Terapi Radiasi

Info Kanker » Jenis Perawatan » Terapi Radiasi

Panduan Lengkap Terapi Radiasi

Pengertian | Proses Terapi | Efek Samping | Biaya Terapi | Pertanyaan

Apa itu terapi radiasi?

Terapi radiasi kanker adalah jenis pengobatan kanker yang menggunakan sinar energi yang kuat untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi paling sering menggunakan sinar-X, tetapi proton atau jenis energi lain juga dapat digunakan.

Istilah “terapi radiasi” paling sering mengacu pada terapi radiasi sinar eksternal. Selama jenis radiasi ini, sinar berenergi tinggi diproduksi dari mesin di luar tubuh Anda yang mengarahkan sinar ke titik yang tepat di tubuh Anda. Ada juga jenis perawatan radiasi yang berbeda yang disebut brachytherapy, radiasi tipe ini ditempatkan langsung di dalam tubuh Anda.

Terapi radiasi merusak sel dengan menghancurkan materi genetik yang mengontrol bagaimana sel tumbuh dan membelah. Sementara sel-sel sehat dan kanker dirusak oleh terapi radiasi, tujuan terapi radiasi adalah untuk menghancurkan sel-sel normal dan sehat sesedikit mungkin. Sel-sel normal seringkali dapat memperbaiki banyak kerusakan yang disebabkan oleh radiasi.

Jika Anda menderita kanker, Anda mungkin menemui dokter yang berspesialisasi dalam onkologi radiasi. Ini adalah bidang kedokteran yang menggunakan “terapi radiasi” — pengobatan yang memfokuskan gelombang energi tinggi pada tubuh Anda untuk membunuh sel kanker.

Dokter Anda akan memutuskan apakah itu tepat untuk Anda berdasarkan jenis dan stadium kanker Anda, ditambah kondisi kesehatan lain yang Anda miliki.

Banyak dokter dan pakar kesehatan adalah bagian dari tim perawatan kanker. Untuk terapi radiasi, dokter utama Anda adalah ahli onkologi radiasi. Mereka berspesialisasi dalam onkologi radiasi dan memimpin sekelompok profesional medis yang dapat mencakup:

  • Perawat terapi radiasi. Perawat terdaftar yang dapat membantu mendidik Anda tentang perawatan. Mereka juga dapat membantu Anda mengelola efek samping.
  • Terapis radiasi. Seseorang yang terlatih untuk mengoperasikan perangkat yang memberikan terapi radiasi.
  • Dokter Dosimetri. Seseorang yang mengatur dosis terapi radiasi yang tepat untuk Anda.
  • Fisikawan medis: Seseorang yang menggunakan pengetahuan fisika mereka untuk perawatan radiasi, perangkat, dan teknologi. Mereka dapat membantu merencanakan terapi radiasi Anda dan memastikan peralatannya aman dan berfungsi dengan baik.

Bagaimana terapi radiasi dilakukan?

Terapi radiasi merusak materi genetik sel kanker untuk membunuhnya atau memperlambat pertumbuhannya. Lebih dari separuh penderita kanker mendapatkan prosedur terapi radiasi.

Dokter Anda mungkin menyarankan salah satu dari jenis terapi radiasi ini:

  1. Terapi radiasi sinar eksternal. 

Sebuah mesin di luar tubuh Anda mengarahkan radiasi ke tempat kanker Anda berada. Perangkat dapat bergerak di sekitar Anda untuk mengarahkan radiasi ke bagian tubuh yang tepat dari arah yang berbeda. Itu tidak akan menyentuhmu.

Anda mendapatkan terapi radiasi sinar eksternal di rumah sakit atau pusat perawatan selama berminggu-minggu. Itu tidak membuat Anda menjadi radioaktif, jadi prosedur perawatan ini tetap aman bagi orang-orang di sekitar Anda.

  1. Terapi radiasi internal. 

Dokter Anda menempatkan sumber radiasi padat atau cair di dalam tubuh Anda.

