tes atau prosedur jantung lainnya akan membantu Anda. Contoh dari tes dan prosedur ini termasuk angiografi koroner dan kateterisasi jantung.
  • Menentukan apakah prosedur yang meningkatkan aliran darah ke arteri koroner akan membantu Anda. Contoh dari prosedur ini termasuk intervensi koroner perkutan, juga dikenal sebagai angioplasti koroner, dan coronary artery bypass grafting (CABG).
  • Memantau prosedur atau operasi yang telah dilakukan, seperti CABG atau transplantasi jantung.

Apa Saja Risiko Pemindaian Jantung Nuklir?

Oblik anterior kanan Jantung Manusia. Sumber: Patrick J. Lynch, ilustrator medis

Pelacak radioaktif yang digunakan selama pemindaian jantung nuklir memaparkan tubuh ke jumlah radiasi yang sangat kecil. Tidak ada efek jangka panjang yang dilaporkan dari dosis ini.

Dosis radiasi mungkin menjadi kekhawatiran bagi orang yang membutuhkan banyak pemindaian. Namun, kemajuan dalam perangkat keras dan perangkat lunak dapat sangat mengurangi dosis radiasi yang diterima orang.

Beberapa orang alergi terhadap pelacak radioaktif, tetapi ini jarang terjadi.

Jika Anda mengidap penyakit jantung koroner, Anda mungkin mengalami nyeri dada selama tes stres saat Anda sedang berolahraga atau minum obat untuk meningkatkan detak jantung Anda. Obat dapat meringankan gejala ini.

Jika Anda hamil, beri tahu dokter atau teknisi sebelum pemindaian. Pemindaian mungkin ditunda sampai setelah kehamilan.

Apa yang Diharapkan Sebelum Pemindaian Jantung Nuklir?

Tomorgrafi emisi foton tunggal terkomputerisasi. Sumber: Patrick J. Lynch, ilustrator medis; C. Carl Jaffe, MD, ahli jantung

Pemindaian jantung nuklir membutuhkan banyak waktu. Kebanyakan pemindaian memakan waktu antara 2-5 jam, terutama jika dokter membutuhkan dua set gambar.

Diskusikan dengan dokter bagaimana pemindaian jantung nuklir dilakukan. Bicarakan dengannya tentang kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk masalah kesehatan seperti asma, PPOK (penyakit paru obstruktif kronik), diabetes, dan penyakit ginjal.

Jika Anda mengidap penyakit paru-paru atau diabetes, dokter akan memberi Anda instruksi khusus sebelum pemindaian jantung nuklir.

Jika Anda menjalani tes stres sebagai bagian dari pemindaian jantung nuklir, kenakan sepatu yang nyaman dan pakaian longgar untuk tes tersebut. Anda mungkin diminta untuk mengenakan gaun rumah sakit selama tes.

Biarkan dokter mengetahui tentang obat apa pun yang Anda gunakan, termasuk obat resep dan obat bebas, vitamin, mineral, dan suplemen lainnya. Beberapa obat-obatan dan suplemen dapat mengganggu obat-obatan yang mungkin digunakan selama tes stres untuk meningkatkan detak jantung Anda.

Apa yang Diharapkan Selama Pemindaian Jantung Nuklir?

Apa Itu Tes Stres? Sumber: National Heart Lung and Blood Institute (NIH)

Apa yang Diharapkan Selama Pemindaian Jantung Nuklir

Banyak pusat pengobatan nuklir berlokasi di rumah sakit. Seorang dokter yang memiliki pelatihan khusus dalam pemindaian jantung nuklir—seorang ahli jantung atau ahli radiologi—akan mengawasi tes tersebut. Kardiolog adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam mendiagnosis dan mengobati masalah jantung. Ahli radiologi adalah dokter yang memiliki pelatihan khusus dalam teknik pencitraan medis.

Sebelum tes dimulai, dokter atau teknisi akan menggunakan jarum untuk memasukkan saluran intravena (IV) ke pembuluh darah di lengan Anda. Melalui saluran infus ini, dia akan memasukkan pelacak radioaktif ke aliran darah Anda pada saat yang tepat. Juga akan dipasang tambalan (patch) EKG (elektrokardiogram) pada tubuh Anda untuk memeriksa denyut jantung Anda selama tes. (EKG adalah tes sederhana yang mendeteksi dan mencatat aktivitas listrik jantung.)

