Makanan Penyebab Asam Lambung

Hindari 7 Makanan Penyebab Asam Lambung Ini!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Daftar Isi

Sedang mengatur pola makan untuk mengurangi gejala refluks asam dan gastroesophageal reflux disease (GERD)? Sebaiknya Anda cari tahu makanan penyebab asam lambung. 

Refluks asam dapat terjadi ketika asam dari lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus). Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu seperti perut mulas. Salah satu penyebabnya adalah lower esophageal sphincter (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik kembali ke kerongkongan. 

Makanan yang Anda konsumsi akan memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut Anda. Memiliki jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan kambuhnya penyakit asam lambung atau GERD yang merupakan kondisi penyakit asam lambung kronis. 

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Pakai layanan gratis Smarter Health.

Mencari Penyebab Asam Lambung

Memiliki penyakit asam lambung membuat Anda harus membatasi pilihan menu makanan sehari-hari, mengganggu jam tidur, dan mengganggu aktivitas harian Anda. Mengawasi apa saja yang Anda makan dan kapan Anda mengonsumsi makanan tersebut akan membantu dokter untuk mendiagnosis makanan penyebab asam lambung Anda. Kemudian secara bersamaan Anda bisa mencari cara mencegah asam lambung yang tepat. 

Sebaiknya buat buku catatan yang menyertakan informasi kegiatan sehari-hari, seperti: 

  • Bagaimana rasa sakit yang Anda alami.
  • Apa yang membuat rasa sakit tersebut membaik. 
  • Jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi.
  • Kapan Anda mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.
  • Obat-obatan yang Anda minum dan waktu Anda meminumnya.
  • Jenis olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan beserta durasinya. 

Mempelajari penyebab asam lambung dapat membantu Anda menghindari ketidaknyamanan saat perut terasa mulas. Kondisi perut mulas yang datang sesekali biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tapi, segera hubungi dokter jika Anda sering mengalami mulas sehingga mengganggu aktivitas harian Anda. 

Mungkin Anda memerlukan pemeriksaan lebih lanjut terkait penyebab, cara mengobati, dan cara mencegah asam lambung bersama dokter spesialis saluran pencernaan (gastroenterologi).

Makanan Penyebab Asam Lambung

Secara umum, apa pun makanan yang berlemak, asam, atau berkafein tinggi harus dihindari oleh penderita asam lambung. Berikut ini makanan penyebab asam lambung yang sebaiknya dihindari, meliputi:

1. Kopi dan Teh

Kedua jenis minuman yang kerap diminum saat sedang bersantai ini sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung. Kopi dan teh merupakan minuman berkafein yang berisiko memperburuk refluks asam. Hindari minum kopi tradisional, karena jenis kopi tersebut memberi dampak paling besar dan bermanfaat untuk alasan kesehatan lainnya. Kopi tradisional mengandung lebih banyak kafein daripada teh dan soda.

Apabila Anda tetap ingin menyesap secangkir kopi atau teh di pagi hari, Anda bisa menggantinya dengan jenis teh tanpa kafein. Teh herbal seperti jahe, chamomile, dan peppermint tidak mengandung kafein sama sekali. Mereka terbuat dari bunga kering, daun, biji, atau akar yang umumnya bebas kafein. 

2. Soda dan Minuman Berkarbonasi

Soda dan minuman berkarbonasi lainnya menjadi penyebab utama refluks asam. Gelembung karbonasi akan mengembang di dalam perut Anda yang menciptakan lebih banyak tekanan dan nyeri yang berkontribusi pada refluks. Soda mengandung kafein dan bersifat asam (hampir semua jenis soda) bahkan bisa lebih buruk. 

Semua minuman berkarbonasi bisa menjadi masalah bagi penderita asam lambung. Jadi, sebaiknya Anda tidak minum minuman bersoda dan berkarbonasi sama sekali demi menghindari refluks asam. Sebagai gantinya, pilih air putih atau es teh tanpa kafein. 

3. Coklat

Kabar buruk bagi pecinta coklat, karena coklat termasuk dalam daftar makanan penyebab asam lambung. Coklat tampaknya dapat berisiko lebih tinggi menyebabkan asam lambung daripada jenis makanan lainnya. Camilan manis ini memiliki trifecta untuk masalah refluks asam, yaitu:

  • Coklat mengandung kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang dapat menyebabkan refluks. 
  • Kandungan dalam coklat memiliki kandungan yang tinggi lemak dan lemak dapat menyebabkan refluks. 
  • Coklat juga mengandung tinggi kakao dan kakao dapat menyebabkan refluks. 

