Rontgen Gigi

Daftar Isi

Rontgen gigi atau juga disebut dengan dental radiography adalah sebuah prosedur pengambilan citra dengan menggunakan sinar-x.

Sinar-x membantu dokter gigi menentukan apakah pasien memiliki karies gigi, penyakit periodontal (gusi), abses atau pertumbuhan abnormal, seperti tumor atau kista. Rontgen gigi juga menunjukkan lokasi dan kondisi gigi impaksi. 

Melakukan rontgen gigi penting dilakukan untuk mendiagnosis kondisi gigi pasien demi menentukan tindakan medis atau pengobatan yang cocok.

Pada praktiknya, rontgen gigi dioperasikan oleh pekerja medis yang telah berpengalaman dan memiliki sertifikat pendidikan dental radiografi.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Tujuan Rontgen Gigi

Tujuan utama rontgen gigi untuk mendapatkan gambar yang tidak bisa ditangkap dengan mata telanjang. Rontgen gigi umumnya dilakukan setelah pasien melakukan konsultasi ke dokter spesialis gigi

Bila dokter merasa ada gejala penyakit yang perlu diteliti lebih lanjut, maka dokter akan meminta pasien untuk melakukan rontgen gigi di tempat yang dirujuk dokter bila rumah sakit atau klinik dokter tersebut tidak memiliki alat rontgen gigi.

Siapa Saja yang Membutuhkan Rontgen Gigi

Pasien dengan kondisi gigi yang sehat bisa saja melakukan rontgen gigi sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit di gigi dan mulut. 

Namun umumnya prosedur rontgen gigi dilakukan oleh pasien yang memiliki potensi penyakit terhadap giginya. Rontgen gigi diperlukan untuk mendeteksi penyakit- penyakit seperti:

  • Keropos tulang di rahang.
  • Karies di bawah tambalan.
  • Kista dan beberapa jenis tumor.
  • Karies, terutama karies kecil di antara gigi.
  • Abses (infeksi pada akar gigi atau di antara gusi dan gigi).
  • Adanya perubahan pada tulang atau saluran akar karena infeksi.
  • Mengetahui kondisi dan posisi gigi untuk membantu mempersiapkan implan gigi, kawat gigi, gigi palsu, atau prosedur gigi lainnya.

Rontgen gigi juga diperlukan oleh anak-anak untuk menginformasikan beberapa kondisi seperti karies yang berkembang, menganalisa jika mulut mencukupi untuk tumbuhnya gigi secara lengkap, Jika gigi bungsu telah berkembang dan jika gigi mengalami benturan (tidak dapat keluar melalui gusi).

Estimasi Biaya Rontgen Gigi

Biaya untuk rontgen gigi bervariasi tiap rumah sakit dan klinik. Di Indonesia, umumnya kisaran biaya rontgen gigi mulai dari Rp100.000. Namun, biaya tersebut tergantung dari alat dan layanan yang ditawarkan serta metode yang digunakan.

Untuk estimasi biaya rontgen gigi lebih akurat di dalam atau luar negeri, hubungi Smarter Health.

Sebelum Melakukan Rontgen Gigi

Rontgen gigi tidak memerlukan persiapan khusus bagi pasien. Satu-satunya hal yang pasien perlu lakukan adalah menyikat gigi sebelum janji temu. 

Itu dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih higienis bagi mereka yang melakukan prosedur rontgen gigi.

Selama Melakukan Rontgen Gigi

Dalam prosedur rontgen gigi, terdapat beberapa metode yang berpengaruh pada hasil rontgen itu sendiri. Metode rontgen gigi ditentukan berdasarkan kebutuhan pasien. 

Masing-masing metode memiliki cara prosedur yang berbeda juga. Metode tersebut antara lain:

  • Intraoral 
    Umumnya lebih detail daripada rontgen ekstraoral dan dimaksudkan untuk mendeteksi keberadaan gigi berlubang, memeriksa akar gigi dan tulang di sekitarnya, memantau pertumbuhan gigi, dan mendapatkan informasi tentang kesehatan gigi umum pasien. Jenis-jenis rontgen gigi intraoral termasuk:
    • Bitewing: Memperlihatkan detail gigi atas dan bawah di satu area mulut. Prosedur ini menunjukkan gigi dari mahkotanya (permukaan yang terbuka) ke tingkat tulang pendukung. Rontgen gigi bitewing mendeteksi kerusakan di antara gigi dan perubahan ketebalan tulang yang disebabkan oleh penyakit gusi. Rontgen gigi bitewing juga dapat membantu menentukan ukuran yang tepat dari mahkota gigi (bagian atas yang mengelilingi gigi) atau perbaikan lainnya (seperti dental bridges). Metode ini juga dapat melihat keausan atau kerusakan dari tambalan gigi.
    • Periapikal (Periapical) menunjukkan gigi secara keseluruhan, dari mahkota hingga ke akar tempat gigi menempel di rahang. Setiap rontgen periapikal menunjukkan semua gigi dalam satu bagian rahang atas atau bawah. Rontgen periapikal mendeteksi adanya perubahan yang tidak biasa pada akar dan struktur tulang di sekitarnya.
    • Oklusal (Occlusal) melacak perkembangan dan penempatan seluruh lengkung gigi di rahang atas atau bawah.
  • Ekstraoral
    Ekstraoral dapat berguna dalam mengidentifikasi keberadaan dan posisi gigi yang terimpaksi. Beberapa profesional medis juga menggunakan prosedur ini untuk mendiagnosis tumor di dalam mulut dan struktur di sekitarnya. 
    • Panoramik menunjukkan seluruh area mulut yaitu semua gigi di rahang atas dan bawah pada satu rontgen. Metode ini mendeteksi posisi gigi yang sudah muncul secara seutuhnya, dapat melihat impaksi gigi dan membantu diagnosis tumor.
    • Tomogram menunjukkan lapisan atau “irisan” tertentu pada mulut dan mengaburkan lapisan lainnya. Rontgen ini meneliti struktur yang sulit untuk dilihat dengan jelas karena struktur terdekat lainnya menghalangi pandangan.
    • Sefalometrik (Cephalometric) menunjukkan seluruh sisi kepala. Rontgen ini melihat keterhubungan gigi dengan rahang. Dokter menggunakan metode ini untuk melakukan penyesuaian gigi yang spesifik.
    • Sialogram menggunakan pewarna yang disuntikkan ke kelenjar ludah sehingga kelenjar ludah dapat dilihat pada rontgen. Hal ini dilakukan karena kelenjar ludah adalah jaringan lunak yang tidak akan terlihat dengan sinar-x. Dokter mungkin memerintahkan tes ini untuk mencari masalah di kelenjar ludah, seperti penyumbatan, atau sindrom Sjogren, gangguan dengan gejala termasuk mulut kering dan mata kering; Gangguan ini dapat berperan dalam kerusakan gigi.

Pada saat prosedur pengambilan gambar rontgen, pasien umumnya berada dalam posisi duduk di kursi dengan alat rontgen menghadap ke arah mulut, sementara dokter atau tenaga medis terlatih melakukan tangkapan gambar ke arah mulut pasien. 

Beberapa metode seperti bitewing mengharuskan pasien untuk menggigit semacam kertas khusus. 

Sesudah Melakukan Rontgen Gigi

Bila pasien telah selesai melakukan prosedur rontgen gigi, maka pasien perlu menunggu hasil dari gambar tersebut. Bila dokter dan tempat prosedur rontgen gigi berada di lokasi yang berbeda, maka pasien akan perlu menunggu waktu yang lebih lama untuk menunggu hasil diagnosis dari dokter. 

Ketika gambar sudah diterima oleh dokter, maka dokter akan melakukan pertemuan kembali untuk mendiskusikan hasil diagnosis pasien.

Memahami Hasil Rontgen Gigi

Hasil yang didapat dari rontgen gigi dapat menentukan tindakan dokter selanjutnya. Bila hasil dari rontgen menunjukkan gejala yang serius, maka pasien harus bersiap-siap menjalani prosedur medis lainnya demi mendapatkan kesehatan gigi dan mulut yang ideal. 

Keuntungan dan Resiko Rontgen Gigi

Keuntungan utama dari rontgen gigi adalah kemungkinan dokter melakukan diagnosis dan tindakan yang tepat karena dapat melihat bagian-bagian di gigi dan mulut yang tidak terlihat dengan pemeriksaan menggunakan mata telanjang. 

Rontgen gigi juga bisa berguna sebagai metode pencegahan. Beberapa dokter menyarankan pasien untuk melakukan rontgen gigi rutin tiap tahun. 

Resiko rontgen gigi hampir sama seperti risiko pada prosedur radiologi lainnya, yaitu terkena paparan sinar-x. Namun, rontgen gigi menggunakan tingkat radiasi yang sangat rendah sehingga dianggap aman untuk anak-anak dan orang dewasa. 

Jika rontgen menggunakan sinar-x digital ketimbang menggunakan film, risiko dari paparan radiasi bahkan lebih rendah. Namun hal tersebut perlu pengecualian bila pasien sedang mengandung karena sinar-x dianggap berbahaya bagi wanita yang sedang mengandung, bahkan dengan tingkat radiasi yang sangat kecil sekalipun. 

Terdapat laporan bahwa rontgen gigi berpotensi meningkatkan resiko terhadap kanker tiroid.

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?