Operasi

Panduan Lengkap Operasi Kanker

Pengertian | Jenis Operasi | Proses Operasi | Efek Samping | Biaya Operasi | Pertanyaan

Seperti apa operasi kanker?

Jika Anda menderita kanker, Anda mungkin akan menjalani operasi di beberapa titik. Terkadang, operasi benar-benar dapat mengobati penyakit. Sedangkan di lain waktu, dokter Anda mungkin hanya akan menggunakannya untuk menghilangkan rasa sakit atau masalah lain yang terkait dengannya. Anda mungkin memerlukan lebih dari satu jenis operasi. Jenis operasi apa, dan berapa banyak prosedur yang Anda lakukan, bergantung pada beberapa hal:

  • Jenis kanker yang Anda derita
  • Seberapa lanjut kanker Andaa
  • Rencana perawatan yang disarankan oleh tim medis Anda

Jika Anda memerlukan operasi rekonstruktif, ingatlah bahwa operasi hanya menangani bagian tubuh Anda yang terkena kanker. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk kanker darah seperti leukemia, atau untuk kanker lain yang telah menyebar.

Terkadang operasi adalah satu-satunya perawatan yang Anda butuhkan. Tetapi seringnya, Anda juga akan menjalani perawatan kanker lainnya.

Jenis-jenis Operasi Kanker

  1. Diagnostik

Operasi ini juga dikenal sebagai biopsi. Tujuannya adalah untuk membantu dokter Anda mengetahui apakah tumor bersifat kanker. Dokter bedah Anda akan memotong kulit Anda untuk menghilangkan beberapa jaringan yang mencurigakan. Ada dua jenis utama biopsi yaitu:

  • Sayatan, yang menghilangkan hanya sebagian dari area
  • Eksisi, yang menghilangkan semuanya (misalnya, tahi lalat kulit atau benjolan payudara)

Dokter Anda kemudian akan mengirimkan jaringan yang telah ia ambil ke laboratorium, di mana dokter lain yang dikenal sebagai ahli patologi melihat jaringan di bawah mikroskop untuk melihat apakah itu kanker.

  1. Staging

Operasi ini memungkinkan spesialis kanker Anda untuk mengetahui ukuran tumor Anda. Biasanya, ahli bedah Anda juga akan mengangkat kelenjar getah bening – organ kecil berbentuk kacang yang membantu melawan infeksi – di dekat tumor juga. Tindakan ini akan membantu mereka mengetahui seberapa banyak kanker Anda telah menyebar.

Setelah mereka mendapatkan hasilnya, tim medis Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu pengobatan terbaik untuk Anda, serta prognosis Anda (peluang untuk pemulihan penuh). 

Laparoskopi adalah prosedur staging yang paling sering digunakan. Prosedur ini terjadi saat ahli bedah Anda menempatkan kamera melalui sayatan kecil untuk memeriksa bagian tubuh Anda, seperti ovarium, dan mengangkat jaringan.

  1. Kuratif

Operasi ini mengangkat seluruh tumor dan beberapa jaringan sehat yang mengelilinginya. Contohnya adalah pengangkatan kelenjar tiroid untuk kanker tiroid. Terkadang, operasi jenis ini adalah satu-satunya perawatan yang Anda butuhkan. Namun, ketika kanker telah menyebar melewati satu area itu, Anda memerlukan perawatan lain seperti kemoterapi atau radiasi.

  1. Debulking 

Operasi ini menghilangkan hanya sebagian dari tumor kanker. Hal ini dilakukan ketika mengambil seluruh tumor dapat merusak organ atau seluruh tubuh. Sebagai gantinya, dokter mengambil tumor sebanyak mungkin sebelum mereka menggunakan perawatan lain seperti terapi radiasi atau kemoterapi. Debulking sering digunakan untuk kanker ovarium stadium lanjut dan beberapa limfoma. Idenya adalah jika setidaknya sebagian tumor hilang sebelum perawatan lain ini, mereka akan bekerja lebih baik.

  1. Paliatif

Operasi jenis ini bukan obat, tetapi cara untuk meringankan gejala kanker stadium lanjut. Operasi paliatif dapat sangat meningkatkan kualitas hidup Anda. Contohnya termasuk operasi untuk mengurangi tekanan pada saraf atau sumsum tulang belakang Anda, atau menghilangkan pertumbuhan kanker yang menghalangi usus Anda. Dokter juga menggunakannya untuk menghilangkan rasa sakit yang tidak merespon pengobatan.

  1. Suportif 

Prosedur-prosedur ini membantu memudahkan Anda untuk mendapatkan jenis pengobatan kanker lainnya. Misalnya, dokter Anda dapat memasang kateter — tabung tipis dan fleksibel — ke dalam pembuluh darah dan menghubungkannya ke lubang di bawah kulit Anda untuk memberi Anda obat. Atau mereka dapat memasukkan selang makanan langsung ke perut Anda untuk memberikan obat-obatan dan nutrisi jika kanker Anda atau perawatannya membuat Anda sulit untuk makan.

  1. Rekonstruktif

Jenis operasi ini terjadi setelah yang utama. Ini membantu memulihkan penampilan atau fungsi tubuh Anda. Contohnya termasuk rekonstruksi payudara setelah Anda menjalani mastektomi, atau memasang penutup jaringan atau bahan plastik setelah operasi untuk kanker kepala dan leher. Dokter Anda dapat melakukan ini pada saat yang sama dengan operasi awal Anda, atau sesudahnya, setelah Anda sembuh dan menerima perawatan seperti kemoterapi atau terapi radiasi.

  1. Pencegahan

Dokter tidak hanya melakukan operasi untuk mengangkat kanker tetapi juga bisa menjadi cara untuk menurunkan peluang Anda terkena kanker. Wanita dengan riwayat keluarga yang kuat dengan kanker payudara atau ovarium dan mutasi pada gen kanker BRCA1 dan BRCA2 dapat memutuskan untuk menjalani operasi untuk mengangkat payudara, ovarium, atau keduanya. Ini dapat memperkecil kemungkinan mereka terkena kanker payudara sekitar 90%. Contoh lain adalah pengangkatan polip prakanker di usus besar Anda selama kolonoskopi untuk membantu mencegah kanker usus besar.

Bagaimana operasi kanker dilakukan? 

Ahli bedah sering menggunakan pisau kecil dan tipis, yang disebut pisau bedah, dan alat tajam lainnya untuk memotong tubuh Anda selama operasi. Pembedahan seringkali membutuhkan pemotongan melalui kulit, otot, dan terkadang tulang. Setelah operasi, luka ini bisa menyakitkan dan membutuhkan waktu untuk pulih.

Anestesi membuat Anda tidak merasakan sakit selama operasi. Anestesi mengacu pada obat-obatan atau zat lain yang menyebabkan Anda kehilangan perasaan atau kesadaran. Ada tiga jenis anestesi:

  • Anestesi lokal menyebabkan hilangnya perasaan di satu area kecil tubuh.
  • Anestesi regional menyebabkan hilangnya rasa di bagian tubuh, seperti lengan atau kaki.
  • Anestesi umum menyebabkan hilangnya perasaan dan hilangnya kesadaran sepenuhnya yang tampak seperti tidur yang sangat nyenyak.

Ada cara lain untuk melakukan operasi yang tidak melibatkan pemotongan dengan pisau bedah. Beberapa di antaranya adalah:

Cryosurgery

Cryosurgery adalah jenis perawatan di mana dingin ekstrim yang dihasilkan oleh nitrogen cair atau gas argon digunakan untuk menghancurkan jaringan abnormal. Cryosurgery dapat digunakan untuk mengobati kanker kulit stadium awal, retinoblastoma, dan pertumbuhan prakanker pada kulit dan leher rahim. Cryosurgery juga disebut cryotherapy.

Laser

Ini adalah jenis perawatan di mana sinar cahaya yang kuat digunakan untuk memotong jaringan. Laser dapat fokus dengan sangat akurat pada area kecil, sehingga dapat digunakan untuk operasi yang tepat. Laser juga dapat digunakan untuk mengecilkan atau menghancurkan tumor atau pertumbuhan yang mungkin berubah menjadi kanker.

Laser paling sering digunakan untuk mengobati tumor di permukaan tubuh atau di lapisan dalam organ dalam. Contohnya termasuk karsinoma sel basal, perubahan serviks yang mungkin berubah menjadi kanker, dan kanker paru-paru serviks, vagina, esofagus, dan non-sel kecil.

Hipertermia

Hipertermia adalah jenis perawatan di mana area kecil jaringan tubuh terkena suhu tinggi. Panas yang tinggi dapat merusak dan membunuh sel kanker atau membuatnya lebih sensitif terhadap radiasi dan obat kemoterapi tertentu. Ablasi frekuensi radio adalah salah satu jenis hipertermia yang menggunakan gelombang radio berenergi tinggi untuk menghasilkan panas. Hipertermia tidak tersedia secara luas dan sedang dipelajari dalam uji klinis.

Terapi Fotodinamik

Terapi fotodinamik adalah jenis perawatan yang menggunakan obat-obatan yang bereaksi terhadap jenis cahaya tertentu. Ketika tumor terkena cahaya ini, obat ini menjadi aktif dan membunuh sel kanker di dekatnya. Terapi fotodinamik paling sering digunakan untuk mengobati atau meredakan gejala yang disebabkan oleh kanker kulit, mikosis fungoides, dan kanker paru-paru non-sel kecil.

Berapa kali operasi kanker dilakukan?

Banyak orang dengan kanker dapat diobati melalui operasi. Pembedahan bekerja paling baik untuk tumor padat yang terdapat di satu area. Dalam artian operasi yang dilakukan adalah pengobatan lokal, artinya hanya mengobati bagian tubuh Anda yang terkena kanker. Namun, perlu diketahui bahwa operasi lokal tidak dapat digunakan untuk leukemia (sejenis kanker darah) atau untuk kanker yang telah menyebar.

Berapa banyak operasi yang Anda perlukan sangatlah bergantung pada kondisi dan stadium kanker Anda. Jika masih dalam tahap awal, Anda bisa saja hanya memerlukan 1-2 kali untuk mendapatkan kesembuhan. Namun, Anda mungkin harus melakukannya berkali-kali jika kanker berada pada kondisi yang berbeda. 

Terkadang operasi adalah satu-satunya perawatan yang Anda butuhkan. Tetapi paling sering, Anda juga akan menjalani perawatan kanker lainnya.

Apa yang akan saya rasakan ketika operasi?

Sebelum Operasi

Sebelum operasi, seorang perawat mungkin menghubungi Anda untuk memberitahu Anda bagaimana mempersiapkannya. Dia mungkin memberitahu Anda tentang tes dan ujian yang perlu Anda lakukan sebelum operasi. Tes umum yang mungkin Anda perlukan, jika Anda belum melakukannya, adalah:

  • Tes darah
  • Rontgen dada
  • Elektrokardiogram (EKG)

Anda mungkin tidak dapat makan atau minum untuk jangka waktu tertentu sebelum operasi. Penting untuk mengikuti petunjuk tentang makan dan minum. Jika tidak, operasi Anda mungkin perlu dijadwalkan ulang.

Anda mungkin juga diminta untuk membeli persediaan obat yang berguna untuk merawat luka Anda setelah operasi. Persediaan mungkin termasuk salep antiseptik dan perban.

Selama Operasi

Setelah Anda dibius, ahli bedah mengangkat kanker, biasanya bersama dengan beberapa jaringan sehat di sekitarnya. Menghapus jaringan sehat ini membantu meningkatkan kemungkinan bahwa semua kanker telah diangkat.

Terkadang, ahli bedah mungkin juga mengangkat kelenjar getah bening atau jaringan lain di dekat tumor. Jaringan ini akan diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah kanker telah menyebar. Mengetahui apakah jaringan terdekat mengandung kanker akan membantu dokter Anda menyarankan rencana perawatan terbaik untuk Anda setelah operasi.

Setelah operasi

Setelah Anda siap untuk pulang pasca operasi, perawat akan memberitahu Anda cara merawat diri sendiri. Dia akan menjelaskan:

  • Bagaimana mengontrol rasa sakit
  • Aktivitas yang harus dan tidak boleh dilakukan
  • Cara merawat luka Anda
  • Bagaimana mengenali tanda-tanda infeksi dan langkah yang harus diambil jika Anda melakukannya
  • Kapan Anda bisa kembali bekerja

Anda harus melakukan kontrol dengan ahli bedah satu atau dua minggu setelah Anda pulang. Untuk operasi yang lebih kompleks, Anda mungkin perlu lebih sering menemui ahli bedah. Anda mungkin memiliki jahitan yang harus dilepas, dan ahli bedah akan memeriksa untuk memastikan Anda sembuh sebagaimana mestinya.

Kebutuhan Diet Khusus sebelum dan sesudah Operasi

Pembedahan meningkatkan kebutuhan Anda akan nutrisi yang baik. Jika Anda lemah atau kurus, Anda mungkin perlu makan makanan berprotein tinggi dan berkalori tinggi sebelum operasi.

Beberapa jenis operasi dapat mengubah cara tubuh Anda menggunakan makanan. Pembedahan juga dapat memengaruhi makan jika Anda menjalani operasi mulut, perut, usus, atau tenggorokan. Jika Anda mengalami kesulitan makan setelah operasi, Anda mungkin diberikan nutrisi melalui selang makanan atau IV (melalui jarum langsung ke pembuluh darah).

Bicaralah dengan ahli gizi untuk bantuan dengan masalah makan yang disebabkan oleh operasi. 

Bekerja setelah Operasi

Anda perlu mengambil cuti dari pekerjaan untuk dapat pulih dari operasi. Anda mungkin hanya membutuhkan 1 hari atau beberapa minggu. Berapa lama Anda perlu pulih tergantung pada banyak faktor, seperti:

  • Jenis anestesi yang Anda miliki. Jika Anda memiliki anestesi lokal atau regional, Anda mungkin akan kembali bekerja lebih cepat daripada jika Anda memiliki anestesi umum.
  • Jenis operasi yang Anda lakukan, dan seberapa luas itu
  • Jenis pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda memiliki pekerjaan aktif, Anda mungkin perlu mengambil lebih banyak waktu daripada jika Anda duduk di meja. Jika memungkinkan, Anda mungkin dapat bekerja di rumah, atau memulai kembali paruh waktu, sebelum Anda kembali ke hari kerja penuh.

Tanyakan kepada dokter Anda berapa lama Anda perlu pulih dari operasi Anda. Jika Anda mengharapkan waktu pemulihan yang lebih lama, bicarakan dengan atasan Anda untuk mengetahui apakah Anda dapat mengambil cuti medis. Periksa untuk memastikan asuransi kesehatan Anda akan menanggung biaya jika Anda sedang cuti medis dan tidak bekerja untuk sementara waktu.

Apa tanda operasi kanker berhasil?

Bergantung pada jenis kanker Anda dan seberapa parahnya, berikut ini merupakan indikasi bahwa operasi kanker telah berhasil dilakukan:

  • Pengangkatan seluruh tumor atau kanker

Pembedahan mengangkat kanker yang terdapat di satu area.

  • Penghancuran tumor

Pembedahan terhitung berhasil jika dapat menghilangkan sebagian, meski tidak semua, tumor kanker. Debulking digunakan saat mengangkat seluruh tumor yang dapat merusak organ atau tubuh. Menghapus bagian dari tumor dapat membantu perawatan lain bekerja lebih baik.

  • Meringankan gejala kanker

Pembedahan dianggap berhasil ketika dapat mengangkat tumor yang menyebabkan rasa sakit atau tekanan.

Apa efek samping operasi kanker?

Ahli bedah sangat terlatih dan akan melakukan segala yang mereka bisa untuk mencegah masalah selama operasi. Meski begitu, terkadang masalah memang terjadi. Efek samping umumnya adalah:

Rasa sakit

Setelah operasi, kebanyakan orang akan merasakan nyeri di bagian tubuh yang dioperasi. Seberapa banyak rasa sakit yang Anda rasakan akan tergantung pada luasnya operasi, bagian tubuh Anda yang dioperasi, dan bagaimana respon Anda terhadap rasa sakit.

Dokter atau perawat Anda dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit setelah operasi. Bicarakan dengan dokter atau perawat Anda sebelum operasi tentang cara-cara untuk mengendalikan rasa sakit. Setelah operasi, beritahu mereka jika rasa sakit Anda tidak terkontrol.

Infeksi

Infeksi adalah masalah lain yang dapat terjadi setelah operasi. Untuk membantu mencegah infeksi, ikuti instruksi perawat Anda tentang merawat area tempat Anda menjalani operasi. Jika Anda mengalami infeksi, dokter Anda dapat meresepkan obat (disebut antibiotik) untuk mengobatinya.

Risiko lain dari operasi termasuk pendarahan, kerusakan jaringan di dekatnya, dan reaksi terhadap anestesi. Bicaralah dengan dokter Anda tentang kemungkinan risiko untuk jenis operasi yang akan Anda jalani.

Berapa biaya operasi kanker?

Biaya operasi tergantung pada banyak faktor, termasuk:

  • Jenis operasi yang Anda jalani
  • Berapa banyak spesialis yang terlibat dalam operasi Anda
  • Jika Anda membutuhkan anestesi lokal, regional, atau umum
  • Di mana Anda menjalani operasi—di klinik rawat jalan, kantor dokter, atau rumah sakit
  • Jika Anda perlu tinggal di rumah sakit, dan untuk berapa lama
  • Kebijakan negara tempat Anda tinggal

Di Indonesia, biaya operasi untuk kanker dapat mencapai puluhan juta rupiah. Untuk mendapat informasi yang lebih lengkap mengenai biaya operasi kanker, Anda butuh terlebih dahulu mengetahui jenis operasi yang akan Anda jalani. 

Tanyakan kepada pihak Rumah Sakit mengenai biaya apa saja yang nantinya harus Anda bayar. Anda juga dapat menggunakan BPJS untuk beberapa operasi kanker meski tidak semuanya. Selain itu, ada juga polis asuransi yang menawarkan coverage untuk operasi kanker. 

Pertanyaan yang harus ditanyakan ke dokter terkait operasi kanker

  • Mengapa saya perlu operasi?
  • Apakah saya punya pilihan perawatan?
  • Apa keuntungan dan kerugian operasi bagi saya?
  • Seberapa sukses jenis operasi ini untuk jenis kanker ini?
  • Apakah ada pedoman praktik klinis tentang cara mengobati kanker jenis ini?
  • Berapa biaya operasinya? Apakah ada biaya tambahan yang harus saya ketahui, seperti biaya yang berkaitan dengan anestesi?
  • Dapatkah saya berbicara dengan seseorang yang telah menjalani operasi ini?
  • Bisakah saya mendapatkan pendapat kedua?
  • Apakah saya memerlukan perawatan lain sebelum atau sesudah operasi?
  • Jenis operasi apa yang akan saya jalani?
  • Apa sebenarnya yang akan Anda lakukan selama operasi? Apakah Anda akan mengangkat sebagian tumor atau seluruh kanker?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk operasi?
  • Bisakah rencana Anda untuk mengoperasi saya berubah? Mengapa?
  • Anestesi apa yang akan saya terima? Bagaimana itu akan diberikan? Kapan saya akan bertemu dengan ahli anestesi?
  • Apa potensi risiko dan komplikasinya?
  • Apakah saya perlu transfusi darah?
  • Di mana saya akan menjalani operasi?
  • Apa efek dari operasi (misalnya apakah itu akan mempengaruhi mobilitas saya, diet, kemampuan untuk bekerja, kehidupan seks)? Apa efek jangka panjangnya?
  • Apakah saya akan merasakan sakit?
  • Berapa lama saya akan berada di rumah sakit?
  • Apakah saya perlu rehabilitasi? Apakah saya akan dirawat sebagai pasien rawat inap atau rawat jalan?
  • Ketika saya pulang, apakah saya akan diberikan informasi tertulis tentang perawatan setelah operasi?
  • Masalah apa yang harus saya perhatikan ketika saya pulang? Siapa yang harus saya hubungi jika itu terjadi?
  • Seberapa sering saya perlu check-up?
  • Jenis dukungan apa yang tersedia untuk orang yang menjalani jenis operasi ini?

Artikel Sebelumnya

Terapi Radiasi

Artikel Selanjutnya

Melanjutkan Hidup