Selama Tes Stres

Jika Anda menjalani tes stres olahraga sebagai bagian dari pemindaian nuklir Anda, Anda akan berjalan di atas treadmill atau mengayuh sepeda statis. Selama waktu ini, Anda akan dihubungkan dengan EKG dan monitor tekanan darah.

Dokter akan meminta Anda untuk berolahraga sampai Anda terlalu lelah untuk melanjutkan, sesak napas, atau mengalami nyeri dada atau kaki. Anda dapat berharap bahwa jantung Anda akan berdetak lebih cepat, Anda akan bernapas lebih cepat, tekanan darah Anda akan meningkat, dan Anda akan berkeringat. Katakan kepada dokter jika Anda mengalami nyeri dada, lengan, atau rahang atau ketidaknyamanan. Juga, laporkan setiappening, pusing, atau gejala-gejala tidak biasa lainnya.

Jika Anda tidak dapat berolahraga, dokter mungkin memberi Anda obat untuk meningkatkan detak jantung Anda. Ini disebut tes stres farmakologis. Obatnya mungkin membuat Anda merasa cemas, sakit, pusing, atau gemetar untuk waktu yang singkat. Jika efek sampingnya parah, dokter mungkin memberi Anda obat lain untuk meredakan gejala.

Sebelum tes stress olahraga atau farmakologis berakhir, pelacak disuntikkan melalui saluran infus.

Selama Pemindaian Jantung Nuklir

Pemindaian jantung nuklir akan segera dimulai setelah tes stres. Anda berbaring diam di atas meja empuk. Kamera pemindai jantung nuklir, yang disebut kamera gamma, tertutup dalam rumah logam. Kamera dapat diletakkan di beberapa posisi di seputar tubuh Anda saat Anda berbaring di atas meja empuk.

Untuk beberapa pemindaian jantung nuklir, rumah logam berbentuk seperti donat (dengan lubang di tengah). Anda berbaring di atas meja yang perlahan bergerak melewati lubang. Komputer di dekat Anda atau di ruangan lain mengumpulkan foto-foto jantung Anda. Biasanya, dua set gambar diambil. Satu akan diambil tepat setelah tes stres dan yang satu lagi akan diambil setelah istirahat. Gambar-gambar mungkin diambil semua dalam 1 hari atau lebih dari 2 hari. Setiap set gambar membutuhkan waktu sekitar 15–30 menit.

Beberapa orang merasa sulit untuk tetap berada di satu posisi selama tes. Orang lain mungkin merasa cemas saat berbaring di pemindai berbentuk donat. Meja mungkin terasa keras, dan ruangan mungkin terasa dingin karena AC yang diperlukan untuk memelihara mesin. Biarkan dokter atau teknisi mengetahui apa yang Anda rasakan selama tes sehingga ia dapat merespons sesuai kebutuhan.

Apa yang Diharapkan Setelah Pemindaian Jantung Nuklir?

Tes Stres Nuklir. Sumber: Sincefalastrum

Dokter mungkin meminta Anda untuk kembali ke pusat pengobatan nuklir pada hari kedua untuk lebih banyak gambar. Pasien rawat jalan akan diizinkan pulang setelah pemindaian atau meninggalkan pusat pengobatan nuklir di antara kedua pemindaian.

Kebanyakan orang dapat kembali ke rutinitas harian mereka setelah pemindaian jantung nuklir. Radioaktivitas secara alami akan meninggalkan tubuh Anda di dalam urin atau tinja. Sangat membantu untuk minum banyak cairan setelah tes, seperti saran dokter Anda.

Ahli jantung atau ahli radiologi akan membaca dan menafsirkan hasil tes Anda. Ia akan melaporkan hasilnya kepada dokter Anda, yang akan menghubungi Anda untuk mendiskusikannya. Atau, ahli jantung atau ahli radiologi dapat menghubungi Anda secara langsung untuk membahas hasilnya.

Sumber: StoryMD

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?