Gusi Anda Bengkak? Coba Atasi dengan 14 Bahan Alami

Gusi Bengkak? Atasi dengan 14 Bahan Alami Berikut

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Selain menimbulkan ketidaknyamanan, kondisi gusi bengkak juga dapat merambat menjadi masalah kesehatan baru jika tidak ditangani. Misalnya, mempengaruhi jaringan gusi serta tulang yang menopang gigi. Gusi yang membengkak juga dapat terus membesar hingga menutupi gigi.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menangani pembengkakan pada gusi hingga tuntas.

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ketahui fakta-fakta tentang pembengkakan pada gusi berikut ini.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Penyebab Gusi Bengkak

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi, seperti infeksi. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi pada gusi dan membuat gusi membesar adalah:

  • Menyikat gigi terlalu keras sehingga jaringan gusi rusak
  • Penumpukan plak pada gigi
  • Infeksi virus atau jamur
  • Kebiasaan merokok
  • Peradangan pada gusi atau gingivitis
  • Kekurangan gizi atau secara spesifik vitamin B dan vitamin C 
  • Pemasangan gigi palsu, kawat gigi, serta perlengkapan gigi lain yang kurang tepat
  • Gigi yang sensitif
  • Sariawan yang dipicu dengan gangguan sistem imun serta infeksi dari bakteri atau virus lain
  • Penggunaan produk pasta gigi atau cairan kumur tertentu
  • Perubahan hormon pada kehamilan dan menyebabkan gusi rentan mengalami iritasi
  • Konsumsi obat-obatan seperti kontrasepsi hormonal, obat antiepilepsi, kortikosteroid serta obat penghambat saluran kalsium

Cara Mencegah Gusi Bengkak

Hal paling mudah yang dapat mencegah pembengkakan pada gusi adalah dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sikat gigi 2 kali sehari secara rutin serta gunakan benang gigi jika ada sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, ikuti cara-cara berikut ini untuk mencegah pembengkakan pada gusi:

  • Ganti pasta gigi sesuai kondisi gigi. Jika Anda memiliki gigi sensitif, gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.
  • Banyak minum air putih. Air putih dapat menyeimbangkan tingkat produksi air liur dalam mulut. Produksi air liur yang terjaga bermanfaat untuk menetralkan asam di mulut yang dapat merusak gusi.
  • Hentikan kebiasaan merokok. Merokok dapat menyebabkan gigi menguning, gusi membengkak, serta bibir menghitam. Dalam jangka panjang, merokok dapat meningkatkan risiko terkena penyakit gusi dan kanker mulut.
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Jaga agar asupan nutrisi tubuh tetap seimbang.
  • Selektif mengonsumsi makanan. Hindari makanan yang mudah tersangkut pada celah antara gigi dan gusi seperti jagung manis dan popcorn. Hindari juga makanan yang terlalu manis atau asam karena dapat memicu kerusakan pada gigi.
  • Rutin konsultasi ke dokter gigi. Untuk rekomendasi rumah sakit serta membuat janji dengan dokter baik di dalam maupun luar negeri, hubungi Smarter Health.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Bahan Alami

Jika gusi Anda bengkak, jangan panik karena pembengkakan pada gusi dapat diatasi dengan penggunaan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Ikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi pembengkakan pada gusi:

Kumur dengan air garam

Siapkan segelas air hangat dan campurkan dengan satu sendok garam. Aduk rata, kemudian gunakan air campuran garam tersebut untuk berkumur. Gunakan hingga 3 kali sehari hingga pembengkakan mereda.

Kumur dengan lemon

Salah satu penyebab pembengkakan pada gusi adalah bakteri. Lemon secara natural bersifat asam sehingga memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri dan mencegah gigi berlubang. Kandungan asam pada lemon juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam mulut. Campurkan air perasan lemon dengan air hangat dan kumur-kumur 3 kali sehari.

Kumur dengan daun jambu biji

Daun jambu biji mengandung properti anti bakteria yang dapat menjaga kesehatan mulut. Cara mengolah daun jambu biji adalah dengan merebusnya dalam air mendidih dan menggunakan air hasil rebusannya untuk berkumur.

Kumur dengan air serai 

Rebus 2 tangkai serai pada air mendidih kemudian gunakan air hasil rebusan untuk berkumur. Air serai juga dapat meredakan pembengkakan pada gusi.

Kumur dengan air jahe

Kandungan anti bakteri juga didapatkan pada jahe. Kandungan ini dapat membantu membasmi bakteri penyebab pembengkakan pada gusi. Peras jahe dan gunakan air perasannya untuk berkumur.

Kumur dengan air kelapa

Air kelapa juga memiliki properti antiseptik alami dan dapat membantu mengatasi pembengkakan pada gusi.  Gunakan air kelapa untuk berkumur setelah menyikat gigi.

Kompres gusi yang bengkak

Untuk mengatasi gusi yang bengkak, Anda dapat mengompres dengan es batu maupun air hangat dengan menyesuaikan gejala yang dirasakan. Jika gusi bengkak tidak disertai nyeri, kompreslah dengan es batu. Jika gusi bengkak disertai nyeri, kompres dengan air hangat.

Menempelkan bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptik alami dan dapat membunuh kuman yang menyebabkan gusi bengkak. Tumbuk halus 1 siung bawah merah kemudian campurkan dengan satu sendok teh garam. Tempelkan pada area gusi yang bengkak.

Menempelkan bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga memiliki manfaat yang serupa yaitu sebagai antiseptik alami yang dapat membantu mengatasi pembengkakan pada gusi. Cara pengolahannya sama dengan pengolahan bawang merah untuk gusi bengkak. Siapkan 1 siung bawang putih dan satu sendok teh garam dan tempelkan pada gusi yang bengkak setelah ditumbuk.

Mengoleskan merica

Merica mengandung khasiat anti bakteri serta anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak. Sebelum dioleskan pada gusi yang bengkak, campur merica dengan garam kemudian tuang sedikit air. Aduk terus hingga larutan mengental dan menyerupai pasta.

Mengoleskan madu alami

Madu alami juga mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan. Untuk mengambil manfaat madu sebagai pengobatan gusi bengkak, tidak ada cara khusus yang perlu dilakukan. Cukup oleskan madu pada area gusi yang bengkak dan lakukan hingga 3 kali. Pastikan madu yang digunakan adalah madu alami.

Menggunakan minyak cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan yang dapat mengurangi peradangan. Oleskan langsung minyak cengkeh pada area gusi yang bengkak atau teteskan minyak cengkeh pada air. Air campuran minyak cengkeh ini dapat dipakai untuk berkumur.

Menggunakan asam jawa

Asam jawa juga memiliki kandungan antiseptik dan dapat mengobati gusi bengkak. Cara mengolahnya adalah dengan menyangrai biji asam jawa kemudian menempelkannya pada gigi yang sakit.

Menggunakan minyak esensial

Minyak esensial yang dimaksud misalnya minyak peppermint, tea three, dan thyme. Campurkan tiga tetes minyak esensial pada 250 mililiter air hangat. Kemudian gunakan air campuran tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Lakukan hingga pembengkakan mengempes

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?