struktur organ jantung

Diet, Penyakit Jantung dan Transplantasi Jantung: Wawancara bersama Dr Lim Choon Pin

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Telah terjadi peningkatan signifikan pada penyakit kardiovaskular di Asia Tenggara. Pelaku utamanya di sini adalah kebiasaan makan dan gaya hidup tidak sehat. Apa pendapat Anda mengenai topik ini? Apakah kita menyepelekan masalah yang kompleks? Apa peran yang dimainkan stres di sini?

Saya pikir apa yang dikatakan para dokter adalah benar. Mereka bilang, “Kita adalah apa yang kita makan”, dan diet buruk kita telah menyebabkan kondisi-kondisi seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Ketiganya adalah faktor resiko terbesar untuk penyakit kardiovaskular dan sering menjadi konsekuensi dari pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Faktor resiko yang lain adalah merokok. Seorang perokok memiliki peluang dua kali lipat lebih besar untuk mengalami serangan jantung dibandingkan dengan non-perokok. Banyak orang juga menjalani gaya hidup sedentari yang juga meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kebanyakan orang berpikir bahwa stres memainkan peran besar di sini karena bisa menyebabkan tekanan darah naik dan detak jantung semakin cepat. Sebagian besar dokter percaya bahwa stres memang berkontribusi pada penyakit kardiovaskular, meskipun sulit dibuktikan. Ini sesederhana karena sulit untuk mengukur kuantitas stres sehingga sulit untuk menentukan dampaknya bagi tubuh.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Pasien mana yang paling rentan terhadap penyakit jantung? Apakah keturunan memiliki peran besar dalam menentukan kesehatan jantung kita?

Pasien dengan faktor resiko seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan juga mereka yang merokok adalah kelompok yang paling rentan terhadap penyakit jantung. Keturunan sayangnya juga memiliki peran dalam menentukan kesehatan jantung Anda. Memiliki kerabat tingkat pertama yang menderita penyakit jantung koroner di usia muda sangat mempengaruhi Anda untuk menderita penyakit yang sama. Di Asia, penelitian telah menunjukkan bahwa etnis India dan Asia Tenggara berada pada peningkatan resiko lima kali lipat lebih besar jika dibandingkan dengan ras China.

Jika Anda memiliki satu saran yang berkaitan dengan kesehatan, sebagai seorang dokter ahli jantung, apakah itu?

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Penyakit jantung, meskipun tidak 100% dapat dicegah, masih bisa dirawat. Kita harus mulai lebih dini dengan memperbaiki pilihan gaya hidup kita dan melakukan latihan fisik secara rutin sejak usia muda. Melakukan latihan fisik ringan selama 30 menit setidaknya 5 kali dalam seminggu sudah cukup. Kita juga harus menjalani medical check-up rutin untuk melacak tekanan darah kita, tingkat kolesterol dan gula darah.

Salah satu sub-spesialisasi Anda adalah transplantasi jantung. Prosesnya bisa sangat melelahkan bagi pasien. Apa yang ingin Anda sampaikan pada pasien yang sedang menunggu transplantasi jantung?

Transplantasi jantung adalah operasi resiko tinggi dan dilakukan pada pasien yang sakit parah dengan gagal jantung tingkat lanjut. Namun, transplantasi jantung dapat menawarkan kualitas hidup yang secara signifikan lebih baik bagi pasien gagal jantung. Saya akan mendorong semua calon pasien transplantasi jantung untuk melihat puluhan ribu pasien di masa lampau yang telah sukses menjalani operasi ini sebagai inspirasi dan motivasi.

Rasio transplantasi jantung di dunia tidak mencapai kemajuan sama sekali dalam waktu 20 tahun terakhir. Ini karena keterbatasan suplai donor organ yang sehat. Disebabkan oleh populasi yang menua, lebih banyak orang menderita penyakit kardiovaskular dan rasio harapan hidup yang semakin baik karena kemajuan dalam bidang medis dan teknologi.

Salah satu metode perawatan yang paling dipercaya untuk gagal jantung tahap akhir beberapa tahun terakhir ini adalah Ventricular Assist Devices (VAD), atau yang lebih dikenal dengan pompa jantung buatan. VAD diimplan ke jantung dan fungsi utamanya adalah untuk memompa darah keluar dari jantung menuju seluruh tubuh. Dengan VAD pasien memiliki 80% kesempatan untuk bertahan hidup lebih dari 2 tahun, berdasarkan statistik data dari seluruh dunia. Di Singapura, pasien yang menggunakan VAD memiliki kesempatan bertahan hidup selama lebih dari 4 tahun.

Apa aspek yang paling menantang selama menjadi dokter ahli jantung?

Saya telah menyaksikan banyak pasien yang berada di ujung kematian. Sangat menyayat hati rasanya ketika kita tidak dapat menyelamatkan seorang pasien meski telah berusaha keras. Di sisi lain, sangatlah membahagiakan ketika seorang pasien mampu bertahan hidup dan pulih sepenuhnya. Saya pikir bagian yang paling menantang dalam bekerja sebagai seorang dokter ahli jantung adalah melalui berbagai situasi kritis bersama pasien, menjaga emosi saya tetap terkendali dan tidak membiarkannya mempengaruhi objektivitas saya.


dr. Lim Choon Pin adalah dokter spesialis jantung di Singapura. Diterjemahkan dari artikel Diet control, Heart Disease and Heart Transplant: An Interview with Dr Lim Choon Pin.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

  • Rekomendasi dokter/rumah sakit
  • Buat janji dokter spesialis
  • Hitung estimasi biaya berobat
  • Cari paket medical check up

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda