diet kesuburan pria

Diet Kesuburan Pria: Cara Alami Meningkatkan Kualitas Sperma

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Menikah bertahun-tahun tapi belum dikaruniai anak? 

Ketika itu terjadi, banyak yang mempertanyakan kesuburan wanita, padahal kesuburan pria juga berkontribusi pada gangguan sulit hamil

Untuk para suami, ada cara sederhana yang alami untuk mendukung istri menjadi hamil, yaitu dengan diet kesuburan atau diet vitalitas.

Berbeda dengan diet lainnya, seperti diet vegan, diet nabati atau diet keto, diet kesuburan atau vitalitas bertujuan meningkatkan kualitas sperma.

Menjalani diet vitalitas bukan berarti kualitas sperma Anda rendah. Hubungi dokter spesialis sistem reproduksi pria (andrologi) untuk mengukur kualitas sperma.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Rekomendasi Makanan Diet Kesuburan Pria

Menjalankan diet, artinya Anda harus konsisten memilih asupan makanan. Sebab, makanan memengaruhi kualitas sperma. 

Berikut makanan peningkat kualitas sperma atau kesuburan pria:

makanan diet kesuburan
  • Zinc, pria yang mengalami gangguan kesuburan cenderung memiliki kadar mineral yang lebih rendah daripada pria yang subur. Maka dari itu, perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zinc yang banyak terdapat pada daging sapi, daging ayam, dan kacang-kacangan. 
  • Asam folat, adalah nama lain vitamin B9 yang termasuk ke dalam jenis vitamin B kompleks yang terpercaya untuk menjaga kualitas sperma. Untuk meningkatkan kadar asam folat di dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, roti, atau pasta.
  • Vitamin B12, adalah nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sperma secara keseluruhan, karena vitamin B12 bisa meningkatkan jumlah sperma dan mengurangi risiko kerusakan DNA sperma. Orang yang sedang menjalani diet vegan dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan seperti daging, ikan, unggas, telur, dan susu yang sebenarnya mengandung vitamin B12. Lain halnya jika Anda ingin melakukan diet vitalitas pria, Anda sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.
  • Vitamin C, adalah antioksidan yang dipercaya memberikan efek baik pada kesuburan pria. Meningkatkan asupan vitamin C telah terbukti dapat meningkatkan motilitas dan jumlah sperma. Untuk mendapat vitamin C, Anda dapat menambah asupan dengan makan buah jeruk, kiwi, stroberi, blewah dan sayur-sayuran seperti tomat, brokoli, serta kubis.
  • Vitamin D, adalah vitamin yang dipercaya dalam meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan motilitas sperma. Namun, kekurangan vitamin D bukan berarti kualitas sperma Anda buruk kok. Anda dapat menambah asupan vitamin D dengan makan ikan salmon, ikan tuna, hati sapi, keju, kuning telur, susu, atau jamur. 
  • Vitamin E,  bersama antioksidan lainnya, vitamin E dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan. Makanan yang mengandung vitamin E antara lain jagung, minyak kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, dan jus. 
  • Asam lemak Omega-3, memiliki manfaat kesehatan yang sangat luas, termasuk kesehatan sperma. Anda dapat menambah asupan dengan makan ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, telur, atau yogurt
  • Asam aspartat, adalah asam amino yang melibatkan pengaturan hormon seks pria, seperti testosteron. Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam aspartat dapat meningkatkan konsentrasi sperma. Beberapa contoh makanan yang mengandung asam aspartat yakni daging, unggas, telur, susu, keju, biji-bijian, gandum, beras, sereal, pasta, buah segar, dan buah kering.