Dokter Anda mungkin menyarankan jenis terapi radiasi internal yang disebut “brachytherapy.” Dalam prosedur ini, sumber radiasi berada dalam kapsul atau benda implan lainnya. Dokter sering menggunakan aplikator atau tabung kateter yang tipis dan elastis untuk memasang implan di dalam atau di dekat kanker Anda. Sumber radiasi mungkin tetap berada di dalam tubuh Anda selama beberapa menit, beberapa hari, atau lebih lama.

Anda mungkin juga mendengar dokter Anda berbicara tentang jenis lain dari terapi radiasi internal yang disebut “radiasi sistemik.” Anda mengambil radiasi cair melalui mulut atau vena. Radiasi bergerak melalui tubuh Anda untuk menemukan dan menghancurkan sel-sel kanker.

Terapi radiasi internal mungkin membuat tubuh Anda mengeluarkan radiasi. Anda mungkin harus mengikuti panduan keamanan, tergantung pada dosis Anda.

Berapa lama terapi radiasi dilakukan?

Apa yang terjadi selama perawatan dan berapa lama terapi radiasi dilakukan kepada Anda tergantung pada jenis terapi radiasi yang Anda terima.

Terapi radiasi sinar eksternal

Terapi radiasi sinar eksternal memberikan radiasi dari mesin di luar tubuh. Ini adalah pengobatan terapi radiasi yang paling umum untuk kanker.

Setiap sesi berlangsung cepat, berlangsung sekitar 15 menit. Radiasi tidak melukai, menyengat, atau membakar saat masuk ke dalam tubuh. Anda akan mendengar bunyi klik atau dengung selama perawatan dan mungkin ada bau dari mesin. Biasanya, penderita kanker harus menjalani sesi perawatan sebanyak 5 kali per minggu, Senin sampai Jumat. Jadwal ini biasanya berlanjut selama 3 hingga 9 minggu, tergantung pada rencana perawatan pribadi Anda.

Jenis terapi radiasi ini hanya menargetkan kanker. Tapi itu akan mempengaruhi beberapa jaringan sehat di sekitar kanker. 

Sementara kebanyakan orang tidak merasakan sakit saat setiap perawatan diberikan, efek perawatan perlahan meningkat seiring waktu dan mungkin termasuk ketidaknyamanan, perubahan kulit, atau efek samping lainnya, tergantung di mana perawatan tubuh diberikan. 

Istirahat 2 hari dalam perawatan setiap minggu memberi waktu bagi tubuh Anda untuk memperbaiki kerusakan ini. Beberapa efek mungkin tidak hilang sampai masa pengobatan selesai. Komunikasikan keluhan Anda kepada petugas kesehatan profesional jika Anda mengalami efek samping. 

Terapi radiasi internal

Terapi radiasi internal juga disebut brachytherapy. Prosedur terapi radiasi internal termasuk penempatan sementara dan permanen sumber radioaktif di lokasi tumor.

Biasanya, Anda akan menjalani perawatan berulang selama beberapa hari dan minggu. Perawatan ini mungkin memerlukan rawat inap singkat di rumah sakit. Anda mungkin memerlukan anestesi untuk memblokir kesadaran rasa sakit saat sumber radioaktif ditempatkan di dalam tubuh. Kebanyakan orang merasa sedikit ketidaknyamanan selama perawatan ini. Tetapi beberapa mungkin mengalami rasa lelah atau mual akibat anestesi.

Anda perlu mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi orang lain dari paparan radiasi. Tim terapi radiasi Anda akan memberikan instruksi khusus bagaimana cara untuk melakukannya. Kebutuhan akan tindakan pencegahan tersebut berakhir ketika:

  • Implan permanen kehilangan radioaktivitas-nya
  • Implan sementara dilepas

Apa yang akan saya rasakan selama terapi radiasi?

Selama Anda menjalani terapi radiasi eksternal, Anda seharusnya tidak akan merasakan apa-apa. Anda mungkin mendengar bunyi mesin berdengung selama perawatan berlangsung tetapi itu pun tidak akan lama karena tindakan biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit hingga 30 menit. 