Secara teoritis, dark chocolate tidak seburuk high-fat milk chocolate. Akan tetapi, sebaiknya penderita asam lambung menghindari makan coklat. 

4. Peppermint

Peppermint oil diekstrak dari bagian tanaman peppermint yang menjadi ramuan untuk alat bantu pencernaan sejak zaman kuno. Saat ini, peppermint digunakan sebagai perasa untuk pasta gigi dan obat kumur. Menthol merupakan salah satu komponen peppermint yang bagus untuk mengatasi hidung tersumbat hingga nyeri otot. 

Sayangnya, peppermint juga melemaskan otot sfingter yang berada di antara esofagus dan lambung, sehingga dapat menyebabkan refluks asam. Pada kondisi terburuk, peppermint dapat menyebabkan gejala GERD. Jadi, jangan tertipu oleh reputasi peppermint untuk menenangkan perut, karena peppermint termasuk ke dalam daftar makanan penyebab asam lambung. 

5. Tomat

Tomat dan produk olahan tomat lainnya mengandung asam malat dan sitrat. Kedua asam tersebut memicu lambung untuk memproduksi terlalu banyak asam lambung. Sehingga tomat dapat membuat kadar asam lambung Anda naik cukup tinggi dan asam masuk ke esofagus. 

Tomat yang sudah dimasak juga tidak akan mengurangi efek sampingnya. Jadi, sebaiknya penderita asam lambung tidak mengonsumsi saus marinara, saus tomat, dan sup tomat, karena semuanya kaya akan asam secara alami. Saat membuat saus pizza, coba buat pesto sauce sebagai gantinya dan coba batasi atau hilangkan tomat dari menu makanan Anda sehari-hari. 

6. Gorengan

Makanan penyebab asam lambung yang berikutnya adalah gorengan. Makanan yang digoreng menjadi penyebab refluks yang paling terkenal. Ini juga merupakan jenis makanan yang paling sering dikaitkan dengan mulas dan nyeri dada akibat refluks di esofagus. Gorengan atau bahkan makanan yang digoreng setengah matang termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, terutama karena gorengan mengandung lemak tinggi.

Ini adalah beberapa contoh gorengan yang sebaiknya dihindari, seperti kentang goreng, onion ring, dan ayam goreng. Sebagai gantinya, masak di atas panggangan atau oven di rumah. 

7. Alkohol

Bir, anggur, dan liquor diyakini berkontribusi pada refluks asam. Saat ini banyak jenis minuman beralkohol yang tidak terlalu asam. Namun, kandungan alkohol dipercaya dapat mengendurkan katup di bagian bawah kerongkongan yang menjadi tempat bergabungnya dengan perut. Inilah yang menyebabkan refluks asam.

Usahakan hanya minum segelas koktail atau segelas anggur per sehari dan hindari campuran asam seperti jus jeruk atau soda berkarbonasi. 

Cara Mengatasinya

Reflux asam pada penyakit asam lambung terjadi ketika otot sfingter yang berbentuk seperti cincin di dasar esofagus tidak mampu berfungsi dengan baik. Ini menyebabkan cairan dari dalam perut dapat masuk ke esofagus. Sejumlah makanan penyebab asam lambung sebaiknya dihindari agar tidak memperburuk gejala nyeri pada perut. 

Menurut seorang dokter bedah, Leena Kahitan, MD dalam University Hospitals, perubahan pola makan dapat memengaruhi refluks asam secara signifikan dan memungkinkan Anda bisa sembuh tanpa melakukan perawatan khusus. 

Apabila gejala asam lambung tidak lekas sembuh, sebaiknya hubungi dokter spesialis saluran pencernaan (gastroenterologi) untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Anda juga bisa menghubungi Smarter Health untuk membuat janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit terbaik untuk pengobatan gejala asam lambung.

Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek kisaran biaya?​

Layanan kami 100% gratis!

Sebarkan info ini:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email
Info Kesehatan Terkait

Tinggalkan komentar

Layanan Gratis Kami

Mau berobat atau check up?

Isi form agar kami bisa menghubungi Anda

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Hubungi Kami
1
Butuh bantuan berobat?
Smarter Health
Butuh rekomendasi, buat janji dokter atau cek biaya berobat di dalam dan luar negeri?