Pantangan Makanan Diet Kesuburan Pria

Demi memaksimalkan kesuburan pria, ada beberapa makanan dan minuman yang harus Anda hindari seperti:

makanan yang dihindari ketika diet kesuburan
  • Lemak, gula, dan protein hewani. Kelebihan lemak, gula, dan protein hewani dapat mengganggu kesuburan pria. Sebenarnya boleh saja asalkan tidak dikonsumsi secara berlebih, karena makan terlalu banyak lemak dan gula adalah racun bagi sperma. 
  • Kedelai. hindari makanan yang mengandung kedelai dalam jumlah tinggi, karena kedelai mengandung estrogen yang dapat mengganggu fungsi sperma. 
  • Alkohol. Minum alkohol dalam jumlah tinggi sangat buruk untuk kesehatan dan kesuburan. 

Gejala Kesuburan Pria Bermasalah

Di dalam beberapa kasus, masalah kesuburan dapat dilihat dari hormon yang tidak seimbang, dan pelebaran pembuluh darah di area testis yang menghalangi aliran sperma. 

Berikut beberapa gejala yang terkait dengan kesuburan pria seperti:

  • Hilangnya hasrat seksual.
  • Mengalami disfungsi ereksi.
  • Pertumbuhan payudara yang abnormal.
  • Area testis terasa nyeri, bengkak, atau benjol.
  • Jumlah sperma yang lebih rendah dari pria sehat.
  • Pertumbuhan rambut wajah atau tubuh menurun.
  • Sulit melakukan ejakulasi dengan sedikitnya cairan ejakulasi.

Gaya Hidup Memengaruhi Kesuburan Pria

Masalah kesuburan pria yang paling sering ditemui adalah jumlah sperma yang rendah, kelainan sperma, dan kadar testosteron yang rendah. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat atau adanya gangguan medis tertentu seperti infeksi dan masalah ejakulasi. 

Faktor yang memengaruhi gangguan kesuburan pria meliputi:

  • Penggunaan obat terlarang. Tahukah Anda bahwa penggunaan obat-obatan terlarang dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma Anda? Hal ini dapat menyebabkan testis menyusut dan produksi sperma menurun. 
  • Penggunaan alkohol. Sering minum alkohol dapat menurunkan kadar testosteron dan menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi dan penurunan produksi sperma. Selain itu, sering minum alkohol juga berisiko menimbulkan penyakit hati sehingga akan berpengaruh pada vitalitas pria. 
  • Merokok. Pria yang sehari-hari merokok tembakau dan elektrik mungkin memiliki jumlah sperma yang lebih rendah daripada pria yang tidak merokok. Akan tetapi, perokok pasif juga memiliki risiko gangguan kesuburan. 
  • Stres emosional. Selain mengganggu psikis, stres emosional juga dapat mengganggu hormon tertentu yang dibutuhkan untuk memproduksi sperma. Mengalami stres emosional secara berkepanjangan akan menjadi penyebab masalah kesuburan yang harus segera diatasi. Terutama jika Anda sedang melakukan program hamil dengan pasangan. 
  • Depresi. Kemungkinan terjadinya kehamilan akan semakin rendah jika pria mengalami depresi berat. Terjadinya disfungsi seksual karena kurangnya libido, disfungsi ereksi atau ejakulasi yang terhambat sangat sulit untuk dihindari. 
  • Obesitas. Berat badan berlebih dapat merusak kesuburan akibat terjadinya perubahan hormon. 

Dampak Tidak Menjaga Kesuburan dengan Baik

Gaya hidup dan kesuburan pria sangat berkaitan erat satu sama lain, seperti obesitas, gizi buruk, kurang olahraga, atau merokok akan memengaruhi kualitas sperma yang nantinya akan berdampak pada saat proses pembuahan dan risiko keguguran kandungan. 

Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi bahwa gangguan kesuburan pria bisa diwariskan kepada keturunan berikutnya dengan memengaruhi perkembangan dan kesehatan jangka panjang. Ada pun risiko kanker, cacat lahir, dan dampak negatif lain bagi kesehatan anak. Tidak ada salahnya mulai menerapkan gaya hidup sehat demi kesejahteraan calon anak di masa depan, kan?

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?