Untuk terapi radiasi internal, Anda mungkin akan merasakan sedikit rasa tidak nyaman ketika prosedur penempatan implan dilaksanakan. Terlebih lagi, Anda memang harus menggunakan anestesi selama menjalani tindakan ini. Hal yang utama untuk Anda ingat adalah efek samping dari anestesi mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang tidak mendapatkan efek apapun. Namun, ada juga yang merasa mual atau lelah setelah menjalani anestesi. 

Jika Anda menggunakan terapi radiasi internal, Anda akan menjadi radioaktif selama implan bekerja. Hal ini mungkin dapat memberikan pengaruh tertentu kepada orang-orang di sekitar Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak dengan baik, apa saja tindakan pengamanan dan pencegahan yang harus Anda lakukan. 

Apa efek samping terapi radiasi?

Sangat penting untuk Anda ingat bahwa setiap orang bereaksi berbeda terhadap pengobatan. Setiap efek samping yang mungkin Anda miliki tergantung pada jenis dan lokasi kanker, dosis radiasi yang diberikan, dan kesehatan umum Anda. Beberapa orang memiliki sedikit atau tidak ada efek samping, sementara yang lain memiliki beberapa efek samping.

Berapa lama efek samping terapi radiasi kanker berlangsung? 

Ingatlah bahwa jenis efek samping radiasi yang mungkin Anda alami tergantung pada dosis dan jadwal yang ditentukan. Sebagian besar efek samping hilang dalam beberapa bulan setelah pengobatan berakhir. Beberapa efek samping dapat berlanjut setelah pengobatan berakhir karena perlu waktu bagi sel-sel sehat untuk pulih dari radiasi.

Efek samping mungkin membatasi kemampuan Anda untuk melakukan beberapa hal. Apa yang dapat Anda lakukan akan tergantung pada bagaimana perasaan Anda. Beberapa pasien dapat pergi bekerja atau menikmati kegiatan rekreasi saat mereka mendapatkan terapi radiasi. Yang lain merasa mereka membutuhkan lebih banyak istirahat daripada biasanya dan tidak dapat melakukan banyak hal. 

Jika Anda mengalami efek samping yang mengganggu dan mempengaruhi aktivitas atau kesehatan Anda sehari-hari, dokter mungkin akan menghentikan perawatan Anda untuk sementara waktu, mengubah jadwal, atau mengubah jenis perawatan yang Anda dapatkan. Beri tahu tim perawatan kanker Anda tentang sisi manapun yang mempengaruhi Anda perhatikan sehingga mereka dapat membantu Anda.

Efek awal dan lanjutan dari terapi radiasi kanker

  • Efek samping awal terjadi selama atau segera setelah perawatan. Efek samping ini cenderung jangka pendek, ringan, dan dapat diobati. Gejalanya biasanya hilang dalam beberapa minggu setelah perawatan berakhir. Efek samping awal yang paling umum adalah kelelahan (merasa lelah) dan perubahan kulit. Efek samping awal lainnya biasanya terkait dengan area yang dirawat, seperti rambut rontok dan masalah mulut saat perawatan radiasi diberikan ke area ini.
  • Efek samping lanjutan dapat memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk berkembang. Mereka dapat terjadi di setiap jaringan normal dalam tubuh yang telah menerima radiasi. Risiko efek samping lanjutan tergantung pada area yang dirawat serta dosis radiasi yang digunakan. Perencanaan perawatan yang cermat dapat membantu menghindari efek samping jangka panjang yang serius. Opsi yang terbaik adalah berbicara dengan ahli onkologi radiasi Anda tentang risiko efek samping jangka panjang.

Efek Samping yang umumnya terjadi selama terapi radiasi kanker

Kelelahan

Kelelahan adalah perasaan lelah secara fisik, mental, dan emosional. Ini sangat umum terjadi bagi penderita kanker dengan terapi radiasi. 

Kebanyakan orang mulai merasa lelah setelah beberapa minggu menjalani terapi radiasi. Pasalnya, perawatan radiasi menghancurkan beberapa sel sehat serta sel kanker. Kelelahan biasanya semakin parah seiring dengan berjalannya pengobatan. 

