Dukungan Pejuang Kanker

Info Kanker » Perjalanan Perawatan Kanker » Dukungan Pejuang Kanker

Panduan Lengkap Operasi Kanker

Dukungan | Komunitas | Proses Dukungan

Saat Anda mengetahui bahwa Anda menderita kanker, atau orang dekat Anda menderita kanker. Akan menjadi kabar yang sangat mengguncang secara emosional. Dukungan secara bagi penderita kanker akan memberikan dampak besar bagi perawatan yang mereka lakukan.

Membangun Support System

Untuk mendapatkan dukungan dalam perawatan kanker, Anda dapat membangun support system bagi Anda atau bagi orang terdekat Anda yang menderita kanker. Untuk dapat memperkuat support system Anda, beberapa hal berikut dapat Anda lakukan.

Mendekatkan Lingkaran Terdekat Anda

Keluarga atau sahabat bisa menjadi support system yang baik bagi Anda. Membicarakan diagnosis dan tahapan perawatan juga resiko dapat menjadi pengingat untuk Anda terus berjuang.

Dorongan dan dukungan akan menjadi sangat penting bagi Anda saat melakukan perawatan kanker. Terbuka kepada orang yang Anda percaya dapat meringankan beban emosional Anda.

Mencari Bantuan Medis yang Tepat serta Pengetahuan Medis yang Tepat

Keluarga dan teman dekat Anda mungkin akan selalu ada untuk Anda, tetapi Anda tetap harus mencari bantuan medis profesional. Segala diagnosa dan perawatan bisa mereka berikan kepada Anda.

Bantuan medis bisa berupa dukungan terhadap kesehatan fisik Anda dan psikologis Anda, jangan pernah malu untuk mendapatkan perawatan profesional. Serta selalu mencari tahu mengenai apa, bagaimana dan mengapa perawatan tersebut Anda butuhkan.

Menjalin Hubungan Positif dengan Penyintas atau Komunitas Kanker

Menjalin hubungan dengan para penyintas dan komunitas kanker akan memberikan Anda wawasan lain dalam menghadapi dan hidup dengan kanker. Pengalaman serta saran dari mereka mungkin bisa memberikan Anda jalan keluar dari permasalahan yang sedang Anda hadapi.

Pengetahuan mengenai apa yang terjadi, dan apa yang bisa Anda lakukan selanjutnya juga bisa Anda dapatkan dengan bergabung menjadi anggota komunitas kanker.

Komunitas dan Yayasan Kanker di Indonesia

Di Indonesia ada berbagai komunitas dan yayasan kanker yang memberikan edukasi, perawatan, dan support group yang bisa menjadi dukungan bagi penderita kanker.

ICCC (Indonesia Cancer Care Community)

Komunitas yang mewadahi pejuang kanker, penyintas kanker, dan caregiver kanker. Merupakan komunitas yang menyediakan edukasi, informasi, dukungan bagi penderita kanker.  Selain itu ICCC juga menyediakan relawan pendamping bagi penderita kanker.

Informasi mengenai Perawatan, Rumah Sakit, serta dokter yang menjadi rujukan komunitas ini juga tersedia. Berbagai event juga sering ICCC laksanakan untuk menjaring dan mendukung sebanyak-banyaknya penderita kanker.

Bagi Anda yang ingin menjadi caregiver bagi penderita kanker, Anda juga bisa bergabung menjadi donatur, maupun menjadi relawan kanker.

YOAI (Yayasan Onkologi Anak Indonesia)

Yayasan ini telah menjadi salah satu anggota konfederasi Internasional orang tua anak kanker (International Confederation of Childhood Cancer Parent Organization – ICCCPO). YOAI memberikan konseling, dan penyuluhan bagi orangtua yang anaknya menderita kanker.

Mereka juga giat mengadakan event dan proyek berbasis komunitas untuk membantu penderita kanker. Dengan luasnya kerjasama serta publikasi yang YOAI lakukan, mampu menghimpun bantuan dari berbagai yayasan lain, lokal maupun internasional.

YKI (Yayasan Kanker Indonesia)

Yayasan ini sama seperti YOAI dan ICCC, merupakan yayasan nirlaba dalam bidang kesehatan yang berfokus pada penanganan dan penanggulangan kanker di Indonesia. YKI merupakan salah satu yayasan kanker pertama di Indonesia, dan hampir memiliki perwakilan di setiap wilayah di Indonesia.

YKI memiliki tiga program utama:

  1. Program Promotif

Jenis program ini berfokus pada penanggulangan kanker yang mencakup dari komunikasi hingga advokasi.

  1. Program Preventif

Dengan Program ini, YKI memberikan pelayanan pemeriksaan deteksi dini kanker.

  1. Program Supportif

Program ini berfokus pada peningkatan kualitas hidup pasien kanker dengan cara menghimpun relawan kanker, komunitas penyintas kanker. Perawatan serta pemberian obat juga bisa Anda dapatkan pada program suportif YKI.

YKAI (Yayasan Kanker Anak Indonesia)

YKAI berfokus pada anak dengan kanker dari keluarga pra-sejahtera di Indonesia. Dengan program utama Senyum Anak Indonesia, memberikan pengobatan, transportasi dan dukungan untuk Anda dengan kanker serta orangtua anak dengan kanker. Memiliki harapan ke depan mampu membuat anak Indonesia dapat tersenyum dan sehat.

Yayasan dan Organisasi Lain

Ada berbagai yayasan serta organisasi komunitas kanker lain di Indonesia, semuanya berfokus pada memberikan informasi dan dukungan terhadap penderita kanker. Tetapi tidak sedikit yang memberikan bantuan lain seperti pengobatan, dan perawatan terhadap penderita kanker. Namun tetap ada kehati-hatian dalam memilih yayasan kanker, apakah sesuai dan memiliki badan hukum.

Anda bisa bertanya kepada dokter maupun perawat mengenai yayasan dan komunitas kanker terdekat dengan wilayah Anda.

Memberikan Dukungan Bagi Penderita Kanker

Apabila Anda merupakan orang dekat atau keluarga dari penderita kanker, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memberikan dukungan bagi mereka.

  • Edukasi diri Anda, semakin Anda mengetahui apa dan bagaimana penyakit serta pengobatannya. Anda akan memberikan dukungan yang lebih bermanfaat.
  • Mendekatkan secara emosional dengan penderita kanker. Ada saatnya Anda hanya menjadi pendengar, atau memberikan semangat bagi mereka. Dengan menjadi lebih dekat, bantuan yang Anda lakukan menjadi lebih efektif.
  • Temani mereka, selain memberikan dukungan. Ada kalanya Anda dapat menawarkan diri untuk mendampingi mereka saat melakukan check-up atau menjalani perawatan.

Artikel Sebelumnya

Remisi & Kekambuhan