Stres karena sakit dan perjalanan setiap hari untuk berobat dapat memperburuk kelelahan. Oleh karena itu, mengelola kelelahan adalah bagian penting dari perawatan.

Kelelahan yang dirasakan selama perawatan radiasi berbeda dengan kelelahan sehari-hari, dan mungkin tidak membaik dengan istirahat. Ini dapat bertahan lama dan dapat mengganggu aktivitas Anda yang biasa. Tetapi biasanya akan hilang seiring waktu setelah perawatan berakhir.

Hanya Anda yang tahu jika Anda mengalami kelelahan dan seberapa parahnya. Tidak ada tes laboratorium atau rontgen yang dapat mendiagnosis atau menggambarkan tingkat kelelahan Anda. 

Ukuran terbaik dari kelelahan berasal dari laporan Anda sendiri kepada tim perawatan kanker Anda. Anda dapat menggambarkan tingkat kelelahan Anda sebagai tidak ada, ringan, sedang, atau berat. Atau Anda dapat menggunakan skala 0 hingga 10, di mana 0 berarti tidak ada kelelahan, dan 10 adalah tingkat kelelahan terburuk yang dapat Anda bayangkan.

Apapun yang Anda pilih, penting untuk menggambarkan kelelahan Anda kepada tim perawatan kanker Anda. Pastikan untuk berbicara dengan mereka jika:

  • Kelelahan Anda tidak menjadi lebih baik, terus datang kembali, atau menjadi lebih buruk.
  • Anda lebih lelah dari biasanya selama atau setelah aktivitas.
  • Anda merasa lelah, dan itu tidak terkait dengan sesuatu yang telah Anda lakukan.
  • Anda menjadi bingung atau tidak dapat memfokuskan pikiran Anda.
  • Anda tidak bisa bangun dari tempat tidur selama lebih dari 24 jam.
  • Kelelahan Anda mengganggu kehidupan sosial atau rutinitas harian Anda.
  • Jika Anda perlu mengambil cuti dari pekerjaan, bicarakan dengan bos Anda.

Masalah kulit

Kulit Anda di area perawatan radiasi mungkin terlihat merah, teriritasi, bengkak, melepuh, terbakar sinar matahari, atau kecoklatan. Setelah beberapa minggu, kulit Anda mungkin menjadi kering, bersisik, atau gatal, atau mengelupas. Kondisi ini kadang-kadang disebut dermatitis radiasi. 

Penting untuk memberi tahu tim perawatan kanker Anda tentang perubahan kulit apa pun. Mereka dapat menyarankan cara untuk meredakan ketidaknyamanan, mengurangi iritasi lebih lanjut, dan mencegah infeksi.

Masalah-masalah ini biasanya hilang secara bertahap setelah perawatan berakhir. Namun, dalam beberapa kasus, kulit yang dirawat akan tetap lebih gelap dan mungkin lebih sensitif daripada sebelumnya.

Anda harus lembut dengan kulit Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

  • Jangan mengenakan pakaian ketat, bertekstur kasar, atau kaku di atas area perawatan. Sebaliknya, kenakan pakaian longgar yang terbuat dari kain lembut dan halus. 
  • Jangan menggosok, menggaruk, atau menggunakan pita perekat pada kulit yang dirawat. Jika kulit Anda harus ditutup atau dibalut, gunakan selotip kertas atau selotip lain untuk kulit sensitif. Cobalah untuk meletakkan band-aid di luar area perawatan, dan jangan letakkan band-aid di tempat yang sama setiap kali.
  • Jangan meletakkan bantal pemanas, lampu pemanas, atau kompres es di area perawatan tanpa berbicara dengan tim perawatan kanker Anda terlebih dahulu. Bahkan air panas dapat melukai kulit Anda, jadi gunakan hanya air hangat untuk mencuci area yang dirawat.
  • Lindungi area yang dirawat dari sinar matahari. Kulit Anda mungkin menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Jika memungkinkan, tutupi kulit yang dirawat dengan pakaian berwarna gelap atau pelindung UV sebelum pergi ke luar. Tanyakan kepada tim perawatan kanker Anda apakah Anda harus menggunakan tabir surya. Jika demikian, gunakan tabir surya spektrum luas dengan faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30. Sering-seringlah menggunakan tabir surya. Terus berikan perlindungan ekstra pada kulit Anda dari sinar matahari, bahkan setelah terapi radiasi berakhir.
  • Gunakan hanya air hangat dan sabun lembut. Biarkan air mengalir di atas area yang dirawat. Jangan menggosok. Juga berhati-hatilah untuk tidak menghilangkan bekas tinta yang diperlukan untuk terapi radiasi Anda sampai selesai.
  • Tanyakan kepada tim perawatan kanker Anda sebelum mencukur area yang dirawat. Mereka mungkin menyarankan Anda menggunakan alat cukur listrik.
  • Tanyakan kepada tim perawatan kanker Anda sebelum menggunakan apapun pada kulit di area perawatan. Ini termasuk bedak, krim, parfum, deodoran, minyak tubuh, salep, losion, produk penghilang rambut, atau pengobatan rumahan saat Anda dirawat dan selama beberapa minggu sesudahnya. Banyak produk kulit dapat meninggalkan lapisan pada kulit yang dapat menyebabkan iritasi, bahkan beberapa dapat mempengaruhi dosis radiasi yang masuk ke dalam tubuh.

Obat-obatan untuk mengurangi efek samping

Salah satu cara untuk mengurangi efek samping adalah dengan menggunakan obat-obatan radioprotektif, tetapi obat ini hanya digunakan untuk jenis radiasi tertentu yang diberikan pada bagian tubuh tertentu. 

Obat-obatan ini diberikan sebelum perawatan radiasi untuk melindungi jaringan normal di area perawatan. Yang paling umum digunakan saat ini adalah amifostine. Obat ini dapat digunakan pada penderita kanker kepala dan leher untuk mengurangi masalah mulut yang disebabkan oleh terapi radiasi.

Tidak semua dokter setuju tentang bagaimana obat ini harus digunakan dalam terapi radiasi. Obat-obatan ini juga memiliki efek sampingnya sendiri, jadi pastikan Anda memahami apa yang harus dicari.

Berapa biaya terapi radiasi?

Biaya terapi radiasi di Indonesia mencapai Rp 18.300.000. Anda dapat mendiskusikan biaya tersebut dengan pihak asuransi kesehatan maupun BPJS dan mencari tahu apakah mereka menyediakan penggantian atau coverage untuk terapi radiasi. 

Pertanyaan yang harus ditanyakan ke dokter terkait terapi radiasi

  • Siapa yang membuat rencana perawatan terapi radiasi saya? Seberapa sering rencana akan ditinjau?
  • Profesional perawatan kesehatan mana yang akan saya temui di setiap sesi perawatan?
  • Bisakah Anda menjelaskan seperti apa sesi pertama, atau simulasi saya?
  • Apakah saya memerlukan tes atau pemindaian sebelum perawatan dimulai?
  • Apakah kulit saya akan ditandai sebagai bagian dari perencanaan perawatan?
  • Dengan siapa saya dapat berbicara jika saya merasa cemas atau kesal karena menjalani perawatan ini?
  • Berapa lama setiap sesi perawatan? Seberapa sering saya akan menjalani terapi radiasi?
  • Bisakah saya membawa seseorang bersama saya ke setiap sesi?
  • Apakah ada layanan khusus untuk pasien yang menerima terapi radiasi?
  • Dengan siapa saya harus berbicara tentang efek samping yang saya alami?
  • Lotion mana yang Anda rekomendasikan untuk efek samping terkait kulit? Kapan saya harus menerapkannya?
  • Bagaimana lagi saya bisa merawat diri sendiri selama masa perawatan?
  • Apakah tindakan pencegahan khusus diperlukan untuk melindungi keluarga saya dan orang lain dari paparan radiasi selama masa perawatan saya?
  • Bagaimana jadwal perawatan lanjutan saya?

Artikel Sebelumnya

Kemoterapi

Artikel Selanjutnya

Imunoterapi